Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by EKA666 »

halo, perkenalkan saya Eka seorang mahasiswa semester dua digit yang tinggal di kota solo. :ungg:
Sudah lumayan lama saya mengenal SM ini, walaupun disini saya tidak begitu aktif tetapi forum ini adalah bacaan saya setiap hari :mky_08: . saya sangat suka dengan SM karena disini benar2 forum yang nyaman, dan yang bener2 menurut saya "trademark" forum ini adalah review nya. oleh karena itu saya mencoba membuat sedikit review kendaraan sehari hari saya, agar menambah khasanah per reviewan mobil di SM tercinta ini :big_blushing:

Review ini subjektif dari sudut pandang saya sendiri karena pengalaman dalam mengendarai bermacam- macam mobil (yang mungkin bisa menjadi benchmark dalam membuat review) tidak terlalu banyak. secara historis, mobil saya sebelum pica ini adalah katana dan akhir2 ini lumayan sering mengendarai panther ls 2003 M/T, outlander sport PX, dan taruna, jadi nanti dalam review akan ada sedikit perbandingan dan sedikit banyak pov saya menyerempet ke mobil yang sering saya kendarai tersebut :big_peace:

saya selama setahun belakangan terbiasa dengan mobil kutu dari jepang yang super bandel dan kerasnya bukan main :big_slap: yaitu Katana GX 1995. sebenernya katana ini sangat- sangat bisa diandalkan untuk mobil perang *bener- bener kayak tank*, sama sekali gak ada masalah berarti dan sekalipun gak pernah macet (dengan kondisi katana yang telaten dirawat, ngrawatnya gampang banget bro). tapi karena berbagai pertimbangan, diantaranya adalah bodi mulai timbul keropos2, konsumsi bbm yang boros /gak sesuai dengan tenaganya yang boyo, dan bikin badan capek kalau dipake perjalanan jauh (kerasnya bukan main) :big_cry: akhirnya dilepas katana tersebut kemudian diganti dengan All New Picanto SE 2 2013.

cukup jauh juga berpaling dari katana yang merupakan spesies tank ke picanto yang merupakan spesies....... :ngacir: oke disini pertimbangan mengganti katana dengan picanto adalah yang pertama sama- sama mobil kutu, enak banget naik mobil kecil gini di kota, slap slip sangat menyenangkan, kemudian picanto ini jelas lebih nyaman jauh dibanding katana, dan yang terakhir picanto ini banyak yang pake (rv nya cukup baik), oya garansi 5 tahun juga tawaran yang sangat menggiurkan. :big_smoking:

Picanto ini merupakan all new picanto generasi ke dua atau disebut SE 2. yang membedakan dengan generasi pertama adalah velgnya, ukuran ban, dan cuma itu saja :big_slap: selanjutnya untuk generasi SE 3 dst yang paling bisa dilihat perbedaanya ya di velg nya.

EXTERIOR
Saya ambil picanto ini pas 17 agustus kemaren, odo menunjukan 25rb km dan mobil bener- bener berasa masih baru.
langsung saja, disain mobil ini sangat cakep. menurut literatur SM mobil ini masuk di hatchback class A, di tandingkan dengan mirage, brio, march, etios, dan splash. menurut saya, picanto ini desainya paling ganteng diantara rivalnya. peter "slayer" :big_slap: berhasil membuat mobil ini menjadi ke eropaan, sangat- sangat revolusioner desainya :big_exellent: . saya tidak masukan gambar exteriornya, karena lupa kefoto :big_slap: tapi di review picanto sebelumnya sudah ada & di jalan juga banyak sliweran :big_peace:
generasi ke 2 ini menurut saya memiliki desain velg paling cakep diantara semua generasi picanto
Image
desain velg terlihat cakep dengan dual colour dan desainya yang gagah, dimana generasi selanjutnya (se 3) desain velgnya feminim sekali seperti bunga. :ngacir:
secara disain, picanto ini sangat- sangat ganteng. proposional dengan dimensinya yang imut-imut. well done peter "slayer" :big_love:

