Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by fabreguz »

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... osisi-mpv-
Mampukah Mobil SUV Geser Posisi MPV?
Mobil jenis SUV kini mulai banyak bermunculan.
VIVA.co.id - Segmen kendaraan sport (Sport Utility Vehicle/SUV) di pasar otomotif nasional saat ini mulai banyak dilirik. Meski kalah populer dengan mobil keluarga (MPV) dan mobil murah ramah lingkungan (LCGC), model SUV mulai banyak beredar.

Selain itu, banyak pula pabrikan mobil yang mulai memperkenalkan model-model baru untuk kategori SUV. Lalu apa yang menjadi alasan utama agen pemegang merek (APM) mulai melihat segmen tersebut?

Pengamat otomotif Soehari Sargo mengungkapkan bila segmen SUV memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimilik mobil di segmen lain, sehingga mobil yang identik dengan tubuh bongsor itu mampu manarik minat pasar Tanah Air.

“Apabila kita berbicara mengenai kelebihan mobil SUV memang cukup banyak. Mobil ini mampu menampung penumpang sama seperti MPV, lebih tangguh saat digunakan di jalanan rusak, tenaga yang dihasilkan mobil juga lebih besar dan yang pasti lebih nyaman dalam kondisi medan apa pun,” ungkapnya kepada VIVA.co.id, Selasa 13 Oktober 2015.

Beberapa faktor tersebut, disebutkan Soehari menjadi salah satu daya tarik para produsen mobil untuk memangsa pasar di segmen ini.

“Banyak produsen melihat peluang untuk pasar ini cukup besar, terlebih untuk mereka yang tinggal dengan kondisi jalan tidak terlalu baik. Selain itu, persaingan dan daya serap pasar membuat beberapa merek mobil berlomba menghadirkan pilihan di segmen ini,” katanya.

Meski demikian, dia menyebut bila segmen ini masih belum cukup kuat menggeser segmen MPV, karena harga yang ditawarkan SUV masih jauh lebih mahal dari MPV.

“Mungkin saja SUV dibuat sama harganya, atau lebih murah, tapi untuk apa, karena kebutuhan masyarakat menggunakan mobil ini bukan itu. Semua sudah ada pasarnya masing-masing, untuk MPV, SUV, dan LCGC sekali pun,” katanya.
sesuai dengan subject
cuman diedit dengan penambahan kata low di depan nya sehingga lebih menyasar ke segmen yang memang lagi hot hot nya di pasar otomotif indonesia, bahkan dunia untuk low suv alias cuv :big_smile] :big_smile]
2 taon lalu newbie thok sudah pernah membuat tret bahasan yang kurang lebih sama
viewtopic.php?f=52&t=18443
dan disimpulkan saat itu mobil mpv masih yang menjadi market leader segmen mobil di indonesia, tentu saza terutama segmen low mpv :big_exellent: :big_exellent:
tetapi skrg ini 2 tahon kemudian, di saat ekonomi seret dan sering dikatakan bahwa sudah krisis :mky_05: :mky_06: walo memang low mpv masih menjadi penguasa pasar mobil indo
ternyata mobil low suv alias cuv malah tumbuh luar biasa dan dalam hal ini hnda hrv yang sampai banyak yang batal inden dan membuat honda indonesia masuk ke 2 besar untuk pertama kali nya :big_exellent: :big_exellent:
bahkan banyak yang batal inden karena waiting list yang terlalu lama :big_bored: :big_dunno:
melihat hrv yang cuman 5 seater tapi bisa fenomenal, honda langsung meluncurkan cuv terbaru paket hemat (produk non global) yang bisa memuat 7 orang yaitu brv :big_grin: :big_grin:
karna khusus untuk pasar indonesia, tentu saza perlu faktor "I" yaitu 7 seater dan luas kabin dalam :big_grin: :big_grin:
mungkinkah karena harga low mpv yang semakin mahal ? dan juga selera konsumen yang mulai berubah, apalagi deman cuv yang terkesan lebih sporty dan dinamis di seluruh dunia. :big_think: :big_think:
tidak perlu lagi dibahas harga medium mpv yang sudah seperti sedan :big_bored: :big_dunno:
tinggal menunggu produsen mobil lain mengikuti honda menelurkan low suv alias cuv 7 seater khusus pasar indonesia, pastinya pasar low suv ini semakin marak :mky_02: :mky_08:
Don't Imageate
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by ginting »

