Hallo,
Kali ini saya ngga cerita yg serem2, cuma mau sharing poto2 yg ceritanya pernah saya posting di trit ini..
Kebetulan kemaren saya lewat hutan jati dan karet dekat rumah, dan ada kesempatan buat poto2, sekalian saja saya abadikan.
Oia, sempat terbersit keraguan pada diri saya (ceilaa..) mau diposting dimana poto2 amatir ini. Mau di aplot ke trit mudik ya ngga pantes, wong saya ngga mudik. Kalo mlipir ke road trip gabung sama om F272, minder saya..lha kalo bikin trit tersendiri, ntar saya menuh2in trit di SM...
Akhirnya, karena berbau2 pengalaman saya terdahulu, ya saya aplot saja di marih..
Poto2nya saya ambil di pagi hari, sekitar jam 7..dg suhu sekitar 19’C, kelembapan 63%, kecepatan angin 3,2 kpj, dan suhu trek 17’C..brrrrrrr masih dingin bo’. Tapi untuk sesi poto2 mending pagi lah, biar dingin tapi suasana aman. Kalo malem ihhh ceyeemmmm. Kan pernah saya ceritakan. Etapi kalo dalam poto ada penampakan ya maapin saya yaaa...
Monggo dinikmati sambil gelar tiker, jangan lupa camilannya.

Start dari rumah, kalo pake googlemaps point A-B sekitar 35 km. Itu kalo point B adalah Bumiharjo-Keling, sedangkan lokasi kemah saya dulu harus masuk melewati hutan menuju sebuah desa, kalo di trip meter motor (motor laki kan ada tripmeter), nambahnya 12 km kurleb.

Jalan muyuuuss semuyus paha personel jeketifortyeight. Setara kelas III A. Pangling saya, wong dulu ngga semuyus ini koq. Trek menantang dengan tikungan penuh blindspot alias cilukba alias piket nol dan agak naik-turun. Cucok buat nge-drift nih. Memang sih, hanya 2 belokan : kanan dan kiri. Hueheuhue...
Tapi kalo hampir 20x beloknya dan membentuk sudut 90’ ya teuteup butuh tingkat konsen yg sangat tinggi. Kalo ngga mau keluar trek, ban kenalan sama gravel bahkan bisa nyemplung jurang mini. Alon2 wae lah....enjoy the trip.

Lewat jembatan yg sungai di bawahnya mulai mengering..maklum mulai musim kering. Gunung Muria keliatan di kejauhan...

Mampir sejenak, narsis. Perhatikan salah satu jalan setapaknya. Hanya bisa dilalui orang, sepeda dan sepeda motor, dan mobil jenis offroad. Heavy offroad. Light offroad parkir dulu ya...

Ini hutan jati, pohon yg terlihat di poto berusia 2-15 tahun. Keliatan pendek wong saya moto nya dari pinggir jalan yg lebih tinggi sekian meter dari lahan. Ada yg sudah mencapai 10 meter. Dulu tahun 1998 pas banyak huru-hara, terjadi penebangan liar (baca : rampok) besar2an, jadi setelah peristiwa itu, benar2 gersang alias gundul cuplis. Kayu2 ilegal dibuat produk furniture dan diperdagangkan, dan banyak OKB bermunculan. Tapi, beberapa tahun sejak saat itu dilakukan penindakan rutin oleh Perhutani dan kepolisian, dan para OKB pun kembali seperti semula, plus denda atau kurungan sehingga malah tambah miskin. FYI, bila akan digunakan untuk usaha / bisnis ekspor, tiap pohon jati yg ditebang dari wilayah perhutani harus dilengkapi surat KPH, juga perusahaan yg mengolahnya dan yg menjualnya harus mempunyai sertifikat (Sertifikat Verifikasi Legalitas Kayu, Indonesian Legal Wood). Bila tumbuhnya di wilayah penduduk serta akan ditebang, harus lapor ke perangkat desa / kelurahan..kecuali kalo untuk dikonsumsi sendiri / tidak dikomersilkan.

Stop illegal logging.