INTERIOR
lanjut ke bagian interior, picanto ini memiliki ketebalan plat bodi 0,8 mm membuat pintu berasa mantab padat berisi ketika ditutup :mky_03:
Image
suasana kabin didominasi warna hitam dan silver, sangat monochrome dan lama kelamaan membuat bosan :e-snooty: bahan interior kabin didominasi plastik, dashboar dan doortrim all plastik, tapi plastiknya solid dan gak ember ember banget lhaa.
hu standar pakai keenwood, untuk keluaran suara lumayan bagus (kudu di setting dulu equaliser nya biar enak), pengaturan ac komplit tapi jauuuuuh dibanding mirage yang auto :big_dunno: oya picanto ini driver oriented juga, kalo dilihat dashboar mengarah ke arah driver walopun dikiiiit :ngacir:
Image
Doortrim supir standar lah, ada pengaturan spion, dan power windows, juga ada tempat penyimpanan botol minuman.
Image
Posisi mengemudi buat saya yang tinggi 175cm merasa sedikit tenggelam dan tidak ada pengaturan tinggi rendah kursi, tapi tidak masalah, masih nyaman untuk saya. kursi dengan bahan fabrik yang empuk dan lebar, sangat nyaman diduduki. duduk di posisi menyetir lumayan sempit, tetapi memiliki headroom luas.
setir ukuranya pas, desainya oke dengan 2 spoke yang kemudian dicontek sklasse :ngacir: , tidak ada pengaturan maju mundur untuk stir, hanya ada pengaturan naik turun. stir menggunakan bahan plastik dan klaksonya luar biasa keras, menekannya harus dengan sepenuh tenaga :off_no:
ruang penyimpanan di kabin depan lumayan banyak, di doortrim ada cup holder, di tengah bawah HU juga ada dua cup holder dengan sistem yang bisa di sembunyikan
Image
dibawah jok penumpang depan ada laci rahasia.
Image
mobil ini tidak memiliki kaca di sun visor :big_dunno: ,menyulitkan princess yang ingin retouch makeup. yang kemudian saya akali dengan menempelkan kaca sendiri' :big_weee:
Image
Last edited by EKA666 on Fri Sep 18, 2015 20:31, edited 5 times in total.
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (ANP SE 2)

Post by EKA666 »

oke pindah ke bangku belakang,
Image
disini berbeda dengan bangku depan, di bangku belakang sama sekali tidak terdapat kompartemen penyimpanan di doortrim.
Image
posisi duduk sempit tetapi dengkul tidak sampai menyentuh kursi depan, hampiiiiiirr bro
Image
kursi lumayan enak, tidak terlalu tegak dan ada head rest.
Image
konfigurasi kursi belakang 64-36 yang bisa dibuat rata lantai :big_grin: .
Image
bagasi belakang, cukupan lah. masuk untuk 3 galon.terdapat ban serep ukuran halfsize dan tools di bagasi.
Image

DRIVING IMPRESSION
kembali ke kursi pengemudi, menyalakan mesin picanto harus dengan menginjak kopling :big_think: . hhm, suara mesin teredam baik oleh kabin.
cluster meter terlihat menarik, ada takometer, jam, mid, kecepatan, fuel meter, dan indikator2. disini tidak ada penunjuk suhu, kalau overheat akan menyala indikatornya. informasi mid standar, ada trip a/b, sisa bensin, average fc dengan /100km, real fc dengan /100km, dan odometer. kelupaan, ada juga pilihan eco off dan on.
Image

nyalakan ac, mesin idle di sekitar 900rpm. injak kopling, wow ringan sekali. lepas kopling, kudu sedikit penyesuaian, koplingnya aneh susah digambarin, haha. meskipun ini masih pakai kopling kabel tetapi tetap aneh feel koplingnya. :big_bored: masukan gigi satu, wow putaran bawahnya bener2 nendang nih mobil, berasa loncat. tapi saya suka :big_love: . mobil responsif sekali, coba belokin stir, :big_slap: ini stir bener2 hambar, feel nya kagak ada, ringan banget, berasa stir ps. ringan banget, kalo sama2 eps nya os, stir ini kayak muter kapas, mungkin dibuat gini biar nonik2 gampang muter2 stir pas parkir di mol :ngacir: aneh lah feel stirnya.
bawa mobil ini keluar kota, lumayan enak. putaran bawahnya nampol banget buat nyalip tinggal shift down langsung lompat dah ni mobil. sayang di putaran atas bener2 kopong, gak ada tenaganya, ilang terbawa angin. :e-think:
suspensi empuk cocok buat lewatin jalan yang banyak aspal tambalan terkutuk, tapi buat di tol atau jalan lurus, mobil ini limbung dibuat manuver2.
pica se 2 memiliki kelemahan di ban bawaanya, forceum. berisiknya luar biasa dan punya saya ini udah benjol, jadi pernah dibawa kec 100 mobil geter :big_slap: . untuk insulasi kabin sangat baik, nyetel musik gak perlu volume gede udah kedengeran.

