Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by Turboman »

:mky_02: :mky_02: mantap neh tulisan Prof newrubble :mky_02: :mky_02:

yah kalo ane sih melihat kita coba mulai dari step yg kecil dan lebih mudah dilakukan aza...........bila ada komunitas mobil heterogen yang kompak maka tentu ATPM juga akan segan krn komunitas tsb benar2 independent.

Betul di China mobil ada belasan merek, kalo ngeliat di alibaba ada merek yg aneh2, tapi modelnya familar, dan yg khas mesinnya itu biasanya ga jauh2 dari :
- Bensin : replika mesin Mitsubishi
- Diesel : replika mesin Isuzu

Di China memang banyak industri kecil - menengah penghasil parts, gak heran ada "mobil & motor generik", bisa cap merek sendiri.

Foton Tunland pak.......besar & pakai ban.....kalau tungau kecil, gak pake ban & loncat2.....xixixixixixixiixixixixixi

Asosiasi Produsen mobil DN : http://asianusa.blogspot.com/
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by newrubble »

local content itu basi
saya sudah dengar itu pertama kali tahun 1975 jaman klaas 3 sd ...jaman alm bapak saya masih jadi medico advisor di iakatan ahli teknik otomotif yg sekretariat nya di garmak motor (wkt itu) di cikini raya sebrang tinton sport corner (tonsco)

alur local content dipelajari dengan seksama oleh semua brand yg jualan di indo ...bukan utk di patuhi saja tapi dicari mana loop hole nya
ahirnya ketemu...

ok local content 90% ...avanza
ok local content 85% ...kijang

tapi 98% vendor lokal yg bikin items ...mrk akuisisi ...termasuk fabriek kain n kursi ...sagitarius sari yg dulu milik angkatan darat n menampung para pensiunan berpangkat rendah ...fabriek battery century (australia) mrk beli sebagian besar sahamnya n otomatis itu GS di indo jadi punya mrk

sisanya yang 2% mrk ikat ...kontrak berjangka extra panjang ...auto rollover istilahnya ...atau continuous carry over ...tapi exclusive artinya ...tdk boleh trima kerjaan diluar toyota, daihatsu n grup astra lain yg ckd ...mesin di supply ...systemic automation plan juga shg para shareholders cuma bisa pegang saham ...para jepang pegang order nya ...kalo order di cabut tiba tiba ...saham yg ada pun akan jauh lebih murah dari kertas tissue gulung

itu sudah jepang contoh kan tahun 1979-80 bagaimana indokaya nissan motor yg produksi nya nomor 3 di indo ...di ubah sejab menjadi hanya sebuah bengkel di jalan juanda raya (skrg jadi gudang ATK bank indonesia) karena marubeni (saat itu biggest share holder nissan datsun) marah n menarik semua order dari indokaya qq alm. affan bersaudara ...(gara gara datsun sena) ...dan mengalihkan status atpm ke perusahaan kecil, karbitan yg isinya (saat itu) para ex veteran 45 ...wahana wirawan dst dst nya ...hingga ww skrg jadi bagian dr NMI yg di beli nissan (japan) dari spin off grup IM. nah org org harus nya belajar ...begitu basi yg namanya implementasi local content ...sayang skali masih banyak yg tidur ...sy tdk tau pemerintah nya apa sdh bangun atau mrk bagian dari the 7 sleepers
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by Turboman »

heheheheh

Selain policy di bidang management bisnis, para Dai Nippon juga spt-nya mampu mempengaruhi kebijakan Pemerintah agar bisnis mereka tetap langgeng di sini...........termasuk secara halus memperngaruhi Pemerintah agar "menelantarkan" bibit industri otomotip perusahaan asli Indonesia, ibarat bayi tidak dibunuh dengan pedang, tapi "hanya" ditelantarkan / gak dikasih ASI / gak dikasih baju / dikasih makan ala kadarnya, etc etc. CMIIW

Ane "bermimpi" semoga suatu hari Pemerintah bisa balik badan 180 degree & mensupport industri Otomotip lokal sehingga bisa sekuat seperti TATA / Mahindra / Hindustan Motor di India, menjadi raja di tanah air sendiri.

"Bagaimana Duo Hyundai & KIA bisa tumbuh besar menjadi raksasa & hingga hari ini mampu "menghempaskan" Dai Nippon di banyak negara & terlihat seperti "Sadako" bagi industri mobil tetangga-nya......betul2 menggugah

"Bagaimana TATA & Mahindra yang bisa mengexport mobil2-nya ke negara barat, menjadi raja di tanah airnya sendiri, penguasaan teknologinya......betul2 memotivasi.......

"Biarpun banyak komplen & suara sumbang, namun secara tenang tapi pasti, Geely / Cherry / BYD / Greatwall / Foton mulai menjadi bayang bayang yang membuat panas - dingin para pemain otomotif gaek dunia..............

IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by newrubble »

Turboman wrote:heheheheh

Ane "bermimpi" semoga suatu hari Pemerintah ...
"Bagaimana Duo Hyundai & KIA bisa tumbuh besar menjadi raksasa ...
"Bagaimana TATA & Mahindra yang bisa mengexport mobil2-nya ke negara barat, menjadi raja di tanah airnya ....
"Biarpun banyak komplen & suara sumbang, namun secara tenang tapi pasti, Geely / Cherry / BYD / Greatwall / Foton ...

IMO & CMIIW
Bgmn nasib mimpi anda bila pemerintah indo (spt skrg ini) tdk bergerak selain:

dadakan bikin LCGC utk ngemis pd brand besar utk bikin mobil murah ...?Demi ciptakan lapangan
kerja baru ( baca: lowongan kerja buruh) saat desakan ILO ke pemerintah bgt menguat u stop kirim
TKI yg 3 tahun lagi masuk kategori massive human trafficking

Sama dadakannya saat mrk bikin maleo? Ngemis ke orbit ( australia ) spt mau supply mesin 2 tak yg
katanya eco friendly ...n body kia rio mk.1 demi execute the timor gap agreement blocks B and C

Sama juga dadakannya saat 40,000 unit timor jadi label mobnas yg tdk lbh dari generic car
...sekedar menyelamatkan kia motors dari bangkrut demi suksesnya barter 2 pesawat cn235 dgn
1,500 reo trucks ckd korsel

Harapan boleh harapan tapi sial nya ( katakanlah begitu ):

- pemerintah indo tdk lbh dr pengemis ( ke asing ) n tdk lbh dr pemalak ( ke WNI )
- pemerintah indo di posisikan sbg "pembina" rakyat ( mana ada pembina lbh bodoh dr yg dibina )
- pegawai pemerintah indo cuma "abdi negara" bkn "abdi rakyat" tuh liat semboyan korpri
- rakyatnya lbh suka jadi karyawan n buruh n usaha kecil kecilan yg penting income pasti

Akankah mimpi nya sebatas hanya di forum ini? Dan forum sejenisnya
Untungnya kiprah saya sdh jauh di luar batas batas negara indo...

Ttg jepang dominasi dagang ...itu mrk memulai pengorbanannya tgl 7 desember 1941 gara gara produk jepang susah masuk US market di saat produk US banjir di JDM

Ttg korea dominasi otomotif kalahkan jepang ...itu dr sakit hati thd serangan massive bajaklaut jepang 1592-98 ( the 'imjin years) dan perbudakan jepang thd bangsa korea 1910-1945 terahir perang dunia 2 itu 80% dai nippon yg ada di frontline adalah org org korea yg nama nama mrk di ganti nama jepang shg tiap tugu perang jepang selalu berbuah sakit hati korea ...

Ttg cina memasuki pasar otomotif dominasi jepang ...itu dr sakit hati thd penjajahan jepang 1905 n pembentukan kekaisaran boneka dgn pu-yi sbg perpanjangan tgn dai nippon

Ttg india sy sdh sebut di thread yg lain ttg the aryan proud intinya ...

