Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Selamat pagi bos bos SM
Jadi saya sempet nyari nyari Civic FD tahun 2011 dan tiba-tiba saya nemu Altis tahun 2011 tipe G AT dengan harga dibawah civic FD dan juga kondisi yang menggiurkan. Kilometernya masih 29000 asli, pemakainya juga apik, mobilnya dia lepas di 205 juta nego. Yang ingin saya tanya adalah:
-Harga 205 juta pas atau kemahalan?
-Kelebihan dan kekurangan altis dibanding civic apa ya?
-Bagaimana Reliability transmisi CVTnya?
-Penyakit umum di mobil ini apa?
-Saya berencana untuk ngekeep mobil ini agak lama, running costnya bagaimana di banding civic?
-Mobil yang saya liat ini kalau saya puter stirnya ada bunyi ciiit kayak ada yg seret, kata yg punyanya menurut BeRes bukan masalah. Gimana menurut suhu2 sekalian? Apakah itu ball joint? apa cuma steering shaft yang kurang pelumasan aja? Steering rack sih saya rasa masih sangat bagus soalnya ga oblak
Terimakasih, help will be much appreciated
Jadi saya sempet nyari nyari Civic FD tahun 2011 dan tiba-tiba saya nemu Altis tahun 2011 tipe G AT dengan harga dibawah civic FD dan juga kondisi yang menggiurkan. Kilometernya masih 29000 asli, pemakainya juga apik, mobilnya dia lepas di 205 juta nego. Yang ingin saya tanya adalah:
-Harga 205 juta pas atau kemahalan?
-Kelebihan dan kekurangan altis dibanding civic apa ya?
-Bagaimana Reliability transmisi CVTnya?
-Penyakit umum di mobil ini apa?
-Saya berencana untuk ngekeep mobil ini agak lama, running costnya bagaimana di banding civic?
-Mobil yang saya liat ini kalau saya puter stirnya ada bunyi ciiit kayak ada yg seret, kata yg punyanya menurut BeRes bukan masalah. Gimana menurut suhu2 sekalian? Apakah itu ball joint? apa cuma steering shaft yang kurang pelumasan aja? Steering rack sih saya rasa masih sangat bagus soalnya ga oblak
Terimakasih, help will be much appreciated
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Awal taun depan memang saya ada rencana utk ambil civic fd untuk tambah armada, dari sekarang sering lihat2, dan kebetulan sama pernah lihat altis di showroom, lihat2 dan test drive
kalo menurut saya, sekali subjektif menurut pendapat saya yang tes keduanya :
Fitur menang altis kemana2, tipe G saja sudah ac digital, start stop engine, tombol audio di setir, tapi desain interiornya berasa bapak2, dan boring, lain sama civic fd yang walau sedikit fitur2nya, tapi desainnya yang ga bosenin sampe sekarang, apalgi speedo multiplexnya
Untuk tampilan luar altis lebih elegan, civic lebih sporti
Untuk feel berkendara, civic berasa honda banget, sporti, lincah, tapi bantingan keras, altis khas toyota, bantingan empuk, tapi handling kalah dibanding civic
kalo awet2an mobil dan irit katanya menang toyota ? (ini hanya kata2 orang, belum saya buktikan sendiri)
Kalo saya setelah coba keduanya, akhirnya tetap ke civic kalo sampe nanti jadi beli
Saran saya, tes drive aja keduanya, bawa puter2 sebentar untuk tau feel rasa berkendaranya dll, yang ga mungkin di dapat kalo cuma lihat2 saja.
