(Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

(Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by arton »

Dear SMer

Mohon sharing sekaligus bantuannya, ane ada rencana pengen ambil SUV untuk weekend, berhubung sehari-hari ane dah ada sedan, maka rencananya ane nyari SUV buat hobby saja, tapi tetap fungsional buat jalan jauh. Jangka panjangnya mungkin sedan ane ane jual dan SUV ini buat gantiin operasional sehari-hari ane.

Berhubung ane tinggal di kota kecil di Jateng, dan sering bolak balik ke Jogja via Jalur Utara maupun Selatan (Daendels), dengan kontur jalan berlubang / tambalan gak rata dan jalan naik turun. :mky_05:

Maka kebutuhannya kurang lebih seperti ini :

1. Open brand, baru atau seken tidak masalah. Prefer seken (biar dapet spek lebih tinggi). Utk seken maks. Usia 5 tahun kebelakang.

2. Budjet maksimal 250 juta (mobil saja). Spare part yang mudah dicari berhubung ane di daerah (paling dekat ke kota ya Purwokerto sekitar 70 km dari tempat ane). Syukur2 murah, tapi Mahal klo kualitasnya bagus (interval rusaknya lama) juga tidak masalah.

3. 5 atau 7 seater oke, tapi lebih prefer 7 seater.

4. Mudah di DIY dan dioprek tenaganya. Asal jangan turun mesin / overhaul berat. Ane senang ngebengkel, baik sendiri atau di bengkel langganan dan cukup pengalaman repair mesin dan kaki-kaki. Sedan dan terios ane dirumah kaki-kakinya dah ane upgrade semua (DIY juga)  maksudnya ganti sok dan per yang lebih bagus peredamannya, plus ane tambah GC nya. Soal senyap / berisik gak masalah.

5. Manual atau matic no problem. Jok empuk / keras no problem. 2 wd / 4 wd no problem.

6. Diesel / bensin tidak masalah. FC irit atau boros ga masalah, asal boros ga kebangetan. Engine 4 inline / V6 / V10 no problem..

7. Cukup untuk offroad ringan di kampong (jalan tanah berbatu, becek, dll)

8. Jarang masuk tol (top speed maks. 120 kmpj dah cukup) yang penting mudah lari dari 0 ke 100 kmpj nya (akselerasinya mesti joss).

9. Klo bisa headlamp nya sudah projector. Btw ngrubah lampu biasa jadi projector habis berapa ya? sedan ane rencana mau ane ganti headlampnya ke model projector + devil eyes.

Terima kasih bantuannya SMERs..
Ceban Me if I'm Wrong..
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by ricz »

kalo soal ketangguhan di jalan semi offroad gt sih gw lebi megang fortuner 2.7 (sptnya dapat yg taon 2009)

mesin halus, ketangguhan jangan ditanya, walo konsumsi bbm boros dan agak limbung...

pajero sport dapat ga ya budget segituan? :big_childish: :big_think:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xtrail T31

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by Dnisbo »

Ford everest gen3 2009 keatas bisa jadi pertimbangan.
light offroad pasti lewat.
7 seater.
Mesin sama kaki2nya konvensional dan tangguh, gampang di oprek, spare part bisa subtitusi sama ranger.
Tapi headlampnya blom projector.
User avatar
YK16
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Fri Jan 09, 2009 13:28

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by YK16 »

outlander sport yg manual dapet setelah dipotong diskon
2018 Toyota Innova G Manual
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual

Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by FRD »

grand vitara doongg... :mky_02:
:big_smoking:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by adty »

Captiva dong, prefer sebelum fl katanya lebih badak.

Kakak saya pake di riau enak banget buat jalan luar kota, semi off road, dan bergelombang. Plat bodi tebal bikin pede dijalan luar kota. Bantingan juga empuknya pas, gak kayak T31 saya yg somehow bikin mual dan lebih cocok buat city cruiser.

