Hallo para suhu suhu sm
Ane mau beli bmw e90 320i N46, pertanyaan saya
1. Dengan bobot e90 yg lebih berat dr e46 apakah e90 benar benar underpower?, Saat ini ane punya BMW e46 318i n42 tahun 2003, power cukup enak buat ane. Ane liat review orang2 luar untuk mobil ini benar benar negatif apalagi klo soal power
2. Ban rft, e90 pake rft otomatis nggak ada tempat ban serep, rencananya nnti mau diganti pake velg aftermarket, tentunya non rft, bila diganti sy bingung klo ada apa2 nggak ada ban serepnya
3. Ride quality, power, comfort apa lebih baik dari e46?
Berikut speknya
E90: N46B20 156hp 200nm
E46: N42B20/N46B20 143hp 200nm
E90 lebih berat sekitar 150kg an dibanding e46
Thx
Tanya bmw e90
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Tanya bmw e90
nubie cb jwb om,
# utk dalkot tdk underpower. klo buat ditarik di tol/lurkot med~high rev ni enjin crap. selain di power, sorotan utama nya sbnrya di karakter n reliability enjinnya. rembes paking", valvetronics problems, vacums leaks, chain tensioner failed, detail bs search di thread sm ini dg pertanyaan yg sm. frekwensi bilak balik bengkel bs di blg type ini plg sering, plus dpt julukan one of the worst enjin ever built built by biem. potential tagihan bengkel cukup tinggi krn reluabilitynya itu.
# handling n steering rasanya sm aja k2nya
bantingan n quality cabin, e46 lbh empuk n lbh baik.
# utk dalkot tdk underpower. klo buat ditarik di tol/lurkot med~high rev ni enjin crap. selain di power, sorotan utama nya sbnrya di karakter n reliability enjinnya. rembes paking", valvetronics problems, vacums leaks, chain tensioner failed, detail bs search di thread sm ini dg pertanyaan yg sm. frekwensi bilak balik bengkel bs di blg type ini plg sering, plus dpt julukan one of the worst enjin ever built built by biem. potential tagihan bengkel cukup tinggi krn reluabilitynya itu.
# handling n steering rasanya sm aja k2nya
bantingan n quality cabin, e46 lbh empuk n lbh baik.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: Tanya bmw e90
Om jivos, sebenarnya ane tertarik sama e60 juga, waktu itu naksir 523i tp katanya underpower juga ya, 520i apalagi katanya, klo e90 n46 dibandingin sama 520i m54b22 ato 523i n52b25 mending mana ya powernya? 520i juga 6 silinder yaaa msh enakan berarti suaranya. Oh ya bukannya yg worst engine bmw made itu n42 ya, n46 udh dapet perbaikan katanya? Mohon infonya 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: Tanya bmw e90
kalau pendapat saya,
lebih baik stay di E46, karena di E90 ada potensi kerusakan yang akan nguras tabungan, MECHATRONIC
harga fast moving part e90 juga lumayan mahal
budget E90 bisa juga buat ambil e46 330i
lebih baik stay di E46, karena di E90 ada potensi kerusakan yang akan nguras tabungan, MECHATRONIC
harga fast moving part e90 juga lumayan mahal
budget E90 bisa juga buat ambil e46 330i
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya bmw e90
mojacko wrote:kalau pendapat saya,
lebih baik stay di E46, karena di E90 ada potensi kerusakan yang akan nguras tabungan, MECHATRONIC
harga fast moving part e90 juga lumayan mahal
budget E90 bisa juga buat ambil e46 330i
Wkwkkw. Mechatronic ini emang momok dah. Padahal di e90, mechatronicnya lebih awet daripada e60 punya.
Saya juga setuju untuk ambil 330i e46. Ini mobil udah level baby m3. M54b30 ini salah satu enjin terbaik sampai saat ini.
Perna liat2 mau minang jandanya waktu itu, tapi akhirnya ga jadi. Tapi sempet bawa n mobil ini bener2 maknyus.