oia dengan budget 205, saya rasa bisa dapat civic kondisi mint itu tahun 2010-2011, karena sekarang setau saya pasaran 2010 sekitar 180-190 dari pemakai langsung dan 200 awal dari pedagang mobkas
Kalo altis harga segitu saya rasa agak mahal, krn kemarin pedagang saja sudah buka di 190 nego, tapi kembali lagi ke kondisi mobilnya
kalo menurut saya, sekali subjektif menurut pendapat saya yang tes keduanya :
Fitur menang altis kemana2, tipe G saja sudah ac digital, start stop engine, tombol audio di setir, tapi desain interiornya berasa bapak2, dan boring, lain sama civic fd yang walau sedikit fitur2nya, tapi desainnya yang ga bosenin sampe sekarang, apalgi speedo multiplexnya
Untuk tampilan luar altis lebih elegan, civic lebih sporti
Untuk feel berkendara, civic berasa honda banget, sporti, lincah, tapi bantingan keras, altis khas toyota, bantingan empuk, tapi handling kalah dibanding civic
kalo awet2an mobil dan irit katanya menang toyota ? (ini hanya kata2 orang, belum saya buktikan sendiri)
Kalo saya setelah coba keduanya, akhirnya tetap ke civic kalo sampe nanti jadi beli
Saran saya, tes drive aja keduanya, bawa puter2 sebentar untuk tau feel rasa berkendaranya dll, yang ga mungkin di dapat kalo cuma lihat2 saja.
oia dengan budget 205, saya rasa bisa dapat civic kondisi mint itu tahun 2010-2011, karena sekarang setau saya pasaran 2010 sekitar 180-190 dari pemakai langsung dan 200 awal dari pedagang mobkas
Kalo altis harga segitu saya rasa agak mahal, krn kemarin pedagang saja sudah buka di 190 nego, tapi kembali lagi ke kondisi mobilnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Wah berarti altis yang saya liat kemarin agak kemahalan ya om?B 0 YZ wrote:Awal taun depan memang saya ada rencana utk ambil civic fd untuk tambah armada, dari sekarang sering lihat2, dan kebetulan sama pernah lihat altis di showroom, lihat2 dan test drive
kalo menurut saya, sekali subjektif menurut pendapat saya yang tes keduanya :
Fitur menang altis kemana2, tipe G saja sudah ac digital, start stop engine, tombol audio di setir, tapi desain interiornya berasa bapak2, dan boring, lain sama civic fd yang walau sedikit fitur2nya, tapi desainnya yang ga bosenin sampe sekarang, apalgi speedo multiplexnya
Untuk tampilan luar altis lebih elegan, civic lebih sporti
Untuk feel berkendara, civic berasa honda banget, sporti, lincah, tapi bantingan keras, altis khas toyota, bantingan empuk, tapi handling kalah dibanding civic
kalo awet2an mobil dan irit katanya menang toyota ? (ini hanya kata2 orang, belum saya buktikan sendiri)
Kalo saya setelah coba keduanya, akhirnya tetap ke civic kalo sampe nanti jadi beli
Saran saya, tes drive aja keduanya, bawa puter2 sebentar untuk tau feel rasa berkendaranya dll, yang ga mungkin di dapat kalo cuma lihat2 saja.
oia dengan budget 205, saya rasa bisa dapat civic kondisi mint itu tahun 2010-2011, karena sekarang setau saya pasaran 2010 sekitar 180-190 dari pemakai langsung dan 200 awal dari pedagang mobkas
Kalo altis harga segitu saya rasa agak mahal, krn kemarin pedagang saja sudah buka di 190 nego, tapi kembali lagi ke kondisi mobilnya
Tapi di bandung entah kenapa civic mahal banget, taun 2011 saya lihat masih ada yg jual 235-245 2010 di kisaran 220. Makanya saya begitu lihat altis langsung merasa dia murah. Makasih om petunjuknya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Sat May 10, 2014 13:56
- Location: Surabaya
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Go for civic fd2 kalau bisa. Taun lalu teman dapat thn 2010 220jt. Pintu kanan aja sudah dicat krn baret. Kaki dan engine mounting sesuai umurnya. Lain2nya ok bgt.
