Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
beberapa waktu lalu mirage cvt ane ngelitik, minumnya premium terus. di km hampir 30rb, ane pertama kalinya italian tuning. isi pake pertamax plus, masukkan shift ke B, lalu highrev sepanjang jalan tol juanda-waru.
hasilnya tokcer, ngelitik hilang, ketika balik premium lagi pun tarikan lebih responsif. sekarang pake pertamax, mumpung harga lagi turun. hasilnya lebih enak dan lebih irit daripada pake pertamax sebelum italian tune up.
Saya ada baleno 97 yang dipakai dr baru dan skg baru sampai 70rb km,karena dipakainya jarang banget kadang kalo nganggur saya ajak jogging tengah malam, hasil jogging kemarin gigi 4 masih dapat 160,3 km/h (based on GPS), rpm saya gak lihat
Kalo mau italian tune up sih perlakuan saya, AC saya matikan, kondisi cairan2 harus di cek dulu sebelum jalan, dan yang terakhir pastikan lari setelah kondisi suhu sudah optimal, habis itu langsung deh 1,2,3,4 gas pol sampe limiter, habis italian tune up emang kadang ngelitik hilang, mobil bawaannya gak nyendat2 aja (gatau sugesti apa bukan, tapi rasanya kira2 seperti itu)
DOHC wrote:gearbox cvt aman ga sehh handle high rpm ??
kl beresiko yah jangan... paling tiap 10-15 rebu km semprot2 carbjet atau spirit...
drpd mesin bersih tp jebol gearbox..
amanlah mod...semua udah diperhitungkan..kan bikin gak lgsg jadi...
saya klo sensi pindah manual tarik2an itu rpm redline...malah ketika saya butuh tarikan nyentak untuk duluin dr gigi 3 lari 100-120 bisa pindah ke gigi 2..ampe mendadak jarum lompat redline..
DOHC wrote:gearbox cvt aman ga sehh handle high rpm ??
kl beresiko yah jangan... paling tiap 10-15 rebu km semprot2 carbjet atau spirit...
drpd mesin bersih tp jebol gearbox..
amanlah mod...semua udah diperhitungkan..kan bikin gak lgsg jadi...
saya klo sensi pindah manual tarik2an itu rpm redline...malah ketika saya butuh tarikan nyentak untuk duluin dr gigi 3 lari 100-120 bisa pindah ke gigi 2..ampe mendadak jarum lompat redline..
yah soalnya cvt kan peruntukan nya agar putaran mesin linear ama putaran GB... takutnya kl d bejeg2 gt malah ngasi beban extra ke pulley nya...
tp kl ternyata gapapa yah bagus dehh...
wahh ane blm seberani om kompre ngeabuse matic nya.. hehehe... kl nyetir matic rata2 masi alon2 kelakon... baru brani sruntulan kl nyetir manual... toh pikir nya kl manual plg apes jg kopling jebol... sejutaan beres... kl matic jebol, sjuta jg ga ckup...
^^
sebenernya dri pengalaman nyiksa mbl.... yang lebih riskan rusak klw disksa itu justru MT...... hentakan waktu di bejek lebih galak ke drivetrain sampai kaki-kaki. sedangkan AT biasanya ke redam slip di torqueconverter.... selain itu jelas engagenya g bisa kaya MT yg bisa di hentak kopling sambil di rpm tinggi.
biasanya klw offroad pke AT bisa nge-gas lebih bebas, pke MT........... lebih hrs nyesuaikan kaki sekalipun pke mbl dgn output lebih kecil. dan yes lebih sering rusak yg MT.
di siksa overload MT clutchnya bisa overheat n slip sampai bubar apalagi klw terpaksa setengah kopling, AT biasanya malah lebih tahan. meski sekali rusak jekpot...
cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Artinya italian tune up itu disarankan ya, om? Apalagi untuk mobil yg lebih banyak jd penghuni garasi dan kalopun keluar hanya ngadepin macet macam di jakarta ini kah?