untuk konsumsi bensin, menurut saya memuaskan. untuk rute dalkot solo rata- rata 7,5-7,7l/100km dengan pertalite. sedangkan rekor luar kota pernah 4.8l/100km jogja solo dengan kondisi jalan lancar dan eco off.
Image

oke review pertama ini mungkin banyak kekuranganya, maafkanlah :big_blushing: . Selama picanto masih saya pakai, trit ini akan selalu saya update untuk long term reviewnya.
terimaksih SM
Image
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (ANP SE 2)

Post by amfibi »

Wuiii manteb om review na :mky_02:
Semoga awet terus picantonya kyk katana :mky_01:

Dulu di rumah 2012 pernah ada katana bbrp bulan buat jalan deket2 sekalian jd dagangan (eh pernah deng jkt palembang pp), lincah easy to drive n super duper tangguh, tapi ...

Begh pindah dr katana ke mobil2 sedan/suv/hatch jaman skrg apapun typenya itu tuh rasanya kyk dilepaskan dr neraka ke surga ke 7 :mky_07:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by imingwahyudi »

Cakep oom reviewnyaaa :cupss:

Termasuk enak ini picanto untuk bracket mobil kutu...belom coba yang menyuelnya :ungg:


Oya, judul saya alter sedikit biar lebih mudah dicari tipe transmisi dan trim ya oom :D



Good day! :)
User avatar
WhizzKidZ
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Wed Aug 19, 2015 7:25

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (ANP SE 2)

Post by WhizzKidZ »

Katana badak bnget itu om, mesin simple klo rajin dirawat gk bakal nyusahin, jadi inget ane mke katana gx 94 dri jaman smu sampe tamat kuliah plus anter2 bwt tes gawe dari ceper 5 jari sampe model off road plus brapa kli selamat nyawa hehehe *loh jdi bahas katana

Btw nice review picanya om, moga awet dan buruan kelar kuliah semester dua digit bro hahahahaha.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (ANP SE 2)

Post by artoodetoo »

amfibi wrote:
Begh pindah dr katana ke mobil2 sedan/suv/hatch jaman skrg apapun typenya itu tuh rasanya kyk dilepaskan dr neraka ke surga ke 7 :mky_07:
Naik katana seperti naik kereta kuda? :ungg:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (ANP SE 2)

Post by EKA666 »

amfibi wrote:Wuiii manteb om review na :mky_02:
Semoga awet terus picantonya kyk katana :mky_01:

Dulu di rumah 2012 pernah ada katana bbrp bulan buat jalan deket2 sekalian jd dagangan (eh pernah deng jkt palembang pp), lincah easy to drive n super duper tangguh, tapi ...

Begh pindah dr katana ke mobil2 sedan/suv/hatch jaman skrg apapun typenya itu tuh rasanya kyk dilepaskan dr neraka ke surga ke 7 :mky_07:
amin bro fib, semoga aja pica ini bisa diandalkan seperti leluhurnya :mky_03:
kalo pernah naik katana trus pindah ke mobil jaman sekarang, wuuuuiiih berasa surga se bidadarinya bro. :big_smoking:
imingwahyudi wrote:Cakep oom reviewnyaaa :cupss:

Termasuk enak ini picanto untuk bracket mobil kutu...belom coba yang menyuelnya :ungg:


Oya, judul saya alter sedikit biar lebih mudah dicari tipe transmisi dan trim ya oom :D



Good day! :)
thanks oom iming, sensasi manualnya coba tanya bro chz, kalo dari deskripsinya ya seperti itulah rasanya. cuma butuh sedikit adaptasi. :big_blushing:
WhizzKidZ wrote:Katana badak bnget itu om, mesin simple klo rajin dirawat gk bakal nyusahin, jadi inget ane mke katana gx 94 dri jaman smu sampe tamat kuliah plus anter2 bwt tes gawe dari ceper 5 jari sampe model off road plus brapa kli selamat nyawa hehehe *loh jdi bahas katana

