Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jadi kejadiannya begini, saya user nissan march 2013 awal FC, km.nya baru 16.000, saya sudah dapat banyak masalah semenjak servis pertama mobil ini, dan sekarang MASALAH BARU MUNCUL LAGI,
Saat saya memakai march ini jalan lewat tol gayamsari semarang dg kecepatan 100an km/h, lalu saya mengerem tpi bukan hard breaking, rem halus pelan2 saat pedal rem separuh muncul bunyi berdengung dari depan, saya kira dari kampas rem, saya coba cek ternyata masih tebel, tpi masalah ini hilang saat mobil abis di cuci, jadi klo abis di cuci suara berdengungnya ilang, tpi setelah beberapa hari abis di cuci suara kluar lgi,
Mohon pencerahannya om, ni mobil lgi saya pakai mudik ke kebumen, 1
Dengungnya barengan sama getaran ke stir dan pedalnya ga om? Kalo iya bisa dipastikan itu rotornya udah ga rata.
Untuk mudik sih mengganggu kenyamanan aja ga terlalu berbahaya tapi ya kalau hard braking mungkin agak kerasa penurunan performa dibanding rem yg masih rata.
paling gampang coba copot kampas, bersihin dsikat pake sabun trus di amplas ulang... lebi bagus lg coba cek pasak yg buat megang kaliper rem, masi bermain ga... kl kampas ama pasak gapapa... berarti fix itu masalah d rotor... dgn asumsi seal kit kaliper masi OK scara mobil masi 16rebu km...
Untuk TS, saya numpang posting di thread ts ya dari pada bikin thread baru.
Mobil saya jazz 2009 manual, tiba2 mobil saya spt brebet.
Dari knalpot keluar asap hitam lumayan banyak.
Kalo saya gas lalu tiba2 saya lepas pedal gas nya, rpm nya langsung ngedrop di bawah 500, brebet sebentar trus normal lg.
Saya coba lepas filter udara nya, langsung brebet parah lalu mesin mati.
Kira2 kenapa ya om?
Mana lagi di luar kota posisi saya skrg.
banyak kmungkinan.. d urut aj satu2... faktor supply udara, api, bensin... kl supply udara less likely krn itu ga mendadak...
paling tinggal api (busi / coil) atau supply bensin... tp bensin kl mampet malah ga bkin asep heboh sehh...
berarti kmungkinan besar dari coil ad yg mokat atau bocor mendadak... coba aj di cabut satu persatu koil nya, sambil perhatikan respon mesin... ad yg geter nya lebi heboh atau ga berespon...
Tadi saya coba lepas filter udara, mesin nya brebet trus mati.
Asap item nya tetap masih keluar banyak. Ujung knalpot sampai kotor item2 pas saya lap pakai tisu.
Padahal mobil saya baru di carbon clean dan tune up sebulan yang lalu om.
Kalo busi udah diganti di km 80.000 om, skrg odo mobil saya 12x.000 km.
Hitungan nya masih baru, tp ada kemungkinan bermasalah ya om?
Cek koil musti dibawa ke bengkel ya om.
Saya gak ngerti bongkar2 mesin om. hehehehe
Iya bener om, ge8.
Saya sering sih ngeliatin mekanik kalo bongkar2 mesin pas carbon clean/tune up, tapi saya ngeri pandai bongkar tp gak pandai pasang nya lg om.
Besok saya coba ke beres honda denpasar aja kalau begitu.
Moga2 aja ni beres buka dan jujur.
Soalnya h+2 lebaran saya balik lg ke jkt.
Takut knp2 di jalan dan bawa anak2 om.
Jadi perkiraan masalah dari supply udara, koil/pengapian ya om.
DOHC wrote:kl pribadi ane lebi berat ke arah pengapian yah om... antara coil atau busi...
yah mudah2an beres buka om... tp kl ga buka, coba cari bengkel darurat honda aj om, at least mreka pasti ad montir nya yg bsa scan ecu...
Sama neh dg kasus saya dulu...GE8 tipe S manula '08, taun '13 kmrn brebet di rpm 1500-2500..apalagi pas gigi 1 kena bangjo, macet dan antri bayar toll. Padahal kalo sdh jalan di gigi 5 dan sepit nyundul 150kpj (toll ungaran-smg), ngga ada gejala brebet/ndut2an..
Masalah lgsg ilang stlh ganti 4 busi biasa @25rb. Yg bongkar-pasang bengkel jalanan, tapi sdh kenal lama, ongkos 50rb.
Kalo di GD3, kasus sama plus ce (check engine) nyala, sblm saya bw ke bengkel, iseng2 cabut kabel aki (reset ecu). Eh, brebetnya ilang, indikator ce ga nyala lagi. Ngga jadi keluar duit dech.
DOHC wrote:ternyata punggawa mahluk dunia lain jg mengalami hal yg sama... tuh kan, bau2 nya dari pengapian... rada ngeri jg nehh ama ge8 ane..
btw busi biasa nya type apa om hariy ?? bukannnya GE8 default nya pake nya iridium yah...
GE8 default pake Iridium, tapi kalo isi selang koneng lebih direkomen pakai Platinum. Semua GE8/GB3/GM2 di BeRes langganan ane malah selalu dikasih busi platinum NGK ZFR6FGP buat yang bandel-bandel isi premium.
Anyway busi umur 40k KM itu udah minta ganti loh apalagi kalo pake premium. Busi CR-V saya 10k aja udah ngeri kondisinya karena premium
Sebetulnya kalau punya scanner sendiri lebih enak... bisa tes matiin koil satu persatu buat ngecek. Tapi berhubung ga punya scanner ya cari BeRes Honda aja.. Fitur software nya lengkap itu.
Brebet-brebet diagnosis saya sama kayak oom klep... biasanya seputar pengapian.
tp skrg batu makam denger2 ud ga jual yg iridium lg mods... smua di pakein yg platinum... bahkan distributor denso di jakarta aj ud lama ga ad stok iridium FXE .. kl mau inden yg entah kapan masuk nya.... dan muahallll nya minta ampun sbiji skrg... bsa 2 kali lipet harga platinum..
Udah dr beres kuta raya, setelah cek kondisi koil, koil nya udah pernah diakalin sm beres di jkt, di selotip.
Kondisi busi hitam.
Beres kuta raya nyaranin saya ganti koil, 915.000 belum ppn 1 biji nya.
Sedangkan yang diganti 4 biji.
Yang saya liat td 3 koil nya udah di selotip item sm beres jkt.
Beres disini kurang bersahabat om.
Setelah ngeliat kondisi koil saya yang ada selotip nya, mereka lgsg vonis harus ganti koil.
Trus saya minta tlg diakalin dulu koilnya, minimal diselotip ulang di tempat selotip sebelumnya, mereka bilang gak bs.
Krn harganya 900.000 per biji, belum saya ganti om.
Jadi cuma busi nya aja yang dibersihkan om.
Brebet sama asap nya ilang, tp kata beres itu sifatnya sementara om.
Om om di sini mungkin ada yang tau bengkel yang recomended di bali??
Kalau misalnya ada, mohon info nya ya om. Saya mau minta tolong akalin koil nya dulu pakai lem spt yang di sampaikan om dohc atau diselotip ulang bagian yang bocor.
Td saya sudah konsultasi sm SA di beres langganan, krn dia yang selalu pegang mobil saya jadi dia lebih tau kondisi mobil saya.
Katanya gak perlu di ganti koil atau businya.
Disuruh selotip ulang bagian koil yang bocor. Mungkin krn panas habis perjalanan jauh, bisa jadi selotipnya kalah.
DOHC wrote:ternyata punggawa mahluk dunia lain jg mengalami hal yg sama... tuh kan, bau2 nya dari pengapian... rada ngeri jg nehh ama ge8 ane..
btw busi biasa nya type apa om hariy ?? bukannnya GE8 default nya pake nya iridium yah...
Gantinya merk NGK ZFR6K-11 om kelep...nyaman di kantung drpd yg tipe iridium... Maklum, hasil jual menyan ngga cukup beli yg iridium.hehehehe. Si putih GE8 sdh saya lego februari kemaren..
Kalo gd3 vtec masih saya angon, so far ngga ada mslh lg sejak reset ecu sendiri.
Iya,tuh..kalo masalah pengapian emang bikin bete..