altis 205jt rasanya kemahalan krn civic fd lebih kuat harga sekennya
altis 205jt rasanya kemahalan krn civic fd lebih kuat harga sekennya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Kalo boleh tau, kira2 biaya restorasi utk civic taun segitu berapa ya? Dan apa saja yang perlu diperbaiki 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Mending jgnFD1, ambil FD2 yg agak rare om, karena akan di keep agak lama, RV mobil ini masih lebih baik daripada yg versi 1.8 om, mesinnya juga terkenal berpotensi untuk dibuat kencang, dari segi model Civic lebih keliatan mahal sih menurut saya...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
bisa di share om hal apa yang bikin tetep memilih FD setelah test drive altis?B 0 YZ wrote:Awal taun depan memang saya ada rencana utk ambil civic fd untuk tambah armada, dari sekarang sering lihat2, dan kebetulan sama pernah lihat altis di showroom, lihat2 dan test drive
kalo menurut saya, sekali subjektif menurut pendapat saya yang tes keduanya :
Fitur menang altis kemana2, tipe G saja sudah ac digital, start stop engine, tombol audio di setir, tapi desain interiornya berasa bapak2, dan boring, lain sama civic fd yang walau sedikit fitur2nya, tapi desainnya yang ga bosenin sampe sekarang, apalgi speedo multiplexnya
Untuk tampilan luar altis lebih elegan, civic lebih sporti
Untuk feel berkendara, civic berasa honda banget, sporti, lincah, tapi bantingan keras, altis khas toyota, bantingan empuk, tapi handling kalah dibanding civic
kalo awet2an mobil dan irit katanya menang toyota ? (ini hanya kata2 orang, belum saya buktikan sendiri)
Kalo saya setelah coba keduanya, akhirnya tetap ke civic kalo sampe nanti jadi beli
Saran saya, tes drive aja keduanya, bawa puter2 sebentar untuk tau feel rasa berkendaranya dll, yang ga mungkin di dapat kalo cuma lihat2 saja.
oia dengan budget 205, saya rasa bisa dapat civic kondisi mint itu tahun 2010-2011, karena sekarang setau saya pasaran 2010 sekitar 180-190 dari pemakai langsung dan 200 awal dari pedagang mobkas
Kalo altis harga segitu saya rasa agak mahal, krn kemarin pedagang saja sudah buka di 190 nego, tapi kembali lagi ke kondisi mobilnya

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
yang ane rasakan, feeling interior altis itu tua menurut saya, cocok untuk orang umur 40an keatas, sedangkan umur ane yang 20an awal, ane merasa kurang cocok, dan merasa civic lebih anak muda
Selain itu driving impression civic lebih cocok ke ane, ane lebih suka pengendalian tajam dibanding bantingan empuk (mungkin masih muda
) , altis sebetulnya mobil yang nyaman bantingannya dibandigng civic ya enak altis, cuma ane merasa mobilnya boring dan kurang berkarakter, civic lebih bisa "berkomunikasi" sama drivernya, walaupun altis punya segudang fitur2 yang sampe sekarangpun masih bisa dibilang lengkap.
Kalo menurut ane kalo cari commuter yang nyaman si altis cocok dengan bantingan empuk dan fiturnya yang lengkap, tapi kalo perlu mobil buat orang yang seneng nyetir si civic jawabannya
Sekian dari ane, ini murni pendapat pribadi saja, jadi lebih baik tes dan rasakan sendiri
Selain itu driving impression civic lebih cocok ke ane, ane lebih suka pengendalian tajam dibanding bantingan empuk (mungkin masih muda

Kalo menurut ane kalo cari commuter yang nyaman si altis cocok dengan bantingan empuk dan fiturnya yang lengkap, tapi kalo perlu mobil buat orang yang seneng nyetir si civic jawabannya
Sekian dari ane, ini murni pendapat pribadi saja, jadi lebih baik tes dan rasakan sendiri

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Sat May 10, 2014 13:56
- Location: Surabaya
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Punya temen ane semua dikerjakan di beres.Ganti engine mounting. Trus benerin kaki2 dan tune up dkk.
total ga sampai 10jt. Termasuk Engine mounting yg beli di luaran.
fd2 sama fd1 kelengkapannya cukup berbeda.
saran kalau mau murah dan lebih baik lagi cari subaru munpung dealernya lg suram mungkin aja ada yg mau lepas murah2. Sgt2 enak dan handal pula
total ga sampai 10jt. Termasuk Engine mounting yg beli di luaran.