Btw nice review picanya om, moga awet dan buruan kelar kuliah semester dua digit bro hahahahaha.
bener bro, badak sebadak badaknya nih katana. ngrawatnya itu lho, gak susah plus biayanya gak bikin dompet terbakar :big_grin: . tetep katana walaupun kerasnya minta ampun, tapi dapat membuat jatuh hati setiap pemiliknya :big_love:
amin bro, semoga cepet kelar nih :ngacir:
artoodetoo wrote:
amfibi wrote:
Begh pindah dr katana ke mobil2 sedan/suv/hatch jaman skrg apapun typenya itu tuh rasanya kyk dilepaskan dr neraka ke surga ke 7 :mky_07:
Naik katana seperti naik kereta kuda? :ungg:
ya seperti itu broo :big_childish:
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (ANP SE 2)

Post by amfibi »

artoodetoo wrote:
amfibi wrote:
Begh pindah dr katana ke mobil2 sedan/suv/hatch jaman skrg apapun typenya itu tuh rasanya kyk dilepaskan dr neraka ke surga ke 7 :mky_07:
Naik katana seperti naik kereta kuda? :ungg:
Begitulah om, kekocok2 pake banget banget, diatasin dgn cara apalagi bingung dr ngurangin lembar per-ganti shock-kasih pembeban karung pasir jg tetep aja gedubrak2 brak bruk ... :ungg:
udah gt manuver di puteran persimpangan 20an km/h aja lsg ngebuang tingkat dewa bodi na :mky_07:

tapi bener kyk yg kata om eka bilang, bikin jatoh hati murah ngerawatnya, ga rusak2nya, bisa kemana ajanya feel "lakik (berhubung bener2 mekanikal semua), bikin hati tentrem lah :big_smile]

*aduh sori jd oot katana :ngacir:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by martinnn »

salam dari pengguna kia morning,

untuk kopling yg aneh kyknya memang mobil korea ciri khasnya gitu deh, ogut pernah test drive atoz lama juga gitu feelnya sama persis , kyk ada jeda di tengah2 sebelum engage :mky_01:
:big_biglaugh:
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by EKA666 »

amfibi wrote: Begitulah om, kekocok2 pake banget banget, diatasin dgn cara apalagi bingung dr ngurangin lembar per-ganti shock-kasih pembeban karung pasir jg tetep aja gedubrak2 brak bruk ... :ungg:
udah gt manuver di puteran persimpangan 20an km/h aja lsg ngebuang tingkat dewa bodi na :mky_07:

tapi bener kyk yg kata om eka bilang, bikin jatoh hati murah ngerawatnya, ga rusak2nya, bisa kemana ajanya feel "lakik (berhubung bener2 mekanikal semua), bikin hati tentrem lah :big_smile]

*aduh sori jd oot katana :ngacir:
gak bisa diakalin bro feel kocokanya, basicnya katana itu tinggi plus wheelbase pendek :big_dunno:
kek nya mobil yang punya historis kuat macem katana gini kudu dibuatin review nya :big_childish:
martinnn wrote:salam dari pengguna kia morning,

untuk kopling yg aneh kyknya memang mobil korea ciri khasnya gitu deh, ogut pernah test drive atoz lama juga gitu feelnya sama persis , kyk ada jeda di tengah2 sebelum engage :mky_01:
nah sama berarti, korea emang beda oom. tapi lama kelamaan bakalan terbiasa sih :ngacir:
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by EKA666 »

(((Update)))
Minggu kemarin servis 30K, biaya servis bikin nangis, untuk mobil kecil begini habis 1,4jt tanpa penggantian parts :big_cry: biaya bengkak di oli, pake oli total quarts dc hampir 700k dan harus pakai oli itu (untuk garansi 5 taun).
Karena keterbatasan waktu pas servis, kemarin balik lagi ke beres untuk ngatasi masalah stir yang bunyi2 kalau lewat jalan jelek (steering rack?), cuma nambah ring seal alhasil bunyi2an ilang, ring seal nya murah cuma 25k tapi biaya jasanya 300k. Lagi lagi bikin nangis :big_cry:
Jujur selama ini, baru pertama ini servis mobil ke beres (karena syarat garansi 5 taun) ternyata servis di beres bener2 mencekik. Seandainya gak ngejar garansi, ya gak bakalan pernah mampir beres, tapi gimana lagi ini mobil korea ya harapan satu2nya di kota saya ya ke beres. :e-wall:
Pemuda sarapan bangsa
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by egibaio »

