Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by walid_007 »

Turboman wrote:- Poles Cyl head + 3 angle valve job (DC poles sekitar 3,5 jt + ganti seal katup 12 biji)
- Dastek Q+ dgn TM atau pake Q4 (closed loop jadi open loop)
- Exhaust (tuh kontak si ORD aja)
- Kalo ada dana lebih : Piggyback tambahan utk kontrol cam phaser = CamCon (kalo tersedia utk 1KR-DE)

rem ya upgrade brake pad & minyak rem kasih DOT4

Shock arbsorber yg lebih firm dr std.

Dah segitu dulu aja coba
Mau tanya close loop dan open loop itu apa ya? Tks
engine roaring!
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by djia »

saya kok agak ngeri kalo agya/ayla dioptimasi untuk kebut2an (>120 kpj, kalo cuma 60 - 80 kpj aja biasanya saya pake motor bebek kecepatan segitu. hehe).

dulu pas di sowrum ada agya dan yaris dijejer, dengan dimensi panjang lebar tinggi yang engga beda jauh2 amat, saya dorong2 yaris dari samping mobilnya masih kokoh. giliran agya saya dorong2 dari samping mobilnya goyang2 parah.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by imingwahyudi »

ricz wrote:
KielConstantine wrote:Om TS, gua doain beberapa tahun kedepan bisa pelihara Mercedes / BMW.

Ntar bikin thread:
"Analisa mengapa pemilik mobil Turbo-Gasoline 200-an HP, yang 0-100 nya 7 detikan,
tapi kalo nyetir, bawa mobilnya selowww aja dan suka ngasih jalan mobil2 yang lebih pelan".








:drinking:
True story bgt om :mky_03:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
aetra
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Nov 13, 2015 1:49

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by aetra »

Biarin ajalah subyektif ts begitu
Ga usah di bully

Subyektif tiap orang kan beda2
Dari background beda2 juga

Di thread sebelah juga ada yg bilang taunya innova lebih mahal dari fortuner, everest dll.
Jadi santai aja lah

Lagian jadi lebih rame ada ginian
Dari kemaren ga masuk thread ini walaupun liat timeline di atas terus
Pas masuk
Rameeee yaaaa
Hahahah
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by KodokPushUp »

Lama ga buka sm, ternyata ada trit fenomenal

Ane percaya kok LCGC kenceng, udah ngalamin sendiri
Lagi bawa hatchback di luar kota (nyetir santai, permukaan jalan kasar), disalip dari kiri sama salah satu LCGC saingan ayla, kecepatan dia 80 kmh kira2.
Ane langsung merespon injek rem, jaga jarak sejauh2nya, ngeri kalo itu LCGC ban copot ato keguling.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
skult
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Fri Oct 09, 2015 3:54

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by skult »

Mending thread ini di lock saja, jadi pada men jelek jelekan duo ayla-agya, padahal mbl ini cocok/enak buat pelajar, mahasiswa, keluarga kecil, ke pasar dgn kabinnya yg luas buat brg2, antar anak sekolah, selip2 kalau macet, dll. Mau ngebut ya beli mbl second yg harganya setara...
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by djia »

KodokPushUp wrote:Lama ga buka sm, ternyata ada trit fenomenal

Ane percaya kok LCGC kenceng, udah ngalamin sendiri
Lagi bawa hatchback di luar kota (nyetir santai, permukaan jalan kasar), disalip dari kiri sama salah satu LCGC saingan ayla, kecepatan dia 80 kmh kira2.
Ane langsung merespon injek rem, jaga jarak sejauh2nya, ngeri kalo itu LCGC ban copot ato keguling.
saya pernah bawa mobil 100 kpj, n disalip sama agya di jalanan agak menanjak.
hmm..tapi saya juga pernah bawa mobil hampir 120 kpj, n disalip dengan tenangnya sama vario ... :big_chicken:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: RE: Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by octafiantos »

aetra wrote:Biarin ajalah subyektif ts begitu
Ga usah di bully

Subyektif tiap orang kan beda2
Dari background beda2 juga

Di thread sebelah juga ada yg bilang taunya innova lebih mahal dari fortuner, everest dll.
Jadi santai aja lah

Lagian jadi lebih rame ada ginian
Dari kemaren ga masuk thread ini walaupun liat timeline di atas terus
Pas masuk
Rameeee yaaaa
Hahahah
+1.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Mozawa »

mending agya drpd karimun yg terlalu tinggi kayak mau ngguling.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

terima kasih doa, saran dan informasinya.

berikut rekaman akselerasi dari 40kpj ke 120 kpj. ternyata ayla saya juga lebih lambat dari autobild. perlu di modif bila butuh lebih kencang. namun untuk suspensi mungkin tidak karena dipakainya untuk lewat jalan yang banyak nggak ratanya, justru malah jadi ngeri kalau suspensi lebih kaku. selama ini yang penting satu sisi kena jalan rata sudah cukup.
https://www.youtube.com/watch?v=Zp9tJXjHRXY
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by haristk7 »

sucahyo wrote:terima kasih doa, saran dan informasinya.

berikut rekaman akselerasi dari 40kpj ke 120 kpj. ternyata ayla saya juga lebih lambat dari autobild. perlu di modif bila butuh lebih kencang. namun untuk suspensi mungkin tidak karena dipakainya untuk lewat jalan yang banyak nggak ratanya, justru malah jadi ngeri kalau suspensi lebih kaku. selama ini yang penting satu sisi kena jalan rata sudah cukup.
https://www.youtube.com/watch?v=Zp9tJXjHRXY
yang saya bold..maaf ini terdengar rada konyol soalnya..

mau kenceng tapi kaki2 mobil (suspensi) dibiarin ala kadarnya ? apalagi untuk sekelas Agya/Ayla ? sorry..ini konyol..atau mungkin nyali nya hebat banget..dengan suspensi standar tp yang penting mobilnya makin kenceng..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by madcat015 »

Nubie ijin nimbrung... gegara baper 0-100 :big_slap:

Memang ane merasakan, mobil ane 0-100 nya memang bikin minder :big_childish: di 13s... :big_slap:

Padahal power di 163hp dan torsi macam diesel di 203nm @3500rpm... Teteeeep aja, 13s, menurut pabrikan sih. Ane ga pernah ngukur 0-100 atau 40-60 atau 60-80 atau 120-260+, secara ane lebih fokus nyalip truk tronton ga tau diri yang jalan 20kpj di tol sambil mengkhawatirkan bokong di tusbol mobil belakang yang rem nya pake tutup botol susu.

Sejauh ini sih baik2 aja, transmisi bisa cukup tau diri untuk shift down dari 5 ke 2 tanpa perlu pake tiptronik. Modal kaki kanan ala Fred Flinstone, injak habis rata lantai mentok jedok.

Urusan handling juga rada2 delusional, memang mirip hatchback. Tapi nyaris sepanjang 5m oi... makanya ane paling suka kl suruh nyetir atau TD mobil kecil macam DatGo... Bisa sruntulan kanan kiri... Kalo mobil lebih kecil lagi, malah serem gegara pernah *kerasa mau* tripod pake Abarth pinjeman temen.

Baca2 trit ini, jadi ingat temen ane kemarin. Dosen Ubaya, cewe, mw beli mobil. Setelah konsultasi serius dengan ane di jumat malam, akhirnya doi beli Brio metik keesokan harinya :big_slap:

Padahal ane uda wanti2 beli Agya metik atas katabeletje mod iming... :big_bored: ternyata SSI ane ga ampuh...

Anyway, good info tentang bracket akselerasi dalam rentang kecepatan tertentu. Sayang nya ya itu, seperti yang diutarakan teman2... Kalo sumber nya AutoBild, mending langsung jadikan bungkus kacang itu majalah. :snipersmile:

haristk7 wrote:
sucahyo wrote:terima kasih doa, saran dan informasinya.

berikut rekaman akselerasi dari 40kpj ke 120 kpj. ternyata ayla saya juga lebih lambat dari autobild. perlu di modif bila butuh lebih kencang. namun untuk suspensi mungkin tidak karena dipakainya untuk lewat jalan yang banyak nggak ratanya, justru malah jadi ngeri kalau suspensi lebih kaku. selama ini yang penting satu sisi kena jalan rata sudah cukup.
https://www.youtube.com/watch?v=Zp9tJXjHRXY
yang saya bold..maaf ini terdengar rada konyol soalnya..

mau kenceng tapi kaki2 mobil (suspensi) dibiarin ala kadarnya ? apalagi untuk sekelas Agya/Ayla ? sorry..ini konyol..atau mungkin nyali nya hebat banget..dengan suspensi standar tp yang penting mobilnya makin kenceng..
Ane setuju dengan bro haristk. Semakin kencang mobil, suspensi harus makin stiff dan rendah untuk mengurangi limbung, grip ban juga harus makin kuat mencengkram aspal. Plus perangkat rem. Dan kalo bisa, sistem steering di perbaiki, ga lucu nge-flick setir 1 derajat dan mobil lgs belok 90 derajat ke parit terdekat.

Ane pernah merasakan hi speed dengan suspensi kaku dan suspensi empuk. Bedanya macam bandingkan Gone in 60s dengan Gone With The Wind. Suspensi kaku bikin mobil nempel ke tarmac, meski pengaruh ban juga sangat terasa. Suspensi empuk bikin mobil macam kapal kena badai. Susah sekali mengendalikan mobil. Well, kalo untuk harian dan jarang hi speed, suspensi empuk sangat menyenangkan. Untuk sirkuit? Bisa nambah dent di pembatas sirkuit malahan... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by DOHC »

@ mods whiskas :
dosen cewe ?? ubaya ?? :e-think: :e-think:

somethin smells fishy.. :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sandal »

DOHC wrote:@ mods whiskas :
dosen cewe ?? ubaya ?? :e-think: :e-think:

somethin smells fishy.. :ngacir: :ngacir:
Wah mencurigakan nih modcing :shrug: :ngacir:
madcat015 wrote:Anyway, good info tentang bracket akselerasi dalam rentang kecepatan tertentu. Sayang nya ya itu, seperti yang diutarakan teman2... Kalo sumber nya AutoBild, mending langsung jadikan bungkus kacang itu majalah. :snipersmile:
Kapan Autobild akurat? Kan 100% ngaco itu :big_bored:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by solar_kerosen »

gue pernah bawa T4i avanza 1.3E memang feelnya kerasa kencang banget kalau gas disentak tiba tiba karena bodi ngaleng dan unsafe body for crash kita merasa nih mobil malah too much powaaa . berasanya kaya injak abis gas porsche GT :big_biglaugh:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by vp920b »

Ijin ngeramein aja deh.

Mau ngakak pke lcgc ngetest 40-120KM/H.. Lcgc lebih tepatnya test keiritan bensin, efisiensi dan sbrp tangguh dipakai bertahun2 dibanding ngebut. Wong kantor sy ada kari wagon lari 80-100 uda de mending cr selamet dibanding nyawa.

Mau ngebut mending beli jag Ftype V8S atau bmw I8 yg ane test di canada dibanding lcgc plus di jakarta pula. Ngebut kemana mang? Ane aja sehari hari cuma naik defender biar orang pada minggir.. Wkwkwkwk
ark
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Oct 21, 2015 2:04

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by ark »

bro sucahyo, menurut saya kalo mau lebih kencang, suspensi juga wajib dibuat lebih keras supaya lebih stabil. (meskipun jalan dalam kondisi agak tidak rata). untuk lcgc, suspensi standar yg paling baik dibuat kencang menurut saya cuma brio. GC paling pendek dan suspensi paling keras diantara lcgc lainnya.
"yang penting satu sisi kena jalan rata sudah cukup" <-- ini juga malah bahaya kalo mobil tidak dilengkapi abs dan ngerem mendadak, mobil bisa muter karena satu sisi ban selip duluan. apalagi kalo satu sisi kena jalan tanah dan sisi lain jalan aspal. cmiiw
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by b0ku »

ark wrote:bro sucahyo, menurut saya kalo mau lebih kencang, suspensi juga wajib dibuat lebih keras supaya lebih stabil. (meskipun jalan dalam kondisi agak tidak rata). untuk lcgc, suspensi standar yg paling baik dibuat kencang menurut saya cuma brio. GC paling pendek dan suspensi paling keras diantara lcgc lainnya.
"yang penting satu sisi kena jalan rata sudah cukup" <-- ini juga malah bahaya kalo mobil tidak dilengkapi abs dan ngerem mendadak, mobil bisa muter karena satu sisi ban selip duluan. apalagi kalo satu sisi kena jalan tanah dan sisi lain jalan aspal. cmiiw
:wkkk: maen suspensi kagak guna paling efek buat high speed lempeng doank boss. kalo mau jadi lebih presisi musti kudu trondolin dulu pasang anti roll bar, strut bar , under brace terus pasang Kw suspension mesin tambahin turbo, in the end duit yg keluar ud ampir nyamain harga mobilnya :wkkk:

sekalian aja beli jazz :ngacir:

sebenerny yg busuk dari ni mobil bukan lari atau mesinnya tapi chasisnya ancur banget kaleng sampe ke tulang2x gw pernah liat halfcutnya di iims gilaa ngeri, ni mobil di tol aja gw pernah sama temen gw dia bawa suv mepetin alya di belakang gw bilang jgn mepet2x amit2x kalo dia ngerem mendadak kita nabrak dianya kenceng, bisa- bisa kita ngelindes tuh mobil ampe gepeng yg ada :ngacir:

kalo mobil laen macem avanza aja gw yakin masih bisa nahan bodynya kalo amit2x ketabrak kalo ni alya serem gw.. :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Jambangan »

Mobil2an kyk gini mau dibikin kenchang? :big_chicken:
Ga usah dibikin kencang aja pada sruntulan tuh di jalan udah macam mobil paling keren aja :big_biglaugh:
Ane mending minggir aja kalo ada mobil2an kyk gini :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Jambangan »

vp920b wrote:Ijin ngeramein aja deh.

Mau ngakak pke lcgc ngetest 40-120KM/H.. Lcgc lebih tepatnya test keiritan bensin, efisiensi dan sbrp tangguh dipakai bertahun2 dibanding ngebut. Wong kantor sy ada kari wagon lari 80-100 uda de mending cr selamet dibanding nyawa.

Mau ngebut mending beli jag Ftype V8S atau bmw I8 yg ane test di canada dibanding lcgc plus di jakarta pula. Ngebut kemana mang? Ane aja sehari hari cuma naik defender biar orang pada minggir.. Wkwkwkwk
Ane pake city car 1.5 L aja 120 udah ngeri bgt
Apalagi city car sekelas lcgc gini :ungg:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by VanzMatic »

Kalo yang warna merah odometer kenchang suka 170km/jam, gimana kak Jambang?

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Jambangan »

VanzMatic wrote:Kalo yang warna merah odometer kenchang suka 170km/jam, gimana kak Jambang?

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
isyu isyu isyu semua hanya isyu
isyu isyu isyu semua hanya isyu :e-whistle:


*pinjem lirik lagu om ebiet :ngacir:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by vipere »

sebenernya bukan pemilik ayla/agya merasa mobilnya lambat, tapi cari selamat, ngapain kenceng2.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

haristk7 wrote:mau kenceng tapi kaki2 mobil (suspensi) dibiarin ala kadarnya ? apalagi untuk sekelas Agya/Ayla ? sorry..ini konyol..atau mungkin nyali nya hebat banget..dengan suspensi standar tp yang penting mobilnya makin kenceng..
Sama Daihatsu / Toyota speed limit dibuat 160kpj. Kalau dianggap berbahaya tentunya sama pabriknya speed limit direndahkan jadi misalnya 120kpj. Saya yakin suspensi standar sudah cukup kalau nggak neko neko.
ark wrote:bro sucahyo, menurut saya kalo mau lebih kencang, suspensi juga wajib dibuat lebih keras supaya lebih stabil. (meskipun jalan dalam kondisi agak tidak rata). untuk lcgc, suspensi standar yg paling baik dibuat kencang menurut saya cuma brio. GC paling pendek dan suspensi paling keras diantara lcgc lainnya.
"yang penting satu sisi kena jalan rata sudah cukup" <-- ini juga malah bahaya kalo mobil tidak dilengkapi abs dan ngerem mendadak, mobil bisa muter karena satu sisi ban selip duluan. apalagi kalo satu sisi kena jalan tanah dan sisi lain jalan aspal. cmiiw
Maaf penjelasan saya kurang lengkap. Itu cerita waktu lewat jalur yang jalannya hancur tapi jalur kencang (>60kpj).

Mungkin member sini ada yang tahu jalur dari pasuruan menuju bangil? jalannya tambal sulamnya parah. Saya pernah lihat mobil kecil lewat mantul mantul sampai loncat belakangnya waktu jalan di 90 an, akhirnya dia melambat. Kendaraan yang suspensinya keras terutama mobil murah yang fast bumpnya jelek) jalannya terlihat mengerikan di jalan ini. Untuk jalan seperti itu, penggunaan ganjel per ataupun stabilizer justru membuat kendaraan makin tidak stabil. Saya pernah lihat MPV yang kedua roda sebelah kanannya terangkat kena gelombang jalan dan sudah miring ke kiri. Di jalan seperti ini kendaraan yang masih murni full independent lebih unggul stabilitasnya. kendaraan bodi berat memang lebih stabil, tapi kendaraan ringan pun bisa stabill. Dalam hal ini Ayla lumayan stabil dibanding dengan MPV. Yang kelihatan nggak stabil itu terutama yang sudah modif ban lebar.

Banyak yang modif tidak pakai pertimbangan. Ban dibesarkan yang akhirnya butuh ganjel per atau stabilizer kuat yang akhirnya bikin sokbreker lemah yang jadinya jalan jadi mantul mantul, dI jalan hotmix sekalipun jadi berbahaya. Jarang banget lihat modif yang bisa anteng lewat jalan tidak rata, bahkan ada juga yang lewat jalan mulus pun masih mentul mentul.

Seringkali suspensi standaran yang lebih stabil. Bukan karena standar lebih bagus, tapi karena modifnya salah.
metalcorps
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Oct 30, 2015 15:32

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by metalcorps »

jadi curiga ini masuk gimmick marketing ,kyk iklan motor aja lincah selap selip di kemacetan wkwkwkw