Bentuknya pas gak kegedean, dapet 7 seater, 3rd row masih lumayan lega dibanding pjs, headroom juga better dibanding pjs-fortie. Setirnya juga mantab. Naikannya nyaman, RV jatuh jadi bisa dapet murah :big_exellent:

Jujur aja saya jatuh cinta sama ini mobil, tp sepertinya buat dalkot jakarta yg harus lincah dan blusukan, captiva ini kurang lincah dg radius putar gede dan banyak blind spot, comparing to my T31 ya.
Penikmat roti tawar beroda
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: RE: Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by ternakblog »

adty wrote:Captiva dong, prefer sebelum fl katanya lebih badak.

Kakak saya pake di riau enak banget buat jalan luar kota, semi off road, dan bergelombang. Plat bodi tebal bikin pede dijalan luar kota. Bantingan juga empuknya pas, gak kayak T31 saya yg somehow bikin mual dan lebih cocok buat city cruiser.

Bentuknya pas gak kegedean, dapet 7 seater, 3rd row masih lumayan lega dibanding pjs, headroom juga better dibanding pjs-fortie. Setirnya juga mantab. Naikannya nyaman, RV jatuh jadi bisa dapet murah :big_exellent:

Jujur aja saya jatuh cinta sama ini mobil, tp sepertinya buat dalkot jakarta yg harus lincah dan blusukan, captiva ini kurang lincah dg radius putar gede dan banyak blind spot, comparing to my T31 ya.
Coba aftersales cevy sekelas nisan aja lah.pasti laris captiva.cevy itu hidup segan mati tak mau
Vote 42ner aja.lebih badak.ato d4d sang maskot
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by keong »

Budget segitu pajero dapet kayanya, tapi masih yg exceed belom yg dakar sepertinya....

Kalo buat diy sepertinya everest 2011 up lebih mudah ditangani, tapi ya sparepartnya mungkin lebih susah cmiiw

Kayanya budget segitu sudah dapat ford ranger t6, kalo daendels ajasih pasti gak pake ngerem kalo pake mbl ini, pengalaman lewat daendels pake sedan aduh setengah mati, malah lewatnya jam 3 pagi dr jogja ke kebumen, maks cm bs 30km/h akhirnya di kutowinangun saya ambil jlan biasa lagi...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by DOHC »

fortie diesel kluaran awal bgt non vnt masuk budget tuh... bantingan jg not bad.... kaki2 saudara ama hilux yg jd official partner vehicle nya taliban.. jaminan kuat.... plg tinggal mesin super boyo.... tp itu jg tinggal mitos doank scara d4d tmbus 300 hp ud jd hal biasa dgn bantuan dastek.. atau ganti keong skalian...

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by arton »

ricz wrote:kalo soal ketangguhan di jalan semi offroad gt sih gw lebi megang fortuner 2.7 (sptnya dapat yg taon 2009)

mesin halus, ketangguhan jangan ditanya, walo konsumsi bbm boros dan agak limbung...

pajero sport dapat ga ya budget segituan? :big_childish: :big_think:
Thanks infonya bro.. Nanti ane cek-cek harga fortie 2.7 dapet ga ya ??
Dnisbo wrote:Ford everest gen3 2009 keatas bisa jadi pertimbangan.
light offroad pasti lewat.
7 seater.
Mesin sama kaki2nya konvensional dan tangguh, gampang di oprek, spare part bisa subtitusi sama ranger.
Tapi headlampnya blom projector.
Everest ini ane juga demen, tapi turning radius nya katanya gede bener, jadi mikir2 berhubung sering masuk jalan kecil di kampung
YK16 wrote:outlander sport yg manual dapet setelah dipotong diskon
kekecilan bro menurut ane..
FRD wrote:grand vitara doongg... :mky_02:


:big_think: boleh juga..
adty wrote:Captiva dong, prefer sebelum fl katanya lebih badak.

Kakak saya pake di riau enak banget buat jalan luar kota, semi off road, dan bergelombang. Plat bodi tebal bikin pede dijalan luar kota. Bantingan juga empuknya pas, gak kayak T31 saya yg somehow bikin mual dan lebih cocok buat city cruiser.