Eh, ada juga lokasi wisata, meskipun ngga terkenal....terakhir saya ke sana tahun 1996, sudah 19 tahun...
Ada juga benteng portugis (orang lokal menyebutnya beteng portugis, artinya sama), dari benteng yg terletak di dataran tinggi itu, lautan bagian utara bisa terlihat jelas.

Dari petunjuk arah bisa diliat, ke kota Pati sekitar 60an km dan jenis jalannya hampir sama dg yg saya lalui kali ini, alias jungle drift style..kalo yg lempeng alias lurus ya via kota Kudus..

Hutan jati sudah terlewati, masuk hutan karet...ini poto aseli datar bukannya miring pas ambil gambar. Pohon2 tsb condong mengikuti arah sinar matahari. Jadi, jangan langsung panik / takut kesasar waktu di hutan, terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, tersesat dan tak tahu arah jalan pulang (mirip syair lagu ya?). Tuhan Maha Pengasih sudah memberi petunjuk-Nya lewat alam.

Sssttt...di sekitar spot ini kalo malam sering terdengar tangisan bayi misterius...bikin ngga konsen dan tentu saja bulu kuduk disco...jangan lupa iseng2 liat pohon2 di sebelah 'rumah' adakah ‘sesuatu’ yg mengundang perhatian? sapatau......wakwawww !!!

Sudah sampe pos Balong Beji, PTPN IX...dulu kami ambil arah kiri, masuk hutan menuju perkampungan yg jauuuuuuuuuuuuuuuuuh ke pelosok. 10km kurleb. Jangan harap ketemu aspal muyus selama masuk. Sinyal hape? Hemmm....(Anda beruntung bila ada).
Mau masuk, harus lapor petugas polhut / orang Perhutani di pos jaga dulu loh, dan bila menyangkut suatu instansi harus disertai surat pemberitahuan dan ijin. Ngga bisa sembarangan masuk kecuali warga lokal. Bisa2 sampeyan dicurigai mencuri hasil hutan dan apesnya bisa di dorrrr kalo ketangkap basah mencuri dan berusaha kabur.

Minggir sejenak, jepret pohon karet dan getahnya....

Wow, ada tempat rehat dan bisa untuk outbond...meski kualitasnya yaaa begitulah.

Di situ saya kadang merasa sedih...eh, bersyukur. Waktu itu pas kemarau ’05... Waktu pake sepedamotor, ndlosor. Padahal ngga ngantuk, dan tiap hari saya pasti lewat jalan yg sama (wong jalan raya satu2nya), kecuali weekend. Motor juga ngga miring, belum belok. Tiba2 traksi ban depan ilang sehingga saya ndlosor.
Panah ijo tempat ‘start’, dan panah merah ‘finish’nya..bablas dikit nyemplung jurang mini dah..untung dari arah depan (tikungan cilukba) dan dari arah belakang ngga ada truk / mobil, kalo saat itu saya telentang di tengah jalan dan ada yg melintas, ya bisa ikut ‘lewat’... Trims buat 2 riders, yg menolong membantu saya dan motor berdiri menatap hidup ini lagi...juga helm MDS fullface yg untungnya talinya saya pasang dg benar, dan berfungsi, sehingga ngga copot dan melindungi kepala bagian depan dan belakang saya yg ‘frenchkiss’ dg aspal. Anehnya, motor yg montang-manting (sampe waktu keseret, ada bagian besi bergesekan dg aspal hingga memercikkan bunga api) tidak rusak parah. Karet footstep terkelupas dikiiittt, behel dan endgrip lecet, setang bengkok dikit. jaket, pergelangan tangan dan celana sobek, bahu lecet-memar dan kaki keseleo tapi masih bisa bertahan untuk riding sampe rumah tanpa bantuan orang lain. Mesin dan bagian lain no what-what..kata si penolong saya, spot tsb memang ‘gawat’. Entah kalo sekarang, karena sudah lama saya tidak apdet status. Teman saya malah sudah 2x jatuh di situ...
Itu share poto amatir dari saya. Trims buat SMers dan guests yg sudah meluangkan waktu untuk membacanya...
