@meneer, kalau lihat dari keramik elektroda-nya, kayakany afr agak terlalu rich, secara warnanya putih banget...DOHC wrote:ngangkat tret lama lagi ahh...
td subuh iseng2 mau ajak si ipah olah raga pagi, apalagi ud berminggu2 kbanyakan jd garage queen... masuk 140an kph ke atas ud agak sulit... bejek ad knocking dikit, dan suara wuosshhh khas TB mesh yg ud diilangin agak berkurang... jd nya stelah ampe rumah, ritual bersih2 TB dan busi, dan cek gap busi dilakukan...
oli masi baru ganti 2600an km yg lalu bserta busi nya...
penampakan busi umur 2600an km, bensin slalu premium tanpa aditip aneh2... oli 5-30 embel2 full syn, filter udara masi baru dan bersih, fuel filter abis ane bersihin minggu lalu...
td skalian di intip di kpala piston, utk piston no 1-4 smua nya seragam, pada sisi pinggir nampak ad leleran oli dikit.. mungkin seal klep ud kena... pantes tiap pagi kl dnyalain ad bau2 oli... utk pinggang busi yg lengket dan bercak2 coklat gt, ane masi ga tau darimana asalnya, seal cover enjin head baru ane ganti beserta seal busi nya...
PR lain nya, kopling kayanya ud mulai agak slip... gigi 5 d 110 kph, d bejek malah slip... umurnya pendek jg ini kopling aisin oem atoyot...
Tapi ya ngga tau juga, secara hanya lihat foto.
Kalau bercak hitam di keramik insulator, itu disebut corona stain
Cara kerja busi kan dialiri listrik bertegangan tinggi, secara fisika jika ada aliran/pelepasan muatan listrik tegangan tinggi yg bersinggungan dengan udara dan atau kelembapan, akan menghasilkan fenomena "corona discharge". Udara/kelembapan tadi "ter-ionisasi" karena pelepasan muatan listrik tadi.
Berhubung di ruang busi ini udaranya cukup pekat dengan partikel oli, akibat corona discharge ini, partikel oli di udara akan nempel di insulator busi dan bikin flek/stain. Makanya dibilang corona stain.
Secara umum, corona stain ini tidak mempengaruhi kinerja busi.
Tapi bisa dijadikan indikator kalau misalnya corona stain-nya parah (terlalu tebal/pekat), artinya banyak partikel oli yang ada di udara sekitar ruang busi/bakar tadi.
Ini bisa berarti ada kebocoran oli atau oli yg dipakai memiliki sifat penguapan yang tinggi.
Gitu kira2...
Cmiiw yah