Kalo gitu pertanyaan saya lanjut ke bagaimana cara mrlakukan italian tune up di mobil matic yg punya transmisi hanya P-R-N-D-D3-D2-L, apakah dilakukan perpindahan secara manual atau taruh di d3 ato d saja?
Terima kasih
yup, ada baiknya kok, apalagi kalo pake premium. sekali-kali kerak di silinder perlu dibersihkan pake cara ini. lebih hemat daripada carbon clean kalo jarang dipake.
kalo matic, taruh di posisi gear paling tinggi, dalam kasus situ taruh di D3 dan pacu di tol.
taruh di gear setinggi mungkin, karena waktu high rev maka mesin akan menghasilkan panas yg tinggi, dan butuh pendinginan ekstra dari angin luar. makanya italian tune-up harus sambil pacu mobilnya kecepatan tinggi, ga bisa hanya sekedar high-rev tapi jalan pelan (gear 1 atau 2) apalagi posisi berhenti (gear netral).
DOHC wrote:gearbox cvt aman ga sehh handle high rpm ??
kl beresiko yah jangan... paling tiap 10-15 rebu km semprot2 carbjet atau spirit...
drpd mesin bersih tp jebol gearbox..
amanlah mod...semua udah diperhitungkan..kan bikin gak lgsg jadi...
saya klo sensi pindah manual tarik2an itu rpm redline...malah ketika saya butuh tarikan nyentak untuk duluin dr gigi 3 lari 100-120 bisa pindah ke gigi 2..ampe mendadak jarum lompat redline..
yah soalnya cvt kan peruntukan nya agar putaran mesin linear ama putaran GB... takutnya kl d bejeg2 gt malah ngasi beban extra ke pulley nya...
tp kl ternyata gapapa yah bagus dehh...
wahh ane blm seberani om kompre ngeabuse matic nya.. hehehe... kl nyetir matic rata2 masi alon2 kelakon... baru brani sruntulan kl nyetir manual... toh pikir nya kl manual plg apes jg kopling jebol... sejutaan beres... kl matic jebol, sjuta jg ga ckup...
hal2 seperti itu dijalan sesekali aja..dibawa enjoy mod...kalo rusak itu kebetulan apes aja...mau cvt,konvensional perlakukan sama aja...
billyd1773dz wrote:^^
sebenernya dri pengalaman nyiksa mbl.... yang lebih riskan rusak klw disksa itu justru MT...... hentakan waktu di bejek lebih galak ke drivetrain sampai kaki-kaki. sedangkan AT biasanya ke redam slip di torqueconverter.... selain itu jelas engagenya g bisa kaya MT yg bisa di hentak kopling sambil di rpm tinggi.
biasanya klw offroad pke AT bisa nge-gas lebih bebas, pke MT........... lebih hrs nyesuaikan kaki sekalipun pke mbl dgn output lebih kecil. dan yes lebih sering rusak yg MT.
di siksa overload MT clutchnya bisa overheat n slip sampai bubar apalagi klw terpaksa setengah kopling, AT biasanya malah lebih tahan. meski sekali rusak jekpot...
cmiiw
sipp ilmu nya master...
btw, krn atas pertimbangan biaya itu lah, makanya ane lebi pede kl mau nyetir sruntulan pake manual.... toh kl rusak plg apes kopling jebol... 1-2 juta beres.... tp kl matic, ngeri kl ampe bubar...
jarijarir wrote:Artinya italian tune up itu disarankan ya, om? Apalagi untuk mobil yg lebih banyak jd penghuni garasi dan kalopun keluar hanya ngadepin macet macam di jakarta ini kah?
Kalo gitu pertanyaan saya lanjut ke bagaimana cara mrlakukan italian tune up di mobil matic yg punya transmisi hanya P-R-N-D-D3-D2-L, apakah dilakukan perpindahan secara manual atau taruh di d3 ato d saja?