Mostly they started from broken heartage save indian case ...sbgn besar mrk berangkat rasa kapok di injak injak bangsa asing ...kec kasus india itu spesial
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by Abu2 »

luar biasa......

trit bergizi......
terimakasih baanyak atas share wawasannya...
Pak Uwo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Thu Feb 24, 2011 3:32

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by Pak Uwo »

newrubble wrote: itu sudah jepang contoh kan tahun 1979-80 bagaimana indokaya nissan motor yg produksi nya nomor 3 di indo ...di ubah sejab menjadi hanya sebuah bengkel di jalan juanda raya (skrg jadi gudang ATK bank indonesia) karena marubeni (saat itu biggest share holder nissan datsun) marah n menarik semua order dari indokaya qq alm. affan bersaudara ...(gara gara datsun sena) ...dan mengalihkan status atpm ke perusahaan kecil, karbitan yg isinya (saat itu) para ex veteran 45 ...wahana wirawan dst dst nya ...hingga ww skrg jadi bagian dr NMI yg di beli nissan (japan) dari spin off grup IM. nah org org harus nya belajar ...begitu basi yg namanya implementasi local content ...sayang skali masih banyak yg tidur ...sy tdk tau pemerintah nya apa sdh bangun atau mrk bagian dari the 7 sleepers
Maaf menyimpang sedikit... jadi ingat Indokaya yang Datsun 510 / 1600 SSS selalu menjuarai rally dengan Tim Poedio bersaudaranya. Montir yang terkenal saat itu namanya Soleh. Setelah itu muncul Datsun 710 / 160J SSS.
Ok, Saya baru tahu kalau penarikan sebagai ATPM itu akibat dari Datsun Sena. Memang om newrubble ini... top banget deh.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by Abu2 »

Sholeg SigmaSpeed sekarang ya Pak Uwo?
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by newrubble »

Pak Uwo wrote:
newrubble wrote: Maaf menyimpang sedikit... jadi ingat Indokaya yang Datsun 510 / 1600 SSS selalu menjuarai rally dengan Tim Poedio bersaudaranya. Montir yang terkenal saat itu namanya Soleh. Setelah itu muncul Datsun 710 / 160J SSS.
Ok, Saya baru tahu kalau penarikan sebagai ATPM itu akibat dari Datsun Sena. Memang om newrubble ini... top banget deh.
yap ...datsun sena dibuat diatas ladder-frame datsun 620 ...cuma maslahnya chasis itu dianggap over quota oleh marubeni ...knp demikian? krn indokaya membuatnya sendiri diam-diam dgn peralatan yg mrk baru pasang di assembly-plant purwakarta ...yg saat itu termodern di asia tenggara (jauh lbh unggul otomatisasi nya drpd TAM) ...marubeni hanya mau chasis tsb di buat u produk datsun 620 ute (short maupun long bed) dan marubeni menolak bila indokaya bikin mobil lokal (sehingga indokaya bikin diam diam)

datsun sena sebelum indokaya di tutup adalah mobnas terlaku yg jumlah produksinya hanya terpaut dikit dari mitsi colt t120 ...berkat mesin L-12 yg handal ...yg (lagi lagi) blok mesin dan cylinder head nya (diam diam) di buat di purwakarta dgn iron ore (biji besi) impor dari hartman (australia)

pudio oetojo cs bisa jadi andalan datsun krn dia mantu nya alm. soeleman affan (hingga perkawinan bubar thn 83 ...saat yg sama semua fasilitas LC a.n indokaya nissan motor di cabut oleh bank indonesia mengikuti keinginan marubeni dan di alihkan ke wahana wirawan) ...pudio bersaudara mmg trah nya pembalap krn alm bpknya (komodor udara hoepoedio ... salah 1 pendiri auri) mmg selain mekanik di fokker assembly plant (kediri) dia juga pembalap andalan de netherlandsch indisch automobiel club dan KN-gaja motors-GM sejak tahun 1939 hingga 1941 dia banyak juara di sirkuit dalat (saigon), rangoon (yangoon), colombo (ceylon/ srilanka) serta maldives ...dgn berbagai tipe chevy...terahir dia juara de djakarta-bandung automobiel rallye 1955 dgn studebaker pinjaman dari nv-mass (atpm studebaker dan borgward saat itu) berpasangan dgn alm raden soeroso (notaris terkenal di jkt saat itu)

