Dimulai dari pengalaman ane miara 80s ...
Sebuah Corolla GL produksi 84, generasi corolla pertama yg front wheel drive ...
Sebenernya ini tuh nanggung banget buat jadi mobil koleksi, tapi ya gitu deh adanya ini jd ya udah
Termasuk seri corolla yg kurang sukses gara2 teknologi FWD ini, sebelomnya kan RWD yg justru ane bilang lebih bagus (DX) ...
Kondisinya pas dapet udh di restorasi (dari temen bokap yg jual buru2 ggr disuruh istri na buang tuh mobil tua, dapet deh harga 35 pdhl restorasinya aja 40jt

), dgn komponen serba baru mulai dr parts mesin, parts kaki2, kompresor ac, lampu2, repaint solid white, dsb ...
Naikannya juga oke banget, ga ada yg oblak2, bunyi2 ga ada, mesin menderu halus n tenaga kuat di putaran bawah, kaki2 senyap tp bantingannya mmg keras, & interior original utuh 100% tanpa cacat baret/retak (kecuali steer)
Masih bisa di compare deh sama mobil 2000an kondisi terawat ...
Selama dipiara dipakenya cuma sekali2, itu jg deket2, paling jauh 60 km PP dr ciputat ke tj duren, selama itu smooth ga ada masalah sama sekali ...
Tp sempet beberapa bulan ga ada yg make jd didiemin aja (bener2 ga dipanasin ga dijalanin), eh pas sekalinya dipake ngambek pas ane pake mo ke pasar sendirian, tau2 mati sendiri
Coba start2 akhirnya nyala juga, balik lah ke rumah ... D jalan balik ke rumah, tau2 berasep terus mati n jarum temperature ngaceng maksimal
Doroong lagi sambil diemin n lalu start jalan pelan2 ampe rumah ....
Satu lagi mogok dorong2 gara2 indikator bensin ngaco, tiba2 mesin mati bensin abis ... Untung ada yg bantu dorong
Abis gitu didiemin terus lagi gara2 ga ada yg make, eh pas kemaren mau dijual dibawa lg, pas mau masuk tol teh mogok overheat lagi
Ternyata 2x overheat itu karna selang radiator getas doang ... & udh dihajar overheat 2x gt jg mesin masih sempurna no melenting, hebat
Selama 1 tahunan pemakaian yg udh dibenerin baru :
-Selang radiator baru
-Paking2 karet mesin yg getas gara2 mobil didiemin mulu, diganti baru
Sayang baru bulan ini dijual karna ada keperluan mendesak buat berobat
Buat ane corolla GL ini ga cocok buat dikoleksi & direstorasi, lebih cocok buat orang2 punya budget pas pasan tp butuh mobil, karna irit, kuat & masalahnya juga simple2 aja ... Ga ada something special di mobil ini kecuali beratnya yg ringan & kompak jd lincah