Bentuknya pas gak kegedean, dapet 7 seater, 3rd row masih lumayan lega dibanding pjs, headroom juga better dibanding pjs-fortie. Setirnya juga mantab. Naikannya nyaman, RV jatuh jadi bisa dapet murah :big_exellent:

Jujur aja saya jatuh cinta sama ini mobil, tp sepertinya buat dalkot jakarta yg harus lincah dan blusukan, captiva ini kurang lincah dg radius putar gede dan banyak blind spot, comparing to my T31 ya.
Ini kayaknya bisa jadi pertimbangan nih..tapi chevy dah gulung tikar pabrikannya..
ternakblog wrote:
adty wrote:Captiva dong, prefer sebelum fl katanya lebih badak.

Kakak saya pake di riau enak banget buat jalan luar kota, semi off road, dan bergelombang. Plat bodi tebal bikin pede dijalan luar kota. Bantingan juga empuknya pas, gak kayak T31 saya yg somehow bikin mual dan lebih cocok buat city cruiser.

Bentuknya pas gak kegedean, dapet 7 seater, 3rd row masih lumayan lega dibanding pjs, headroom juga better dibanding pjs-fortie. Setirnya juga mantab. Naikannya nyaman, RV jatuh jadi bisa dapet murah :big_exellent:

Jujur aja saya jatuh cinta sama ini mobil, tp sepertinya buat dalkot jakarta yg harus lincah dan blusukan, captiva ini kurang lincah dg radius putar gede dan banyak blind spot, comparing to my T31 ya.
Coba aftersales cevy sekelas nisan aja lah.pasti laris captiva.cevy itu hidup segan mati tak mau

Vote 42ner aja.lebih badak.ato d4d sang maskot
Thanks om..
Ceban Me if I'm Wrong..
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by arton »

keong wrote:Budget segitu pajero dapet kayanya, tapi masih yg exceed belom yg dakar sepertinya....

Kalo buat diy sepertinya everest 2011 up lebih mudah ditangani, tapi ya sparepartnya mungkin lebih susah cmiiw

Kayanya budget segitu sudah dapat ford ranger t6, kalo daendels ajasih pasti gak pake ngerem kalo pake mbl ini, pengalaman lewat daendels pake sedan aduh setengah mati, malah lewatnya jam 3 pagi dr jogja ke kebumen, maks cm bs 30km/h akhirnya di kutowinangun saya ambil jlan biasa lagi...
Itulah om ..daendels jalannya jelek, naik sedan kelojotan disini..makanya mungkin rencana kedepan mau ane lego sedan tua ane..SUV itu gantinya

Ane seringnya pake terios bini kalo lewat sini,, beli baru kurang setahun lalu sekarang dashboardnya geter - geter..kasian juga ane..
DOHC wrote:fortie diesel kluaran awal bgt non vnt masuk budget tuh... bantingan jg not bad.... kaki2 saudara ama hilux yg jd official partner vehicle nya taliban.. jaminan kuat.... plg tinggal mesin super boyo.... tp itu jg tinggal mitos doank scara d4d tmbus 300 hp ud jd hal biasa dgn bantuan dastek.. atau ganti keong skalian...

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
Kalo sampe modif pake keong mungkin diatas 20 juta ya om ?? dan harus workshop tertentu kan ya ?? kayaknya berat ni :big_childish: :big_childish:
Fortuner lawas non VNT biar akselerasinya njambak minimum part harus pasang apa aja ya ?
Ceban Me if I'm Wrong..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by Turboman »

Kalo statusnya mobil perang harian serta jauh dari bengkel2 ahli, dan jika yg jual spare parts di wilayah anda sgt terbatas, maka lebih baik pilih yg paling feasible aja, dengan brand ga jauh2 dari :

- Toyota
- Mitsu
- Ford yah masih oke lah (Evie & Ranger parts-nya banyak yg jual)

