Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mekitokazi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
Daily Vehicle: BMW_E36_323i

Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by mekitokazi »

Hello SM'ers

Silent Rider mau minta saran nie, dari dua kandidat di atas kira-kira lebih afdol yang mana ya
1. Hanya di pakai untuk weekend, sesekali di ajak pulang kampung (Cikarang-lampung paling banter 1 th sekali)
2. Karena saya gemar DIY, jadi sesekali akan diutak2 sendiri
3. BBM gak majalah/no problemo
4. WOW factor, rencananya akan di sayang lama :cupss:
targetnya bisa di wariskan ke anak biar ada cerita :e-whistle:

Dari sekian banyak pilihan awal saya coret, dan bersisa 2 ini,
Honda estillo --> harganya gila
Mini Morris --> harganya sableng
VW Golf ---> yang agak baru udah rumit teknologinya

oya budjet untuk mobil + perbaikan agar bisa jalan aman kurleb 50jt

okey, ditunggu sarannya yaa
:big_cat:

tks
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by octafiantos »

Saya belum pernah piara Astina, cuma pernah piara E30 M40B18. Jadi ngga bisa komparasi, cuma bisa lihat satu sisi. Secara umum ngga rewel, tapi lumayan banyak sensor untuk ukuran 90an. Untuk power 318i pas pasan, 113hp barunya. Ga istimewa untuk ukuran sekarang. Sebaiknya ambil 318i aja meskipun pas pasan. Swap aja kalo niat upgrade.

Riding position ok, agak sempit karena memang kecil. Karena kecil dan kotak gampang buat nyelip. Dasbor miring ngadep sopir, instrumen dll sih masuk ergonomis dari kacamata lama. Part masih terjangkau meski bukan yang paling murah saat ini, yang partnya murah banget sekarang itu E36. Asesoris dan printilan mahal, pake banget. Pelek juga mahal, baut 4 dan offsetnya kudu kecil banget, belasan.

Sebagian saya tulis di sini
http://www.bimmerforum.web.id/plaza/ind ... topic=18.0
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by marmut »

yang 1 FWD, satunya RWD. ya nggak bisa jadi bandingan "lebih afdol mana"....
kalo mau buat pembanding ya dengan penggerak roda yang sama oom.
seneng dengan bentuk body astina tapi pengen nyaman? ya ngga akan kesampean.
terobsesi e30 tapi pengen bisa manuver gila di tikungan kaya mobil gerak depan? dijamin melintir.....
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by egibaio »

E30 dong om, sedan RWD jaman skrg sih mahal mahal.

Better weight distribution, better to handle more power(kalo niat swap), bisa buat iseng belajar sliding2 dikit. Astina tetangga ane ada yg masih melihara, sayang ga terlalu dia rawat jadinya kurang greget aja kalo liat astina hehe
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by jivos »

Iya om, e30 model punya resistensi kuat buat m'lawan waktu, depresiasimya jg sdh mentok di bwh. Yg ada mentul keatas bbrp waktu k dpn, sepanjang k'rawat dg baik.
Cocok dg tema "nyari wow factor" apalagi ada rencana mw keep lama biar bs crita2 ke anak2 cucu. :big_grin:

*klo astina ngga tau de, klo pk frame waktu skrg dah kelindes jaman, clean corralla gti 1991 msh t'bukti bs ngelawan waktu.

*edisi challenge dr saya buat om:

Ambil fiat uno turbo :big_exellent:
22 unit yg masuk cmiiw, ngga tau skrg yg msh layak jalan brp unit. 2 karib sy ada pliara ni makhluk.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by newrubble »

bole ada yg tertawa atau tdk stuju ...

tapi sy suggest ... astina BG series (jdm: astina familia) 15th kedepan akan punya nasip sama 1968-1971 mazda cosmo L10 series

dimana dimana model dg pop-up headlamps ini sdh mulai dibuat factory std

dulu josef goro teman sma sy skitar th90 saat masih jadi bmw salesman di djamoko cikini dia mau jual L10 cosmo silver n sy bilang jangan ...jangan jangan n jangan ...tar menyesal ...itu e30 maupun e21 tdk ada value dibanding L10

ternyata skrg .... silakan nilai sendiri

mumpung skrg current value astina BG blm bgt mahal ...tapi biar wkt buktikan nanti ...

