Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Setelah tahun lalu mengambil Mazda CX5 sebagai SUV pertama, tahun ini saya berencana mengambil SUV lagi sebagai mobil kedua. Menurut saya SUV memberikan pengalaman berbeda dalam pengendaraan dan terutama dalam hal pandangan yang berasa luas.
Nah, dari semua pilihan SUV yang ada saya jatuh hati dengan Santa Fe FWD Diesel 2015 dan Chev Captiva FWD Diesel 2015. Apalagi Santa Fe mengeluarkan seri Eagle Eye yang limited edition yang diproduksi terbatas.
Diantara dua SUV di atas sebaiknya saya pilih yang mana ya? Mohon bantuan agan2 sekalian untuk pencerahannya baik secara fisik body, mesin atau pun handling dan pengalaman berkendaranya..
Beberapa waktu lalu galau yg sama.... cuma gw ngincer versi awd.. setelah muter2 gw prefer captiva awd... 450jt dpt fitur kumplit mulai dri esp,keyless operation,hdc,hsa 4x4, 8 airbag... minusnya g dpt panoramic, sliding 2nd row dan birdeye view... santi fwd uda 528jt di bdg.... jauh harganya dgn captiva fwd. Apalagi santi awd yg tembus 700jt
Tenaga diatas kertas gedean santi, tp klw uda td captiva fl 2015 yg uda 400nm inj.... rasanya g jauh beda imho, pengendalian captiva masih pke ps hydraulic, lengkap dgn esp di fwd dan yg awd.. tentu handlingnya superior
Captiva fwd fl2015 ada yg stock lama blm ada esp dan clusternya g ada midnya
Minusnya, 2nd row g bisa sliding, g ada pano, dan rasanya lebih sering denger captiva trobel dibanding santi... mungkin karna populasi captiva sendiri lebih banyak dan lebih awal rilisnya, HU versi awd sekalipun blm ada display gpsnya, mesti nambah sendiri
Cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Personally I'd pick SantaFe... suka tampilannya...ride lumayan enak lah buat kalibrasian saya...tenaga no question best in class..stopping power suka sekali...lembut dan pasti saat hard braking...angin AC pun surprisingly terasa 'mahal'...ga membekukan macam mobil non Eropa pada umumnya..
Santa Fe
it is a whole lot of car for the money
but
it is a whole lot of money for a Hyundai
menurut saya gak worth beli Hyundai 500 juta lebih. dan masalahnya memang canggih, tapi kualitas buatan nya tidak mencerminkan mobil dengan harga 500 juta.
kulitnya gak bagus. buatan dashboard dan door trim gak rapi.
tampangnya sih keren, keren banget, dan saya juga sangat suka. tapi harganya gak kuat. saya rasa 50 juta kemahalan.
saya pernah test drive, ada torque steer, agak gak enak kalo akselerasi cepat, setirnya narik ke kiri kanan.
aspsilver wrote:Santa Fe
it is a whole lot of car for the money
but
it is a whole lot of money for a Hyundai
menurut saya gak worth beli Hyundai 500 juta lebih. dan masalahnya memang canggih, tapi kualitas buatan nya tidak mencerminkan mobil dengan harga 500 juta.
kulitnya gak bagus. buatan dashboard dan door trim gak rapi.
tampangnya sih keren, keren banget, dan saya juga sangat suka. tapi harganya gak kuat. saya rasa 50 juta kemahalan.
saya pernah test drive, ada torque steer, agak gak enak kalo akselerasi cepat, setirnya narik ke kiri kanan.
Fortuner DOkar dan MUX, kan gak sampe 500 juta. apalagi diskon gede. palingan 400 lebih dikit, malah bisa 400 kurang. itu masi sesuai sama harga yang diberikan.
Hyundai pelit kasi diskon.
Chevy Captiva, ada teman ayah saya yang pake versi bensin, dia bilang "jangan beli Chevy!!! parts nya mahal sekali"
kami pernah mau beli Aveo. setelah coba beberapa dealer, salesnya model acuh tak acuh, elo mau beli sukur, gak mau ya udah.
akhirnya DP disalah satu dealer yang kasi harga bagus,
si sales, menjanjikan dapat unit yang model terbaru, eh pas datang, dapatnya model lama, (beda sein di spion dan tombol audio disetir), kita komplain dong. trus dengan enteng si sales jawab, ya kalo gak mau, ya batal aja, nanti duit tanda jadinya kita balikin.
^^
menurut saya kalau hanya lihat quality cabin.... fortuner dokar n mux juga ga worth it sekalipun 400jt.......... terlebih pengendalian dan comfort mending gw ambil dcabnya sekalian
apalagi bicara yg 4x4 uda over 500jt
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
karena milihnya ga apple to apple ya susah...santi fwd aja dah jauh lbh mahal dibanding captiva awd. klu dah kaya gini ya prefer captiva awd dimana mana....fitur bejibun, awd pula....tapi klu duit ga masalah dan mentingin performa, ya go for santi....diatas kertas tenaga dan torsi menang telak.
Aftersales kayanya saya msh lbh pegang chevy dibanding santi (imho). pelayanan chevy semakin baik saya rasa. bengkelnya lbh banyak chevy ? kmrn lewat kebun jeruk malah bengkel hyundai dah tutup. klaim warranty termasuk gampang di chevy.
Durability ga tau si H gmn, captiva FL keluaran awal (2011) emang banyak masalah, tapi setelahnya sepertinya durabilitynya makin baik, apalagi sekarang yg new FL. Kuncinya jaga aja kualitas bahan bakar, selalu pakai DEX. atau kalau mau nenggak solar busuk, ya minimal pakein racun, rajin purging dan penggantian filter lebh cepat.
Quality kayanya 11 12 santi ma chevy, saya waktu ganti jok captiva, ampun2xan tukangnya bongkar pasang joknya, berat bgt. peredam, body kokoh.
fitur, captiva awd bejibun, yg FWD lbh value for money mnrt saya.
kasian skali kalo pilihan cuma dua itu sj ...hrsnya ada yg lain ....kecuali mmg tdk sayang wang
kalo di EU populasi santafe jauh lbh byk dr captiva yg disinipun terkenal troubleful mirip citröen jaman th 70-90n
santafe disini awd smua bgt juga captiva juga awd
captiva disini datang dr thailand sedangkan santafe ada yg tertulis made-in-usa n ada yg made'in-czech ...tdk bisa pilih krn ratarata europeans tdk peduli dtg dr mana
rustproof waranty santafe itu 10th n captiva 6th ....aftersales lbh bagus hyundai krn mrk ada di banyak desa n captiva hrs hunting bengkel independent
sy blm pernah pakai dua dua lineups itu ...tapi mmg di US sy pakai chevy volt sejak 2010 krn local brand n murah u operate ...tapi di EU santafee byk tersedia sbg rentalfleet
drpd santa fe, bs coba everest yg baru tuh om (yg harga ud di 500 an jg). Sapa tau ntar lagi ada diskon gede (abisin VIN 2015) hehehe...
Tp klo maen di 400 an, mending tunggu pajero baru yg konon akan launch jan 2016
gobale wrote:Walah om...captiva mah ada yg fwd jg kalee dsini...wong saya aja pake fwd kok...setau saya awd nya santi malah harus inden khusus dsini cmiiw
Desanya desa mana ? Rustproof itu apa ? Klu dsini pedesaan ni bengkel kedua merek pasti ga ada...
klw nyari ladder frame pling bener ya tunggu next gen tuna n ps.... seharusnya di bawah everest harganya jika fitur seimbang (jika lihat di OZ) meski bisa jadi jg tidak jauh
atw tunggu 2nd batchnya 2-3thn berikutnya, biasanya produk perdana sering masih ada defect bawaan yg kemudian di perbaikin di generasi berikutnya yang jd lebih matang, weakness/defect sudah di perbaiki dan fitur "biasanya" ditambah *ada atpm yg malah ngurangin jg*
klw cari suv monoque full independent 7 seater diesel apa ada pilihan lain dalam waktu dekat dgn price range sekitar itu?
terlebih klw hrs 4x4
di "sini" nya di market indonesia yakk..
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
billyd1773dz wrote:klw nyari ladder frame pling bener ya tunggu next gen tuna n ps.... seharusnya di bawah everest harganya jika fitur seimbang (jika lihat di OZ) meski bisa jadi jg tidak jauh
atw tunggu 2nd batchnya 2-3thn berikutnya, biasanya produk perdana sering masih ada defect bawaan yg kemudian di perbaikin di generasi berikutnya yang jd lebih matang, weakness/defect sudah di perbaiki dan fitur "biasanya" ditambah *ada atpm yg malah ngurangin jg*
klw cari suv monoque full independent 7 seater diesel apa ada pilihan lain dalam waktu dekat dgn price range sekitar itu?
terlebih klw hrs 4x4
di "sini" nya di market indonesia yakk..
setuju ama oom billy ,
kelebihan captiva salah satunya ya dia main niche itu, monokok, diesel, 7 seat manusiawi (dibanding xtrail).
kalo udah consider santa fe, rasanya sekalian everest aja, model masih fresh, fitur jauh lebih banyak ga kopongan, toh dari harga dah 500++
kalo tertarik ladder frame, bisa hunting diskonan PJS/ fortuner yg dah mau ganti model,
atau nunggu model baru sekalian...
tapi keknya sih model baru harga bisa mepet 500 atau 500++
Uda tanya kemarin bahkan sudah lihat 1 unit New Everest di jalanan jakarta barat baru gres. Kemudian nanya ke salah satu dealer, Ford hanya mengeluarkan satu tipe yaitu 2.2TDCI Auto. Harga 634 Juta.
Well at that price sih ogut uda ga mungkin beli ford sih..
Dari dua itu sih ane tetep pilih H miring karena bantingan dan mesin dan sasis yang baik karena uda belajar dari european competitor.. So far saya pakai sodaranya Kia Sorento 2.2 CRDI enak enak aja, no worries, no rattle. Enak dan irit solar.
Captiva awd saja om..harga lebih bersahabat tapi fitur lebih lengkap dan lebih safety drpd santa fe.
Sparepart beberapa iya mahal, contoh shock belakang sebiji 7jt an karena ada fitur self leveling nya didalam. Wajar toh kalo mahal? Filter solar 1,5jt iya mahal banget,ntapi untuk keluaran 2013 keatas bisa subtitusi pakai filter solar milik colorado/trailbazer beli 2 biji hanya 720ribu ori, harga di beres, diganti setiap 30rb km...lainnya sama aja kok dgn mobil sekelasnya. Ga perlu khawatir.
gaspol wrote:Captiva awd saja om..harga lebih bersahabat tapi fitur lebih lengkap dan lebih safety drpd santa fe.
Sparepart beberapa iya mahal, contoh shock belakang sebiji 7jt an karena ada fitur self leveling nya didalam. Wajar toh kalo mahal? Filter solar 1,5jt iya mahal banget,ntapi untuk keluaran 2013 keatas bisa subtitusi pakai filter solar milik colorado/trailbazer beli 2 biji hanya 720ribu ori, harga di beres, diganti setiap 30rb km...lainnya sama aja kok dgn mobil sekelasnya. Ga perlu khawatir.
Awet gakom captipa awd kalo buat naik gunung terus.minim 3 kali. Seminggu?
gaspol wrote:Captiva awd saja om..harga lebih bersahabat tapi fitur lebih lengkap dan lebih safety drpd santa fe.
Sparepart beberapa iya mahal, contoh shock belakang sebiji 7jt an karena ada fitur self leveling nya didalam. Wajar toh kalo mahal? Filter solar 1,5jt iya mahal banget,ntapi untuk keluaran 2013 keatas bisa subtitusi pakai filter solar milik colorado/trailbazer beli 2 biji hanya 720ribu ori, harga di beres, diganti setiap 30rb km...lainnya sama aja kok dgn mobil sekelasnya. Ga perlu khawatir.
Awet gakom captipa awd kalo buat naik gunung terus.minim 3 kali. Seminggu?
Gak masalah om...yang penting service berkala rutin. Dan kalau bisa pakai dex. Kalao solar biasa udahakan pakai aditif yang bagus macem crc 1tank, redline 85+, diesel kleen, schaefer diesel 2000, dkk.