pulley & drive belt

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

pulley & drive belt

Post by marmut »

ada 2 buah drive belt yang menggerakkan pulley alternator dan waterpump mobil saya, kalau tidak salah seperti daihatsu taft hi-line.
pertanyaan saya ;
1. kenapa harus pakai 2 drive belt?
2. apa akibatnya kalau cuma pakai 1 belt saja?

terimakasih sebelumnya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pulley & drive belt

Post by marmut »

anybody......................?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: pulley & drive belt

Post by POS VETT »

Packaging issue biasanya. Mungkin karena untuk model yang ada AC, salah satu belt (lebih panjang) ikut dipakai untuk menggerakan kompresor dan yang satu lagi untuk pompa power steering, misalnya. Pemakaian satu drive belt (serpentine belt) bisa juga, cuma butuh tensioner dan idler pulleys.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pulley & drive belt

Post by marmut »

untuk kompresor a/c lain lagi oom vett. jadi pulley crankshaft ada 3 jalur drive belt, yang 2 untuk waterpump & alternator, dan yang 1 untuk kompresor a/c. power steering ikut pulley a/c.