mudah u sy nilai future value ...pertama liat rarity ...kedua liat technology unique-ness (bkn advancement) di avg. indo eyes ...ketiga liat global trend skrg

smua jadi strong indicators

silakan pilih n sy tdk trima debate

btw ...uno turbo total ckd 50 units ...dulu sy trima smua frame number list n bill of lading dr alm.soegijanto sastrosatomo (pendiri djamoko n satu yg pernah duduk dlm board membership pt federal m.) krn thn 90n uno turbo pas masuk mau digolongkan dua klaas pajak diatas seharusnya (untungnya ahir tdk) ...sy suggest dulu ...masukkan smua units tanpa turbine kit n pasang kit ssdh import duty dibayar n turbine kit masuk sbg accessories dr perusahaan yg beda (dulu bisa n jatuh lbh murah by taxation perspective)

cara sama spt ckd importing 244turbo (1985) by CSA dulu n sy tiru cara itu
mekitokazi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
Daily Vehicle: BMW_E36_323i

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by mekitokazi »

wah tks masukannya,
yang 1 FWD, satunya RWD. ya nggak bisa jadi bandingan "lebih afdol mana"....
kalo mau buat pembanding ya dengan penggerak roda yang sama oom.
seneng dengan bentuk body astina tapi pengen nyaman? ya ngga akan kesampean.
terobsesi e30 tapi pengen bisa manuver gila di tikungan kaya mobil gerak depan? dijamin melintir.....
karena fwd or rwd gak jadi pertimbangan om, paleng buat lari 80 mentok, bukan tipe agresive saya om :ungg:
biasa bawa vespa tuwir jalan nyantai, gak perlu sradak sruduk udah jadi bahan perhatian om
kira-kira nyari vespa versi 4 roda-lah, tapi nyari yang gak terlalu tuwir gitu... :big_blushing:
Ambil fiat uno turbo :big_exellent:
22 unit yg masuk cmiiw, ngga tau skrg yg msh layak jalan brp unit. 2 karib sy ada pliara ni makhluk.
Pernah liat di Jakarta Timur nie, cuman gak kuat restore-nya om, kata abang bengkel susah partnya.

om @newrubble, setuju om, secara driving menang e30, cuma astina ini punya "aura" gimana gitu.. :cupss:
btw, posting-posting om newrubble ini yang selalu saya tunggu di SM lho :big_smile]


Jadi sejauh ini, arah angin masih belum condong ke salah satu pilihan,
next cek perbandingan komunitas-nya, mungkin bisa dapat pencerahan lebih...

Tks All, masih ditunggu asupan dari yng lain.
:big_cat:
User avatar
eridek
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by eridek »

ahh...ada yang bahas uno turbo, jadi tergelitik ikut komen...suka sekali dengan mobil kotak..termasuk mobil2 reli thn 80-90an...
maklum dari kecil sering naik fiat 124, 5...mirafiori...volvo 244, holden torana, sekarang bapak melihara corolla thn 70'an..
User avatar
eridek
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by eridek »

oh ya...dulu kalau tidak salah ada accord yang lampunya pop up juga...atau tertutup sebelah ya...kurang perhatian...mirip holden calais...mohon dikoreksi jika salah...
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by newrubble »

honda accord CA series front-end pop-up kit itu optiinal n dulu dijual terpisah rp.8juta sama inti mobil raya motor

dealership honda di corner kebonsirihraya-mentengraya (samping perfini n bimantara/mnc ...tdk jauh dr patung BTI ...skrg sdh tutup tapi dulu tempat simpan racecars yg dipakai amiaw, dihon n aswinbahar)

sama spt cosmo front-end pop-up utk mazda626 GCseries yg juga aftersales option jualan marvi appandi (rp.7juta lbh dikit)

kalo holden calais VL series (nissan rb20 engined) hanya semi pop-up meski (CKD indo) factory std
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by dsign1990 »

BTW Budget TS mungkin di 50- 60 ya ?
Kalau saya sih mending ambil MX 6 atau nissan sentra coupe atau telstar chalenge dan laser champ dan TX3 nya atau toyota MARK GRANDE yg pillarless ( th90 nya bukan 94/93 yg harganya udah diatas 100)
Rasanya jauh lebih wOKEh
Cuma....... Gejala harga naik sudah mulai terasa dari sekarang.....jadi agak mahal
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by octafiantos »

Kalo suka main asesoris dari tuner, lebih gampang di E30 Om. Dari velg, bodikit sampe interior ada mainannya. Juga kalo suka audio banyak merek OEM yang bisa diaplikasilan. Bodikit dan velg mau gaya MTech, Alpina, RD, Hartge atau mix n match.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by marmut »

dana 50jt ya.... boleh lirik volvo 940 gl '94. teknologi tinggi tapi minim perawatan dan banyak parts substitusi dengan merk jepang. mau buat weekend silahkan, mau disiksa dijadikan kuli angkut juga siap.
kabin lega, bagasi lapang, engine 2.3 liter n/a cukup buat keluar kota maupun dalam kota. kalau mesin sehat FC dalkot 1:9.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by jivos »

marmut wrote:dana 50jt ya.... boleh lirik volvo 940 gl '94. teknologi tinggi tapi minim perawatan dan banyak parts substitusi dengan merk jepang. mau buat weekend silahkan, mau disiksa dijadikan kuli angkut juga siap.
kabin lega, bagasi lapang, engine 2.3 liter n/a cukup buat keluar kota maupun dalam kota. kalau mesin sehat FC dalkot 1:9.
om nanya dong, oot dikit
klo s70se thn 99 itu bs ksh gambara, fwd/rwd? badak/tdk? murah/mahal rawatnya, dia itu sucessornya 850 bkn?

preferensi sk krn model compact kotaknya
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by octafiantos »

s70 layout fwd.
temen ada yang piara tapi versi van, v70. cari v70 yang t5 kayanya lebih menarik om jiv.
Kavling kosong, bisa dikridit.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by jivos »

octafiantos wrote:s70 layout fwd.
temen ada yang piara tapi versi van, v70. cari v70 yang t5 kayanya lebih menarik om jiv.
thx om octa
badak ngga si?
khok impressi org yg ane tanya biasa2 aja
trakhir nanya mamang2 yg jg di atrium senin jg adem2 aja
hrg nya dah nukik bener ni om
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by marmut »

s70 saya belum tau banyak jadi nggak berani komen. yang saya tau akselerasinya cukup bikin jantungan. itu yang mesin n/a, yang t5 lebih amit2 lagi.
kalo cari "badak" ya seri 700 dan 900 mesin redblock.
User avatar
eridek
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by eridek »

karena yang dicari mobil weekend, sekalian saja yang unik..entah masih ada..

France: pug 'ahmadinejad' 504, yang lebih nyaman 505 gr/gti, citroen gs, 16trs/19 bx, bisa naik turun, mendongak juga bisa, atau supaya dikenal sekomplek dan dibukakan pintu rumah, 50m sebelum nyampe, saking kerasnya suara kipas ac, renault 18/21 tl...yang saya ingat di brosur iklannya, hanya ada spion kanan saja, entah kertas yang saya baca sobek atau emang tidak perlu spion kiri....saat itu..

kembali ke topik, 318e30 mantap juga, ambil yang manual, sekalian kencangkan betis..adik saya pernah pakai ini, sampai total loss ditabrak truk..penumpang sekeluarga selamat...sekarang ganti e36.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by octafiantos »

temen saya beli di jakarta dipake di madiun untuk harian, om jivos. ada kali 1.5 tahun pake. 9 bulan ga pernah isi radiator, karena ga pernah kurang. ngakunya sih badak dan memang dipake harian. belum lama dibawa jakarta lagi, dijual di sini. waktu saya ganti e30 ke e36 sih nyaranin pake beli v70 dia atau cari s70, cuma sayang susah masuk garasi saya. ada beberapa yang saya suka dari volvo s70 ini dari bmw. pertama interior senyap dan ga rattling. kedua material kulit lebih bagus dari bmw dan ga keliatan lecek dengan mileage yang setara. kualitas audio juga bagus standarnya. kalo dari part sih kayanya ga mencekik, beda sama waktu saya tahu bon s40 adik om saya. itu saya bilang mah edan, kaya e39 harga partnya. biasa ngebengkel di vota.
Kavling kosong, bisa dikridit.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by jivos »

@marmut
Thx om sharing s70nya

@octa
Wah ditawarin v70 tp ditampik, eman2x tuh om, tinggal majuiin pagar kedepan jln, masuk dah itu mbl :upss:

S40 turbo, iya amit2 dah tuh mbl (no offense buat yg pk) brekadown mulu kerjanya, transmisi at yg KO duluan, lipatan dashboard merakah, ngga ada nyisa jiwa volvo badge di itu product. :big_dunno:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by keong »

Gimana kalau crown 3.0 ? kalo budget segitu sudah dapat rasanya dengan kondisi yg bagus banget, atoga cressida, bisa dapat yg sangat mint tuh dengan uang segitu, gatau kenapa aura mobil2 itu masih sangat elegan menurut saya, dan apabila nanti mau dilungsurkan juga masih sangat elegan
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by marmut »

@ eridek,
504 jauh lebih nyaman ketimbang 505. trust me, karena saya pernah punya.
18 tl memang kaca spion hanya ada sisi kanan, maklum prancis kan pelit. saat bawa perempuan pake 18 tl selalu bikin jengkel karena mereka pasti tertidur lelap di jok depan saking nyamannya. gagal sudah niatan saya. hehe.....
kabin 18 tl rasanya jauh lebih luas ketimbang e30, sayang spare part renault nggak murah....
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by newrubble »

sy tdk yakin kalo org ini mau p504 krn pilihan hanya maz astina atau bmw e30

tapi kalo mau p504 ...usahakan yg 1982 release (yg factuur sdh multi france -astra int'l) ...cara visual confirmation mudah ...

bucket seat headrests (kursi depan kursi depan) sdh normal ...tdk lg berbentuk "kursi tukang cukur" (istilah pedagang di pecenongan jaman sy dulu)

bumper sets sdh 1977-79 US/north american compliance dr karet hitam tebal

engine sdh 1,971cc sama dgn p505 (carby) GR (ckd atau SX cbu) tidak lagi 1,600cc

rear brake set pakai drum ...tdk lagi disc (1974-77) harap ma'lum sampai sblm th 1998 astra (sblm di miliki cycle&carriage) dulu terkenal sbg biang spec-down spy profit margin bisa sebesar mgkn ... apapun yg mrk jual

knp kaca spion hanya driver's side? krn dulu european compliance hanya wajip bgitu ...tapi kalo mau tampil head turner bisa pakai punya 505 GR (1981-84 ckd) ...tentu bikin kaca kiri kanan baru di tukang kaca (minta bikin dr asahimas product krn sdh tempered glass ...rp.3juta pair) dan 15.5 inch velgen factory std (ini akan seru krn cari susah tapi dulu sy dapat sj ... wang bisa bicara apalagi kalo tdk sdikit)

renault 18 steering berat (TL ckd) non power assisted ... sy tdk sarankan ... kalo mogok dorong dia seberat p604 atau volvo 2 series ...sy pengalaman dorong renault unit bgini pdhl beli brandnew dulu n factory std n maintenance di authorized network ...mau 18TL ataupun fuego (fuego beli bekas US embassy jkt) sama sj ... wiring system non tropicalized ...suka lengket satu sama.lain ... apalagi sdh ageing ini mobil

tapi kalo dia mau beli p504 ya dgn wang yg ada akan menjadi unit yg sempurna (premium collection level) bkn sekedar std roadworthy collection level ...kan bekas bisa dibeli tdk lbh dr 20n juta
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by marmut »

betul oom NR, ndorong 18 tl sama seperti ndorong tembok. beraaaaaat banget. dan kelistrikannya sukses bikin saya nggak tidur seminggu karena mengganti semua kabel di ruang mesin serta dashboard.
tapi ini mobil FWD paling nyaman, saya stir jakarta-madiun pp nggak lelah sedikitpun.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil Weekend Mazda Astina vs BMW e30

Post by newrubble »

R18 pasang engine longitudinal ...spt citröen fwd jaman hitler ... bkn transversal spt fwd umum

yg tertarik urusan pasang mesin bgt cuma mrk yg kerja di museum