Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Berikut ini sekedar mengira - ngira alasan mengapa kok banyak pemilik Ayla atau Agya yang merasa minder kalau di jalan, merasa mobilnya lambat.
Ini awalnya dari posting di suatu grup Ayla/Agya yang menyebutkan bahwa Ayla/Agya akselerasinya bisa menyaingi Fortuner Turbo ataupun Avanza. Karena pertimbangannya pemakaian di jalan raya, maka data tes yang dipakai adalah dari hasil uji autobild untuk akselerasi dari 60 ke 80 kpj. Diasumsikan adu ngebutnya terjadi pada waktu menyalip kendaraan lain, seberapa lelet kendaraan yang di depan, seberapa mampu untuk mengekor kendaraan yang sedang menyalip.
Data yang dipergunakan adalah:
http://www.autobild.co.id/read/2013/12/ ... -Tertinggi
http://test.autobild.co.id/read/2013/01 ... ntry-Buyer
http://www.autobild.co.id/read/2014/08/ ... -Indonesia
Dimana disebutkan bahwa untuk akselerasi dari 60 ke 80kpj:
Ayla X M/T = 2,76 detik
Ayla A/T = 3,77 detik
Agya M/T = 2,8 detik
Sementara untuk kendaraan lain:
Suzuki Karimun Wagon R GX = 4,1 detik
Honda Brio Satya = 4,3 detik
Datsun Go+ Panca = 4,6 detik
Nissan March A/T = 3,4 detik
Toyota Etios Valco G = 4,7 detik
YARIS S LIMITED = 2,8 detik
MAZDA 2 R = 2,98 detik
HONDA JAZZ RS = 2,77 detik
TOYOTA AVANZA 1.3 G M/T = 3,51 detik
Daihatsu Terios TS Extra A/T = 3,73 detik
Toyota Fortuner 2.5 G VNT TRD Sportivo A/T = 3,01
Toyota Gran New Kijang Innova 2.0 Luxury A/T = 3,6 detik
Nissan Grand Livina 1.5 XV A/T = 3,2 detik
sumber:
http://www.autobild.co.id/read/2011/07/ ... -dan-Fakta
http://test.autobild.co.id/read/2014/04 ... L-vs-Rival
http://www.autobild.co.id/read/2011/04/ ... -1.3-Xi-AT
http://www.autobild.co.id/read/2010/02/ ... rubrik.php
http://test.autobild.co.id/read/2012/12 ... ner-Diesel
http://test.autobild.co.id/read/2011/09 ... mprovement
http://test.autobild.co.id/read/2013/08 ... Livina-CVT
Jadi melihat data diatas maka seharusnya para pemakai Ayla/Agya manual bisa merasakan performa yang lumayan cepat bila di jalan umum. Bahkan yang versi matik sekalipun lumayan bersaing dengan kendaraanlain yang lebih mahal dan lebih unggul dari LCGC lain.
Namun pada kenyataannya, banyak yang tidak percaya bahwa Ayla/Agya itu lumayan cepat bila di jalan. Sepertinya ada sesuatu yang membuat performa dari kebanyakan mobil Ayla/Agya di jalan menjadi tidak sama dengan hasil uji yang dilakukan oleh autobild.
Kemungkinannya.
1. Hasil uji dari autobild tidak valid. Dari rekaman akselerasi yang saya lakukan pribadi, mengendarai dengan keluarga, bensin premium disertai dengan modif alat pengubah bensin dan air radiator tambah aqua, hasilnya dibawah 3 detik bila dilakukan dengan gigi 2. Belum coba bila dengan gigi 3. Rasanya hasil tidak terlalu berbeda bila uji dilakukan sendirian di gigi 3. Jadi saya merasa hasil uji dari autobild valid, yang perlu diselidiki adalah mobil pengguna Ayla/Agya lain.
2. Dari bensin. Rasanya kebanyakan pemakai Ayla/Agya pakai premium. Sementara rasanya mobil yang di tes autobild belum pernah menyentuh premium, selalu pakai pertamax. Dari yang saya dengar, sekali mobilnya sudah diminumi premium, maka ECU akan mendeteksi dan akan memundurkan pengapian. Tidak disebutkan kapan pengapian bisa maju lagi. Bisa jadi pengapian nggak akan pernah maju sendiri.
3. Dari radiator yang kekecilan. Sebelum saya melakukan penambahan air aqua ke radiator, tenaga pada waktu siang hari terasa sangat kontras berbeda dengan tenaga saat malam hari. Tenaga pada saat siang hari terasa makin berkurang setelah berjalan makin jauh. Ada kemungkinan autobild melakukan uji pada saat mesin belum begitu panas sehingga tenaga masih maksimal. Sementara pengendara pada umumnya merasakan tenaga setelah mobil dipakai macet macetan.
4. gear box Ayla/Agya tidak mumpuni. Dari data akselerasi 0-100 terlihat bahwa Ayla/Agya termasuk lambat walau akselerasi di 60-80 jauh lebih cepat. Jadi ada kemungkinan bahwa gear box Ayla/Agya tidak cocok untuk ngedrag. Bila yang pakai melakukan pindah gigi saat menyalip, maka akselerasi jadi jauh berkurang. Dari pengalaman, menyalip dengan Ayla manual tidak perlu pindah gigi karena napasnya sangat panjang. Cocoknya menggunakan rpm 2000-3000 sebagai awalan.
5. rasanya ada kemungkinan lain yang belum terpikir, apakah ada saran?
Mobil saya adalah Ayla tipe M manual.
Ini awalnya dari posting di suatu grup Ayla/Agya yang menyebutkan bahwa Ayla/Agya akselerasinya bisa menyaingi Fortuner Turbo ataupun Avanza. Karena pertimbangannya pemakaian di jalan raya, maka data tes yang dipakai adalah dari hasil uji autobild untuk akselerasi dari 60 ke 80 kpj. Diasumsikan adu ngebutnya terjadi pada waktu menyalip kendaraan lain, seberapa lelet kendaraan yang di depan, seberapa mampu untuk mengekor kendaraan yang sedang menyalip.
Data yang dipergunakan adalah:
http://www.autobild.co.id/read/2013/12/ ... -Tertinggi
http://test.autobild.co.id/read/2013/01 ... ntry-Buyer
http://www.autobild.co.id/read/2014/08/ ... -Indonesia
Dimana disebutkan bahwa untuk akselerasi dari 60 ke 80kpj:
Ayla X M/T = 2,76 detik
Ayla A/T = 3,77 detik
Agya M/T = 2,8 detik
Sementara untuk kendaraan lain:
Suzuki Karimun Wagon R GX = 4,1 detik
Honda Brio Satya = 4,3 detik
Datsun Go+ Panca = 4,6 detik
Nissan March A/T = 3,4 detik
Toyota Etios Valco G = 4,7 detik
YARIS S LIMITED = 2,8 detik
MAZDA 2 R = 2,98 detik
HONDA JAZZ RS = 2,77 detik
TOYOTA AVANZA 1.3 G M/T = 3,51 detik
Daihatsu Terios TS Extra A/T = 3,73 detik
Toyota Fortuner 2.5 G VNT TRD Sportivo A/T = 3,01
Toyota Gran New Kijang Innova 2.0 Luxury A/T = 3,6 detik
Nissan Grand Livina 1.5 XV A/T = 3,2 detik
sumber:
http://www.autobild.co.id/read/2011/07/ ... -dan-Fakta
http://test.autobild.co.id/read/2014/04 ... L-vs-Rival
http://www.autobild.co.id/read/2011/04/ ... -1.3-Xi-AT
http://www.autobild.co.id/read/2010/02/ ... rubrik.php
http://test.autobild.co.id/read/2012/12 ... ner-Diesel
http://test.autobild.co.id/read/2011/09 ... mprovement
http://test.autobild.co.id/read/2013/08 ... Livina-CVT
Jadi melihat data diatas maka seharusnya para pemakai Ayla/Agya manual bisa merasakan performa yang lumayan cepat bila di jalan umum. Bahkan yang versi matik sekalipun lumayan bersaing dengan kendaraanlain yang lebih mahal dan lebih unggul dari LCGC lain.
Namun pada kenyataannya, banyak yang tidak percaya bahwa Ayla/Agya itu lumayan cepat bila di jalan. Sepertinya ada sesuatu yang membuat performa dari kebanyakan mobil Ayla/Agya di jalan menjadi tidak sama dengan hasil uji yang dilakukan oleh autobild.
Kemungkinannya.
1. Hasil uji dari autobild tidak valid. Dari rekaman akselerasi yang saya lakukan pribadi, mengendarai dengan keluarga, bensin premium disertai dengan modif alat pengubah bensin dan air radiator tambah aqua, hasilnya dibawah 3 detik bila dilakukan dengan gigi 2. Belum coba bila dengan gigi 3. Rasanya hasil tidak terlalu berbeda bila uji dilakukan sendirian di gigi 3. Jadi saya merasa hasil uji dari autobild valid, yang perlu diselidiki adalah mobil pengguna Ayla/Agya lain.
2. Dari bensin. Rasanya kebanyakan pemakai Ayla/Agya pakai premium. Sementara rasanya mobil yang di tes autobild belum pernah menyentuh premium, selalu pakai pertamax. Dari yang saya dengar, sekali mobilnya sudah diminumi premium, maka ECU akan mendeteksi dan akan memundurkan pengapian. Tidak disebutkan kapan pengapian bisa maju lagi. Bisa jadi pengapian nggak akan pernah maju sendiri.
3. Dari radiator yang kekecilan. Sebelum saya melakukan penambahan air aqua ke radiator, tenaga pada waktu siang hari terasa sangat kontras berbeda dengan tenaga saat malam hari. Tenaga pada saat siang hari terasa makin berkurang setelah berjalan makin jauh. Ada kemungkinan autobild melakukan uji pada saat mesin belum begitu panas sehingga tenaga masih maksimal. Sementara pengendara pada umumnya merasakan tenaga setelah mobil dipakai macet macetan.
4. gear box Ayla/Agya tidak mumpuni. Dari data akselerasi 0-100 terlihat bahwa Ayla/Agya termasuk lambat walau akselerasi di 60-80 jauh lebih cepat. Jadi ada kemungkinan bahwa gear box Ayla/Agya tidak cocok untuk ngedrag. Bila yang pakai melakukan pindah gigi saat menyalip, maka akselerasi jadi jauh berkurang. Dari pengalaman, menyalip dengan Ayla manual tidak perlu pindah gigi karena napasnya sangat panjang. Cocoknya menggunakan rpm 2000-3000 sebagai awalan.
5. rasanya ada kemungkinan lain yang belum terpikir, apakah ada saran?
Mobil saya adalah Ayla tipe M manual.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Ini mobil ga dirancang buat speeding.. jadi wajar aja performa nya sprt itu
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Ooo baru nyadar kalo cepet ya,selama ini cuma avanza cs aja raja jalananwalid_007 wrote:Ini mobil ga dirancang buat speeding.. jadi wajar aja performa nya sprt itu

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
setahu gue orang yg beli ayla itu yg uangnya pas pasan , gak mungkin cari fun to drive atau ngangkut barang jadi jelas aja akselerasi tidak masuk hitungan
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
pembelaan dari user Ayla/Agya yang merasa mobilnya dianggap inferior
yang jelas Ayla/Agya, Wagon R, GO+ dkk kebanyakan kalau lewat cipali di lajur kiri karena memang ga enak buat ngebut selain terlalu enteng juga rasio gear besar yang meraung-raung kalau high speed

yang jelas Ayla/Agya, Wagon R, GO+ dkk kebanyakan kalau lewat cipali di lajur kiri karena memang ga enak buat ngebut selain terlalu enteng juga rasio gear besar yang meraung-raung kalau high speed
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
ini kan city car keperluan hanya buat cruising dalam kota bukan untuk kebut-kebutan. Ya kalo minder atau kurang cepet ya cari mobil laen yang lebih capable (used car) banyak yang bisa lari dengan harga segitu
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Ngetes kok nanggung amat 60-80 kph? Powerband tiap mobil beda-beda keleus... Mungkin 60-80 cepet, diatas 80 bengek ga?
Gw bawa Nissan March A/T juga gak ngerasa lambat dari 0 ke 60 nya, tapi diatas 60 ya akselerasinya kayak tai, itu mesin udah ngeraung-raung kek mo meledak. Sama kayak bawa Datsun Go.
Biar adil, diadu aja straight line 200 meter drag race, seperti yang dilakukan oleh media - media baik nasional maupun internasional yang selalu buktikan uji akselerasi dengan drag race.
Agya/Ayla dibawa kenceng-kencengan, udah daftar asuransi jiwa? Lagian mau kenceng ngapain beli Agya, mending beli Civic Estilo seken atau Galant Hiu seken... jauh kencengan kemana mana walau tuir...
Sama kayak balap motor, mau kenceng ngapain beli bebek 4tak baru, enakan juga beli 2tak seken macem King atau Ninja RR.
3. Nyaris semua mobil mengalami hal yang sama kalau soal performa malam hari vs siang hari, kalo malam hari udara lebih rendah temp nya, Oksigen lebih padet. Makanya performa lebih bagus.
Gw bawa Nissan March A/T juga gak ngerasa lambat dari 0 ke 60 nya, tapi diatas 60 ya akselerasinya kayak tai, itu mesin udah ngeraung-raung kek mo meledak. Sama kayak bawa Datsun Go.
Biar adil, diadu aja straight line 200 meter drag race, seperti yang dilakukan oleh media - media baik nasional maupun internasional yang selalu buktikan uji akselerasi dengan drag race.
Agya/Ayla dibawa kenceng-kencengan, udah daftar asuransi jiwa? Lagian mau kenceng ngapain beli Agya, mending beli Civic Estilo seken atau Galant Hiu seken... jauh kencengan kemana mana walau tuir...
Sama kayak balap motor, mau kenceng ngapain beli bebek 4tak baru, enakan juga beli 2tak seken macem King atau Ninja RR.
2. Soal bensin, nyaris semua mobil baru sekarang juga kalau diisi premium larinya belet dan lebih boros. ECU kalau detect pake 92 lagi juga akan maju lagi timingnya, kalok mau ya reset manual aja cabut (-) aki.2. Dari bensin. Rasanya kebanyakan pemakai Ayla/Agya pakai premium. Sementara rasanya mobil yang di tes autobild belum pernah menyentuh premium, selalu pakai pertamax. Dari yang saya dengar, sekali mobilnya sudah diminumi premium, maka ECU akan mendeteksi dan akan memundurkan pengapian. Tidak disebutkan kapan pengapian bisa maju lagi. Bisa jadi pengapian nggak akan pernah maju sendiri.
3. Dari radiator yang kekecilan. Sebelum saya melakukan penambahan air aqua ke radiator, tenaga pada waktu siang hari terasa sangat kontras berbeda dengan tenaga saat malam hari. Tenaga pada saat siang hari terasa makin berkurang setelah berjalan makin jauh. Ada kemungkinan autobild melakukan uji pada saat mesin belum begitu panas sehingga tenaga masih maksimal. Sementara pengendara pada umumnya merasakan tenaga setelah mobil dipakai macet macetan.
3. Nyaris semua mobil mengalami hal yang sama kalau soal performa malam hari vs siang hari, kalo malam hari udara lebih rendah temp nya, Oksigen lebih padet. Makanya performa lebih bagus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Ya lebih baik mengikuti batas kecepatan yg ada
Lari 60 70 aja nyaman enak...
Dinikmati perjalannya dan disyukuri masih bisa meniknati perjalanan
Lari 60 70 aja nyaman enak...
Dinikmati perjalannya dan disyukuri masih bisa meniknati perjalanan
engine roaring!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
bangun pak bangun, jangan teralu banyak bermimpi dengan LCGC andasucahyo wrote:Berikut ini sekedar mengira - ngira alasan mengapa kok banyak pemilik Ayla atau Agya yang merasa minder kalau di jalan, merasa mobilnya lambat.
Ini awalnya dari posting di suatu grup Ayla/Agya yang menyebutkan bahwa Ayla/Agya akselerasinya bisa menyaingi Fortuner Turbo ataupun Avanza. Karena pertimbangannya pemakaian di jalan raya, maka data tes yang dipakai adalah dari hasil uji autobild untuk akselerasi dari 60 ke 80 kpj. Diasumsikan adu ngebutnya terjadi pada waktu menyalip kendaraan lain, seberapa lelet kendaraan yang di depan, seberapa mampu untuk mengekor kendaraan yang sedang menyalip.
- cut - .
sorry oot

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Hmmm kalo yg dimaksud Fortuner Turbo AT non-VNT yg dalem keadaan standar ting2 make bensin biosolar sih ane percaya pake banget. Mobil itu lemotnya haduhhh emg bikin pengguna agya ayla bisa ngakak2, 0-100 aja diatas 20 detik, tenaga pas nyalip nihilMoonshade wrote:bangun pak bangun, jangan teralu banyak bermimpi dengan LCGC andasucahyo wrote:Berikut ini sekedar mengira - ngira alasan mengapa kok banyak pemilik Ayla atau Agya yang merasa minder kalau di jalan, merasa mobilnya lambat.
Ini awalnya dari posting di suatu grup Ayla/Agya yang menyebutkan bahwa Ayla/Agya akselerasinya bisa menyaingi Fortuner Turbo ataupun Avanza. Karena pertimbangannya pemakaian di jalan raya, maka data tes yang dipakai adalah dari hasil uji autobild untuk akselerasi dari 60 ke 80 kpj. Diasumsikan adu ngebutnya terjadi pada waktu menyalip kendaraan lain, seberapa lelet kendaraan yang di depan, seberapa mampu untuk mengekor kendaraan yang sedang menyalip.
- cut - .
sorry oot

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

bener kata mod kodokMoonshade wrote:bangun pak bangun, jangan teralu banyak bermimpi dengan LCGC andasucahyo wrote:Berikut ini sekedar mengira - ngira alasan mengapa kok banyak pemilik Ayla atau Agya yang merasa minder kalau di jalan, merasa mobilnya lambat.
Ini awalnya dari posting di suatu grup Ayla/Agya yang menyebutkan bahwa Ayla/Agya akselerasinya bisa menyaingi Fortuner Turbo ataupun Avanza. Karena pertimbangannya pemakaian di jalan raya, maka data tes yang dipakai adalah dari hasil uji autobild untuk akselerasi dari 60 ke 80 kpj. Diasumsikan adu ngebutnya terjadi pada waktu menyalip kendaraan lain, seberapa lelet kendaraan yang di depan, seberapa mampu untuk mengekor kendaraan yang sedang menyalip.
- cut - .
sorry oot







cmiiw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Sirion aja yang 1300 cc akselerasi lemot. Belum pernah coba lewat tol. Disini ga ada tol hehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
siang2 waktu bawa acord di tol kebon jeruk jalur kanan lari 130 tiba2 dr tengah di duluin ayla...n itu mobil di depan masih selap selip...
saya jd ngeliatin aja dr belakang...
saya jd ngeliatin aja dr belakang...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Tu supir alay..eh ayla mungkin pas kebeles pipit ataw boker kali, om.....kompresorz wrote:siang2 waktu bawa acord di tol kebon jeruk jalur kanan lari 130 tiba2 dr tengah di duluin ayla...n itu mobil di depan masih selap selip...
saya jd ngeliatin aja dr belakang...
..............

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Mungkin dia sedang pakai v-power
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Seperti topic2 terdahulu TS, topic ini nuansanya juga advertorial.
Dan selalu membawa2 link jika beropini dan atau jika ada posting yang counter opinion, nanti akan ditanya link-nya mana...
Jadinya nanti debat link
Sebenarnya ya sah2 saja sih bawa2 link dalam diskusi
Dan selalu membawa2 link jika beropini dan atau jika ada posting yang counter opinion, nanti akan ditanya link-nya mana...
Jadinya nanti debat link

Sebenarnya ya sah2 saja sih bawa2 link dalam diskusi

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Iya nih ane juga kalo lg kebelet pipis pake bgt nyetirnya jadi gitu...hariy wrote:Tu supir alay..eh ayla mungkin pas kebeles pipit ataw boker kali, om.....kompresorz wrote:siang2 waktu bawa acord di tol kebon jeruk jalur kanan lari 130 tiba2 dr tengah di duluin ayla...n itu mobil di depan masih selap selip...
saya jd ngeliatin aja dr belakang...
..............

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Selap selip itu masalah nyali aja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Kok banyak yang salah paham ya? maksud saya Ayla / Agya kalau di jalan umum itu kencang, itu juga yang saya rasakan sendiri, tapi banyak pemiliknya minder walau belum pernah membandingkan.
Untuk link, lha wong dikasih link saja banyak yang masih tidak percaya, apalagi kalau tidak pakai link, bisa dianggap membual. Memang susah untuk bisa menerima kenyataan disalip sama mobil yang harganya separuh, kapasitas mesin separuh, tenaga mesin separuh, iritnya dua kali dari yang kita pakai. Yang jarang diingat adalah berat mobilnya juga separuh.
Untuk link, lha wong dikasih link saja banyak yang masih tidak percaya, apalagi kalau tidak pakai link, bisa dianggap membual. Memang susah untuk bisa menerima kenyataan disalip sama mobil yang harganya separuh, kapasitas mesin separuh, tenaga mesin separuh, iritnya dua kali dari yang kita pakai. Yang jarang diingat adalah berat mobilnya juga separuh.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Tambahan kemungkinan lain.
Banyak pemilik Ayla/Agya yang upgrade ke ban lebar tipe sport, yang jadinya lebih berat tarikannya dibanding dengan ban eco yang juga ramping.
Banyak pemilik Ayla/Agya yang upgrade ke ban lebar tipe sport, yang jadinya lebih berat tarikannya dibanding dengan ban eco yang juga ramping.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Test akselerasi yang dilakukan? Semua dilakukan dalam keadaan mobil kosong berisi 1 penumpang dan banyak faktor lain yang tidak disebutkan.. Misal kapasitas bahan bakar penuh atau setengah tangki, bbm yang digunakan serta tekanan ban.. Kalau untuk sehari2 itu ga terasa tapi untuk one time run itu sangat berguna..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Oct 21, 2015 2:04
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
yang merasa mobil agya/ayla lambat, mungkin sebelumnya terbiasa pake mobil yang lebih kencang.
yang merasa mobil agya/ayla kencang, mungkin sebelumnya terbiasa pake mobil yang lebih lambat.
yang merasa mobil agya/ayla kencang, mungkin sebelumnya terbiasa pake mobil yang lebih lambat.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Wkwkwk.. sebenernya bagus sih TS merasa bangga memiliki Agya dan merasa klo mobilnya 'cepat'. Jadinya bisa lebih bersyukur 
Cuma mkn lbh baik rasa bersyukur itu disimpan dlm hati aja, gak perlu koar2 Agya mobil yg kenceng apalagi membandingkan dgn mobil lain yg nyatanya jauh lbh baik.
Saya pernah nyoba sendiri koq nyetir Agya, iseng krn ditawarin sales langganan buat test drive. Klo buat commuter dlm kota mmg cukuplah, lincah krn kecil dan gak tll lelet jg di kecepatan bawah (stop-go dan 30-60 kph). Tp diatas 60 kph.. hadehh.. cuma suaranya aja yg bikin kuping geli, tenaga gak ada dan nyetirnya sdh gak nyaman.
Kebanyakan org bahkan sales nya pun mmg bilang spt itu. Lagipula Agya khn mmg dirancang buat city commuter khan bukan buat ngebut. Semua ttg Agya (chassis, body, mesin, dll) mmg tidak buat ngebut dan gak bisa dipaksa ngebut.

Cuma mkn lbh baik rasa bersyukur itu disimpan dlm hati aja, gak perlu koar2 Agya mobil yg kenceng apalagi membandingkan dgn mobil lain yg nyatanya jauh lbh baik.
Saya pernah nyoba sendiri koq nyetir Agya, iseng krn ditawarin sales langganan buat test drive. Klo buat commuter dlm kota mmg cukuplah, lincah krn kecil dan gak tll lelet jg di kecepatan bawah (stop-go dan 30-60 kph). Tp diatas 60 kph.. hadehh.. cuma suaranya aja yg bikin kuping geli, tenaga gak ada dan nyetirnya sdh gak nyaman.
Kebanyakan org bahkan sales nya pun mmg bilang spt itu. Lagipula Agya khn mmg dirancang buat city commuter khan bukan buat ngebut. Semua ttg Agya (chassis, body, mesin, dll) mmg tidak buat ngebut dan gak bisa dipaksa ngebut.
Improvise, Adapt and Overcome!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
kalo ngasih data cuma dari 60-80 km/h sih susah bro. baiknya ya 0-100 km/h itung berapa detik. kan itu yang jadi acuan kalo di jalanan. kalo dilihat dari 60-80km/h agya ayla cepet itu mungkin karena gear ratio nya pendek. Coba dicek aja di speed 100km/h itu RPM nya nyampe berapa. ane pikir 3000an RPM ya. bandingin sama mobil lain yang dibandingin di atas.