Sebenar SUV baik itu low atau bukan, begitu dia 7 seaters rasanya udah gak covok lagi disebut SUV, tapi imho Mpv
Parameternya disebut mpv atau suv apa sih ?
Blm ada kan , kecuali pengakuan si pembuat
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by bisti »

yg paling penting..slama harga gk beda jauh..org mungkin segera beralih ke low suv
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by daftar »

iya nih, kalo LSUV macam rushter & BRV apa nggak cocok masuk kategori MPV aja sebenernya
:ngacir:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by billyd1773dz »

imho klw mengeser LMPV bearti menggeser Avanza sebagai best selling car............. saat ini hingga beberapa tahun kedepan kyanya belum....terutama selama buyer niaga/non personal masih tinggi....

segment growth? jelas sangat tinggi di ceruk pasar ini.. mostly karna medium suvnya sendiri setiap ganti generasi selalu membesar dan fitur bertambah harga naik, kelas naik. MPV jg sama, tp karna demand paling besar, langsung di bikin LMPV... suv baru skrng LSUV mulai ramai.

pernah baca survey based on tahun 90-00 karakter masyakrat indonesia lebih feminime sales sedan cukup besar... skrng? sepertinya geser sedan marketnya makin kecil, mpv dan suv makin besar masyarakatnya semakin masculine. meski pilihan default/basic need masyarakat masih lari ke mbl 7seater biar bisa rame2, tampilan/elemen2 suv imho masih optional




terkahir.. definisi suv tu apa? MPV di popokin apakah itu SUV? wkwkwkw
imho secara marketing suv punya personality untuk segment costumer yang memilki active lifestyle,masculine and sporty..... jadi dandanin mpv mereka *popok + ban gede* kemudian promosikan dengan branding dan campaign sesuai kriteria diatas dan terakhri sebut suv atw crossover suv......... wkwkwkw

Thats a "suv" based on target costumer personality


teknisnya? sebuah suv atleast harus memenuhi 3 sudut utama dalam offroad....


cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by amfibi »

Ya masuknya tetep SUV sih kalo kata ane hehehe apalagi rush ...

Kalo 7 seat harus mpv, berarti land cruiser series/fortuner/dsb harus mpv dong bukan suv :ungg:
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by lawyerone »

ginting wrote:Sebenar SUV baik itu low atau bukan, begitu dia 7 seaters rasanya udah gak covok lagi disebut SUV, tapi imho Mpv
Parameternya disebut mpv atau suv apa sih ?
Blm ada kan , kecuali pengakuan si pembuat
Menurut ane tetep masuk sih om 7 seater disebut SUV
Tapi gatau juga, sebenernya standard buat SUV itu apa sih?
Karna banyak juga kan SUV yang punya third row seating.

Captiva 5+2, Xtrail 5+2, Fortuner 5+2, Pajero bahkan 5+2 (yang CBU sekalipun)

Ngomong merk premium (volvo, biem, audi) bahkan pada punya SUV yang pake third row seating (untuk big suv tapi ya, ukuran kecilnya 2-row semua)
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by ricz »

Kalo menggeser low mpv sih belum lah klo untuk saat ini...


Tapi klo menggeser segmen hatchback 250-300 jutaan (dalam hal ini khusus hrv dan sejenisnya) sih iya banget...
Ada beberapa kenalan gw yg ex owner jazz RS ge8 gen.2, malah skrg pada lari ke hrv daripada jazz gen.3 gara2 gc lebih tinggi dan ukurannya yg gak beda jauh ama jazz.. :big_biglaugh:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by ginting »

Secara per definisi.
MPV = MUlti Purpose Vehicle.
Mobil yang multi fungsi. Mulai dari urusan kerja, kondangan, ke kebun, ke mall, ngantar anak ke sekolah dan ke pasar..

