Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jadi ane berniat mau bubut disc brake mobil ane karena di speed >120 kalo ngerem getar banget. Nah ane nemu nih tukang bubutnya jadi si discnya tetep nempel di mobilnya meanwhile si alat itu muterin si rem dan hub sambil ngehalusin si rem (kebayang lah ya kayak apa) dan mungkin dgn rpm yang lumayan cepat.
Pertanyaan ane adalah :
1. Mengingat mobil ane matic aman ga sih prosedur ini? Ane takut meski dalam posisi N komponen di dalem transmisi ikut muter tanpa terlubrikasi karena mesin mati dan bikin rusak.
2. Keliatannya sih bubutnya giliran alias rem kiri dulu atau kanan dulu. Aman kah kalau ban muter sebelah begitu dengan durasi sekitar 15-30 menit bagi transmisi dan diferensial?
Mohon bantuannya master-master SM yang pastinya lebih paham hal hal mekanikal begini daripada ane
dia dgn cara horizontal resurfacing akan bikin hasil lbh symmetrical terhadap rotation axis (center hub) ...sy pertama x pakai cara ini th85 di (dulu) nawilis tanahabang u 1995 holden statesman (trimatic trx)punya alm ayah n sampai mobil itu dijual (1991) tdk ada complaint
di negara negara maju cara bgini (ammco 4000e) hanya perlu bayar labour 20 menit u labour n 80menit u resurfacing...(satu jam labour itu skitar € 100 n 30 menit itu € 70) sehingga lbh murah drpd cara di lepas n dibawa ke machine shop (tukang bubut)
dia dgn cara horizontal resurfacing akan bikin hasil lbh symmetrical terhadap rotation axis (center hub) ...sy pertama x pakai cara ini th85 di (dulu) nawilis tanahabang u 1995 holden statesman (trimatic trx)punya alm ayah n sampai mobil itu dijual (1991) tdk ada complaint
di negara negara maju cara bgini (ammco 4000e) hanya perlu bayar labour 20 menit u labour n 80menit u resurfacing...(satu jam labour itu skitar € 100 n 30 menit itu € 70) sehingga lbh murah drpd cara di lepas n dibawa ke machine shop (tukang bubut)
Terimakasih om NR! Kebetulan memang affordable jg ini, 250rb rupiah saja. Oiya tapi kalau dengan harga yang sama om akan pilih metode yg langsung di mobil ini apa yang dicabut dulu disc nya?
dg harga sama pasti sy pilih yg attach (tetap terpasang) drpd detach (di lepas) krn alasan symmetrical itu. apalagi kalo alat jaman skrg sdh digital calculation (auto stop bgt sdh rata / sesuai set)
newrubble wrote:dg harga sama pasti sy pilih yg attach (tetap terpasang) drpd detach (di lepas) krn alasan symmetrical itu. apalagi kalo alat jaman skrg sdh digital calculation (auto stop bgt sdh rata / sesuai set)
Selama proses bubut kan mesin gak diapa apain sama sekali, kenapa gak diidupin aja biarkan di stasioner posisi persneling di N, jadi transmisi tetep dapet pelumasan ?
Greenhunter wrote:Selama proses bubut kan mesin gak diapa apain sama sekali, kenapa gak diidupin aja biarkan di stasioner posisi persneling di N, jadi transmisi tetep dapet pelumasan ?
di N oli gak muter, tapi ide bagus tuh, napa gak taro di r atau d aja yah biar ada pelumasan
anyway ini kayaknya terlalu berlebihan takut rusak gearbox, cuman sebelah rotor muter itu pun pelan banget, transmisi nge lock juga kagak, dan setau saya kalau ngelock pun cuman sebelah doang buat mobil yg gak ada lsd
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Greenhunter wrote:Selama proses bubut kan mesin gak diapa apain sama sekali, kenapa gak diidupin aja biarkan di stasioner posisi persneling di N, jadi transmisi tetep dapet pelumasan ?
di N oli gak muter, tapi ide bagus tuh, napa gak taro di r atau d aja yah biar ada pelumasan
anyway ini kayaknya terlalu berlebihan takut rusak gearbox, cuman sebelah rotor muter itu pun pelan banget, transmisi nge lock juga kagak, dan setau saya kalau ngelock pun cuman sebelah doang buat mobil yg gak ada lsd
Hehe jaga jaga aja om. Takutnya mau hemat bubut ketimbang beli disc brake baru eh malah keluar duit buat transmisi. Tapi kalau aman yasudah ane bubut aja biar hemat
Saya sudah pernah bubut disk brake gini di mobil AT, tepatnya Civic ES 2001.. Sampai dijual 2 tahun kemudian ga ada masalah apa-apa dgn transmisinya sih, jadi menurut saya aman-aman saja
Saat dibubut posisi gear di N dan lama bubut 1 roda antara 10-20 mntan.. Jadi gantian antara yg kiri dan kanan..
Sent from my HM 1S using Tapatalk
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Greenhunter wrote:Selama proses bubut kan mesin gak diapa apain sama sekali, kenapa gak diidupin aja biarkan di stasioner posisi persneling di N, jadi transmisi tetep dapet pelumasan ?
di N oli gak muter, tapi ide bagus tuh, napa gak taro di r atau d aja yah biar ada pelumasan
anyway ini kayaknya terlalu berlebihan takut rusak gearbox, cuman sebelah rotor muter itu pun pelan banget, transmisi nge lock juga kagak, dan setau saya kalau ngelock pun cuman sebelah doang buat mobil yg gak ada lsd
Hehe jaga jaga aja om. Takutnya mau hemat bubut ketimbang beli disc brake baru eh malah keluar duit buat transmisi. Tapi kalau aman yasudah ane bubut aja biar hemat
laksanakan om, kl masih dalam batas aman yah di bubut aja, buat apa beli baru dulu
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Bukannya yang dibahas ini memang mobil FWD ya ?
Yg dibubut cakram, hampir pasti di roda depan (di indo populasi cakram di roda belakang sangat sedikit).
Civic ES kan juga FWD.
malah kalau maticnya RWD yg dibubut roda depan ya gak ada hubungan dengan transmisi
egibaio wrote:
Hehe jaga jaga aja om. Takutnya mau hemat bubut ketimbang beli disc brake baru eh malah keluar duit buat transmisi. Tapi kalau aman yasudah ane bubut aja biar hemat