EKA666 wrote:(((Update)))
Minggu kemarin servis 30K, biaya servis bikin nangis, untuk mobil kecil begini habis 1,4jt tanpa penggantian parts :big_cry: biaya bengkak di oli, pake oli total quarts dc hampir 700k dan harus pakai oli itu (untuk garansi 5 taun).
Karena keterbatasan waktu pas servis, kemarin balik lagi ke beres untuk ngatasi masalah stir yang bunyi2 kalau lewat jalan jelek (steering rack?), cuma nambah ring seal alhasil bunyi2an ilang, ring seal nya murah cuma 25k tapi biaya jasanya 300k. Lagi lagi bikin nangis :big_cry:
Jujur selama ini, baru pertama ini servis mobil ke beres (karena syarat garansi 5 taun) ternyata servis di beres bener2 mencekik. Seandainya gak ngejar garansi, ya gak bakalan pernah mampir beres, tapi gimana lagi ini mobil korea ya harapan satu2nya di kota saya ya ke beres. :e-wall:
Lah kalo masih garansi harusnya seal dan jasanya free dong? kan termasuk defect

btw ane pernah punya all new picanto AT beli pas launching. untuk ukuran mobil sekecil ini ane rasa nyaman, emak ane bisa tidur dari jakarta ke bandung padahal ane kenceng bawanya cruising 140-150 sekali2 160. naik mazda 2 S M/T malah ga bisa tidur emak ane wkwkwk
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by EKA666 »

egibaio wrote:
Lah kalo masih garansi harusnya seal dan jasanya free dong? kan termasuk defect

btw ane pernah punya all new picanto AT beli pas launching. untuk ukuran mobil sekecil ini ane rasa nyaman, emak ane bisa tidur dari jakarta ke bandung padahal ane kenceng bawanya cruising 140-150 sekali2 160. naik mazda 2 S M/T malah ga bisa tidur emak ane wkwkwk
Nah itu om, ane jadi mikir yang garansi apaan kalau begini :frm_bang_head: mungkin next gak lagi ke beres, ke bengkel langganan aja lah.
Nyaman karena empuk ya om? Kalo ane rasa sih empuk tapi malah ngayun, tapi ngayun nya gak terlalu berlebihan. Aneh sih, empuk tapi rada keras :big_think:
Pemuda sarapan bangsa
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by saridin »

EKA666 wrote:(((Update)))
Minggu kemarin servis 30K, biaya servis bikin nangis, untuk mobil kecil begini habis 1,4jt tanpa penggantian parts :big_cry: biaya bengkak di oli, pake oli total quarts dc hampir 700k dan harus pakai oli itu (untuk garansi 5 taun).
Karena keterbatasan waktu pas servis, kemarin balik lagi ke beres untuk ngatasi masalah stir yang bunyi2 kalau lewat jalan jelek (steering rack?), cuma nambah ring seal alhasil bunyi2an ilang, ring seal nya murah cuma 25k tapi biaya jasanya 300k. Lagi lagi bikin nangis :big_cry:
Jujur selama ini, baru pertama ini servis mobil ke beres (karena syarat garansi 5 taun) ternyata servis di beres bener2
mahal juga ya kia? mirage saya, service 20k, tp odo diangka 11k, cuma kena 325.000, dpt cuci gratis tapi gak tak ambil
ertiga paling mahal kena 648.500, pas service ulangtahun ke2. itu juga karena ada belanja filter AC
|ertelu gx 13||miras glx 14|
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by EKA666 »

saridin wrote:

mahal juga ya kia? mirage saya, service 20k, tp odo diangka 11k, cuma kena 325.000, dpt cuci gratis tapi gak tak ambil
ertiga paling mahal kena 648.500, pas service ulangtahun ke2. itu juga karena ada belanja filter AC
Mahal banget om :e-doh: itu karena oli nya 700k sendiri :frm_bang_head: itu juga dibilang filter ac kudu ganti @210k tapi ane gak ambil, gilee mahal banget.
Iri sama produk jepang, bisa setengah harga sendiri servisnya.
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by EKA666 »

oiya tambahan info, jadwal servis rutin pica berkala setiap kelipatan 10rb.
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by imsus2c »

EKA666 wrote:
saridin wrote:

mahal juga ya kia? mirage saya, service 20k, tp odo diangka 11k, cuma kena 325.000, dpt cuci gratis tapi gak tak ambil
ertiga paling mahal kena 648.500, pas service ulangtahun ke2. itu juga karena ada belanja filter AC
Mahal banget om :e-doh: itu karena oli nya 700k sendiri :frm_bang_head: itu juga dibilang filter ac kudu ganti @210k tapi ane gak ambil, gilee mahal banget.
Iri sama produk jepang, bisa setengah harga sendiri servisnya.
Oli TOTAL seharga 700rb itu tipe yg apa dan dapat berapa banyak ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by nugroho bagor »

EKA666 wrote:(((Update)))
Minggu kemarin servis 30K, biaya servis bikin nangis, untuk mobil kecil begini habis 1,4jt tanpa penggantian parts :big_cry: biaya bengkak di oli, pake oli total quarts dc hampir 700k dan harus pakai oli itu (untuk garansi 5 taun).
Karena keterbatasan waktu pas servis, kemarin balik lagi ke beres untuk ngatasi masalah stir yang bunyi2 kalau lewat jalan jelek (steering rack?), cuma nambah ring seal alhasil bunyi2an ilang, ring seal nya murah cuma 25k tapi biaya jasanya 300k. Lagi lagi bikin nangis :big_cry:
Jujur selama ini, baru pertama ini servis mobil ke beres (karena syarat garansi 5 taun) ternyata servis di beres bener2 mencekik. Seandainya gak ngejar garansi, ya gak bakalan pernah mampir beres, tapi gimana lagi ini mobil korea ya harapan satu2nya di kota saya ya ke beres. :e-wall:
Saya kemarin ke beres toyota,
Saya liat apa aja yang diservice dan total beayanya
Saya cancell2 semua jadi cuma ganti oli,itu aja bawa sendiri, dan beli filter oli, murah cuma 300 ribuan,saya biasa di bengkel luar,prinsip saya cuma cari cop/stamp aja ntar kalo di jual ada nilai lebih :upss: ongkos jasa gratis,service ke 20 k :thanks:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by alvin23 »

EKA666 wrote:(((Update)))
Minggu kemarin servis 30K, biaya servis bikin nangis, untuk mobil kecil begini habis 1,4jt tanpa penggantian parts :big_cry: biaya bengkak di oli, pake oli total quarts dc hampir 700k dan harus pakai oli itu (untuk garansi 5 taun).
Karena keterbatasan waktu pas servis, kemarin balik lagi ke beres untuk ngatasi masalah stir yang bunyi2 kalau lewat jalan jelek (steering rack?), cuma nambah ring seal alhasil bunyi2an ilang, ring seal nya murah cuma 25k tapi biaya jasanya 300k. Lagi lagi bikin nangis :big_cry:
Jujur selama ini, baru pertama ini servis mobil ke beres (karena syarat garansi 5 taun) ternyata servis di beres bener2 mencekik. Seandainya gak ngejar garansi, ya gak bakalan pernah mampir beres, tapi gimana lagi ini mobil korea ya harapan satu2nya di kota saya ya ke beres. :e-wall:
wahahaa, Kia mahal ya...
padahal katanya hyundai murah loh biaya servisnya.. apa ane salah denger?
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by madcat015 »

Review yang ringan dan enak dibaca... :mky_02:

Pikantuk, salah satu mobil korea dengan desain Tiger Nose yang memang cakep... Ane pernah coba pikantuk versi sebelumnya, taon 2006 kalo ga salah. Itu kopling amit2 dah keras nya... Macam leg working ala Selebiting Fitness. Dan entah mengapa, sering sekali ganti kampas. Apa karena yang bawa cewe ya... Injak kopling mulu saat berhenti di kemacetan atau traffic light.