soleh adalah mekanik indokaya yg pernah jadi agent resmi produk nismo ..yg pertama di luar jepang dan US...dia penerima beasiswa indokaya th 72 n pernah di pinjam selama 3 tahun jadi mekanik team datsun pada east african safari rally sbg junior mechanic nya alm shekar mehta ...khusus utk datsun Z type dan datsun violet ...sejak thn 82 nama depan dia ditambah ...muhammad ..saat dia pertama x buka sigmaspeed dgn modal uang phk dari indokaya ...sedangkan guru lokal dia pak sudjarwo buka bengkel independen datsun di jatiwaringin tdk jauh dr unkris
Last edited by newrubble on Wed Dec 19, 2012 9:20, edited 1 time in total.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by ZombiEE »

mantap ulasannya
Tsabit61
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Dec 18, 2012 13:06

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by Tsabit61 »

Wuihhh salut ane sama momod satu ini...
Vglobal
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Jul 20, 2014 14:42

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by Vglobal »

Salam kenal om rubble, saya mau tanya berarti indokaya milik alm affan itu bangkrut karena marubeni menarik semua order nya? Karena yg sy dengar dr org tua saya katanya istri dan anak2 Affandi dibawa ke japan stlh kasus itu.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by newrubble »

salam kenal juga vglobal

ini thread lama yg malah sy sdh lupa kalo pernah tulis ini

itu affan bersaudara dikenal sbg perintis usaha konglomerasi pribumi pertama yg berada diluar "grup banteng" atau konglomerasi-CTC (central trading companies) yg pernah dibuat soekarno sbg hasil rampasan ex-warganegara belanda dan inggris (yg amerika serikat dan canada sdh dikembalikan ke pemilik asli oleh diktator suharto thn 1968 dan yg ex-inggris yg level multinational company di kembalikan th 1970)

mrk terdiri dari haji abdul wahab affan (pensiunan letnan kolonel zeni yg dulu dia jadi wakil panglima dari kolonel abundjani saat tentara di tugaskan ambilalih nv fuch en rens (dealership n ckd manufacturing benz terbesar diluar jerman barat) th 1955 dan sempat jadi wakil dirut permorin (namabaru fuch en rens ssdh jadi bumn) yg memulai usaha pt indokaya nissan motors dengan wang hasil pensiun dari angkatan darat n wang pesangon (golden handshake) dari permorin dan ajak adik adik nya yaitu thaib, soeleman (kmudian ganti nama jadi suleman), oemar (umar) dan oesman (usman) skrg smua sdh al marhum

anak anak mereka (maksut nya generasi kedua total ada 25) skrg tersebar di jkt dan eropa dan amerika yg di japan cuma sebentar krn tempat itu bkn yg ramah u di jadikan tempat tinggal

s affan pernah jadi besan hoepoedio (salah 1 pendiri auri n pendiri palang merah indonesia ssdh diambil alih dr NEIRKA (nederlandsh indie roode kruis afdeeling) qq NERKAI tapi perjodohan dua keluarga ini bubar saat indokaya nis-motors dibubarkan govt.indo dan assets mrk di bekukan bank indonesia dan diserahkan ke marubeni u dikelola oleh legiun veteran indo. anak nya affan perempuan saat itu jadi istri hoepoedio bintoro sampai awal th 80n

sdh ya ini sdh out of topic
Vglobal
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Jul 20, 2014 14:42

Re: Kandungan Lokal : sampai dimana sih? apa aja bentuknya?

Post by Vglobal »

Terima kasih pencerahan nya om. Saya jd tahu sedikit history kakek saya. Sorry oot ya ts.