Terima kasih
pasang di D trus tendang pedal gas sampe mentok lantai. jangan dilepas kalo tensi belum 250/170 dan pulse jantung mencapai 150.
r1409 wrote:
kalo matic, taruh di posisi gear paling tinggi, dalam kasus situ taruh di D3 dan pacu di tol.
taruh di gear setinggi mungkin, karena waktu high rev maka mesin akan menghasilkan panas yg tinggi, dan butuh pendinginan ekstra dari angin luar. makanya italian tune-up harus sambil pacu mobilnya kecepatan tinggi, ga bisa hanya sekedar high-rev tapi jalan pelan (gear 1 atau 2) apalagi posisi berhenti (gear netral).
Nice info, om
marmut wrote:
pasang di D trus tendang pedal gas sampe mentok lantai. jangan dilepas kalo tensi belum 250/170 dan pulse jantung mencapai 150.
Enaknya italian tune up di tol Cipali kali ya? Soalnya treknya panjang. Asal jangan pas musim mudik aja tapi... Secara di tol lain sulit mengembangkan kecepatan maksimal karena traffic. Kalau tengah malam cukup riskan dan berbahaya.
dani123 wrote:Enaknya italian tune up di tol Cipali kali ya? Soalnya treknya panjang. Asal jangan pas musim mudik aja tapi... Secara di tol lain sulit mengembangkan kecepatan maksimal karena traffic. Kalau tengah malam cukup riskan dan berbahaya.
ane sih biasa italian tune up di tol dalkot jg bisa, kan ngga harus kenceng,, yg penting kena redline nya..
kek om daftar bilang paling sampe gigi 2 aja,, tapi kadang bablas sih di 3 jg suka dipentokin
tapi tergantung mobil nya juga sih, klo mobil butut ane sih gigi 2 redline jg kek nya ga sampe 100 km/h dah
memang betul pada prinsipnya cuma perlu rpm tinggi, sebenarnya gigi netral pun sudah bisa italian tune-up. malah aman, ga ada resiko kecelakaan.
tapi panas mesin kan pasti jadi tinggi banget, dan panas berlebih tentu mengurangi umur parts dan mempercepat penguapan oli. maka itu akan lebih baik kalo larinya agak kencang biar dapet pendinginan lebih baik.
liat2 aja, kalo pas highrev indikator temperatur jadi meninggi, ya jalankan mobil lebih kencang (gear lebih tinggi) biar dapet angin tambahan. kalo gigi 2 aja ga kepanasan ya cukup2 aja..
dani123 wrote:Enaknya italian tune up di tol Cipali kali ya? Soalnya treknya panjang. Asal jangan pas musim mudik aja tapi... Secara di tol lain sulit mengembangkan kecepatan maksimal karena traffic. Kalau tengah malam cukup riskan dan berbahaya.
kalau ane lebih suka trek tanjakan buat italian tune up, di cipularang pake D3 rpm 5k-6k, karena kondisi tanjakan jadinya rpm segitu kecepatannya gak terlalu tinggi cuma 120an. Yang penting gak dipaksain, kalau udah rame ya udah aja lain kesempatan lagi...
r1409 wrote:memang betul pada prinsipnya cuma perlu rpm tinggi, sebenarnya gigi netral pun sudah bisa italian tune-up. malah aman, ga ada resiko kecelakaan.
tapi panas mesin kan pasti jadi tinggi banget, dan panas berlebih tentu mengurangi umur parts dan mempercepat penguapan oli. maka itu akan lebih baik kalo larinya agak kencang biar dapet pendinginan lebih baik.
^^
imho g bisa saat netral... terutama di mbil modern... saat netral biasanya ecu uda ngelimit sendiri seperti rev max, AFR juga lebih lean,exhaust flow jg beda.
imho baiknya highrev sambil diberi engineload.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz