laporan intip penampakan di dealer disini, unit disimpen di garasi ditutup2in biar ga keliatan dari org luar. iseng tanya sales eh beneran ada.
ada 2 type: Q MT Diesel, G MT entah diesel or AT. ga boleh test jalan2 dulu karena belum launching dan ane juga ga napsu sebab manual bukan matik jadi ini impresi type Q aja.
Exterior
Actually biasa banget, cenderung aneh, pendekatannya lebih kearah wagon dibikin tinggi, imagen datsu go dikasi pelek 16 cingkrang terus dilebarin. Tambahan lebarnya itu karena model pintu yang ala sedan agar door trim bisa lebih flat jadi lebih lega. dan moncong itu ada wasted 20+ cm untuk perpanjangan headlamp, ketahuan dari ruang dibelakang grill itu gede banget, trust me kalau mau naikin performa mesin 2GD cukup ganti intercooler dengan radiator truk dobel gardan, saya yakin masih muat

jadi panjang tapi rada ceper.
tampang samping? lebih jelek lagi, atap cenderung menukik ke belakang dan entah gimana walau pelek 16" tapi height kesannya masih tinggian innova lama, mesti diukur pake meteran baru sahih. tampang belakang super ganteng reminds me of outlander or brv

, pertama agak aneh liat lampu sign di bawah tapi lebih masuk akal daripada tampilan depan yang lampu sign disebelah foglamp

dan paling bikin clean look itu walau jadinya kecil si wiper belakang ditaro di kaca langsung jadi bersih dan rapih belakangnya. lampu2 made by stanley nampaknya.
overall ya biasa banget, just another toyota weird design, mungkin designernya ex project avanza facelift kali ya, jadi rada ajaib dan bikin sukses yang liat mikir, mikir ini mobil aneh banget walau nanti lama2 juga biasa karena its a toyota yang pasti laku

mungkin idealnya kalau pelek langsung 18" jadi improve tampilan banyak kali ya? ya ini PR pertama owner innova ini
Interior Cockpit
masuk kabin karena type V jadi ga ada keyless, pencet remote, hmm remote model jack knife dengan tombol yang cuma ada lock n unlock, ga ada panic dan trunk door opener. pencet unlock ada bunyi buzzer pip pip, lumayan daripada klakson or toa alarm ccas khas avanza. buka pintu, langsung sakit mata liat warna dan pattern jok.

naik tutup pintu, busa jok lebih firm tapi pas lah ergonomisnya dari sebelumnya, bahan pelapis aja bikin sakit mata dan rada aneh buat mobil jepang seharga ini karena itu non beludu dan lebih kaya mobil US/Euro yang non jok kulit = kain banget, ditambah kombinasi warna bahan, pattern dan benang yang ga sama warna.
megang2 steering wheel, udah kulit, lumayan, pencet2 tombol2 di steering wheel buat liat MID ganteng isinya apa, dan ga ada isinya, cuma ada Fuel Computer, Message dan Setting, setting pun isinya cuma buat setting si fuel computer

atau ane yang bego kali ya tapi ya sudahlah, toh yg penting keren pas masuk mobil ada welcome animation: Innova

speedometer cheesy non 3D tapi semi optitron.
Audio integrated head unit 8" on paper n on photo si ganteng gila, pas aslinya

ga nyambung blas dengan overall dashboard, entah salah dimana, biasanya model head unit integrated itu flushed dashboard pol ala Honda atau nonjol ala Merc, nah ini ikutin merc tapi gagal karena model dan material kesannya ga nyambung. dipencet2 si asiklah, android based, respon lumayan cepet, layar terang dan cerah.
ada cup holder dibawah AC mayan, dan banyak ruang penyimpanan dengan plastik2 keras khas toyota yang sebelas dua belas kualitasnya dengan yaris. Door trim pintu untuk type V dicat warna silver metal look dan di handle ada bahan kain beludu yang warnanya ga nyambung dengan warna jok.
liat ke atas eh ada lampu star trek

lenngkap dengan 10 tingkat keterangan yang setelan depan belakang dibedain, warna aslinya cenderung baby blue bukan reguler led blue. AC belakang ada setelan blower lengkap dengan indikator digital, di sisi depan lampu map light komplit. dan semua lampu interior non led ya.
Dashboard bahannya plastik keras khas toyota rada mirip dengan all new yaris, denagn model yang lumayan cantik hanya bahannya aja murahan, dan tombol2 AC yang lebih mirip mainan daripada buat di mobil, yang ane notice tulisan2 indikator itu rada kecil2 semua. dan kalau liat type G punya bakalan lebih menyedihkan lagi, bener2 mainan kompor2an anak2, freed generasi awal punya lebih bagus
Setel sana sini hmmm impresi duduk kokpit kaya naik hatchback daripada MPV mungkin karena kaca lebih landai lagi dan roof cut lebih ke depan juga itu desain dashboard agak pipih mirip hatchback or sedan daripada menebal seperti MPV. bagusnya rasanya ga terlalu terindimasi dengan ukuran mobil yang membesar ini hanya itu moncong terasa banget jadi super panjang. dan kaca kecil di pilar A ga berguna
Interior 2nd row
pas masuk, rada sempit entah kenapa terasa kepala ane lebih dekat dengan atap pas naik turun, jadi mesti agak merunduk. duduk hmm lebarnya si wah, tapi leg room ga berubah banyak malah mungkin karena interior gelap2an jadi bikin lebih sempit, dan head room entah sekali lagi kenapa ane berasa innova lama lebih lega. lampu baca ada di tiap pintu mungkin buat persiapan captain seat, dan tentu lampu star trek juga ada dan lebih mewah tentunya

lubang blower AC mirip innova lama punya.
coba lipet bangku ke 3rd row, one touch tumble, dan voila kelipet d.
Interior 3rd row
setelah lipet bangku 2nd row masuknya lebih mudah walau tetep nunduk tapi lebih leluasa karena lebih lebar, duduk di ketiga tetep sempit kepala tetep nyaris mentog tapi karena lebar bertambah jadi lebih lega ya lebih manusiawi lah, dan headrest akhirnya dikasih yang proper degan ukuran jauh lebih besarr dan panjang, dan satu keanehan disini, bangku baris ketiga ada 3 seatbelt... mungkin buat 3 org anak? karena 2 org dewasa saja sudah pas, ditambahin lagi satu org dewasa jelas ga muat kecuali size anak2
Trunk
Buka pintu belakang, sayang remote ga ada tombol rear door lock unlock dan fitur pintu vakum cuma ada di type Q, jadi buka tutup nya masih normal. dan ukuran pintunya kali ini terasa lebih kecil dari yang lama, mungkin harus diukur dulu, ukuran bagasi masih normal dan terus terang ga ada apa2 selaina ada bonus lampu bagasi kecil. mekanisme pelipatan masih kaya yang lama, flip up. tapi kali ini agak enteng karena ada per yang ngebantu buat dorong keatas dan cantelannya lebih deket ke arah pintu dibanding yang lama yang nyantel ke hand grab di plafon. walau tetep aja pas mau unfold harus hati2 karena lumayan berat. lipet semua bangku rada repot karena head rest tebel2 terutama 2nd row, dan ga flat floor akibat ladder frame.
Engine hood.
eng ing eng ini saat yang ditunggu2, gimana impresi awal mesin 2GD-FTV. injek kopling, cek shifter yang kayanya pake punya avanza/rush karena kecil banget, eh ini kopling kok rada panjang oh karena diesel, start d pake kunci puter, dan berasa kok kaya 2KD ya

bunyi garingnya itu starter dan goyangan awalnya mirip banget hanya lebih halus dan teredam, rada mirip kalau naik innova or fortuner diesel yang dikasih peredam full, ga heran pas cek pintu di celah2 pilar ada karet sekarang.

good job terutama getaran pas idle berkurang banyak, turun kabin, hmm suara idle tetep terasa diesel tapi berkurang dibanding yang lama dan bau khas diesel common rail dari knalpot berkurang banyak

. pop up the hood, ternyata nyaris separoh mesin itu diletakkan dibawah kaca depan, on ini toh sebabnya duduk di kokpit kaya naik hatchback/ sedan daripada MPV. And engine cover segede gajah dengan the proud logo of toyota, sayang ga ada logo D-4D lagi. getaran tetap ada tapi terkontrol dengan ukuran engine mounting super besar. Intake ada di kanan yang nyelip di fender depan sisi driver, iseng intip air filter box, eh ternyata pake filter udara kering model kotak dengan kawat2, kemudian jalurnya muter ke depan ke intercooler gede, lalu ke arah penumpang depan baru ke mesin.
module ABS sudah 6 channel full independent nampaknya mungkin karena di type Q ada VSC, dan buatan Advics. ukuran vacuum booster ga terlalu besar. sisanya ga terlalu kelihatan karena engine cover super gede.
bunyi turbonya lumayanlah lebih napsuin dikit daripada 2KD.

tinggal nanti di jalanan kaya apa
Overall
Terus terang impresi ane rada kecewa, walau ekspektasi ane sebagai ex user innova tetep tinggi, malah pas keluar ngeliat nav1 kok berasa lebih worth nav1 kalau untuk people carrier atau MPV karena boxy mpv jelas lebih lega, atau sekalian beli serena yang lebih nyaman dan lega karena chassis dan daleman yang jelas lebih lega. soal fitur dan lain2 pun biasa saja. malah cenderung basi karena di MPV dalkot seharganya sudah duluan atau malah lebih komplit. malah type V ga ada auto mirror folding.
Apalagi design interior yang sekali tabrak warna ga tanggung2 ada 4 warna dominan

abu2 untuk plafon + pilar + sedikit beige untuk lubang AC dan lampu2, hitam untuk dashboard dan trim2, geser mata kebawah kaget liat warna dan pattern jok ditambah door trim yang warnanya bedae lagi, geser ke karpet hitam lagi, dan dashboard sekali nyala lampunya warna biru toyota generasi baru.
tapi ya its a toyota tetep lakulah, pribahasa: bajaj dikasih merek toyota juga tetep laku

n btw itu badge Kijang Innova so cheesey in real world. pilihan paling berat itu ada di perbedaan harga bensin dan diesel yang jauh banget. Mewah? sorry to say buat ane ga kena, lega? sorry to say ga kena juga. jadi? as usual you buy it because its (just another) Toyota
btw, sudah ane tulis lom ya kalau its felt like sit inside a big Yaris rather than MPV?
---
type G? dari luar nyaris ga bisa dibedain dengan type V paling mencolok di mata ane di grille depan, dan well itu speedometer cluser lebih menyedihkan, dimana full color MID display digantiin dengan 2 baris layar kecil

dan tentu the famous tombol kompor AC

kemudian interior dikurang2in catnya dan banyak lagi yg ane ga perhatiin. intinya type G itu mirip type E lama.