Kalo bongkar 42ner itu udah nyaris sama spt bongkar Ipah......parts kaki2 aja banyak yg sama (spt Ball Joints).......nah kalo Ipah kan pasti sampe seluruh peloksok orang paham.....
* Bukan ajakan Beli *
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by keong »

Turning radius di dalam kenyataanya menurut saya ga bgitu ngaruh ketika kita udh nyetir, pngalaman bawa brio dan bawa jimny dimana turning radius beda jauuuh biarpun sama2 mungil atau bw innova, over all tidak mengganggu biarpun suka masuk jalanan sempit atau gang2 yg umum dimasukin mobil, yg dibutuhkan hanya pembiasaan aja, toh masuk gang2 juga jarang2 kalo bener2 sempit jg biasanya mobil tetap bisa masuk, kalo cuma sedikit mobil yg bs masuk msl cm smart for two atau maks segede daihatsu ceria, berarti memang bukan jalanan mobil yg seharusnya.... IMO CMIIW
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by DOHC »

@ arton : ganti keong kl om bener2 speed freak... tp kl yg sekedar peningkatan performa aj, yg umum2 macam dastek jg ud ckup koq... ane dah perna coba d4d matic yg di modif ringan + masang dastek doank aj ud ahoyy banget tarikan nya... apalagi manual... jaminan no lelet atau boyo...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by Turboman »

arton wrote:
Kalo sampe modif pake keong mungkin diatas 20 juta ya om ?? dan harus workshop tertentu kan ya ?? kayaknya berat ni :big_childish: :big_childish:
Fortuner lawas non VNT biar akselerasinya njambak minimum part harus pasang apa aja ya ?
Sabar dikit om....begitu All New 42ner keluar maka kemungkinan sangat besar harga seken 42ner VNT skg lgs nge-drop......kalao mau pungut yg pra VNT cari yg keluaran 2012 awal - medio, krn rem depannya udah sama spt VNT

Mau tarikan enak + upgret suspensi dan rem ?

Budget 20-an jt dah

- Dastek Q+ dan iDrive
- Down pipe - centre pipe - Tail pipe
- SuperGround cable
- K&N filter

- Shock OME yg kuning

- Brake pad High perf banyak pilihan
- Minyak rem DOT 4
- Braided brake hose (tapi ini harus pilih yg benar2 bagus)


Kalau mau naek sampe 250 Hp-an tambah :

- Turbo OE Spec dgn big Compr wheel 11 blade - AE Turbo (100% plug n play)
- Intercooler

nambah lagi sekitar 16 jt.
* Bukan ajakan Beli *
Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xtrail T31

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by Dnisbo »

Sorry oot dikit:
Om turbo, braided brake hose yg paling recomended merk apa ya om?
Lebih pengaruh ganti rotor disc slotted merk brembo atau braided hose om?
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by arton »

keong wrote:Turning radius di dalam kenyataanya menurut saya ga bgitu ngaruh ketika kita udh nyetir, pngalaman bawa brio dan bawa jimny dimana turning radius beda jauuuh biarpun sama2 mungil atau bw innova, over all tidak mengganggu biarpun suka masuk jalanan sempit atau gang2 yg umum dimasukin mobil, yg dibutuhkan hanya pembiasaan aja, toh masuk gang2 juga jarang2 kalo bener2 sempit jg biasanya mobil tetap bisa masuk, kalo cuma sedikit mobil yg bs masuk msl cm smart for two atau maks segede daihatsu ceria, berarti memang bukan jalanan mobil yg seharusnya.... IMO CMIIW
Thanks om Keong..ane sendiri sih belum pernah nyobain everest, jadi kurang tau turning radius dan responsivitas mesinnya..kalo liat2 interior nya sih kayaknya dalemnya lega bener..
DOHC wrote:@ arton : ganti keong kl om bener2 speed freak... tp kl yg sekedar peningkatan performa aj, yg umum2 macam dastek jg ud ckup koq... ane dah perna coba d4d matic yg di modif ringan + masang dastek doank aj ud ahoyy banget tarikan nya... apalagi manual... jaminan no lelet atau boyo...
Ane sih gak tlalu speed freak om.. buat ane yang penting akselerasinya joss,,maks speed 120 kmph dah cukup om buat ane..
ane juga agak ngeri2 sedap om mau pasang keong..mbok2 njebluk malah modyar (modyar dompete maksudnya) .. :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_peace: :big_peace:
Turboman wrote:
arton wrote:
Kalo sampe modif pake keong mungkin diatas 20 juta ya om ?? dan harus workshop tertentu kan ya ?? kayaknya berat ni :big_childish: :big_childish:
Fortuner lawas non VNT biar akselerasinya njambak minimum part harus pasang apa aja ya ?
Sabar dikit om....begitu All New 42ner keluar maka kemungkinan sangat besar harga seken 42ner VNT skg lgs nge-drop......kalao mau pungut yg pra VNT cari yg keluaran 2012 awal - medio, krn rem depannya udah sama spt VNT

Mau tarikan enak + upgret suspensi dan rem ?

Budget 20-an jt dah

- Dastek Q+ dan iDrive
- Down pipe - centre pipe - Tail pipe
- SuperGround cable
- K&N filter

- Shock OME yg kuning

- Brake pad High perf banyak pilihan
- Minyak rem DOT 4
- Braided brake hose (tapi ini harus pilih yg benar2 bagus)


Kalau mau naek sampe 250 Hp-an tambah :

- Turbo OE Spec dgn big Compr wheel 11 blade - AE Turbo (100% plug n play)
- Intercooler

nambah lagi sekitar 16 jt.
Nah ini saran mantap punya.. :big_exellent: :big_exellent:
DI pikiran ane mungkin alokasiin maks. 25 jt buat upgrade engine, suspensi ama brake..syukur2 kurang
Soal kenyamanan dan interior, ngikut aliran standar aja lah..
Ceban Me if I'm Wrong..
tmthrvn
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Sat Nov 22, 2014 10:54

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by tmthrvn »

arton wrote:Dear SMer

Mohon sharing sekaligus bantuannya, ane ada rencana pengen ambil SUV untuk weekend, berhubung sehari-hari ane dah ada sedan, maka rencananya ane nyari SUV buat hobby saja, tapi tetap fungsional buat jalan jauh. Jangka panjangnya mungkin sedan ane ane jual dan SUV ini buat gantiin operasional sehari-hari ane.

Berhubung ane tinggal di kota kecil di Jateng, dan sering bolak balik ke Jogja via Jalur Utara maupun Selatan (Daendels), dengan kontur jalan berlubang / tambalan gak rata dan jalan naik turun. :mky_05:

Maka kebutuhannya kurang lebih seperti ini :

1. Open brand, baru atau seken tidak masalah. Prefer seken (biar dapet spek lebih tinggi). Utk seken maks. Usia 5 tahun kebelakang.

2. Budjet maksimal 250 juta (mobil saja). Spare part yang mudah dicari berhubung ane di daerah (paling dekat ke kota ya Purwokerto sekitar 70 km dari tempat ane). Syukur2 murah, tapi Mahal klo kualitasnya bagus (interval rusaknya lama) juga tidak masalah.

3. 5 atau 7 seater oke, tapi lebih prefer 7 seater.

4. Mudah di DIY dan dioprek tenaganya. Asal jangan turun mesin / overhaul berat. Ane senang ngebengkel, baik sendiri atau di bengkel langganan dan cukup pengalaman repair mesin dan kaki-kaki. Sedan dan terios ane dirumah kaki-kakinya dah ane upgrade semua (DIY juga)  maksudnya ganti sok dan per yang lebih bagus peredamannya, plus ane tambah GC nya. Soal senyap / berisik gak masalah.

5. Manual atau matic no problem. Jok empuk / keras no problem. 2 wd / 4 wd no problem.

6. Diesel / bensin tidak masalah. FC irit atau boros ga masalah, asal boros ga kebangetan. Engine 4 inline / V6 / V10 no problem..

7. Cukup untuk offroad ringan di kampong (jalan tanah berbatu, becek, dll)

8. Jarang masuk tol (top speed maks. 120 kmpj dah cukup) yang penting mudah lari dari 0 ke 100 kmpj nya (akselerasinya mesti joss).

9. Klo bisa headlamp nya sudah projector. Btw ngrubah lampu biasa jadi projector habis berapa ya? sedan ane rencana mau ane ganti headlampnya ke model projector + devil eyes.

Terima kasih bantuannya SMERs..
Pagi om :)

Mengingat om suka jalan di jalan yang agak rusak, saya sarankan om ambil SUV yang ground clearance-nya di atas 200 mm (yang benar2 SUV).

Sebagai contoh om bisa ambil Honda CR-V (2nd hand), Nissan X-Trail (2nd hand), Suzuki Grand Vitara (2nd hand), atau kalau mau yang baru bisa ambil Outlander Sport (mengingat ada diskon), Toyota Rush (all new), Daihatsu Terios (all new).

Saya memiliki Suzuki Grand Vitara tipe 2.0 JX Manual (2008), baru saja saya bawa jalan2 ke Pantai Sawarna, melalui Malingping-Bayah yang jalannya terkenal rusak parah (harusnya untuk 4WD). Tapi ternyata GV ini cukup tangguh walaupun penggeraknya RWD :D. Kalau om tertarik boleh dilihat reviewnya di blog saya http://tmthrvn.blogspot.co.id/2015/09/s ... -road.html

Semoga bermanfaat dan selamat memilih! :)
white11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Nov 15, 2014 7:41

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by white11 »

Ane vote captiva second 2000cc dengan turbo sangat pas.

Tapi, klu mau aman ya pake ipah disel aja yg matic. Plus ban 235/70/r15 (biar aman klu offroad, gk gasruk) Penglaaman pake ini mobil slama 4taun dipedalaman sumatra, sangat2 membantu. Kebtulan ditempat saya dulu tidak ada beres atpm apapun. Hanya bengkel biasa. Slama 4 taun sehat2 aja ini mobil, pdhl cuma ganti2 filter, oli, spooring, stel rem balancing dan cuci mobil doang. Maklum dipedalaman. Bengkel cuma 3 didaerh itu hahahaha.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by billyd1773dz »

klw kemudahan perawatan uda jadi priority apalagi beli bekas... ya vote fortuner klw perlu yg 2.7 4x4 tahun awal dapat tu.... :D g ada yg lain... meski performa, comfort, irit nya g terlalu baik.

everest tdci paling konvensional dibanding yang lain, steer masih ball n nut ala mbl 80an,jadi klw berumur speeling makin besar. tidak pakai coil spring. yg 4x4 manual dapet segitu.... tp harus jeli karna sebagian besar eks proyek.

beberapa teman yg punya tahun 2008an jajannya uda lumayan sensor2 mesin.. kaki2 konvensional, tp enjin uda canggih.



arton wrote:
adty wrote:Captiva dong, prefer sebelum fl katanya lebih badak.

Kakak saya pake di riau enak banget buat jalan luar kota, semi off road, dan bergelombang. Plat bodi tebal bikin pede dijalan luar kota. Bantingan juga empuknya pas, gak kayak T31 saya yg somehow bikin mual dan lebih cocok buat city cruiser.

Bentuknya pas gak kegedean, dapet 7 seater, 3rd row masih lumayan lega dibanding pjs, headroom juga better dibanding pjs-fortie. Setirnya juga mantab. Naikannya nyaman, RV jatuh jadi bisa dapet murah :big_exellent:

Jujur aja saya jatuh cinta sama ini mobil, tp sepertinya buat dalkot jakarta yg harus lincah dan blusukan, captiva ini kurang lincah dg radius putar gede dan banyak blind spot, comparing to my T31 ya.
Ini kayaknya bisa jadi pertimbangan nih..tapi chevy dah gulung tikar pabrikannya..
hahaha apa hubungannya om klw pabrik spin di indo uda tutup? captiva kan dri thai, dan masih jalan pabrikny, klw tutup juga bukan bearti sparepart jd gak ada.

klw GMInya yg kabur kya MMI ya beda lagi kasusnya


btw jalannya seperti apa? sebenarnya selama 4x2 masih masuk, g perlu overkill pke ladderframe, cuv jg masih bisa. jika handling dan comfort masih di perhitungkan. gw vote captiva harga sgtu bisa dpt yg AWD nfl...

klw sing penting kuat rawat mudah ya toyota aja...........

@tmthrvn sawarna bagus bngt pantainya.... beberapa bulan kemarin gw kesana pke mirage aja hahahaha :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
white11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Nov 15, 2014 7:41

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by white11 »

Pabrik spin pindah ke india, mungkin pihak gmi melihat peluang lebih baik jika spin dibuat di sana :mky_08:

captiva mengenai kaki2, setau ane gk ada masalh :mky_06: pernah denger sama teman yang pake captiva 2011 disel sampe skrng kaki2 masih bagus, mesin masih asik2 aja dibawak lari.. sesuai dengan topik " SUV untuk operasional di jalan semi rusak" ane pikir captiva patut diperhitungkan, apa lagi secondnya dgn harga yang sangat menggiurkan :big_love: tinggal pilih aja unit yang bagus
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote: @tmthrvn sawarna bagus bngt pantainya.... beberapa bulan kemarin gw kesana pke mirage aja hahahaha :D
lewat mana mod Bill? kalo lewat cimanggu, pelabuhan ratu relatif bagus jalannya. kecuali di bagian propinsi banten yang agak kasar.
tapi kalo lewat pandeglang, malingping, kabarnya emang parah. ane tahun lalu ke sana lewat cimanggu. aman aja sih. tapi tanjakannya lumayan berat. pake rush bisa lewat walau rada ngotot bawanya.
pake mirage gimana di tanjakan berat gitu? roda depan sempat spin?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by newrubble »

kalo fuel consumption tdk masalah ...apapun tdk masalah ...funding sgitu bisa beli toyota LC fj series ...sy jamin blm ada utility lbh haus dr itu selama engine normal
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by Rakean »

Dnisbo wrote:Ford everest gen3 2009 keatas bisa jadi pertimbangan.
light offroad pasti lewat.
7 seater.
Mesin sama kaki2nya konvensional dan tangguh, gampang di oprek, spare part bisa subtitusi sama ranger.
Tapi headlampnya blom projector.
setuju, ford everest... udah proven badak nya di PTFI :mky_01:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: (Please Advice) SUV untuk Operasional di jalan semi rusak.

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote: @tmthrvn sawarna bagus bngt pantainya.... beberapa bulan kemarin gw kesana pke mirage aja hahahaha :D
lewat mana mod Bill? kalo lewat cimanggu, pelabuhan ratu relatif bagus jalannya. kecuali di bagian propinsi banten yang agak kasar.
tapi kalo lewat pandeglang, malingping, kabarnya emang parah. ane tahun lalu ke sana lewat cimanggu. aman aja sih. tapi tanjakannya lumayan berat. pake rush bisa lewat walau rada ngotot bawanya.
pake mirage gimana di tanjakan berat gitu? roda depan sempat spin?
g ada masalah om.... sekalipun pke ban kurus, karna enteng dan swb mblnya satu sisi enak di jalan sempit g kagok sisi lain tetep g bisa sembarangan jg keluar jalur beda klw pke mbl 4x4, untungnya crawl ratio miras memang mencapai 14.8:1 jd bisa ngerayap perlahan meski torque pas2an, HRV aja hanya 12:1....

sya memang lewat pelabuhan ratu om... namun jalur yg lebih buruk sampai g diaspal beberapa jam pernah beberapa kali lewat, sampai gw berpikir selama ada jalan sebenernya g perlu overkill jg pke suv ladderframe. toh dgn monokok fiss justru lebih nyaman. terutama klw main2 seperti ini occasionaly saat liburan saja.klw HB dibilang maksa ya memang maksa sih hahaha :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz