Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
Selamat malam SMers
Jadi hari ini sedikit kepikiran akan fakta yang ane lihat dari mobil2 jepang dan eropa yang pernah ane pake. Dari pengamatan ane kok rasanya kaki2 mobil eropa lebih kuat daripada mobil jepang ya? (Di luar kijang, panther, dkk loh ya). Temen ane pake golf TSI 2012 km 40rban dipake daily dengan santapan jalanan bandung atau jakarta, kaki kakinya senyappp bener dah. No steering rack issue, engine mounting issue or such. Meanwhile, ane dulu pake mazda2 dan jazz GD km 40rban udah nyanyi2 itu suspension components nya. Temen ane yg pake city taun 2012 dengan kilometer 22rb juga ane denger2 sih udah ada bunyi gredek gredek dikit kalau lewat paving block. Sodara ane jg pernah megang BMW E38, ga pernah ada keluhan itu kaki kaki biar udah pake velg alpina gede. Dulu keluarga juga pernah pelihara fiat uno II, issue yang kami hadapi cuma rem yang sering macet. Oh iya, civic FD ane juga ternyata udah pernah ganti engine mounting di KM 30rb kalo ane lihat dr service recordnya, which is early.
Nah yang jadi ane pertanyakan adalah, apakah reliability mobil jepang yang selama ini kita yakini hanyalah mitos? Ane tau kijang, panther, kuda, fortie sih kaki kaki kuat lah. Tapi untuk hatchback, sedan, crossover jepang apakah sebenarnya reliability kaki kakinya ga oke? Atau mungkin karena spare part yang murah kita jadi ga begitu sadar bahwa sebenarnya kaki kaki mobil jepang itu cenderung lemah?
Jadi hari ini sedikit kepikiran akan fakta yang ane lihat dari mobil2 jepang dan eropa yang pernah ane pake. Dari pengamatan ane kok rasanya kaki2 mobil eropa lebih kuat daripada mobil jepang ya? (Di luar kijang, panther, dkk loh ya). Temen ane pake golf TSI 2012 km 40rban dipake daily dengan santapan jalanan bandung atau jakarta, kaki kakinya senyappp bener dah. No steering rack issue, engine mounting issue or such. Meanwhile, ane dulu pake mazda2 dan jazz GD km 40rban udah nyanyi2 itu suspension components nya. Temen ane yg pake city taun 2012 dengan kilometer 22rb juga ane denger2 sih udah ada bunyi gredek gredek dikit kalau lewat paving block. Sodara ane jg pernah megang BMW E38, ga pernah ada keluhan itu kaki kaki biar udah pake velg alpina gede. Dulu keluarga juga pernah pelihara fiat uno II, issue yang kami hadapi cuma rem yang sering macet. Oh iya, civic FD ane juga ternyata udah pernah ganti engine mounting di KM 30rb kalo ane lihat dr service recordnya, which is early.
Nah yang jadi ane pertanyakan adalah, apakah reliability mobil jepang yang selama ini kita yakini hanyalah mitos? Ane tau kijang, panther, kuda, fortie sih kaki kaki kuat lah. Tapi untuk hatchback, sedan, crossover jepang apakah sebenarnya reliability kaki kakinya ga oke? Atau mungkin karena spare part yang murah kita jadi ga begitu sadar bahwa sebenarnya kaki kaki mobil jepang itu cenderung lemah?
Last edited by egibaio on Tue Nov 10, 2015 13:55, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Realibility kaki-kaki jepang < eropa?
Ane juga sependapat nih, soal kaki2 selama pengalaman mobil eropahan, ga pernah berurusan sama kaki2, dr BMW ama mercedes (brand eropa lain ga pernah coba dalam jangka waktu lama)... Empuk ga ada bunyi halus lah pokoknya selama dipake mah 
Giliran di mobil2 jepang, udah berapa kali kena yg namanya gludug2 bunyi2 dsb tp ya dasar dibiarin aja jg gpp wkwkwk...

