bali_juventino wrote:Om chris / billy..
Sy msh bingung sama vsa..
Klo penting knp ada tombol untuk / boleh mematikannya?
Klo dlm penggunaan sehari2 kyk dlm kota terasa beda tdk ?
penting... karna apa yg dilakukan VSA/ESP tidak bisa dilakukan manusia.....ya err kec ada pedal rem bwat masing2 ban dan reaction time driver sedemikian dewa....
tombol itu tidak untuk memantikan esp, tp mematikan power cut traction control berguna di kondisi lain saat mbl harus full power dan tidak masalah untuk spin, seperti untuk keluar di obstacle saat terjebak di pasir, tanjakan berat,semi oprut dll.... di kondisi ini ESP pengereman tetap jalan, hanya mesin tidak akan melakukan powercut.
kebanyakan mbl biasa esp tidak bisa dimatikan kecuali mencabut fuse. mbl sport tentu bisa dimatikan atw sensitifitasnya dikurangin hingga memperbolehkan untuk sideway drifting namun tidak sampai out of control....
ada yang bilang esp mengurangin lap time di circuit, ya untuk system konvensional menggunakan brake + power cut. versi advanceny menggunakan torquevectoring diff.... instead memperlambat salah satu ban dan ngurangin daya mesin untuk mengembalikan balance, torque vectoring diff justru menambah daya ke ban sisi lainya untuk mengembalikan balance.
berguna untuk sehari? tidak...........
but u gonna be in real [cencored] if u doesnt own it, at the second u need it...
yaa sama kya seatbelt airbag,body kokoh ncap bintang mentereng....... sehari2 dipke gak? kaga....
selama nyupir dri smp 13tahun lalu blom pernah airbag deploy.... do i need it then?
bgtu butu klw g punya..
screw..

especialy if unnecesary casuality occur... regret...
cmiiw
