DOHC wrote:droni wrote:Livina ane 2009, klo lewat poldur koq ayunannya kasar banget, n kalo lewat speedtrap kerasa keras banget getarannya. Ga lembut ky dulu2. Apa itu artinya sokbreker harus ganti ya om? Terus kira2 ada komponen kaki2 yg lain perlu diganti? Kynya dr awal blm pernah ada ganti sparepart kaki2. Ane niatnya pengen ganti biar spt semula, kira2 di beres atau bengkel luar ya om?
Terima kasih
coba bawa ke beres suruh cek smua aj kaki2 nya ...... dan siapin wang kira2 up to 15 jt....
ama obat jantung atau asma, siapa tau kaget nanti...

/
Kalau gak mau kaget, pastikan ikut ke tempat workshopnya dan lihat sendiri. Semuanya bisa dilihat, bahkan supervisor bagian bengkel waktu itu saya tanyain, kalau mau lihat kaki kaki yang rusak itu tandanya apa?
Dijawab : dilihat secara kasat mata kelihatan,
Nah saya timpalin, saya suka otomotif Pak, saya mua lihat bisa?. Dijawab supervisor bengkelnya : bisa Pak
Mobil diangkat dan ditunjukkan, waktu itu kelihatan support shock pecahjebol -> yang artinya shock tidak bisa menahan sampai support shock jebol.
Lihat semua karet bushing, di member, lower arm, dst nya semua tidak ada retakan, dan dibilang semua masih bagus.
Yah rada lega akhirnya ganti shock depan sama damper saja, total untuk 1 set 2 jt an. Mobil GL ini thn 2012 awal KM 60,000.
Ada baiknya begitu shock rusak dengan ditandai mengayun, harus cepat diganti, karena kalau tidak akan cepat merambat ke damper dan akhirnya ke support shock dan bisa juga merembet ke lower arm dan akhirnya ke Member.
Saya sudah tanyakan ke Supervisor bengkel itu jawabannya
Tetapi memang mobil ini hampir semua part umurnya kurang panjang hehehe. Belum pernah coba sih apabila shock selalu dimonitor dan diganti apabila rusak, apakah bisa bushing dan karet 2x nya bertahan lama, misalnya sampai 8 thn baru rusak