231hp, suara deruman inline 6 nya, electric seat di kedua kursi depan. Minusnya pajaknya aja yang gila, 9 jutaan untuk mobil umur udah 13 taun.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: Tanya bmw e90
Ada juga yg jual e60 530i msh m54b30, maknyus juga kayanya, mechatronic udh ganti kata pemiliknya. Harga lebih murah dr e90. Cuma agak kurang srek e60 warna silver
E46 330i ortu kurang setuju karena bentuknya sama aja, wah klo e46 3.0cc pajaknya segitu e60 530i brapa ya? Mahal nih kayanya
Ada juga e60 530i, tp mesinnya n52 bagus juga gak itu, di wiki sih n52b30 hp nya lebih nonjok lagi 258hp, sunroof pula
E46 330i ortu kurang setuju karena bentuknya sama aja, wah klo e46 3.0cc pajaknya segitu e60 530i brapa ya? Mahal nih kayanya
Ada juga e60 530i, tp mesinnya n52 bagus juga gak itu, di wiki sih n52b30 hp nya lebih nonjok lagi 258hp, sunroof pula
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya bmw e90
Kalo yang preFL setau ane masih pake persis kayak e46 330i. Masih 231hp om. Kalo yang FL emang rasanya udah 258hp.mnugra wrote:Ada juga e60 530i, tp mesinnya n52 bagus juga gak itu, di wiki sih n52b30 hp nya lebih nonjok lagi 258hp, sunroof pula
CMIIW ya, belom sampai punya mobil ginian soalnya. Hehehe.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Tanya bmw e90
ups sorry dopost...............................
Last edited by jivos on Mon Aug 10, 2015 18:11, edited 1 time in total.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Tanya bmw e90
Suhu2 diatas sdh ksh clue tuh.
* m54B30 6cyl NA, The special one.
Characternya kuat, fun, thrills drving xperiencenya top notch. Imo no other euro enjin incld biem 6cyl turbo biem yg bs nandingi. Meski sec hp/torque klh set dg modern turbo enjin, diluar sector hp n torsi, this is the special one. Terpasang di:
-e46 330i/ci
-e60 530i 2004
Both cbu n full option. Prefer k 330i dg p'timbangan bobot yg lbh ringan & more reliable than e60. E60 530i di luar sektor enjin, msh rungkih di electrical, sensor2 modul, motor steering rack. Sekelas kampakan aja maahal amat, apalagi yg baru.
*N42 & N46 both msk list the worst enjinnya biem. Bkn krn 4cyl nya atopun power yg krg, tp krn character enjinnya yg low rpm n reliability yg jelek. Meski N46 adl improvement dr enjin N42. Tp krn posisi tcm terpisah b'da diatas, klo rusak bs beli t'pisah. Sementara N46 sdh mechatronik n nempel nyatu dg gearboks, klo rusak hrs satu set beli sekalian platenya. Klo ngolong itu mecha modelnya spt papan cucian segi 4..
*any 4cyl NA biem blm bs beat 6cyl nya. Meski klh aksel di bwh krn bobot, tengah - atasnya yg 6cyl bakal cukur balik. Spt di entry level 520i 6cyl atopun e36 320i M50/52 6 cyl dg mudah bs ngasepin e90 320i N46.
*skrg pk e60/523i N52B25 170hp pre FL (FL di 197hp)
Tdk b'rasa underpower. Apalagi klo tuas taro di S, rpm di 3500up, power delivery ngisi, rpm dg happy nya nge revv.
Klo msh 6cyl, rasanya msh nyahut buat lari, yg bigger enjin tentu lbh nendang.
*imo, klo nyari yg gesit prefer ke seri 3 dg pertimbangan demensi yg compact, bobot yg lbh ringan, less electrical n sensor module, parts yg lbh murah en sporty looks.
Klo pengin yg luxury looks br ke e60.
bbrp piihan yg dirasa worthed:
e46 325i M54B25
e46 330i M54B30
e90 325i N52B25
* m54B30 6cyl NA, The special one.
Characternya kuat, fun, thrills drving xperiencenya top notch. Imo no other euro enjin incld biem 6cyl turbo biem yg bs nandingi. Meski sec hp/torque klh set dg modern turbo enjin, diluar sector hp n torsi, this is the special one. Terpasang di:
-e46 330i/ci
-e60 530i 2004
Both cbu n full option. Prefer k 330i dg p'timbangan bobot yg lbh ringan & more reliable than e60. E60 530i di luar sektor enjin, msh rungkih di electrical, sensor2 modul, motor steering rack. Sekelas kampakan aja maahal amat, apalagi yg baru.
*N42 & N46 both msk list the worst enjinnya biem. Bkn krn 4cyl nya atopun power yg krg, tp krn character enjinnya yg low rpm n reliability yg jelek. Meski N46 adl improvement dr enjin N42. Tp krn posisi tcm terpisah b'da diatas, klo rusak bs beli t'pisah. Sementara N46 sdh mechatronik n nempel nyatu dg gearboks, klo rusak hrs satu set beli sekalian platenya. Klo ngolong itu mecha modelnya spt papan cucian segi 4..
*any 4cyl NA biem blm bs beat 6cyl nya. Meski klh aksel di bwh krn bobot, tengah - atasnya yg 6cyl bakal cukur balik. Spt di entry level 520i 6cyl atopun e36 320i M50/52 6 cyl dg mudah bs ngasepin e90 320i N46.
*skrg pk e60/523i N52B25 170hp pre FL (FL di 197hp)
Tdk b'rasa underpower. Apalagi klo tuas taro di S, rpm di 3500up, power delivery ngisi, rpm dg happy nya nge revv.
Klo msh 6cyl, rasanya msh nyahut buat lari, yg bigger enjin tentu lbh nendang.
*imo, klo nyari yg gesit prefer ke seri 3 dg pertimbangan demensi yg compact, bobot yg lbh ringan, less electrical n sensor module, parts yg lbh murah en sporty looks.
Klo pengin yg luxury looks br ke e60.
bbrp piihan yg dirasa worthed:
e46 325i M54B25
e46 330i M54B30
e90 325i N52B25
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: Tanya bmw e90
pilihan lain,
E39 530i --> engine M54B30 juga
cari yang tahun akhir (2003-2004)
option-nya bikin ngiler
E39 530i --> engine M54B30 juga
cari yang tahun akhir (2003-2004)
option-nya bikin ngiler
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: Tanya bmw e90
Ok om jivos, lengkap bgt penjelasannyajivos wrote:Suhu2 diatas sdh ksh clue tuh.
* m54B30 6cyl NA, The special one.
Characternya kuat, fun, thrills drving xperiencenya top notch. Imo no other euro enjin incld biem 6cyl turbo biem yg bs nandingi. Meski sec hp/torque klh set dg modern turbo enjin, diluar sector hp n torsi, this is the special one. Terpasang di:
-e46 330i/ci
-e60 530i 2004
Both cbu n full option. Prefer k 330i dg p'timbangan bobot yg lbh ringan & more reliable than e60. E60 530i di luar sektor enjin, msh rungkih di electrical, sensor2 modul, motor steering rack. Sekelas kampakan aja maahal amat, apalagi yg baru.
*N42 & N46 both msk list the worst enjinnya biem. Bkn krn 4cyl nya atopun power yg krg, tp krn character enjinnya yg low rpm n reliability yg jelek. Meski N46 adl improvement dr enjin N42. Tp krn posisi tcm terpisah b'da diatas, klo rusak bs beli t'pisah. Sementara N46 sdh mechatronik n nempel nyatu dg gearboks, klo rusak hrs satu set beli sekalian platenya. Klo ngolong itu mecha modelnya spt papan cucian segi 4..
*any 4cyl NA biem blm bs beat 6cyl nya. Meski klh aksel di bwh krn bobot, tengah - atasnya yg 6cyl bakal cukur balik. Spt di entry level 520i 6cyl atopun e36 320i M50/52 6 cyl dg mudah bs ngasepin e90 320i N46.
*skrg pk e60/523i N52B25 170hp pre FL (FL di 197hp)
Tdk b'rasa underpower. Apalagi klo tuas taro di S, rpm di 3500up, power delivery ngisi, rpm dg happy nya nge revv.
Klo msh 6cyl, rasanya msh nyahut buat lari, yg bigger enjin tentu lbh nendang.
*imo, klo nyari yg gesit prefer ke seri 3 dg pertimbangan demensi yg compact, bobot yg lbh ringan, less electrical n sensor module, parts yg lbh murah en sporty looks.
Klo pengin yg luxury looks br ke e60.
bbrp piihan yg dirasa worthed:
e46 325i M54B25
e46 330i M54B30
e90 325i N52B25
