Kalo ditanya berapa lama ? Menurut saya itu relatif. Saya dan adik saya belajar nyetir barengan, waktu belajar saya umur 13 adik saya umur 12. Sama - sama yang ngajarin bokap.
Saya dilepas umur 16, adik saya dilepas umur 15. Tapi adik saya masih blom sepenuhnya dibolehin, deket - deket aja, kalo jauh saya yang disuruh nganterin. Sebelumnya sama - sama kalo nyetir didampingin orang tua dari umur 13 sampe 16 nya. Dulu sebelum diijinin saya sombong ngerasa udah bisa minta mau bawa mobil sendiri sama ortu, tapi masih gak dibolehin. Ortu saya selalu bilang "ngegas ngerem itu gampang, nyiapin diri buat di jalan yang susah". Even sampai sekarang saya umur 21, saya nyadar kalau nguasain diri di jalan itu susah walaupun udah nyetir lama.
Begitu kita udah bisa nyetir dan mulai dilepas, ego dari diri kita muncul, ada rasa pengen pamer ke temen - temen kalo kita udah jago. Hal itu yang harus kita kuasai. Kebanyakan orang, kalo baru dilepas bawa mobil, royal banget sama temennya, mau rumah temennya diujung bumi juga dibelain njemput karena ada rasa "pengen pamer". Coba kalo dah lama nyetir, rumah temen 10KM aja jauh banget rasanya...

Akhirnya apa? Safety awareness yang jadi korban. Karena pengen pamer skill, kita nyetir ngebut ngebut, pindah gigi di RPM tinggi, nyalip kayak kesetanan padahal gak ngambil jalurnya aja salah, balapan sama orang. Gak heran banyak accident caused by under-ages kan ? Bukan skill nya kurang, tapi emosinya yang gak bisa dijaga, gampang panas.
Nah saya ada tiga pertanyaan ke sist kalo memang lagi belajar nyetir :
- Apakah sist paham peraturan dan rambu - rambu lalu lintas ? Jangan sampe udah bawa mobil sendiri eh berentinya masih di depan marka, atau gak tau kalo jalur kanan itu buat nyalip dan bahu jalan itu buat darurat, atau bahkan soal parkir, tempat mana aja yang boleh/tidak boleh dijadiin parkir ?
- Apakah sist sudah ngerti gimana cara nyetir yang aman (ngatur spion, ngatur posisi duduk, cara overtake yang benar, minimum speed di dalam kota, dsb) ? Jangan sampe nanti bisa bawa sendiri, ngatur spion aja gak tau harus ngadep kemana.
- Dan pertanyaan paling penting, apakah sist masih suka kebawa emosi di real life alias baperan? Kalo sering kebawa emosi di real life akan ngaruh di style mengemudi, at least itu yang saya rasakan.
Kalo poin 1,2 sudah dipenuhi saya rasa sist sudah laik jalan, tapi belom sebagai pengemudi yang baik. Point ketiga harus dipenuhi kalo sist mau jadi pengemudi yang baik dan bertanggung jawab. Point ketiga ini yang mayoritas orang walaupun udah puluhan taun nyetir tetep gak sulit ditaklukkan... Dan membentuk kebiasaan nyetir mereka. Nyetir agresif gak selamanya salah dan nyetir pelan gak selamanya bener. Nyetir harus tau kapan agresif dan kapan harus pelan.
Saya pengalaman banyak ngasepin ababil yang panasan, bahkan belom lulus point 1 dan point 2. Terutama di tol, saya paling sering notice orang kalo "kepepet" saya panasin selalu ambil bahu jalan... Dah habis gitu gak saya ladenin lagi.... 100 meter lagi keliatan eh masih di depan, saya salip langsung
Ababil panasan ini musuh paling gampang kalo di jalan, nyetirnya boleh kenceng tapi ngambil jalurnya payah dan safety awarenessnya kurang sekali.