Giliran di mobil2 jepang, udah berapa kali kena yg namanya gludug2 bunyi2 dsb tp ya dasar dibiarin aja jg gpp wkwkwk...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
tdk dibuat u jalanan yg asal dibuat ...kalo lobang asal ditambal ...kalo ada speedhump itu asal lbh tinggi dr permukaan jalanan ... kalo ada genangan asal kering krn oksidasi
mobil mobil yg dibuat (ckd).n dijual (ckd, cbu) bebas sj asal.bayar smua pajak pajak pajak pajak pajak pajak ... tdk ada local crashtest ....tdk ada fatigue test ...
salah yg buat(n jual) atau salah yg atur(tapi tdk bisa atur ...trima wang sj) ...atau salah yg (hrsnya) tinggal pake (krn dah bayar sebesar dua mobil u beli satu mobil)?
mobil mobil yg dibuat (ckd).n dijual (ckd, cbu) bebas sj asal.bayar smua pajak pajak pajak pajak pajak pajak ... tdk ada local crashtest ....tdk ada fatigue test ...
salah yg buat(n jual) atau salah yg atur(tapi tdk bisa atur ...trima wang sj) ...atau salah yg (hrsnya) tinggal pake (krn dah bayar sebesar dua mobil u beli satu mobil)?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
Kalo acuannya reliabilitas, apalagi mobil Jepang fwd vs mobil Eropa rwd, dari pengalaman saya memang bener statement TS. Lebih awet mobil Eropa, dengan kondisi part aftermarket setara (Lemforder vs 555 Japan). Yang pernah keluarga atau saya piara misalnya Corolla/Corona beberapa generasi sampai New Corolla vs E30/E36. Crown vs W123. Untuk data pembanding buat W124 ngga pernah punya mobil Jepang setara.
Secara umum kaki dan terutama engine mountingnya lebih boros. Malah di Corona, dua kali coba engine mounting Thai selalu pecah setelah beberapa bulan. Kalo mounting transmisi mendingan. Mounting mesin kalo nggak TGP jelek banget.
Secara reliabilitas iya, sayangnya secara ToC kayanya nggak wkwkwk. E36 misalnya seluruh ball joint, bushing arm, link stabilizer, tierod depan pake Lemforder fu 2.5juta. 555 Japan buat Greco kan jauh dari angka itu. Saya ngga paham Altis, kalo E46 seadanya kaki depan diganti merek Lemforder diluar sok, kisaran 6.5juta. Saya kok agak nggak percaya kalo Altis deket sampe angka segitu.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Secara umum kaki dan terutama engine mountingnya lebih boros. Malah di Corona, dua kali coba engine mounting Thai selalu pecah setelah beberapa bulan. Kalo mounting transmisi mendingan. Mounting mesin kalo nggak TGP jelek banget.
Secara reliabilitas iya, sayangnya secara ToC kayanya nggak wkwkwk. E36 misalnya seluruh ball joint, bushing arm, link stabilizer, tierod depan pake Lemforder fu 2.5juta. 555 Japan buat Greco kan jauh dari angka itu. Saya ngga paham Altis, kalo E46 seadanya kaki depan diganti merek Lemforder diluar sok, kisaran 6.5juta. Saya kok agak nggak percaya kalo Altis deket sampe angka segitu.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Realibility kaki-kaki jepang < eropa?
yg pasti sensasi bleb bleb khas hajar lobang atau jalanan jelek itu cuman ad di sedan eropa mods....amfibi wrote:Ane juga sependapat nih, soal kaki2 selama pengalaman mobil eropahan, ga pernah berurusan sama kaki2, dr BMW ama mercedes (brand eropa lain ga pernah coba dalam jangka waktu lama)... Empuk ga ada bunyi halus lah pokoknya selama dipake mah![]()
walaupun keras nya mirip ama sedan japs... tp beda sensasi nya...
kl jepang, gebrak2 gt sensasi nya... ga enak blass....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
octafiantos wrote:Kalo acuannya reliabilitas, apalagi mobil Jepang fwd vs mobil Eropa rwd, dari pengalaman saya memang bener statement TS. Lebih awet mobil Eropa, dengan kondisi part aftermarket setara (Lemforder vs 555 Japan). Yang pernah keluarga atau saya piara misalnya Corolla/Corona beberapa generasi sampai New Corolla vs E30/E36. Crown vs W123. Untuk data pembanding buat W124 ngga pernah punya mobil Jepang setara.
Secara umum kaki dan terutama engine mountingnya lebih boros. Malah di Corona, dua kali coba engine mounting Thai selalu pecah setelah beberapa bulan. Kalo mounting transmisi mendingan. Mounting mesin kalo nggak TGP jelek banget.
Secara reliabilitas iya, sayangnya secara ToC kayanya nggak wkwkwk. E36 misalnya seluruh ball joint, bushing arm, link stabilizer, tierod depan pake Lemforder fu 2.5juta. 555 Japan buat Greco kan jauh dari angka itu. Saya ngga paham Altis, kalo E46 seadanya kaki depan diganti merek Lemforder diluar sok, kisaran 6.5juta. Saya kok agak nggak percaya kalo Altis deket sampe angka segitu.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Nah ini dia, kita mungkin nganggap mobil jepang lebih awet karena memang spare partnya murah. Sedangkan mobil eropa meski spare part lebih mahal tapi lebih jarang bermasalah kaki kaki nya. Kalau kita bicara performance aja di luar cost, berarti bisa dibilang keawetan kaki kaki eropa di atas jepang
Mobil sedan jepang yang ane temukan awet kaki kakinya baru satu, vios lama. Yang lainnya sih, bahkan kakaknya vios si altis pun ringkih bahkan dibanding Golf sekalipun.amfibi wrote:Ane juga sependapat nih, soal kaki2 selama pengalaman mobil eropahan, ga pernah berurusan sama kaki2, dr BMW ama mercedes (brand eropa lain ga pernah coba dalam jangka waktu lama)... Empuk ga ada bunyi halus lah pokoknya selama dipake mah
Giliran di mobil2 jepang, udah berapa kali kena yg namanya gludug2 bunyi2 dsb tp ya dasar dibiarin aja jg gpp wkwkwk...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
mungkin reliability yg dimaksud banyak orang masalah mesin

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
Kalau mercy sih iya apalagi w124 bener2 seng ada lawan dan spt nya nggak ada kata servis kaki kaki dalam kamus besar nya
Kalau BMW pernah saya ganti tierod gara2 dibawa ke pangandaran
Kalau mobil jepang saya next G ampun deh ibaratnya baru keluar bengkel udah bunyi lagi
tapi headroom nya yang bikin betah pake nih mobil
lagian kalau kelewat nyaman ntar bikin ngantuk
Terus ada 1 lagi yakni corona mark 2 kaki kakinya lumayan badak buat ukuran mbl jepang nggak pernah ngeluh cuma gardan dan bearing sering berisik

Kalau BMW pernah saya ganti tierod gara2 dibawa ke pangandaran

Kalau mobil jepang saya next G ampun deh ibaratnya baru keluar bengkel udah bunyi lagi



Terus ada 1 lagi yakni corona mark 2 kaki kakinya lumayan badak buat ukuran mbl jepang nggak pernah ngeluh cuma gardan dan bearing sering berisik

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
Membandingkan harus Apple to Apple, artinya harus sebanding.
Membandingkan Honda Jazz dengan BMW, bahkan VW golf adalah tidak sebanding. baik dari segi harga, maupun kelas.
Pengalaman saya sih, Jepang lebih awet, Mercedes, pasti ganti Tie Rod di 50-60 rb, saya ada 3 generasi C class yang kena penyakit yang sama.
mobil Jepang biasa, komponen kaki2nya tidak banyak, makanya cenderung lebih keras, dan bunyinya juga keras.
mobil Eropa, apalagi mobil mewahnya, komponennya banyak, sehingga meredam lebih baik, suara maupun guncangan.
mau dari baru keluar showroom, mobil jepang biasa lebih berisik kalau masuk lobang dibandingkan mobil eropa, juga guncangannya lebih keras.
saya membandingkan Honda Accord CP2 dengan Mercedes Benz C class, W204, lebih keras dan lebih berisik Accord.
honda juga cenderung elbih berisik drp Toyota yang sekelas.
Membandingkan Honda Jazz dengan BMW, bahkan VW golf adalah tidak sebanding. baik dari segi harga, maupun kelas.
Pengalaman saya sih, Jepang lebih awet, Mercedes, pasti ganti Tie Rod di 50-60 rb, saya ada 3 generasi C class yang kena penyakit yang sama.
mobil Jepang biasa, komponen kaki2nya tidak banyak, makanya cenderung lebih keras, dan bunyinya juga keras.
mobil Eropa, apalagi mobil mewahnya, komponennya banyak, sehingga meredam lebih baik, suara maupun guncangan.
mau dari baru keluar showroom, mobil jepang biasa lebih berisik kalau masuk lobang dibandingkan mobil eropa, juga guncangannya lebih keras.
saya membandingkan Honda Accord CP2 dengan Mercedes Benz C class, W204, lebih keras dan lebih berisik Accord.
honda juga cenderung elbih berisik drp Toyota yang sekelas.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Tue Apr 01, 2014 7:18
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
gw setuju sama om di atas yg bilang vios lama,
gw kebetulan pake vios 2009 yang sebelum minor change.
di km 70rb baru kena bearing 1biji wkwkwk,
emg dasar pakenya serampangan sih ini, gw kira ban nya gundul, udah ganti pasti goyang2 aja, tau nya bearing.
