Mau numpang share ilmu nih,hari ini saya mau ngebahas tentang nambahin tenaga motor dengan metode mengurangi gesekan pada mesiinya
Sepintas kalau kita mendengar kata “gesekan” akan mengakibatkan keausan pada komponen dan menimbulkan panas yang tinggi pada mesin motor, alhasil power motor ngedrop karena tenaga terbuang jadi panas..
Hasil pembakaran mesin pasti menghasilkan tenaga yang besar, tapi tidak semua tenaga yang dihasilkan terpakai untuk menggerakan roda belakang.
Kaya gini nih gambarannya :
Terbuang langsung menjadi panas 5%
Rugi gesekan mekanikal 5%
Tenaga yang dipakai 25%
Panas terbuang pada system pendinginan 30%
Panas terbuang di Knalpot 35%
Dari data di atas terlihat jelas, tenaga hasil pembakaran yang terpakai hanya 25%, sisanya terbuang jadi panas dan gesekan.
Sedangkan panas yang terbuang pada system pendinginan sebesar 30%. Sistem pendinginan ini termasuk radiator dan Oli.
Jadi apa yang kita lakukan untuk meningkat tenaga ?, dari hal yang paling sederhana yaitu mengurangi gesekan mesin dan menjaga temperatur mesin agar tidak terlalu panas.
Gimana caranya?


KEAUSAN
Komponen mesin yang terkena gesekan paling besar yaitu Cam Shaft (Noken As) dan Ring Piston.
Kedua komponen ini yang sangat berperan untuk menjaga performa mesin tetap bertenaga dan hemat bahan bakar. Makanya 2 komponen ini harus dilindungi oleh pelumas yang berkualitas.
Noken As, bebas dari aus karena dilindungi oleh oil encer dan additive yang sempurna. Ruang bakar bersih karena ring tidak macet dan tidak aus, sehingga oil tidak bocor ke ruang bakar.
MINIM gesekan berarti mengurangi panas mesin, sehingga mesin lebih awet , lebih bertenaga dan hemat bbm.
TIPS MENINGKATKAN TENAGA :
Meningkatkan tenaga motor jangan terlalu berpikir yang rumit dan sulit, tetapi harus berpikir lebih simpel, tepat guna dan cepat. Semua harus dilandasi dengan teori dan pengukuran yang benar.
yang lebih penting jangan sampai meningkatkan tenaga mesin tapi mengorbankan daya tahan mesin itu sendiri.
Ada beberapa hal sederhana yang dapat mengurangi gesekkan dan meningkatkan tenaga mesin :
1. Mengganti oil dengan tingkat kekentalan (SAE) sesuai dengan spesifikasi mesin.
2. Membuat kem tensionel menjadi manual.
3. Mengganti kampas kopling dengan material green paper atau kevlar (khusus untuk kompling manual) dan jangan lupa sekalian per koplingnnya.
4. Mengganti bearing mesin dengan C3 berbahan dasar keramik.
Nah itulah beberapa cara untuk ngurangin gesekannya suhu, jika suhu suhu mau nambahin monggo suhu

semoga kita semua bisa share ilmu disini jadi kita makin ngerti nih sama namanya motor..biar "Montir Bandel" gak makin "Bandel"

salam