Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya baru cari project car, mobil hobi yang untuk di uprek-uprek dalam jangka waktu lama, bahkan sampai diwariskan ke anak cucu, karena itu pengennya cari mobil yang iconic pada jamannya dan memang worth it untuk dipelihara..
Karena masih pemula, saya cari yang syaratnya:
1. Spare part nya masih tersedia dengan mudah
2. Maunya sedan atau minimal hatchback
3. Suara mesinnya "gahar"
4. Budget terbatas, hanya sekitar 50-60jt
twincam gti is guuttt.... awet gak rewel part banyak
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
E36 325i sj dr list atas yg suara mesinnya gahar.
Jarang jg populasinya, hrg k depan jg bertahan. Kondisi klimis, liat badge 325i di bokong, kepala org bakal noleh jg rasanya. Ride feeling msh terasa raw pulak
honda city type Z SX8 yg vtec... (bukan yg non vtec kaya si mods whiskas punya)
- parts masi berlimpah
- gampang di oprek
- substitusi jg masi gampang
- iconic di jamannya, small sedan dgn FISS, powahh terbesar
- handling jg d atas rata2 small sedan, even up to this date...
suara mesin ?? upgrade exhaust aj ud mantep... dan ini masi desain enjin honda jadul, ga pake resonator sgala di airbox jg ud mantep suara intake pas lg di betot gas nya...
# i must go... terdengar cakaran kucing lg mendekat...
Mozawa wrote:twincam gti is guuttt.... awet gak rewel part banyak
kayaknya memang ini kandidat utamanya om, tinggal mesinnya diganti 4AGE 20V black top, selain twincam GTI ini, kira kira apalagi ya yang bisa pake mesin tersebut?
Terimakasih masukannya om, cuma ane masih kepikiran soal sparepart nya, karena ane tinggal nya di jogja
jivos wrote:E36 325i sj dr list atas yg suara mesinnya gahar.
Jarang jg populasinya, hrg k depan jg bertahan. Kondisi klimis, liat badge 325i di bokong, kepala org bakal noleh jg rasanya. Ride feeling msh terasa raw pulak
Betul om, cuma sparepart nya apakah masih aman, dan apakah sebenernya budget saya masuk?
DOHC wrote:honda city type Z SX8 yg vtec... (bukan yg non vtec kaya si mods whiskas punya)
- parts masi berlimpah
- gampang di oprek
- substitusi jg masi gampang
- iconic di jamannya, small sedan dgn FISS, powahh terbesar
- handling jg d atas rata2 small sedan, even up to this date...
suara mesin ?? upgrade exhaust aj ud mantep... dan ini masi desain enjin honda jadul, ga pake resonator sgala di airbox jg ud mantep suara intake pas lg di betot gas nya...
# i must go... terdengar cakaran kucing lg mendekat...
Hahahaa setuju banget om, saya kebetulan pernah punya yg tahun 2000, pelihara setaunan trus sama sodara diajak tukeran dengan honda jazz gd1, tahun lebih muda, tp sekarang nyesel..
DOHC wrote:honda city type Z SX8 yg vtec... (bukan yg non vtec kaya si mods whiskas punya)
- parts masi berlimpah
- gampang di oprek
- substitusi jg masi gampang
- iconic di jamannya, small sedan dgn FISS, powahh terbesar
- handling jg d atas rata2 small sedan, even up to this date...
suara mesin ?? upgrade exhaust aj ud mantep... dan ini masi desain enjin honda jadul, ga pake resonator sgala di airbox jg ud mantep suara intake pas lg di betot gas nya...
# i must go... terdengar cakaran kucing lg mendekat...
Heh. Baru tau om SX8 ada pilihan enjin.
Padahal punya modcing aja 1500cc udah 115hp. Udah termasuk gede untuk 1500cc jaman skrg.
enjin sama plek om antara vtec ama non vtec... sama2 D15B7...cuman seinget ane (cmiiw sangat) yg non vtec "cuman 110 hp" sdgkan yg vtec 115 hp... tp 2 2nya mewarisi karakter high rev enjin... beda d head nya doank... kl yg vtec ud ad rocker arm tambahan utk " milih klep ke 2 dan ngangkat" klep lebi tinggi pas masuk rpm tinggi...
biarpun ini D15B vtec versi E alias sunatan... tenaga nya jg ganas... aslinya di jepun malah 130 hp...
yahh kl dibandingin ama hatcback skrg mah.. jgnkan non vtec om... yg D13 enjin yg cuman 1300 jg ud ckup buat ngasepin tuh hatchback2 skrg...
kalo mau benar benar diwaris anak cucu n sdh mature (age proven, parts logistically secured, mechanically simple n classic in real sense) ... any type of rear air cooled vw(s)
toyota corolla ae90 GTi (ckd indo) juga ok krn 4-AG factor
tapi kalo kita bicara pure long term posession ya jgn bicara parts availability ... krn kalo bicara bgt ya hanya toyota (di indo) sbg jwp nya ... tutup mata tinggal omong sj di auto2000 workshop pasti ada ... tinggal masalah price tag n waiting time sj
salah pasang / salah trouble shoot pasti mrk ganti gratis n yg terpasang tdk akan di cabut lg (sy pernah buktikan itu tiga empat x n mrk remedy sblm sy bicara marah)
DOHC wrote:enjin sama plek om antara vtec ama non vtec... sama2 D15B7...cuman seinget ane (cmiiw sangat) yg non vtec "cuman 110 hp" sdgkan yg vtec 115 hp... tp 2 2nya mewarisi karakter high rev enjin... beda d head nya doank... kl yg vtec ud ad rocker arm tambahan utk " milih klep ke 2 dan ngangkat" klep lebi tinggi pas masuk rpm tinggi...
biarpun ini D15B vtec versi E alias sunatan... tenaga nya jg ganas... aslinya di jepun malah 130 hp...
yahh kl dibandingin ama hatcback skrg mah.. jgnkan non vtec om... yg D13 enjin yg cuman 1300 jg ud ckup buat ngasepin tuh hatchback2 skrg...
Hmmm. Baru gugling jg ini om. Mantap jg ternyata.
Di indo dipasarin pake trim vti ternyata. Selain enjin, ternyata yang vti udah pake rem cakram di belakang, kalo yg punya modcing nasih tromol.
Iya om, kalo JDM punya pasti mantep lah, secara mereka jual bensin oktan tinggi. Haha. Disini aja mayoritas populasi masih pake oktan 88.
Mozawa wrote:twincam gti is guuttt.... awet gak rewel part banyak
kayaknya memang ini kandidat utamanya om, tinggal mesinnya diganti 4AGE 20V black top, selain twincam GTI ini, kira kira apalagi ya yang bisa pake mesin tersebut?
oom, mau Tanya.....
itu mesin 4AGE-12V itu ada brp warna sih ? ada yg bilang black top, emangnya ada silver top ? atau red-top ?
trus brp hp sih maksimum powernya ?
kalau kita prefer matic, apakah 4AGE-20V ada matic ?
terakhir, costnya swap engine gelondongan brp duit ? masuk akal gak ?
red top = tulisan toyota twin cam16 valve nya warna merah.. hp skitaran 120-130 hp cmiiw
silver top = ud 20 valves... sama ama black top... cuman kl si black ud ad vvt-i nya... kliatan dr enjin head cover nya dari warna silver atau item dof.. power jg ud naek jauhhh... jd 150an hp...
ckup breakthrough d jaman nya, enjin 1600 tp power ud setara kelas 2000an cc keatas...
ad lagi 4AG-E biasa, tulisan toyota, twincam 16 valves nya warna item... ini power biasa aj
jivos wrote:E36 325i sj dr list atas yg suara mesinnya gahar.
Jarang jg populasinya, hrg k depan jg bertahan. Kondisi klimis, liat badge 325i di bokong, kepala org bakal noleh jg rasanya. Ride feeling msh terasa raw pulak
Betul om, cuma sparepart nya apakah masih aman, dan apakah sebenernya budget saya msk..
Nyari brgnya yg susah om, sec type ini ngga msk indo, utk sparepart bs pk m50 di ver awl ato m52 di ver. akhir. Budget bakal lebih.
Klo mw cr versi pahe nya ya 323i 98 up, dan itu rebadge dr 325i dg output downspec dr 192 hp ke 170hp. Klo kondisi mint Budget mah krg, klo bahan/kondisi as is...dapat si dg budget segitu, diluar perbaikan tentunya.
Cm itu om bos NR sdh bersabdah
Cor Gti 4AGE sdh terbukti part no kendala baik di beres/toko n yg jelas lbh affordable & easy maintenance dr si biem.
Dulu termasuk list favorit sy jg ini meski blm kesampaian sampe skrg
DOHC wrote:honda city type Z SX8 yg vtec... (bukan yg non vtec kaya si mods whiskas punya)
- parts masi berlimpah
- gampang di oprek
- substitusi jg masi gampang
- iconic di jamannya, small sedan dgn FISS, powahh terbesar
- handling jg d atas rata2 small sedan, even up to this date...
suara mesin ?? upgrade exhaust aj ud mantep... dan ini masi desain enjin honda jadul, ga pake resonator sgala di airbox jg ud mantep suara intake pas lg di betot gas nya...
# i must go... terdengar cakaran kucing lg mendekat...
Ane sanggup nya beli non pitek mooooddd...
Speaking of which, ane jadi ingat sama sedan ini...
*buang jauh2 Eterna dari otak*
Coba hunting si Z SX8 ini, om... Cantik luar dalam dah... Bentuk juga timeless elegan. Ga kayak City GM6 yang macam sipik di potokopi 70% dengan dashboard membosankan. Plus, softpad di pintu bok...
DOHC wrote:enjin sama plek om antara vtec ama non vtec... sama2 D15B7...cuman seinget ane (cmiiw sangat) yg non vtec "cuman 110 hp" sdgkan yg vtec 115 hp... tp 2 2nya mewarisi karakter high rev enjin... beda d head nya doank... kl yg vtec ud ad rocker arm tambahan utk " milih klep ke 2 dan ngangkat" klep lebi tinggi pas masuk rpm tinggi...
biarpun ini D15B vtec versi E alias sunatan... tenaga nya jg ganas... aslinya di jepun malah 130 hp...
yahh kl dibandingin ama hatcback skrg mah.. jgnkan non vtec om... yg D13 enjin yg cuman 1300 jg ud ckup buat ngasepin tuh hatchback2 skrg...
Moood, punya ane D15B1...
Betul, mesin iron cast yang dapat diperas hingga 130hp di body 990 kg... Dan yang ane suka, bisa lewat redline hingga bertengger di 7450 rpm...
Kopling short throw yang akurat dan begitu mekanis...
Gahar ya cuma bisa dicapai V8.
E34 530i yang paling murah saat ini. Pengapiannya ga ritmik kanan kiri seinget gua. Kalo disalurin ke knalpot yang agak brisik derumnya beda sama i6. V8 jauh lebih soundgasm dari i6.
Betul om, cuma sparepart nya apakah masih aman, dan apakah sebenernya budget saya masuk?
forumuser wrote:
Newbie nih om, mobil yg pake itu apa ya?
Sent from my Nexus 6 using Tapatalk
selain (yang kepikiran saat ini) kuda jingkrak dan banteng? ga ada. harus cari aftermarket-nya buat gantiin camshaft standarnya.
kalo pengen suara mesin gahar ya cuma itu caranya. kecuali cuma suara knalpot menggelegar bak alay, copot aja tu saringan knalpot. beres.
forumuser wrote:
Newbie nih om, mobil yg pake itu apa ya?
Sent from my Nexus 6 using Tapatalk
selain (yang kepikiran saat ini) kuda jingkrak dan banteng? ga ada. harus cari aftermarket-nya buat gantiin camshaft standarnya.
kalo pengen suara mesin gahar ya cuma itu caranya. kecuali cuma suara knalpot menggelegar bak alay, copot aja tu saringan knalpot. beres.
Hahahahahaa.. Kalo merk itu, level gahar nya sudah beda Om, hehehe..