gw kebetulan pake vios 2009 yang sebelum minor change.
di km 70rb baru kena bearing 1biji wkwkwk,
emg dasar pakenya serampangan sih ini, gw kira ban nya gundul, udah ganti pasti goyang2 aja, tau nya bearing.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
di accord kilometer 42 ribuan kaki2 depan kadang bunyi...saya biarkan saja...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
tp utk sedan2 japs yg medium to large bukannnya kaki2 nya jg ud kompleks om ??aspsilver wrote:
Pengalaman saya sih, Jepang lebih awet, Mercedes, pasti ganti Tie Rod di 50-60 rb, saya ada 3 generasi C class yang kena penyakit yang sama.
mobil Jepang biasa, komponen kaki2nya tidak banyak, makanya cenderung lebih keras, dan bunyinya juga keras.
mobil Eropa, apalagi mobil mewahnya, komponennya banyak, sehingga meredam lebih baik, suara maupun guncangan.
mau dari baru keluar showroom, mobil jepang biasa lebih berisik kalau masuk lobang dibandingkan mobil eropa, juga guncangannya lebih keras.
.
ane perna liat camry, accord atau civic gt kayanya rame banget ruang spakbor nya, FISS suspension, link2 stabilizer dmana2 kurleb mirip2 ama w204 gt... bukan yg simple torsion beam macam di sedan2 generik nya...
kl kelas eropa medium to large sedan yahh ane ga komen dehh... itu kaki2 sperti konstruksi kaki2 kereta shinkansen.... ribet banget dahh... apalagi kaya audi A8 atau S klasse...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
tar dr w204 coba liat kaki2 w205 mod...ky sinkansen gak..DOHC wrote:
tp utk sedan2 japs yg medium to large bukannnya kaki2 nya jg ud kompleks om ??
ane perna liat camry, accord atau civic gt kayanya rame banget ruang spakbor nya, FISS suspension, link2 stabilizer dmana2 kurleb mirip2 ama w204 gt... bukan yg simple torsion beam macam di sedan2 generik nya...
kl kelas eropa medium to large sedan yahh ane ga komen dehh... itu kaki2 sperti konstruksi kaki2 kereta shinkansen.... ribet banget dahh... apalagi kaya audi A8 atau S klasse...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
Ngga rumit sebenernya.
Kurang lebih prinsipnya ngga jauh beda. Sedan compact (BMW kelas 3) pake single arm. Kalo kelas mid-full (kelas 5-7) pake desain dobel arm atas bawah. Jumlah bushing otomatis menyesuaikan. Kenapa 5-7 digabung karena memang 11-12. Era E39, bodi monokoknya diturunkan dari bodi monokok E38. Beda di self levelling suspension.
Kalo nggak salah, Accord Maestro yang ada link steer ke belakang itu juga armnya atas bawah (?).
Kaki E36 Kaki seri 5 bodi E39

Kurang lebih prinsipnya ngga jauh beda. Sedan compact (BMW kelas 3) pake single arm. Kalo kelas mid-full (kelas 5-7) pake desain dobel arm atas bawah. Jumlah bushing otomatis menyesuaikan. Kenapa 5-7 digabung karena memang 11-12. Era E39, bodi monokoknya diturunkan dari bodi monokok E38. Beda di self levelling suspension.
Kalo nggak salah, Accord Maestro yang ada link steer ke belakang itu juga armnya atas bawah (?).
Kaki E36 Kaki seri 5 bodi E39

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
gak pernah meliara mobil eropa dan belom pernah meliara mobil >5 tahun
cerita saja dari teman saya, yang saya liat Subaru Foresternya sudah jalan +200k kilometer dan baru (terpaksa) ganti kaki kiri depan gara2 ngehajar lobang terlalu kencang, sisanya masih sangat bagus kondisi kaki2nya..mobilnya cukup heavy duty, dan kadang suka diajak main offroad seperti ke desa pelangi di daerah dekat sentul..
cerita saja dari teman saya, yang saya liat Subaru Foresternya sudah jalan +200k kilometer dan baru (terpaksa) ganti kaki kiri depan gara2 ngehajar lobang terlalu kencang, sisanya masih sangat bagus kondisi kaki2nya..mobilnya cukup heavy duty, dan kadang suka diajak main offroad seperti ke desa pelangi di daerah dekat sentul..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
kayanya sehh kaya sinkansen jg om... kan lebi canggih.. hehehekompresorz wrote:tar dr w204 coba liat kaki2 w205 mod...ky sinkansen gak..DOHC wrote:
tp utk sedan2 japs yg medium to large bukannnya kaki2 nya jg ud kompleks om ??
ane perna liat camry, accord atau civic gt kayanya rame banget ruang spakbor nya, FISS suspension, link2 stabilizer dmana2 kurleb mirip2 ama w204 gt... bukan yg simple torsion beam macam di sedan2 generik nya...
kl kelas eropa medium to large sedan yahh ane ga komen dehh... itu kaki2 sperti konstruksi kaki2 kereta shinkansen.... ribet banget dahh... apalagi kaya audi A8 atau S klasse...
btw, baru liat kaki2 E36 nya om octafiantos punya foto... ternyata ga ampe rumit kompleks banget yahh... tp yg E39 rumit bener tuh... pantes kl sedan2 mid to big size nya europe rumit2... ane perna liat audi A8 punya kaki2 pas ganti ban aj, kompleks banget liat struktur kaki2 nya, padahal cuman kaki2 blakang...
btw, om octa, utk sedan2 japs yg medium to big macam camry accord dkk itu, mreka bukan double arm kan om susp nya... alias yg mounting shock atas ud konek dibaut lgs ke body, cuman ad 1 arm bawah doank yg bermain... beda ama yg sedan2 europe... cmiiw...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
Oom DOHC, sedan jepang medium macam Honda Accord, atau Toyota Camry, memang sudah komplex, tapi tidak sekomplex Mercedes C class atau BMW seri 3.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
Saya lupa om DOHC, Maestro apa namanya yang ada active steering buat roda belakang. Katanya arm depan dua, tapi bisa jadi saya juga salah. Saya belum pernah punya Accord.
E39 juga sama om, mounting sok atas nempel ke bodi. Cuman bagian bawahnya ada dua arm, lebih tepat beam sih kayanya secara bentuk. Buat nyangga bodi atas bawahnya pake dua arm. Konsekwensinya ya di harga. Dulu penggantian total hampir 3x lipat E36. Apalagi kakinya alumunium. E36 mah simpel, diluar arm cuma ada ball joint panjang pendek, bushing arm, link stab, karet stab, tie rod set.
Sedan mid-full size eropa juga berat dan kedap karena biasanya deknya dobel atau ada protektornya. Dek yang diinjak di bawah karpet bukan dek yang kita lihat dari bawah. Suara bawah nggak masuk sama sekali. Saya kadang ngebayangin, naik E klasse 20 tahun aja masih nyaman. Gimana rasanya E klasse atau bahkan S klasse pada waktu baru keluar dari ruang pamer? [emoji7]
Sent from my 2014817 using Tapatalk
E39 juga sama om, mounting sok atas nempel ke bodi. Cuman bagian bawahnya ada dua arm, lebih tepat beam sih kayanya secara bentuk. Buat nyangga bodi atas bawahnya pake dua arm. Konsekwensinya ya di harga. Dulu penggantian total hampir 3x lipat E36. Apalagi kakinya alumunium. E36 mah simpel, diluar arm cuma ada ball joint panjang pendek, bushing arm, link stab, karet stab, tie rod set.
Sedan mid-full size eropa juga berat dan kedap karena biasanya deknya dobel atau ada protektornya. Dek yang diinjak di bawah karpet bukan dek yang kita lihat dari bawah. Suara bawah nggak masuk sama sekali. Saya kadang ngebayangin, naik E klasse 20 tahun aja masih nyaman. Gimana rasanya E klasse atau bahkan S klasse pada waktu baru keluar dari ruang pamer? [emoji7]
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
wah itu w205 mantap jg tuh kaki2 depan nya... pdahal utk c klasse doank... ga kbayang yg S klasse nya kaya apa...
ud double wishbone... bukan macpherson lg...
ud double wishbone... bukan macpherson lg...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
Baru tau ane w205 ga pake mc pherson lg

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Reliability kaki-kaki jepang < eropa?
teknologi kan selalu berkembang mod...DOHC wrote:wah itu w205 mantap jg tuh kaki2 depan nya... pdahal utk c klasse doank... ga kbayang yg S klasse nya kaya apa...
ud double wishbone... bukan macpherson lg...
semuanya meningkat..bodi ringan..galaklah ini mobil buat ngebut..apalg klo ban standar sudah diganti..egibaio wrote:
Baru tau ane w205 ga pake mc pherson lghandling dibanding w204 meningkat signifikan dong om?
cuma kalah empuk aja sama w204..