fd2 sama fd1 kelengkapannya cukup berbeda.
saran kalau mau murah dan lebih baik lagi cari subaru munpung dealernya lg suram mungkin aja ada yg mau lepas murah2. Sgt2 enak dan handal pula

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Jadi tetep ya FD pilihan yang lebih menarik daripada altis? Apa ada suhu disini yang pernah melihara altis disini? So far puas ga ya? Kelihatannya yang pake FD sih puas puas bgt ya haha
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Thu Nov 06, 2014 20:40
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Altis
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Kebetulan taun lalu baru ambil altis 2010 pre fl second yg tipe kopong (tipe j) so far si puas dan sesuai ekspektasi, walaupun fiturnya kopong 

-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Perlu pendapat mengenai Altis 1.8 G AT 2011
Hehehe karena sudah jawab semua ya intinya jawaban saya mirip-mirip lah... cost buat benerinnya paling yang mahal engine mounting, itupun kalau dapat yang engine mountingnya udah kena. Sebiji kena 1.6jutaan.
Kalo yang belom kena paling habisnya nggak mahal amat, 5jutaan max udah enak lagi itu Civic.
- Tune-up+setel klep 250ribu
- Ganti oli Honda Gold 0w-20 132.500/ltr, jatohnya ya 520ribuan. Civic kasih Gold aja pasti enak tarikannya
- Filter oli lupa harganya sekitar 40ribuan kalau gak salah. Ori Honda murah koq
- Filter udara sekitar 200ribu, saran aja sih ganti pakai K&N yang lifetime, sejutaan tapi awet, ngga perlu ganti-ganti filter udara. Cukup dicuci dan dilapisin Olinya
- Kaki-kaki seperti tierod, link stabilizer, dll lupa harganya tapi gak sampai jutaan per pcs, kampas rem kalo dah tipis aja diganti. Kampas rem depan ori lumayan mahal jadi usahakan jangan sampe dapet yang kampas depannya tipis. Perhatikan juga disc brake lecet-lecet atau nggak, banyak kasus kalau pake kampas rem yang nggak ori kampasnya lecet dan gak rata, dibubut juga ongkosnya lumayan sekitar 300ribu soalnya.
- Kuras minyak rem dan minyak power steering, sekitar 200ribu .
Cost diatas itu tarif bengkel resmi ya, kalau dikerjain di luar bisa lebih murah lagi. Kalo ada pertanyaan tentang harga partnya nanti bisa via PM ke saya oom.
Kalo yang belom kena paling habisnya nggak mahal amat, 5jutaan max udah enak lagi itu Civic.
- Tune-up+setel klep 250ribu
- Ganti oli Honda Gold 0w-20 132.500/ltr, jatohnya ya 520ribuan. Civic kasih Gold aja pasti enak tarikannya
- Filter oli lupa harganya sekitar 40ribuan kalau gak salah. Ori Honda murah koq
- Filter udara sekitar 200ribu, saran aja sih ganti pakai K&N yang lifetime, sejutaan tapi awet, ngga perlu ganti-ganti filter udara. Cukup dicuci dan dilapisin Olinya
- Kaki-kaki seperti tierod, link stabilizer, dll lupa harganya tapi gak sampai jutaan per pcs, kampas rem kalo dah tipis aja diganti. Kampas rem depan ori lumayan mahal jadi usahakan jangan sampe dapet yang kampas depannya tipis. Perhatikan juga disc brake lecet-lecet atau nggak, banyak kasus kalau pake kampas rem yang nggak ori kampasnya lecet dan gak rata, dibubut juga ongkosnya lumayan sekitar 300ribu soalnya.
- Kuras minyak rem dan minyak power steering, sekitar 200ribu .
Cost diatas itu tarif bengkel resmi ya, kalau dikerjain di luar bisa lebih murah lagi. Kalo ada pertanyaan tentang harga partnya nanti bisa via PM ke saya oom.
Nah Subaru Impreza boleh jadi pilihan kalau tinggal di Jakarta, sudah AWD dan sekennya juga jeblok.sprint07 wrote:Punya temen ane semua dikerjakan di beres.Ganti engine mounting. Trus benerin kaki2 dan tune up dkk.
total ga sampai 10jt. Termasuk Engine mounting yg beli di luaran.![]()
fd2 sama fd1 kelengkapannya cukup berbeda.
saran kalau mau murah dan lebih baik lagi cari subaru munpung dealernya lg suram mungkin aja ada yg mau lepas murah2. Sgt2 enak dan handal pula
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7