Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dear all, mohon saran saran atas ide ane :
Unit CR-V 2,4 - 2015 mau ane modif shg bisa pake BBG ( ViGas pertamina )
1. Berapa biaya yg dibutuhkan ?
2. Bengkel mana yg direkom utk pemasangan conv kit tsb ( lokasi di surabaya ).
3. Apakah pengaruh jangka panjang thd performa mesin ?
Note : dekat rumah ane ada SPBU COCO yg punya dispenser ViGas
amfibi wrote:Kalo untuk performa mesin jelas lebih bagus drpd pake BBM biasa, 'oktan' nya tinggi kalo disetarain dgn oktannya bensin ...
Oktan gas memang lebih tinggi tapi nilai tenaga/energi/kalor masih lebih rendah dibanding minyak (bbm).
Untuk menghasilkan tenaga yg sama, dibutuhkan lebih banyak (volume) gas dibanding bensin.
Efek langsungnya biasanya terasa dari L per Km (pakai BBG lebih boros "sedikit")
Tapi karena harga BBG masih relatif jauh lebih murah dibanding BBM, secara duit pakai BBG jatuhnya masih lebih irit per Km-nya dibanding BBM
Yg dulu pernah masuk majalah, ada perusahaan yg memang spesialis pasang converter ini.
Cuma di Jakarta, entah kalau di Surabaya apa sudah ada cabangnya.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Vigas= gas elpiji, nilai oktan 98. Harga tabung lebih murah dan ringan karena tekanan yang rendah. Tapi gas nya lebih berat dari udara, hati-hati kalau ada kebocoran di garasi tertutup gas nya "ngumpul" di lantai.
ilhami wrote:Vigas= gas elpiji, nilai oktan 98. Harga tabung lebih murah dan ringan karena tekanan yang rendah. Tapi gas nya lebih berat dari udara, hati-hati kalau ada kebocoran di garasi tertutup gas nya "ngumpul" di lantai.
dalam rangka apa ganti BBG nyari irit ah kagak juga x
nugroho bagor wrote:
dalam rangka apa ganti BBG nyari irit ah kagak juga x
sering lihat postingan forum di thailand, sepertinya mereka rutin sharing harga CNG/NGV disana, dan saya lihat bisa dari beberapa perusahaan.
Kalau saya pribadi kalau hitung irit, pastinya kita pengen tahu berapa brake even-nya. saya ambil contoh dari negara sebelah:
hitungan disana 15rb km udah balik modal. dengan converter kit disini harga 30jt???
di negara lain konsentrasi lebih banyak untuk truk dan fleet, sampai mereka sediakan kalkulator perhitungannya: http://www.fortisbc.com/NaturalGas/Busi ... fault.aspx
iritnya menjanjikan, dengan catatan pengecekan converter kit nya mudah, soalnya kalau disini gas kok identik dengan bus transjkt ya..
Perlu dipertimbangkan juga supply VGAS di pom bensin om.
Tadi pagi pas isi di pom pertamina untuk dispenser VGAS ditempel sedang dalam perjalanan. takutnya tiba2 butuh isi ternyata tidak ada stock. kecuali bisa langsung diswitch balik ke BBM.
Kalau pakai converter ketika gas habis bisa langsung switch ke bbm.
Keuntungan pakai BBG/vigas sulit untuk dinilai rupiah, misalnya:
- oli lebih awet
- gas buang lebih bersih ramah lingkungan
- catalytic converter lebih awet
Sebaiknya pakai yang BBG yang CNG karena produksi dalam negeri.
htannis wrote:saya sih agak serem yah sama safety nya di indonesia, takut diakal2in ntar meledak
coba tonton yang ini...
ilhami wrote:Kalau pakai converter ketika gas habis bisa langsung switch ke bbm.
Keuntungan pakai BBG/vigas sulit untuk dinilai rupiah, misalnya:
- oli lebih awet
- gas buang lebih bersih ramah lingkungan
- catalytic converter lebih awet
Sebaiknya pakai yang BBG yang CNG karena produksi dalam negeri.