All in all, nice review, om eka666... :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by EKA666 »

imsus2c wrote: Oli TOTAL seharga 700rb itu tipe yg apa dan dapat berapa banyak ya?
tipe nya total quartz ineo mc3 5w/30, 4 liter harganya 688rb oom :big_dunno:
nugroho bagor wrote: Saya kemarin ke beres toyota,
Saya liat apa aja yang diservice dan total beayanya
Saya cancell2 semua jadi cuma ganti oli,itu aja bawa sendiri, dan beli filter oli, murah cuma 300 ribuan,saya biasa di bengkel luar,prinsip saya cuma cari cop/stamp aja ntar kalo di jual ada nilai lebih :upss: ongkos jasa gratis,service ke 20 k :thanks:
buset enak banget oom, di kia mah kagak bisa. semua kudu ikutin, termasuk oli harus beli di beres kia gakbisa bawa sendiri :2gunfire: :frm_bang_head:
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by EKA666 »

alvin23 wrote: wahahaa, Kia mahal ya...
padahal katanya hyundai murah loh biaya servisnya.. apa ane salah denger?
kalau hyundai saya gak ngerti om, tapi menurut saya ya 11-12. :big_bored:
madcat015 wrote:Review yang ringan dan enak dibaca... :mky_02:

Pikantuk, salah satu mobil korea dengan desain Tiger Nose yang memang cakep... Ane pernah coba pikantuk versi sebelumnya, taon 2006 kalo ga salah. Itu kopling amit2 dah keras nya... Macam leg working ala Selebiting Fitness. Dan entah mengapa, sering sekali ganti kampas. Apa karena yang bawa cewe ya... Injak kopling mulu saat berhenti di kemacetan atau traffic light.

All in all, nice review, om eka666... :mky_02:
yup, ane tertarik juga karena ini super ganteng bener2 cantik diliat darimana saja :big_love: kalo kopling, anp udah enteng kok modcing tapi ya butuh adaptasi, mobil ini sedikit unik koplingnya :big_think:
thanks modcing, penulisan review ini banyak referensi dari review2 modcing juga :big_smoking: yuk review lagi om madcat :big_cat:
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by madcat015 »

Hmmm... Kopling yang unik... :big_think:

Apa mungkin mekanisme kopling mirip Ecosport ya? Pake valve atau switch gitu..., ga pake tali kopling... Jadi macam on/off saja, ga ada bukaan kopling setengah atau seperempat atau apapun yang kita suka. Just 0 and 1... :big_think:

Hehehe, baik om eka, ane lagi agak sibuk beberapa bulan belakangan. Moga2 ane bisa dapat unit untuk ane ripiu... :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
EKA666
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by EKA666 »

madcat015 wrote:Hmmm... Kopling yang unik... :big_think:

Apa mungkin mekanisme kopling mirip Ecosport ya? Pake valve atau switch gitu..., ga pake tali kopling... Jadi macam on/off saja, ga ada bukaan kopling setengah atau seperempat atau apapun yang kita suka. Just 0 and 1... :big_think:

Hehehe, baik om eka, ane lagi agak sibuk beberapa bulan belakangan. Moga2 ane bisa dapat unit untuk ane ripiu... :mky_01:
setelah ane liat, ternyata kopling masih pake tali mod. entah, mungkin karena setelanya :big_bored:
sip ane tunggu modcing, semoga ane juga bisa review2 mobil lain untuk menambah khasanah perreview an sm :big_cat:
Pemuda sarapan bangsa
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review Mobil Kutu dari Korea (All New Picanto SE2 M/T)

Post by imsus2c »

EKA666 wrote:
imsus2c wrote: Oli TOTAL seharga 700rb itu tipe yg apa dan dapat berapa banyak ya?
tipe nya total quartz ineo mc3 5w/30, 4 liter harganya 688rb oom :big_dunno:
nugroho bagor wrote: Saya kemarin ke beres toyota,
Saya liat apa aja yang diservice dan total beayanya
Saya cancell2 semua jadi cuma ganti oli,itu aja bawa sendiri, dan beli filter oli, murah cuma 300 ribuan,saya biasa di bengkel luar,prinsip saya cuma cari cop/stamp aja ntar kalo di jual ada nilai lebih :upss: ongkos jasa gratis,service ke 20 k :thanks:
buset enak banget oom, di kia mah kagak bisa. semua kudu ikutin, termasuk oli harus beli di beres kia gakbisa bawa sendiri :2gunfire: :frm_bang_head:
Yah..., kalau segitu memang range harga-nya. Soalnya kalau Total yg tipe itu udh masuk level "premium".
Tapi kalau wajib harus pakai oli itu dan beli disitu ya agak aneh.
Saya sering BeRes duo H, ngga ada paksaan harus pakai oli BeRes...., atau jgn2 gegara mobilnya udh tua/ngga garansi lagi :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking