Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Sep 26, 2015 16:52
Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Dear Om Turboman,
Mau nanya, kalo mesin Pajero Sport suka mati sendiri itu biasanya knp yah? Ini ane ngalamin udah 3 kali, tapi ada jeda sehari dua hari.
Jadi PS ane stlh dipakai bbrp saat, kemudian berhenti bbrp saat, kemudian pas distarter, mesin nyala sbntr kmdn mati sendiri. Tapi stlh distarter lagi, mesinnya nyala normal.
Kalo starter di pagi hari sih normal, ngga ada mati mesin.
Ini biasanya kenapa yah?
Mohon pencerahan dan bimbingannya hehe
Terima kasih
Mau nanya, kalo mesin Pajero Sport suka mati sendiri itu biasanya knp yah? Ini ane ngalamin udah 3 kali, tapi ada jeda sehari dua hari.
Jadi PS ane stlh dipakai bbrp saat, kemudian berhenti bbrp saat, kemudian pas distarter, mesin nyala sbntr kmdn mati sendiri. Tapi stlh distarter lagi, mesinnya nyala normal.
Kalo starter di pagi hari sih normal, ngga ada mati mesin.
Ini biasanya kenapa yah?
Mohon pencerahan dan bimbingannya hehe
Terima kasih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Tue Aug 18, 2015 3:06
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
banyak macam :
-kelistrikan
-pengapian
-ketersumbatan
-langsam terlalu kecil
bawa ke dealer aja om.. CMIIW
-kelistrikan
-pengapian
-ketersumbatan
-langsam terlalu kecil
bawa ke dealer aja om.. CMIIW
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..
Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Diesel / gasoline ?turboboy wrote:Dear Om Turboman,
Mau nanya, kalo mesin Pajero Sport suka mati sendiri itu biasanya knp yah? Ini ane ngalamin udah 3 kali, tapi ada jeda sehari dua hari.
Jadi PS ane stlh dipakai bbrp saat, kemudian berhenti bbrp saat, kemudian pas distarter, mesin nyala sbntr kmdn mati sendiri. Tapi stlh distarter lagi, mesinnya nyala normal.
Kalo starter di pagi hari sih normal, ngga ada mati mesin.
Ini biasanya kenapa yah?
Mohon pencerahan dan bimbingannya hehe
Terima kasih
Mesin std atau pasang piggyback / TM ?
Filter solar terakhir ganti kapan ?
Lampu CE nyala gak ? Kalo iya apa bacaan kode DTC nya ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
klw di diesel jadul.. mostlikely masuk angin(low fuel atw ada leak) atw fuel system kotor... klw abis berhenti lama, glowplug bisa juga...
variable lain di diesel modern kurang tw ya

variable lain di diesel modern kurang tw ya


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Sep 26, 2015 16:52
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Dear Om Turboman,
Mesinnya diesel Commonrail.
Mesin masih standar.
Filter solar terakhir ganti minggu kemarin di Toda, sekalian purging injector pakai Liqui Moly.
Lampu CE itu di mana lihatnya ya Om Turbo? Kalo di speedometer sih engga ada indikator lampu yang nyala om.
Kalau bengkel resmi atau non resmi yang recommended buat PS di mana yah?
Terima kasih banyak
Mesinnya diesel Commonrail.
Mesin masih standar.
Filter solar terakhir ganti minggu kemarin di Toda, sekalian purging injector pakai Liqui Moly.
Lampu CE itu di mana lihatnya ya Om Turbo? Kalo di speedometer sih engga ada indikator lampu yang nyala om.
Kalau bengkel resmi atau non resmi yang recommended buat PS di mana yah?
Terima kasih banyak
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Jadi gejala mati2 mesin itu sesudah ganti filter solar ?turboboy wrote:Dear Om Turboman,
Mesinnya diesel Commonrail.
Mesin masih standar.
Filter solar terakhir ganti minggu kemarin di Toda, sekalian purging injector pakai Liqui Moly.
Lampu CE itu di mana lihatnya ya Om Turbo? Kalo di speedometer sih engga ada indikator lampu yang nyala om.
Kalau bengkel resmi atau non resmi yang recommended buat PS di mana yah?
Terima kasih banyak
Ini filter solarnya masih yg model kaleng spin on atau udah yg cartridge kayak Innova D4 D ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Sep 26, 2015 16:52
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Om Turbo,
Iya om setelah ganti filter solar, dan setelah aki sempat soak.
Sebelumnya ngga pernah mati sendiri.
Filter solarnya modelnya kaleng. Kalau cartridge saya belum pernah lihat, cuman kmrn orang Toda nanyanya, filternya mau yg kaleng atau kertas, kemudian setelah dicek, rupanya pakainya yg kaleng.
Apa masalah di filter solar ya om?
Terima kasih
Iya om setelah ganti filter solar, dan setelah aki sempat soak.
Sebelumnya ngga pernah mati sendiri.
Filter solarnya modelnya kaleng. Kalau cartridge saya belum pernah lihat, cuman kmrn orang Toda nanyanya, filternya mau yg kaleng atau kertas, kemudian setelah dicek, rupanya pakainya yg kaleng.
Apa masalah di filter solar ya om?
Terima kasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Nah aki sempet soak itu gara2 apa ?turboboy wrote:Om Turbo,
Iya om setelah ganti filter solar, dan setelah aki sempat soak.
Sebelumnya ngga pernah mati sendiri.
Filter solarnya modelnya kaleng. Kalau cartridge saya belum pernah lihat, cuman kmrn orang Toda nanyanya, filternya mau yg kaleng atau kertas, kemudian setelah dicek, rupanya pakainya yg kaleng.
Apa masalah di filter solar ya om?
Terima kasih
Charging voltage dgn AC nyala dan lampu depan idup semua skg brp volt ?
Mesin2 dgn serpentine belt rata2 puli alternatornya sistem De-Coupler, seiring berjalannya waktu kadang2 puli mengalami kerusakan & kinerja alternator menurun, indikasinya dari charging voltage saat AC nyala & headlamp nyala, kalo udah di bawah 13 V itu udah tanda2.
Filter solarnya ake yg ori atau Kw ? Pasangnya udah rapat & pastikan gak ada rembes ?
Orinya buatan Duta Nichirindo, harga murah.....pake orinya aja
Coba pompa2 rumah filter solar deh skg, enteng atau pejal
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Sep 26, 2015 16:52
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Om Turbo,
Semalam tiba2 mati mesin lagi.
Jadi kalau ane perhatiin, kalo starter pagi hari PS ngga mati, nah kmdn kan PS dibawa jalan, kemudian berhenti parkir, nah pas PS distarter lagi, mesin hidup trus ngga lama mati.
Dicoba starter lagi, perlu waktu lbh lama, sekitar 2 smp 3 detik baru mesin hidup. Setelah hidup utk ke-2 kalinya yah sudah normal tidak mati lagi.
Padahal kalo starter di pagi hari, mesin lgsg ON ga pake lama. Tp kalo udh mati sendiri ini, mesin mesti nunggu 2 smp 3 detik baru ON.
Charging voltage dgn AC dan lampu dpn nyala sepertinya normal, terakhir ada diukur di Shop n Drive pas ganti aki. Lagian kalo mesin sudah sempat hidup dulu baru mati, mustinya alternator msh aman ya Om Turbo?
Aki sempet soak krn ane lupa cek air aki, jadinya ada 3 lubang yg air akinya kering. Ane ngga perhatiin krn ngga lama sblmnya pas ganti oli mesin ane udh minta tlg cekkan air aki, katanya msh cukup, jd ane ngga cek lg. Jadinya ane ganti aki baru.
Filter solar ane ngga paham mana yg ori atau KW, ane ganti di TODA, harganya Rp. 121.000,-
Biasanya sih di TODA jualnya ori yah Om.
Ane barusan buka kap mesin... Tp bingung letak pompanya di mana ya Om?... Hehehe... Ane soalnya agak awam dgn teknis mobil... Tapi ane mau mempelajari hehehe
Apa ini masalah di filter solar ya Om?
Btw, ane mesin standar tp ane ada rajin pakai aditif solar, kmrn2 pakai Power and Clean Diesel Formula, barusan ada cobain punya Diesel Power. Pengen cobain CRC yg Om Turbo ada rekomen tapi ane cari di banyak ACE Hardware, ngga ada yg jual CRC utk aditif solar.
Mohon arahannya Om Turbo.
Terima kasih
Semalam tiba2 mati mesin lagi.
Jadi kalau ane perhatiin, kalo starter pagi hari PS ngga mati, nah kmdn kan PS dibawa jalan, kemudian berhenti parkir, nah pas PS distarter lagi, mesin hidup trus ngga lama mati.
Dicoba starter lagi, perlu waktu lbh lama, sekitar 2 smp 3 detik baru mesin hidup. Setelah hidup utk ke-2 kalinya yah sudah normal tidak mati lagi.
Padahal kalo starter di pagi hari, mesin lgsg ON ga pake lama. Tp kalo udh mati sendiri ini, mesin mesti nunggu 2 smp 3 detik baru ON.
Charging voltage dgn AC dan lampu dpn nyala sepertinya normal, terakhir ada diukur di Shop n Drive pas ganti aki. Lagian kalo mesin sudah sempat hidup dulu baru mati, mustinya alternator msh aman ya Om Turbo?
Aki sempet soak krn ane lupa cek air aki, jadinya ada 3 lubang yg air akinya kering. Ane ngga perhatiin krn ngga lama sblmnya pas ganti oli mesin ane udh minta tlg cekkan air aki, katanya msh cukup, jd ane ngga cek lg. Jadinya ane ganti aki baru.
Filter solar ane ngga paham mana yg ori atau KW, ane ganti di TODA, harganya Rp. 121.000,-
Biasanya sih di TODA jualnya ori yah Om.
Ane barusan buka kap mesin... Tp bingung letak pompanya di mana ya Om?... Hehehe... Ane soalnya agak awam dgn teknis mobil... Tapi ane mau mempelajari hehehe
Apa ini masalah di filter solar ya Om?
Btw, ane mesin standar tp ane ada rajin pakai aditif solar, kmrn2 pakai Power and Clean Diesel Formula, barusan ada cobain punya Diesel Power. Pengen cobain CRC yg Om Turbo ada rekomen tapi ane cari di banyak ACE Hardware, ngga ada yg jual CRC utk aditif solar.
Mohon arahannya Om Turbo.
Terima kasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Pompa nya itu di bracket mounting filter solar om, pompa aja coba......
Btw waktu ganti filter solar si om liatin atau duduk jauh ?
Ganti filter solar itu sebelum selang out dicolok, kita harus pompa dulu sampe solar keluar 200 cc kira2 supaya gak ada angin palsu, tancap selang trus pompa2 lagi sampe pejal
Kalo bingung bawa ke BeRes aja om, suru cek filter solarnya
Btw waktu ganti filter solar si om liatin atau duduk jauh ?
Ganti filter solar itu sebelum selang out dicolok, kita harus pompa dulu sampe solar keluar 200 cc kira2 supaya gak ada angin palsu, tancap selang trus pompa2 lagi sampe pejal
Kalo bingung bawa ke BeRes aja om, suru cek filter solarnya
turboboy wrote:Om Turbo,
Semalam tiba2 mati mesin lagi.
Jadi kalau ane perhatiin, kalo starter pagi hari PS ngga mati, nah kmdn kan PS dibawa jalan, kemudian berhenti parkir, nah pas PS distarter lagi, mesin hidup trus ngga lama mati.
Dicoba starter lagi, perlu waktu lbh lama, sekitar 2 smp 3 detik baru mesin hidup. Setelah hidup utk ke-2 kalinya yah sudah normal tidak mati lagi.
Padahal kalo starter di pagi hari, mesin lgsg ON ga pake lama. Tp kalo udh mati sendiri ini, mesin mesti nunggu 2 smp 3 detik baru ON.
Charging voltage dgn AC dan lampu dpn nyala sepertinya normal, terakhir ada diukur di Shop n Drive pas ganti aki. Lagian kalo mesin sudah sempat hidup dulu baru mati, mustinya alternator msh aman ya Om Turbo?
Aki sempet soak krn ane lupa cek air aki, jadinya ada 3 lubang yg air akinya kering. Ane ngga perhatiin krn ngga lama sblmnya pas ganti oli mesin ane udh minta tlg cekkan air aki, katanya msh cukup, jd ane ngga cek lg. Jadinya ane ganti aki baru.
Filter solar ane ngga paham mana yg ori atau KW, ane ganti di TODA, harganya Rp. 121.000,-
Biasanya sih di TODA jualnya ori yah Om.
Ane barusan buka kap mesin... Tp bingung letak pompanya di mana ya Om?... Hehehe... Ane soalnya agak awam dgn teknis mobil... Tapi ane mau mempelajari hehehe
Apa ini masalah di filter solar ya Om?
Btw, ane mesin standar tp ane ada rajin pakai aditif solar, kmrn2 pakai Power and Clean Diesel Formula, barusan ada cobain punya Diesel Power. Pengen cobain CRC yg Om Turbo ada rekomen tapi ane cari di banyak ACE Hardware, ngga ada yg jual CRC utk aditif solar.
Mohon arahannya Om Turbo.
Terima kasih
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
wahh solarnya sering campur aditif ya? kemakan iklan. mending segera deh cek ke bengkel resmi aja.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Kalo biosolar di kita memang kan dia "poor on additive" yang sebetulnya kalo menurut std BBM negara maju sih si Bios tergolong BBM gak layak karena minimnya zat detergent / dispersant, jadi biosolar butuh additive tambahanpitbull wrote:wahh solarnya sering campur aditif ya? kemakan iklan. mending segera deh cek ke bengkel resmi aja.
Paling gampang liat deh busanya saat solar udah penuh di tangki.....bandingin coba dgn Shell Diesel / Total Diesel atau DEX......ada nggak busanya ?
Standard BBM di Eropa :
Masih ada lagi additip :
- anti static
- Corossion inibitor
- Stability improver
- Reodourants
https://www.atc-europe.org/public/doc52.pdf
Lalu apakah Biosolar kita mengandung itu semua ?

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
keluhan nya mirip ama panty 4ja1-L ane kl filter nya ud mampet... cuman beda nya pas stelah diem lama doank yg kaya gt... tp kl mesin ud panas gapapa...
ini pasport nya masi make pompa solar model mekanik (bsa di pompa) kah ?? kl iya, coba aj cabut selang out nya dl sambil di pompa kluar... kl lancar ga ad buih2, mungkin injector yg mampet... aditif2 ad yg ngerontokin endapan2 jahanam dr solar laknat kta terus malah bkin mampet injector..
atau coba copotin lagi filter solar nya, kocok2 sambil d ketok2 siapa tau kluar tuh kotoran2 laknat... mau lebi bersih lg ?? beli sekaleng diesel purging... trus purging injector nya.... gampang di kerjain sendiri dan mudah2an sembuh...
maklum, solar kita kan kaya akan "aditif"... lumpur utk melicinkan rotaks... pasir utk ngerontokin kerak di ruang bakar... air utk program penghematan bbm negara...

ini pasport nya masi make pompa solar model mekanik (bsa di pompa) kah ?? kl iya, coba aj cabut selang out nya dl sambil di pompa kluar... kl lancar ga ad buih2, mungkin injector yg mampet... aditif2 ad yg ngerontokin endapan2 jahanam dr solar laknat kta terus malah bkin mampet injector..
atau coba copotin lagi filter solar nya, kocok2 sambil d ketok2 siapa tau kluar tuh kotoran2 laknat... mau lebi bersih lg ?? beli sekaleng diesel purging... trus purging injector nya.... gampang di kerjain sendiri dan mudah2an sembuh...
maklum, solar kita kan kaya akan "aditif"... lumpur utk melicinkan rotaks... pasir utk ngerontokin kerak di ruang bakar... air utk program penghematan bbm negara...


numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Better kita tunggu aja update dari TS yang bawa mobilnya ke BeRes
Nggak perlu berpikir kelewat jauh kayak gimana2......ane 9 taun / 175 rb Km piara CRD low Pressure mirip aja spt dulu merawat si Panther
Nggak perlu berpikir kelewat jauh kayak gimana2......ane 9 taun / 175 rb Km piara CRD low Pressure mirip aja spt dulu merawat si Panther
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Mobilnya pas dibawa jalan ada gejala ndut2an atau pas gas ditekan rpm malah drop lalu mobil tersendat2?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
pitbull wrote:wahh solarnya sering campur aditif ya? kemakan iklan. mending segera deh cek ke bengkel resmi aja.


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Sep 26, 2015 16:52
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Dear all,
Maaf ane baru reply.
PS ane justru kalo mesin udh dimatiin lama, malah gpp waktu distarter. Tapi kalo dimatiin sebentar, waktu mau starter malah mati, tp starter ke-2 mesin jalan normal meski pada starter ke-2 ini mesin hidup sekitar 2 smp 3 detik stlh puter kontak.
Ngga ada gejala ndut2an atau tersendat.
Tapi yah, kalo ane lgsg buru2 hidupin AC, mesin ngga akan mati. Cmn berasa rpm idle turun sedikit kemudian lgsg naik lagi stabil, mungkin krn AC nyala.
Aneh tapi nyata hehehe.
Ane blm cobain pompa solarnya, ane blm ketemu lokasinya (blm sempet juga teliti lbh dalam). Pikir ane hari Sabtu besok ane mau cek ke BeRes.
Nanti ane update lagi.
Mengenai aditif, menurut pendapat ane memang berasa sih kalo 70% bio solar + 30% dex + aditif menjadikan mesin suaranya lbh halus dan tarikan lbh kuat, dari pada kalo pakai 100% bio solar.
Hitung2 memang cost menjadi sekitar Rp. 8.700,-/liter. Tp drpd full Dex costnya Rp. 11.000.-/liter.
Sabtu besok abis dr BeRes ane update lagi yah.
Thanks
Maaf ane baru reply.
PS ane justru kalo mesin udh dimatiin lama, malah gpp waktu distarter. Tapi kalo dimatiin sebentar, waktu mau starter malah mati, tp starter ke-2 mesin jalan normal meski pada starter ke-2 ini mesin hidup sekitar 2 smp 3 detik stlh puter kontak.
Ngga ada gejala ndut2an atau tersendat.
Tapi yah, kalo ane lgsg buru2 hidupin AC, mesin ngga akan mati. Cmn berasa rpm idle turun sedikit kemudian lgsg naik lagi stabil, mungkin krn AC nyala.
Aneh tapi nyata hehehe.
Ane blm cobain pompa solarnya, ane blm ketemu lokasinya (blm sempet juga teliti lbh dalam). Pikir ane hari Sabtu besok ane mau cek ke BeRes.
Nanti ane update lagi.
Mengenai aditif, menurut pendapat ane memang berasa sih kalo 70% bio solar + 30% dex + aditif menjadikan mesin suaranya lbh halus dan tarikan lbh kuat, dari pada kalo pakai 100% bio solar.
Hitung2 memang cost menjadi sekitar Rp. 8.700,-/liter. Tp drpd full Dex costnya Rp. 11.000.-/liter.
Sabtu besok abis dr BeRes ane update lagi yah.
Thanks
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Sep 26, 2015 16:52
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Ane mau update masalah mesin Pajero ane yg suka mati.
Tadi pagi ane lgsg mampir ke BeRes, tp krn org BeRes sebaiknya datang on weekdays, maka sy bikin appointment utk Jumat depan.
Nah berhubung ada waktu luang, ane mampir ke Toda utk kuras oli transmisi, sblmnya ane blm sempet kuras tapi cuman tambahin oli transmisi.
Nahhh stlh dikuras pakai 12 liter oli (harusnya 10 liter tp rupanya oli transmisi ane jorok banget jd pakai 12 liter sekalian spy bersih)... Nah abis dikuras oli transmisinya, masalah mati mesin Pajero ane ikut hilang dgn sendirinya.
Pikir2 hubungannya di mana ya oli transmisi kotor ama mesin mati, tapi nyatanya memang terjadi di PS ane hehehe.
Rupanya penggantian oli transmisi scr rutin itu sangat penting ya.
Sekian update dari ane.
Semoga bermanfaat bagi yg prnh mengalami.
Tadi pagi ane lgsg mampir ke BeRes, tp krn org BeRes sebaiknya datang on weekdays, maka sy bikin appointment utk Jumat depan.
Nah berhubung ada waktu luang, ane mampir ke Toda utk kuras oli transmisi, sblmnya ane blm sempet kuras tapi cuman tambahin oli transmisi.
Nahhh stlh dikuras pakai 12 liter oli (harusnya 10 liter tp rupanya oli transmisi ane jorok banget jd pakai 12 liter sekalian spy bersih)... Nah abis dikuras oli transmisinya, masalah mati mesin Pajero ane ikut hilang dgn sendirinya.
Pikir2 hubungannya di mana ya oli transmisi kotor ama mesin mati, tapi nyatanya memang terjadi di PS ane hehehe.
Rupanya penggantian oli transmisi scr rutin itu sangat penting ya.
Sekian update dari ane.
Semoga bermanfaat bagi yg prnh mengalami.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Saya user PS dakar 2013 cuma mau ngasih info dan saran aja. Selama ini saya rutin ganti filter solar di toda setiap 10k km ( saat ini 42k ). Waktu km 37k kemarin saya ngerasa kayanya tenaga agak down, saya cek ke bengkel langganan ternyata masalah filter solarnya palsu ! Saya padahal rutin ganti baru kemarin itu aja ngalamin dapet filter solar palsu. Habis ganti lagi yg ori skrg ngacir lagi PS ane. Saran saya ganti filter solarnya ke ori dulu. Mulai sekarang hati hati deh walau beli di tempat macam toda pun bisa dapat palsu.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Yup
Jadi kalau ganti filter solar, sebaiknya kita harus perhatikan baik2 barangnya, jangan maen percaya gitu aja
Utk PJS yg pake filter kaleng spin on, pastikan filternya yg utk PJS dan bukan yg L 300, filter asli Mitsu is buatan Duta Nichirindo
Kalo yg model Cartridge bisa pakai filter Innopah D4 D punya yg genuine, yg sama2 genuine harga lebih murah drpd Mitsu punya, barang sama2 buatan Thai
Jadi kalau ganti filter solar, sebaiknya kita harus perhatikan baik2 barangnya, jangan maen percaya gitu aja
Utk PJS yg pake filter kaleng spin on, pastikan filternya yg utk PJS dan bukan yg L 300, filter asli Mitsu is buatan Duta Nichirindo
Kalo yg model Cartridge bisa pakai filter Innopah D4 D punya yg genuine, yg sama2 genuine harga lebih murah drpd Mitsu punya, barang sama2 buatan Thai
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Tue Feb 11, 2014 17:57
Re: RE: Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Om, apa sudah dipastikan spesifikasi oli transmisi nya sesuai dengan standard pjs nya?turboboy wrote:Ane mau update masalah mesin Pajero ane yg suka mati.
Tadi pagi ane lgsg mampir ke BeRes, tp krn org BeRes sebaiknya datang on weekdays, maka sy bikin appointment utk Jumat depan.
Nah berhubung ada waktu luang, ane mampir ke Toda utk kuras oli transmisi, sblmnya ane blm sempet kuras tapi cuman tambahin oli transmisi.
Nahhh stlh dikuras pakai 12 liter oli (harusnya 10 liter tp rupanya oli transmisi ane jorok banget jd pakai 12 liter sekalian spy bersih)... Nah abis dikuras oli transmisinya, masalah mati mesin Pajero ane ikut hilang dgn sendirinya.
Pikir2 hubungannya di mana ya oli transmisi kotor ama mesin mati, tapi nyatanya memang terjadi di PS ane hehehe.
Rupanya penggantian oli transmisi scr rutin itu sangat penting ya.
Sekian update dari ane.
Semoga bermanfaat bagi yg prnh mengalami.
Di beres ada 2 macam jenis oli transmisi. Saya lupa tipe nya.
Menjaga dikemudian hari yg ternyata salah penggunaan oli, bisa menimbulkan gejala susah masuk gigi/bunyi dengung pada transmisi.
Pernah juga engine check nyala, cuman masalah di filter solar kotor.
Sebenarnya pjs ga rewel menurut sy. Intinya rajin tuneup, ganti oli dan filter2 nya saja.
Nb: sedikit oot ya.. cuman buat share aja..
Sudahkah mengganti filter ac pjs anda? Lumayan membantu disaat cuaca yg terik ini. Bila dirasa hembusan ac anda sudah tidak dingin lagi.
Sent from my SM-G925F using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
Matic PJS ATF nya std SP III
Jadi oli ATF Universal yg dipake juga sama spt yg utk Ipah dan 42ner
Kalo ATF mineral ya ganti per 2 tahun
Jadi oli ATF Universal yg dipake juga sama spt yg utk Ipah dan 42ner
Kalo ATF mineral ya ganti per 2 tahun
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
feeling ane. Suspectnya filter solar , atau pompa......
bisa jadi telat bersihkan water sedimenternya...jadi naik..
biasanya ada lampu nyala...cmiiw...
bisa jadi telat bersihkan water sedimenternya...jadi naik..
biasanya ada lampu nyala...cmiiw...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Sep 26, 2015 16:52
Re: Mesin Pajero tiba-tiba mati sendiri
- Lampu indikator ngga ada yg nyala selama kmrn mesin PS suka mati.
- Filter solar ganti di Toda (mungkin jg dpt yg palsu).
- Kmrn sy sdh coba pompa, udah bener, pompanya udah mentok ga bs dipencet lagi.
- Kmrn sy pake oli transmisi matic merek Castrol, termurah dr semua merek, Rp. 90.000,-/liter. Spesifikasi sy lihat untuk SP III.
Sejak kuras oli transmisi, mesin PS ane udah ngga pernah mati sendiri lagi.
Jadi masalahnya sudah hilang.
Kmrn ini memang oli transmisi ane kotor jorok sekali.
Abis kuras jg perpindahan transmisinya jadi halus, semula ane waktu pindah tuas dr N ke D, suka berasa ada sedikit hentakan, tp skrg hentakannya sdh hilang.
Ini mesin PS ane jg udh ngga pernah mati lagi.
Thanks feedbacknya to all ^_^
- Filter solar ganti di Toda (mungkin jg dpt yg palsu).
- Kmrn sy sdh coba pompa, udah bener, pompanya udah mentok ga bs dipencet lagi.
- Kmrn sy pake oli transmisi matic merek Castrol, termurah dr semua merek, Rp. 90.000,-/liter. Spesifikasi sy lihat untuk SP III.
Sejak kuras oli transmisi, mesin PS ane udah ngga pernah mati sendiri lagi.
Jadi masalahnya sudah hilang.
Kmrn ini memang oli transmisi ane kotor jorok sekali.
Abis kuras jg perpindahan transmisinya jadi halus, semula ane waktu pindah tuas dr N ke D, suka berasa ada sedikit hentakan, tp skrg hentakannya sdh hilang.
Ini mesin PS ane jg udh ngga pernah mati lagi.
Thanks feedbacknya to all ^_^