Kalau mobil baru risk nya lebih besar karena warranty hangus. tapi untuk mobil udah di atas 10 tahun saya kira sangat worthed. Dan hebatnya orang indonesia itu kreatif, udah banyak yang pake gas rumah 3kg dan udah tested berbulan-bulan ternyata cukup aman. Nah saya lihat konverter kit kalau pake gas rumahan ini harganya lebih bersahabat, cari gasnya juga bisa dari warung... kalo vigas kan baru ada di kota besar, di jakarta aja terbatas (gak worthed karena buat sampe ke tempat vigas aja macetnya bikin repot).
Setuju banget dengan program pemerintah sekarang yang manfaatin gas ini buat perahu nelayan
@Salvanost, klo itung2an disini cuman 12rb km bro... Apalagi gw yg mobil baru setahun udah 60rb... Worthed kali ya..
g1ng2 wrote:
nugroho bagor wrote:
dalam rangka apa ganti BBG nyari irit ah kagak juga x
sering lihat postingan forum di thailand, sepertinya mereka rutin sharing harga CNG/NGV disana, dan saya lihat bisa dari beberapa perusahaan.
Kalau saya pribadi kalau hitung irit, pastinya kita pengen tahu berapa brake even-nya. saya ambil contoh dari negara sebelah:
[img]http://s5.postimg.org/yb8bt0ccn/breakevencng.jpg[/img]
hitungan disana 15rb km udah balik modal. dengan converter kit disini harga 30jt???
di negara lain konsentrasi lebih banyak untuk truk dan fleet, sampai mereka sediakan kalkulator perhitungannya: http://www.fortisbc.com/NaturalGas/Busi ... fault.aspx
iritnya menjanjikan, dengan catatan pengecekan converter kit nya mudah, soalnya kalau disini gas kok identik dengan bus transjkt ya..
hadiyanfa wrote:@Salvanost, klo itung2an disini cuman 12rb km bro... Apalagi gw yg mobil baru setahun udah 60rb... Worthed kali ya..
wah kalau 60rb km setahun mah worthed banget dong..
berarti pemakaian sehari sekitar 150km, kalau misalkan harga vigas 5100 dan premium 7400 berarti sehari udah saving: 440rb
di giaas katanya konverter 14jt (harga promo), misalkan total2 sekalian pembenahan butuh 20jt aja masih bisa balik modal kurang dari 3 bulan.
kemarin sempat juga tanya : bagaimana maintenance-nya? katanya cuma perlu di cek ke mereka setahun sekali. (lebih aman 2 x setahun kali ya..)
genisukma wrote:Dear all, mohon saran saran atas ide ane :
Unit CR-V 2,4 - 2015 mau ane modif shg bisa pake BBG ( ViGas pertamina )
1. Berapa biaya yg dibutuhkan ?
2. Bengkel mana yg direkom utk pemasangan conv kit tsb ( lokasi di surabaya ).
3. Apakah pengaruh jangka panjang thd performa mesin ?
Note : dekat rumah ane ada SPBU COCO yg punya dispenser ViGas
Thanks utk respond nya
saya pasang merk atiker ( jakarta). browsing saja,
beli pameran GIAS 2015 lalu harga nett Rp 10,500,000,-
BBG jenis yg saya pasang adalah Vigas.
pengaruh jangka panjang terhadap mesin, adalah mesin lebih awet karena pembakaran lebih bersih.
contohnya angkot toyota kijang thn 90an yg pakai gas CNG di jakarta masih berkeliaran.
selama 1 bulan lebih pakai gas efek negatif nya adalah kantong makin tebel, karena biaya bbm saya turun 50%, sebelumnya pakai Vpower atau Pertamax Plus
genisukma wrote:Dear all, mohon saran saran atas ide ane :
Unit CR-V 2,4 - 2015 mau ane modif shg bisa pake BBG ( ViGas pertamina )
1. Berapa biaya yg dibutuhkan ?
2. Bengkel mana yg direkom utk pemasangan conv kit tsb ( lokasi di surabaya ).
3. Apakah pengaruh jangka panjang thd performa mesin ?
Note : dekat rumah ane ada SPBU COCO yg punya dispenser ViGas
Thanks utk respond nya
saya pasang merk atiker ( jakarta). browsing saja,
beli pameran GIAS 2015 lalu harga nett Rp 10,500,000,-
BBG jenis yg saya pasang adalah Vigas.
pengaruh jangka panjang terhadap mesin, adalah mesin lebih awet karena pembakaran lebih bersih.
contohnya angkot toyota kijang thn 90an yg pakai gas CNG di jakarta masih berkeliaran.
selama 1 bulan lebih pakai gas efek negatif nya adalah kantong makin tebel, karena biaya bbm saya turun 50%, sebelumnya pakai Vpower atau Pertamax Plus
Ntar sudah banyak yang pake baru nongol terpaksa di naikkan karena bla3x eh btw BBM harusnya turun lagi nih apa nunggu impas dulu,perusahaan kok rugi mulu
1978-85 holden statesman HQ deville 350 thn 1975 dipasang koltec LPG converterkit (alm.ayah sy beli NLG.300 di belanda n sampai jkt dia pasang sendiri) krn wkt itu blm ada LPG dispenser maka tengki tdk dia pasang
kita dulu pakai 12kgs tabungLPG rumahtangga ...wkt itu ada pertaminaLPG ada juga bluegas (newzealand) n sampai th 1980 blm ada tukang gas keliling ...hrs ke LPG retailer di spbu jalan gresik (hoek, skrg sdh tutup, meledak th85). Posisi 12kgs tube dibalik n miring 45derajat n dipasang antileak autostop drain pd outlet neck ...adapter u itu dia bikin sendiri di rumah dg besi di lasch
sampai mobil dijual itu tetap terpasang n sampai 2003 oleh owner nya masih pakai krn irit. Sy lost contact dg dokter pemilik mobil itu skrg.
Yg sy ingat kalo tabung baru pasang dari menteng jl surabaya bisa benar benar habis 5km ssdh puncak pass hotel
Th93-95 sy di ostrali pakai fordfalcon XE ex police dari beli sdh LPG n lumayan irit utk V8 engine dia (seminggu cuma habis skitar aud.150 tiap hr sy jalan skitar 140km goldcoast - bne tapi brapa sering pakai itu mobil sy lupa). Mobil sdh factory std LPG powered
genisukma wrote:Dear all, mohon saran saran atas ide ane :
Unit CR-V 2,4 - 2015 mau ane modif shg bisa pake BBG ( ViGas pertamina )
1. Berapa biaya yg dibutuhkan ?
2. Bengkel mana yg direkom utk pemasangan conv kit tsb ( lokasi di surabaya ).
3. Apakah pengaruh jangka panjang thd performa mesin ?
Note : dekat rumah ane ada SPBU COCO yg punya dispenser ViGas
Thanks utk respond nya
saya pasang merk atiker ( jakarta). browsing saja,
beli pameran GIAS 2015 lalu harga nett Rp 10,500,000,-
BBG jenis yg saya pasang adalah Vigas.
pengaruh jangka panjang terhadap mesin, adalah mesin lebih awet karena pembakaran lebih bersih.
contohnya angkot toyota kijang thn 90an yg pakai gas CNG di jakarta masih berkeliaran.
selama 1 bulan lebih pakai gas efek negatif nya adalah kantong makin tebel, karena biaya bbm saya turun 50%, sebelumnya pakai Vpower atau Pertamax Plus
Jujur aja langsung ngiler baca ini...
Worth kah untuk mobilio 2014, 2 tahun 2 bulan jalan 90.000km...
Apalagi tetap bisa pakai BBM jika tidak ketemu dispenser gas...
BBG kalo saya nangkep jauh lebih unggul drpd BBM. Mulai dr irit, ramah lingkungan, tenaga lebih besar. Yg bikin saya penasaran knp produsen mobil ga bikin mobil BBG aja? Apakah krn masalah safety BBG? Blm ada regulasi pemerintah? Masalah infrastruktur?
^^^
Lebih irit karena lebih murah, tapi lebih boros secara volume.
Tenaga (energi) juga lebih kecil dari minyak, meski oktan nya lebih tinggi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking