Dan sekarang untuk motor sport ada Bajaj Pulsar yang lebih murah dari Yamaha...apalagi dengan produksinya pabrik Bajaj di Indonesia tahun 2008.....JAKARTA: Untuk pertama kali sepanjang sejarah industri otomotif nasional, Yamaha berhasil merebut posisi sebagai pemimpin pasar sepeda motor di Tanah Air yang selama puluhan tahun dipegang erat-erat oleh Honda.
Merek berlambang garpu tala ini mengungguli rivalnya dengan selisih angka penjualan cukup mencolok sebanyak 7.961 unit.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) yang diperoleh Bisnis kemarin, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) pada Maret berhasil memasarkan 159.035 unit sepeda motor. Agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Yamaha ini mengantongi pangsa pasar 43,7% dari total penjualan sepeda motor nasional.
PT Astra Honda Motor (AHM) yang sudah puluhan tahun mendominasi pasar sepeda motor domestik dengan pangsa di atas 50%, akhirnya tergeser ke peringkat kedua karena hanya mampu membukukan angka penjualan 151.074 unit atau hanya meraih 41,5% pangsa pasar pada bulan lalu.
"Data tersebut benar dan itu semua hasil kerja keras kami. Tentu tugas kami ke depan akan lebih berat untuk mempertahankan posisi teratas ini," kata Herry Setianto, Manager Promosi PT YMKI saat dihubungi Bisnis, kemarin,.
Sejak tahun lalu, Yamaha yang sempat bersaing ketat dengan Suzuki untuk berebut posisi kedua, semakin jauh meninggalkan rival lamanya ini dalam hal angka penjualan.
Kinerja Yamaha kian melambung dan terus membayangi Honda di urutan pertama. Suzuki sendiri pada bulan lalu hanya mampu mampu melego 47.175 unit motor dengan pangsa 13%.
Sempat unggul
Pada Februari, Honda masih sempat mengungguli Yamaha dengan selisih angka penjualan 5.065 unit. Pada bulan kedua 2007 itu, pangsa pasar Honda tercatat 43,81% sedangkan Yamaha 40,12%. Sementara Suzuki makin jauh tertinggal dengan pangsa pasar hanya 14,14%.
Penjualan terbesar Yamaha berasal dari model bebek Vega R dan skuter otomatik (skutik) Mio. Pada Maret, keduanya menyumbangkan angka penjualan masing-masing 47.054 unit dan 40.854 unit. Kontribusi terbanyak berikutnya berasal dari model bebek Jupiter Z sebanyak 36.015 unit dan Jupiter MX 29.935 unit.
Direktur Marketing PT AHM Johannes Loman mengakui bahwa pada Maret lalu Yamaha berhasil mengungguli Honda berdasarkan angka penjualan whole sale (jumlah sepeda motor yang dikirim ke diler).
Namun, dia akan mengecek angka penjualan ritel atau angka pengiriman ke konsumen yang diharapkan akan lebih baik dibandingkan whole sale.
Berdasarkan pengalaman, perbedaan data antara penjualan whole sale dan ritel tidak terpaut banyak. "Ke depan kami harus bekerja lebih keras untuk memperbaiki kinerja bisnis kami. Stok di diler harus ditekan sekecil mungkin. Dan kami optimistis masih bisa merebut kembali [posisi pertama] dalam waktu dekat," ujar Loman yang menjabat direktur marketing PT AHM sejak 1 April menggantikan Johannes Hermawan yang memasuki masa pensiun.
Ketua Umum AISI Ridwan Gunawan menilai persaingan di pasar motor domestik yang paling keras memang terjadi antaranggota AISI sendiri. "Persaingan ini sehat dan konsumenlah yang akhirnya menentukan dan memilih produk," katanya saat dihubungi di Sydney, kemarin. ([email protected])
Oleh Ahmad Muhibbuddin
Bisnis Indonesia
Selamat Datang era baru permotoran di Indonesia...