Plat bodi tipis dan menyerap benturan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Plat bodi tipis dan menyerap benturan
Jadi gini, ane kan pernah denger kalau plat body bagusnya yang tipis untuk menyerap benturan saat tabrakan. Nah minggu lalu bmw e46 ane di serempet avanza 2013, si avanzanya penyok fender nya sampe kap mesin, sedangkan e46 ane cuma penyok dikit fendernya, apa berarti plat body avanza lebih unggul dalam menyerap benturan daripada bmw kuno ane?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
iya betul.
dan plat body tipis lebih mudah dibentuk lagi seperti semula kalau penyok.
:-D
dan plat body tipis lebih mudah dibentuk lagi seperti semula kalau penyok.
:-D
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
- Location: Jakarta
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
Kalo menyerapnya kelar sebelum kena orang didalem sih gpp
Lah kalo crumplezone-nya sampe orgnya jg jdi crumple?
Lah kalo crumplezone-nya sampe orgnya jg jdi crumple?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 328
- Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
berharap rangka utama nya bisa nahan...poik99 wrote:Kalo menyerapnya kelar sebelum kena orang didalem sih gpp
Lah kalo crumplezone-nya sampe orgnya jg jdi crumple?

-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Apr 13, 2015 1:23
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
dengan body berstandar GOA (Global outstanding assesment body), sebenarnya plat tipis khas 'kaleng' seperti Toyota Avanza dll bisa dibilang baik keamanannya, karena tujuannya adalah untuk melindungi penumpang dalam kabin dengan membiarkan eksteriornya hancur lebur (yang penting penumpangnya selamet)
tapi yang jadi masalah adalah, plat bodi yang tipis terlalu mudah penyok sehingga seingkali membuat pemiliknya jengkel
tapi keuntungannya ya itu, karena mudah penyok, maka mudah juga untuk diperbaiki
tapi yang jadi masalah adalah, plat bodi yang tipis terlalu mudah penyok sehingga seingkali membuat pemiliknya jengkel


tapi keuntungannya ya itu, karena mudah penyok, maka mudah juga untuk diperbaiki

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
GOA.....ESTEC.....TNGA.........istilah iklan semua ini mahhhhhhhh
Buat TS :
NCAP rating E46 pasti di atas Pansah lah



Buat TS :
NCAP rating E46 pasti di atas Pansah lah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
kl GOA ESTEC dkk cuman iklan...
apa kabar yg bahkan ga memenuhi syarat ntuh "iklan2" yahh...
*baca : batu makam go dan goples...
apa kabar yg bahkan ga memenuhi syarat ntuh "iklan2" yahh...


*baca : batu makam go dan goples...
Turboman wrote:GOA.....ESTEC.....TNGA.........istilah iklan semua ini mahhhhhhhh
![]()
![]()
![]()
Buat TS :
NCAP rating E46 pasti di atas Pansah lah
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
Ada video di youtube nabrakin chevrolet baru dan chevrolet lama, saya lupa mobilnya apa
Setelah ditabrakkan disitu kelihatan jelas, body chevy yg baru lebih mampu untuk menyerap benturan, dibanding chevy yg 'besi semua', kemajuan teknologi lah ya
Setelah ditabrakkan disitu kelihatan jelas, body chevy yg baru lebih mampu untuk menyerap benturan, dibanding chevy yg 'besi semua', kemajuan teknologi lah ya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue Jul 14, 2015 1:49
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
[youtube]https://www.youtube.com/watch?v=xtxd27jlZ_g[/youtube]
Mungkin ini bisa membantu referensi pemahaman tentang "besi" vs "kaleng"
Hehehe...
Salam...
Mungkin ini bisa membantu referensi pemahaman tentang "besi" vs "kaleng"
Hehehe...
Salam...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
Kalo tabrakan 60 km aja apa yg ditabrak aman juga.kalo nabrak orangTurboman wrote:GOA.....ESTEC.....TNGA.........istilah iklan semua ini mahhhhhhhh
![]()
![]()
![]()
Buat TS :
NCAP rating E46 pasti di atas Pansah lah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
Tapi gak sampe segitu juga kali?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
WkwkwkwwkwkwkwkwkTUFF Stough wrote:Tapi gak sampe segitu juga kali?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
harga iron ore skrg mahal
krn itu body tipis krn pd pakai aluminum-metal matrix composites spy energy-absorbent sehingga tercipta energy antiabsorbent main structure krn collision energy yg datang sdh lari ke non-essential body parts (non essential dlm hal ini maksut nya replaceable by average workman-skill)
krn itu body tipis krn pd pakai aluminum-metal matrix composites spy energy-absorbent sehingga tercipta energy antiabsorbent main structure krn collision energy yg datang sdh lari ke non-essential body parts (non essential dlm hal ini maksut nya replaceable by average workman-skill)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
gambar itu, saya pernah lihat yang sejenis kejadiannya di bintaro, tapi waktu itu sejenis yaris 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: RE: Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
Euro NCAP iya, E46 menang.Turboman wrote:GOA.....ESTEC.....TNGA.........istilah iklan semua ini mahhhhhhhh
![]()
![]()
![]()
Buat TS :
NCAP rating E46 pasti di atas Pansah lah
Sunter NCAP nggak. Sales bilang produk Sunter lebih bagus dong.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
saya pernah lihat lexus model harier dibalik bempernya ada kotak besi pipa lumayan besar...jd mirip mobil eropa...
knp gak bikin ky avanza...
knp gak bikin ky avanza...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
skrg jaman ahss ...advance high tensile steel dg strength level 400 megapascal (minimum JDM automotive std) sedangkan ckd indo masih pakai 260-380.m.pa range std n itu yg dipakai avanza (380 m.pa utk avanza export market mexico n southafrica) ...380 itu minimum EU automotive std
bandingkan dg jaman dulu tyt corolla ckd indo masih pakai high tensile steel dg strength level skitar 180-200 m.pa sehingga doorskin diatas doorhandle mudah dent dg bbrp ratus x tekanan jempol tangan org ...saat itu tyt punya front&rear-end inward energy absorbent crumple zone sehingga membentuk barrier agar collision energy yg lbh besar tdk terus arah firewall / cabin
bandingkan dg jaman dulu tyt corolla ckd indo masih pakai high tensile steel dg strength level skitar 180-200 m.pa sehingga doorskin diatas doorhandle mudah dent dg bbrp ratus x tekanan jempol tangan org ...saat itu tyt punya front&rear-end inward energy absorbent crumple zone sehingga membentuk barrier agar collision energy yg lbh besar tdk terus arah firewall / cabin
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Plat bodi tipis dan menyerap benturan
koreksi
...400 megapascal (minimum ...).upward sedangkan ckd indo ...
...400 megapascal (minimum ...).upward sedangkan ckd indo ...