Wah makasih ya semua udh pada jawab
jivos wrote:blm pernah pake si Om, br pk biem mulai dr e36 m50 m52 trus up ke model brikutnya. mungkin om octafiantos pernah pk tuh. ini ane copas dr forum biem sblh buat gambaran perbedaanya:
===================
"Prbedaan mesin e30
versi M40 dangan yang versi M10:
Mesin M40 adalah sebuah mesin dengan blok mesin
kecil dengan sabuk tunggal didorong cam (single belt
cam). Pada dasarnya merupakan versi 4 silinder dari
mesin M20.
Bila pernah mendengar versi mesin M42, ini juga
merupakan blok mesin yang kecil. Pengertian
sederhananya merupakan versi silinder 4 dari model
mesin M50 tersebut.
Nah.. untuk mesin M10, ini adalah mesin dengan blok
mesin yang besar, sehingga jika agan mau upgrage
kapasitas cc dengan crankshaft dan komponen punya
M3, mesin tipe M10 dapat dengan mudah dinaikan
menjadi 2200cc.
Jadi meskipun mesin M10 lebih tua, tapi dia lebih
badak...
Kalau segi fisik luar:
Perbedaan mencolok kalau M10:
bemper pakai lis atas chrome/stainless dan lebih
panjang (seperti american style pada mercy tiger)
daripada bemper M40. kalau lampu belakang M10 dibagi
dua tingkat.
Ciri khas M40:
bemper sewarna bodi dengan lis karet. lebih pendek
dibanding bemper M10
lampu belakang tiga tingkat.
lainnya radiator masih biasa (reservoir
pisah) kaya mobil2 jepang, trus masi pake distributor u/
pengapiannya"
=================
*Sy pribadi suka e30, bbrp user yg sy kenal justru si owner dailynya pk bmw mdl t'baru, semantara si e30 jd mbl kesayangan buat dipandang2.
* krn sebagian msh mekanikal, yg jelas lbh badak drpd model stlhnya,
dr bbrp tmn yg pk:
*FC dalkot kitaran 1:7
*pijakan manualnya, yg sy cb "sedang" mirip dg gti mk4, msh lbh Berat Peugeot punya.
*keluhan umumnya overheat krn usia cooling system
*Cek items: wire harness nya sebaiknya cari yg sdh diganti satu set, sdh pd getas, cooling system normal tdk overheat, body ngaleng non kropos. Dan yg utama printilan Isi cabin lengkap n standard bawaan pabrik. mahal bok di luaran. mulai dr slimut jok tdk robek sampe knob2 tombol
* utk usia parts ori kuat punya comp to biem new model
Sip om jivos inponya membantu bgt hehe ...
Ga akan diupgrade2 sih bakal stay standar aja, jd mending M40 kali ya...
Wiring harness cara ngeceknya gmn ya om getas apa engganya? Kalo cooling system sih pasti ane cek banget2, vital bgt di BMW wkwk...
richard t wrote:Dulu saya ada pakai e30 m40 '91 hijau tua. Body lumayan kuat. Penyakit di mesin suara klep kasar, biasanya motor antena di bagasi suka rusak. Agak melayang mgkin agak tinggi. Bisa dikurangi melayang nya dgn sport kit. Kalau menurut saya agak terlalu kecil Om. Mending 520 e34 m50 '95 .harga 50jt . Masih dalam range. Jauh feel nya Om apalagi ktemu 520 yg masih sehat
Wah sempet pake tho
Suara klep kasar yg gimana om... bunyi tik tik tik gt kah?
Ini sengaja nyari E30 soalnya ukurannya compact om wkwk... E34 ane suka bgt tapi kalo buat skrg rasanya nanti dulu deh, lebih costly pasti ngerawatnya krn 6cyl jg
Melayangnya pas speed berapa om ?
newrubble wrote:beli e23 saja ...di jkt byk yg 728i ...dulu sy kadang kadang pakai ini ke kampus ...kalo bosan turun naik bus
harga lbh kurang sama dg e30
namanya mobil tua mau dipilih yg masih low mileage ...anggap sj ready2overhaul
kalo e30 318i m40 ex ckd indo pakai bosch L-jetronic injection ...sama spt fuel injection vw beetle sy jaman dulu ...rewel nya apa sy tdk tau krn unit wkt itu masih baru (mobil milik nv isc ...tempat ckd facility bmw dulu , alm ayah dulu buka clinic disana) n clutch tdk berat krn mmg dr baru itu matic ....routine service ya di sana ...jln lodan no 2-8 n smua all in gratis ...mobil pinjaman dr oom hasjim
Wiw E23 kegedean banget om NR wkwkwk... Nyarinya yg compact n easy to maintain for an old european
Oh jetronic kyk 300E tho, syukurlah jd ga ribet2 wkwk...
dany_pos wrote:Lah tumben ente bikin trid nanya2 ginian? bukannya biasanya tiap ada yg nanya2 ginian ente jagonya jawab?
Khusus seri E30 ini ane kurang paham om hehehe, lagian kan jadi menjaring pendapat2 master2 yg jauh d atas ane & jd sama2 belajar buat jd bahan referensi smers yg mo tau ttg E30 jg
octafiantos wrote:Maaf bukan ngiklan forum sebelah. Ini sekilas pengalaman saya piara e30 beberapa tahun lalu saya tuliskan di sini. Sorry om, seksi diskusi BMW mesti login, jadi register dulu. Instan kok, ga ribet.
http://www.bimmerforum.web.id/plaza/ind ... topic=18.0
Kalo m10 vs m40, dari sisi usia dan teknologi injeksi dan part sebaiknya pilih m40. Karena lebih muda, lebih advanced injeksinya dan mengurangi resiko karat bodi. Karena e30 cenderung mulai berkarat sasis kiri dan deknya meskipun bisa direpair. M10 dengan desain sistem injeksinya lebih boros dari M40.
Ergonominya dipandang dari sudut desain 2000an jelek. Sempit, setir ga bisa diatur, lampu kabin depan defaultnya ngga ada, mesti beli kaca spion tengah yang map light kisaran 1.500. Pedal lebih enteng dari Benz defaultnya, sedikit lebih berat dari mobil Jepang seangkatan. Fc mobil jadul, rwd, ga bisa dibandingin mobil baru. Kondisi normal ngga ngomong mint full dalkot non tol paling banter 6, lukot 12, combined 10an. Kalo yang di atas itu bersyukur, di bawah itu juga wajar. Power so so, 110an HP, itu juga barunya. 25 tahun kemudian kurs disesuaikan ruang bakar dan inflasi paking dan pengapian.
Penyakit utama yang kena usia: afm, icv dan tps, hva. Bisa diganti semua. Yang wajib ga boleh bunyi gardan karena mahal jadi sebisa mungkin yang normal mileage. Karena harus diakui usia termuda e30 itu 25 tahun. Penyakit interior jok, karena wool bisanya sobek. Rem jelek, belakang tromol kurang pakem. Jadi mesti pake disk yang bener dan kampas yang bagus, minimal Ate.
Negatif semua ya hehe.
Pros: blok kuat. Km 300k belum belah mesin biasa, kabin cukup kedap, plafon ga bakal turun, door trim selama kancing bener, ga rattling. Ada rear krey mo disenterin lampu hid dari belakang ga silau spion tengahnya, dasbor miring pro driver, bodi kecil buat selip gampang, dibawa sampe 160 asal kaki lurus juga ga terbang, kotak jadi semua pojok keliatan pas nyetir. Satu lagi, sebagus apapun bmw lain, mas boy cuman nyetir e30 hihihi.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Wah lengkap bgt om octafiantos, mantab
Soal ergonomi sih ane apal gimana mobil early-late 80s mah, jd emg bener ga bisa dibandingin ama yg 2000an up wkwk...
FC nya boros jg ya buat power segitu doang, tp ya untungnya disarankan premium E30 ini ...
Rem jelek nya sejelek apa tuh om? Kalo diganti kampasnya aja jd yg bagus punya ngaruh ga ya tanpa harus ganti jd discbrake?
Interior sih gapapa namanya jg mobil tahun 90, syukur2 masih lengkap semua interiornya, jok sobek bisa diatur ...
Kalo suatu hari pas dipake gardannya bunyi trus dibiarin aja gmn om?
Nah itu dia mas boy cuma pake E30