SUV = Sport Utility Vehicle.
Berarti lebih menekankan kepada unsur sportnya. Nah, kalau sport terkait mobil kan...pilihannya balapan di jalan aspal atau balapan lumpur...
Lalu siapa yang cukup gila mengisi 7 manusia ke dalam mobil, lalu dibawa bersport ria ?
Mau mobilnya LC, Range Rover, dll...sport berjamaah gitu rasanya sih suatu yang nyaris tak terbayangkan..

Yang ada adalah pabrikan sudah menyetel pola piker kita.
Asal GC tinggi, ban gede, kasih dilabel "SUV", maka patutlah harganya mahal..
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by amfibi »

Rasanya soal mpv dan suv gitu ga penting didebatin deh soalnya udh melekat dr lama jg kalo SUV = mobil2 gede yg garang/maskulin n MPV = mobil serbaguna yg mentingin fungsi drpd bentuk, yg penting mobil nya baguss aja... :ngacir: :upss:
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by fabreguz »

bisti wrote:yg paling penting..slama harga gk beda jauh..org mungkin segera beralih ke low suv
stujuh :big_deal: :big_deal:
daftar wrote:iya nih, kalo LSUV macam rushter & BRV apa nggak cocok masuk kategori MPV aja sebenernya
bisa jadi juga kalo dipikir pikir, karena perbedaan segmen mobil masih banyak yang bingung :big_think: :big_think: trutama segmen suv dan mpv
billyd1773dz wrote:imho klw mengeser LMPV bearti menggeser Avanza sebagai best selling car............. saat ini hingga beberapa tahun kedepan kyanya belum....terutama selama buyer niaga/non personal masih tinggi....

segment growth? jelas sangat tinggi di ceruk pasar ini.. mostly karna medium suvnya sendiri setiap ganti generasi selalu membesar dan fitur bertambah harga naik, kelas naik. MPV jg sama, tp karna demand paling besar, langsung di bikin LMPV... suv baru skrng LSUV mulai ramai.

pernah baca survey based on tahun 90-00 karakter masyakrat indonesia lebih feminime sales sedan cukup besar... skrng? sepertinya geser sedan marketnya makin kecil, mpv dan suv makin besar masyarakatnya semakin masculine. meski pilihan default/basic need masyarakat masih lari ke mbl 7seater biar bisa rame2, tampilan/elemen2 suv imho masih optional




terkahir.. definisi suv tu apa? MPV di popokin apakah itu SUV? wkwkwkw
imho secara marketing suv punya personality untuk segment costumer yang memilki active lifestyle,masculine and sporty..... jadi dandanin mpv mereka *popok + ban gede* kemudian promosikan dengan branding dan campaign sesuai kriteria diatas dan terakhri sebut suv atw crossover suv......... wkwkwkw

Thats a "suv" based on target costumer personality


teknisnya? sebuah suv atleast harus memenuhi 3 sudut utama dalam offroad....


cmiiw
:beer:
mantaf penjelasan mod bung billy :mky_01: :mky_02:
yang pasti mobil suv sekarang sudah bukan mobil mobil suv zaman dulu karena sudah disesuaikan dengan tuntutan dan keinginan konsumen masa sekarang. dan ini juga berbeda dari masa dulu :big_grin: :big_think:
newbie thok juga setuju kalo belum bisa menggeser tahta avanza
jika bisa membuntuti saza pasti ruar biasa dan kalo segmen growth cuv masih sperti skarang ini kemungkinan besar memang pasti bisa terus di posisi 2 :big_exellent: :big_exellent:
lawyerone wrote:
ginting wrote:Sebenar SUV baik itu low atau bukan, begitu dia 7 seaters rasanya udah gak covok lagi disebut SUV, tapi imho Mpv
Parameternya disebut mpv atau suv apa sih ?
Blm ada kan , kecuali pengakuan si pembuat
Menurut ane tetep masuk sih om 7 seater disebut SUV
Tapi gatau juga, sebenernya standard buat SUV itu apa sih?
Karna banyak juga kan SUV yang punya third row seating.

Captiva 5+2, Xtrail 5+2, Fortuner 5+2, Pajero bahkan 5+2 (yang CBU sekalipun)

Ngomong merk premium (volvo, biem, audi) bahkan pada punya SUV yang pake third row seating (untuk big suv tapi ya, ukuran kecilnya 2-row semua)
stujuh bung lawyerone :big_grin: :big_grin:
ricz wrote:Kalo menggeser low mpv sih belum lah klo untuk saat ini...


Tapi klo menggeser segmen hatchback 250-300 jutaan (dalam hal ini khusus hrv dan sejenisnya) sih iya banget...
Ada beberapa kenalan gw yg ex owner jazz RS ge8 gen.2, malah skrg pada lari ke hrv daripada jazz gen.3 gara2 gc lebih tinggi dan ukurannya yg gak beda jauh ama jazz.. :big_biglaugh:
betul mods ricz,segmen hatchback memang sudah melempem skarang :big_childish: :big_childish:
istri saya yang punya jazz rs generasi 2 saza, sudah ndak mau ganti ke all new jazz generasi terbaru :wkkk: :big_biglaugh:
nanti pengene ganti mobil yang lebih tinggi macam cuv juga :big_grin: :big_grin:
ginting wrote:Secara per definisi.
MPV = MUlti Purpose Vehicle.
Mobil yang multi fungsi. Mulai dari urusan kerja, kondangan, ke kebun, ke mall, ngantar anak ke sekolah dan ke pasar..

SUV = Sport Utility Vehicle.
Berarti lebih menekankan kepada unsur sportnya. Nah, kalau sport terkait mobil kan...pilihannya balapan di jalan aspal atau balapan lumpur...
Lalu siapa yang cukup gila mengisi 7 manusia ke dalam mobil, lalu dibawa bersport ria ?
Mau mobilnya LC, Range Rover, dll...sport berjamaah gitu rasanya sih suatu yang nyaris tak terbayangkan..

Yang ada adalah pabrikan sudah menyetel pola piker kita.
Asal GC tinggi, ban gede, kasih dilabel "SUV", maka patutlah harganya mahal..
yup istilahnya bahasa marketing :mky_03: :mky_01:

amfibi wrote:Rasanya soal mpv dan suv gitu ga penting didebatin deh soalnya udh melekat dr lama jg kalo SUV = mobil2 gede yg garang/maskulin n MPV = mobil serbaguna yg mentingin fungsi drpd bentuk, yg penting mobil nya baguss aja... :ngacir: :upss:
yup tul betul mods fibi :big_deal: :big_okay:
Don't Imageate
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by fabreguz »

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... p-daihatsu
10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia, Honda Salip Daihatsu
Pertama masih Toyota. Persaingan Suzuki dan Mitsubishi juga panas.
VIVA.co.id - Penjualan otomotif nasional secara wholesales (pabrik ke diler) kini mulai terlihat mengalami perkembangan. Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada September lalu, setidaknya 93.038 unit kendaraan terjual.

Meski mengalami peningkatan, namun angka tersebut rupanya belum mengalahkan penjualan pada periode yang sama di tahun lalu, yang tembus 102.572 unit.

Kendati demikian, angka yang mencapai 93.038 unit pada September 2015 lalu itu, ternyata menjadi yang terbesar jika dibandingkan April hingga Agustus 2015.

Selain itu, setidaknya terdapat 10 merek otomotif di Indonesia terus bersaing untuk menjadi yang terlaris dalam hal menjajakan produknya di masyarakat.

Untuk di posisi pertama merek terlaris, ternyata masih Toyota merajai penjualan dengan total 32.405 unit selama September. Menariknya, di urutan kedua kini justru Honda yang merangsek naik.

Perusahaan dengan lambang huruf H ini laku 14.355 unit. Sontak, angka ini menggeser Daihatsu yang melorot ke posisi ketiga dengan penjualan 13.293 unit.

Di urutan keempat dan kelima, persaingan semakin sengit karena kedua merek otomotif ini saling susul menyusul. Mereka adalah Mitsubishi dan Suzuki. Masing-masing terjual 10.564 unit dan 10.017 unit.

Berikut 10 merek terlaris di Indonesia selama September 2015:

1. Toyota = 32.405 unit

2. Honda = 14.355 unit

3. Daihatsu = 13.293 unit

4. Mitsubishi = 10.564 unit

5. Suzuki = 10.017 unit

6. Datsun = 2.848 unit

7. Hino = 2.050 unit

8. Nissan = 1.734 unit

9. Isuzu = 1.719 uit

10. Mazda = 942 unit
Honda indonesia akhirnya tembus 2 besar pasar mobil nasional di bawah toyota berkat hrv :big_exellent: :big_exellent: kayaknya selama ini honda selalu dibawah daihatsu
bagaimana jika tidak ada antisipasi dari daihatsu, mungkin kah begitu BRV start meluncur awal taon 2016, honda akan semakin tak terkejar oleh daihatsu ? :big_think: :big_think:
Don't Imageate
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by kunaskun »

BRV masuk, praktis daihatsu makin kegerus dan semua merek lain makin sempoyongan, pilihan merek lain cuma dua:
1. fight dengan produk mirip --> costly
2. fight dengan jalur beda, ala mazda, gerilya rebutan remah2an toh ga semua user bakal beli BRV. karena tau sendiri honda kalau bikin mobil murah kaya apa :mky_04:

yg bakal mati duluan ya jelas nissan dan suzuki, bakal terus digerus dan harus fight dengan merek lain juga.

dan market akan jadi ga menarik, kaya 10 tahun lalu toyota daihatus menguasai dengan avanza xenia innova rush terios, yg gitu2 aja, fitur gitu2 aja, tampang gitu2 aja :mky_01:
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by ibar78 »

kalo indennya lama, paling kesalip lagi ma daihtasu...masa hrv inden 6 bulan....
:popcorn:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by daftar »

SUV ini sebutan sekarang untuk jenis mobil yang dulu disebut JIP (bukan Jeep) bukan sih?
Dulu kan mobil seperti Taft, Katana, Land Cruiser, Sidekick hingga Jeep yang beneran kan disebut mobil Jip.
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote: terkahir.. definisi suv tu apa? MPV di popokin apakah itu SUV? wkwkwkw
imho secara marketing suv punya personality untuk segment costumer yang memilki active lifestyle,masculine and sporty..... jadi dandanin mpv mereka *popok + ban gede* kemudian promosikan dengan branding dan campaign sesuai kriteria diatas dan terakhri sebut suv atw crossover suv......... wkwkwkw
Wkwkwkwk persis yang bikin ane geli sama sejenis Livina X-Gear, dan sekarang Hyundai i10X. Modal popok doang langsung di branding "crossover". Setup suspensinya blassss gak cocok dengan jalan rusak.

Dulu ane pikir Livina X-Gear biasa aja udah konyol karena suspensinya gak lebih tinggi dari Livina XR, sekarang makin konyol dengan Grand Livina X-Gear.... :big_bored:

BR-V masih sedikit lebih "niat" dengan nambah GC, ban gede, dan face-off biar lebih "keliatan macho" walaupun buat pencitraan aja padahal basicnya y Brio wkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by Shonen »

Sama kek g nih mod...g jg rada2 gimana gitu kalo ngeliat batu makam x gear yang aneh bin ajaib..no offense ya buat penggunanya sekedar opini pribadi aja...orang mpv kok di branding jadi suv cuman tambah popok doank strukturnya semua sama oya ada satu lagi ketambahannya roof rail :mky_03:
Orang indo suka mobil yang besar dan mengintimidasi pengendara lain (Macho look) klo g liat, drpd sedan2an kecil yang pendek walopun driving exp mnrt g pribadi lebih enak sedan jauh drpd nyetir mobil tinggi...nyetir mobil tinggi mnrt g agak capek dibanding nyetir mobil yang gcnya rendah (Pandangan pribadi) Sekarang mayoritas orang ngikutin pasar karena sedan sekarang harga jual uda agak jato trus jualnya juga susah, dulu g jual civic fd satupun ga ada yang dateng ke rumah lho sampe g lego ke pedege, nah sejak itu jadi ikutan ganti "mobil tinggi". Kayanya tren nanti bakal ganti tipe mesin de ke diesel tar brendengan tuh pada nguarin varian dieselnya masing2 cuman buat indo mnrt g masih 5-6 taon lagi lah sebelom booming karena ngikut tren ke eropa. Dulu kan juga eropa booming suv dulu baru de merayap ke indo boomingnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by ChZ »

Shonen wrote:Sama kek g nih mod...g jg rada2 gimana gitu kalo ngeliat batu makam x gear yang aneh bin ajaib..no offense ya buat penggunanya sekedar opini pribadi aja...orang mpv kok di branding jadi suv cuman tambah popok doank strukturnya semua sama oya ada satu lagi ketambahannya roof rail :mky_03:
Orang indo suka mobil yang besar dan mengintimidasi pengendara lain (Macho look) klo g liat, drpd sedan2an kecil yang pendek walopun driving exp mnrt g pribadi lebih enak sedan jauh drpd nyetir mobil tinggi...nyetir mobil tinggi mnrt g agak capek dibanding nyetir mobil yang gcnya rendah (Pandangan pribadi) Sekarang mayoritas orang ngikutin pasar karena sedan sekarang harga jual uda agak jato trus jualnya juga susah, dulu g jual civic fd satupun ga ada yang dateng ke rumah lho sampe g lego ke pedege, nah sejak itu jadi ikutan ganti "mobil tinggi". Kayanya tren nanti bakal ganti tipe mesin de ke diesel tar brendengan tuh pada nguarin varian dieselnya masing2 cuman buat indo mnrt g masih 5-6 taon lagi lah sebelom booming karena ngikut tren ke eropa. Dulu kan juga eropa booming suv dulu baru de merayap ke indo boomingnya.
Hahaha makanya itu oom, ban nya pake profil tipis pulak yang baru. Dagelan abis... :big_biglaugh:

Dulu katanya buat nyaingin Suzuki SX4.. Habis itu gak laku ... dan Juke yang dibilang buat nyaingin SX4... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by Michaelktp »

Mampukah? Jelas mampu lha. Tinggal menunggu waktu saja karena trend pasar memang mulai berubah. Walau untuk Avanza masih berat karena didukung fleet dan rental.
Segmen paling menarik saat ini adalah CUV. Dan ini berlaku global. Dulu di tahun 2004 Honda dan Daihatsu sudah bertempur berebut posisi no 5. Saat itu Honda Jazz GD3 yang memegang peranan. Karena masa itu yang sedang digemari adalah Hatchback 1.5L. Hanya Daihatsu akhirnya bisa mengungguli Honda dengan selisih sekitar 1500 unit di bulan Desember 2004. Honda pun gagal masuk ke 5 besar nasional.
Sekarang sepettinya ADM vs HPM berulang kembali, sementara Daihatsu masih dengan senjata lamanya: Xenia. Walau sekarang sudah generasi 2. Ckckckck.......jelas sulit kalau ADM masih mengharapkan situasi akan berbalik sama seperti di Desember 2004. Kecuali pabrik Honda kena banjir seperti di Thailand 2011 hahaha.
BR-V memang basis platform dari Brio. Zaman sekarang 1 platform harus bisa dibuat berbagai macam spesies mobil. Beda jauh dengan tahun 1990-2000 dimana platform hanya dibuat untuk 1 jenis saja. Ekonomi global masih sangat stabil di masa itu. Kalau di masa sekarang yang maju ya selalu kalkulator duluan. Akibatnya jangan kaget kalau city car bisa menjelma menjadi MPV, CUV, Hatchback bahkan sedan. Lama lama bisa juga jadi Limousine kales......hahaha kidding
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by Michaelktp »

Konon produk mobil Asia Mutsubishi yang akan dirakit di pabrik terbarunya di Cikarang juga berbentuk CUV 7 seater. Bukan LMPV seperti yang diberitakan media media selama ini. Ini malah dibangun dengan all new platform dan bukan basis dari Mirage. Semoga lebih menarik produknya daripada BR-V dan tidak kelamaan nunggu sampai 2017 hehehe
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by newrubble »

di negara (- negara) yg infrastructure jalanan tdk byk berkembang (n tanpa perawatan kec kalo rusak) mmg mpv n suv semakin lama semakin tdk ada beda

smua yg mau punya lifetime use (n dominant in marketshare) harus punya ground clearance setinggi mgkn ...makin tinggi makin bagus

mobil dibuat sebisa mgkn tiga row dg headroom setinggi mgkn ...apalagi kalo negara (- negara) itu punya bgt byk kota dg populasi jutaan org tanpa.kenal mass transport selain bus yg jalan-stop-jalan di (yg sehrsnya) fastlane dg px access @ driver's side

di negara (- negara) bgt ....tdk hanya mpv bias suv tapi hatchback itu legally transgender "minibus" ...for the sake of "low(er) multi taxation

ini mgkn cuma foreign (alien) perspective tapi beruntung bagi siapapun foreigner (alien) yg masih bisa kluar masuk negara (- negara) ini tanpa ikut jadi bias
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by Mamang555 »

Saya sih liat brecket harganya aja. Yang paling laris manis tetep kelas under 200 jt (anggep aja plus minus 10 jt)

http://www.mobilku.org/2015/10/penjuala ... -2015.html

7 dari 10 mobil terlaris september itu bukan SUV/CUV dan kelas CUV yang masup itu cuma HRV dan Rush doang (itupun diluar 5 besar)

Sejauh ini belum ada CUV dibawah 200 jtan setelah rushter naek harga gila2an, so tetep yang paling laris adalah MPV dan city car LCGC :D

========================================================

Yang menarik mungkin, untuk kisaran harga yang sama : let say 250-260 jt, apakah konsumen akan pilih (so called) CUV semisal BRV / Rush / Juke / Trax atau MPV semodel Freed / Livina HWS / Sienta (kalo masup)...
Kelihatannya kembali ke preferensi masing2 lagi.. tapi setuju deh sama pendapat diatas, CUV sedang digandrungi dan kayaknya memang mulai banyak menggrogoti kue hatchback 250 jtan
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by martinnn »

ChZ wrote:
billyd1773dz wrote: terkahir.. definisi suv tu apa? MPV di popokin apakah itu SUV? wkwkwkw
imho secara marketing suv punya personality untuk segment costumer yang memilki active lifestyle,masculine and sporty..... jadi dandanin mpv mereka *popok + ban gede* kemudian promosikan dengan branding dan campaign sesuai kriteria diatas dan terakhri sebut suv atw crossover suv......... wkwkwkw
Wkwkwkwk persis yang bikin ane geli sama sejenis Livina X-Gear, dan sekarang Hyundai i10X. Modal popok doang langsung di branding "crossover". Setup suspensinya blassss gak cocok dengan jalan rusak.

Dulu ane pikir Livina X-Gear biasa aja udah konyol karena suspensinya gak lebih tinggi dari Livina XR, sekarang makin konyol dengan Grand Livina X-Gear.... :big_bored:

BR-V masih sedikit lebih "niat" dengan nambah GC, ban gede, dan face-off biar lebih "keliatan macho" walaupun buat pencitraan aja padahal basicnya y Brio wkwkwk.
bukan basicnya mobilio om
:big_biglaugh:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by Mamang555 »

Mobilio basicnya ya dari Brio om..
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Mampukah Mobil Low SUV Geser Posisi Low MPV?

Post by marzoochi »

newrubble wrote:di negara (- negara) yg infrastructure jalanan tdk byk berkembang (n tanpa perawatan kec kalo rusak) mmg mpv n suv semakin lama semakin tdk ada beda

smua yg mau punya lifetime use (n dominant in marketshare) harus punya ground clearance setinggi mgkn ...makin tinggi makin bagus
setuju dengan pendapat ini, anehnya negara kita, makin ke sini kok malah jalanan makin ancur, tercermin dari makin menurunnya volume penjualan sedan, dan sekarang penjualan hatchback yang notabene GC nya rendah, juga sudah trend turun. :big_dunno:

kalo di negara maju, dengan jalanan yang mulus mulus, sedan malah laku karena bisa melaju tanpa kuatir mentok atau ngesrot.
hatchback juga laku karena ukuran kecil dan simple buat parkir di perkotaan.