SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Utk mesin dng kompresi diatas 10:1 jika enggak pake Pertamaxplus95 (mgkn karna langka atau karna faktor harga), bisa pake Premium88 dicampuri Norival Platinum atau Drag Evo
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
-sorry dopost ya om-
[emoji75]
[emoji75]
Last edited by VanzMatic on Tue Oct 07, 2014 10:31, edited 1 time in total.
Reason: Double posting
Reason: Double posting
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Oct 07, 2013 14:03
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
sore om, biar yarisnya ga ngelitik pake paan yahh?? udah coba di carbon cleaner ternyata balik lagi tuh ngelitiknya..ecco wrote:Kalo udah kayak gitu mirip sama Yaris saya Om, vpower kalo rpm tinggi (di atas 3000) nglitik. Mungkin perlu dioprek itu mesinj4niS wrote:ane seh pake vpower kdang campur pea buat maintenance.ecco wrote: Dah coba pakai Norival?
anyway, norival pernah coba...(platinum,titanium,drag), tapi imho, gak gitu guna![]()
belum lagi dari msds nya pun tidak ada...
*bukan sales aditif or fuel manapun....end user saja*...sekarang yaris saya udah sehat, mau bejek 6000rpm juga gak pakai nglitik lagi.
thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Asli mirip bgt sama yaris saya, akhirnya saya bawa ke bengkel di bilangan bintaro buat dioprek...falconeers wrote:sore om, biar yarisnya ga ngelitik pake paan yahh?? udah coba di carbon cleaner ternyata balik lagi tuh ngelitiknya..ecco wrote:Kalo udah kayak gitu mirip sama Yaris saya Om, vpower kalo rpm tinggi (di atas 3000) nglitik. Mungkin perlu dioprek itu mesinj4niS wrote: ane seh pake vpower kdang campur pea buat maintenance.
anyway, norival pernah coba...(platinum,titanium,drag), tapi imho, gak gitu guna![]()
belum lagi dari msds nya pun tidak ada...
*bukan sales aditif or fuel manapun....end user saja*...sekarang yaris saya udah sehat, mau bejek 6000rpm juga gak pakai nglitik lagi.
thanks
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu Nov 20, 2014 11:54
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Om bisa dijelasin lebih detail kenapa timing pengapian yg dimajukan membutuhkan membutuhkan oktan lebih tinggi?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Ya memang bengkel Provis dikenal bisa bikin mesin ilang ngelitik...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Jun 09, 2014 8:36
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Ane rutine pake aditif bensin PRIMO NITRO RACE tiap isi bensin, udah ga ngelitik tuh walau pake bensin premium.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
daripada aditif bensin, jauh lebih murah dan kuat magnet, buat sendiri saja, jangan belitawisohandsome wrote:Ane rutine pake aditif bensin PRIMO NITRO RACE tiap isi bensin, udah ga ngelitik tuh walau pake bensin premium.
https://kupasmotor.wordpress.com/2015/0 ... an-tenaga/
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Sy lagi mau cari info katanya di Jogja ada yg bikin perangkat pengirit bbm, dan bikin mesin anti ngelitik
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Kalau yang dari jogja mungkin pakai model air di elektrolisis, namanya kalau enggak HHO ya hydroxy. Memang bisa menghilangkan ngelitik. Namun kalau untuk nambah tenaga dan irit harus modif / ngakali ECU juga. Cara yang mirip adalah dengan menambahkan uap bensin atau uap air. Juga bisa mengurangi ngelitik.JESKONENG wrote:Sy lagi mau cari info katanya di Jogja ada yg bikin perangkat pengirit bbm, dan bikin mesin anti ngelitik
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Bukan yg hidrogen2 an om. Nama penciptanya : Mashim
.
.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Baru tau ada trit bergizi tinggi gini... ninggalin jejak dulu deh... sambil ntar pelan - pelan baca... 

REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri May 22, 2015 15:03
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
sekedar share yg ane pahami. memajukan ignition timing berarti membuat busi memercikan lebih awal dari seblumnya. hal ini akan tentu membuat campuran bensin dan udara lebih awal terbakar. bila campuran itu belum begitu baik tercampurnya, maka campuran tsb akan terbakar tdk merata, ada yg duluan, ada yg terjadi lebih lama. Yg lbh lama ini yg disebut detonasi/ngelitik. Power jelas akan turun.ugifractal wrote:Om bisa dijelasin lebih detail kenapa timing pengapian yg dimajukan membutuhkan membutuhkan oktan lebih tinggi?
Utk mengatasinya terdapat banyak cara. Kalo bensin yg dibicarakan, meningkatkan oktannya akan memperlambat waktu terbakar campuran tsb, yg memungkinkan campuran keseluruhan terbakar pada saat bersamaan. Mbl bisa berkurang atau hilang ngelitiknya. Powerpun akan kembali normal.
bila peningkatan oktan bensin tidak diinginkan, dua cara lain bisa dipakai yaitu perbaikan kwalitas udara sehingga udara/bensin lbh baik tercampurnya/homogenous. Cara lainnya bisa dipakai dgn cara memundurkan cam timing. Kedua cara ini memang kurang banyak dipahami banyak pihak walaupun para engine builders kelas dunia sudah biasa melakukannya. Bisa jg diperhatikan penyebab mesin ngelitik gara2 cam timing yg tidak pas ini tidak disebutkan di tulisan TS, sekalian kalo berkenan ane tambahkan deh dgn postingan ini.
cmiiw

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri May 22, 2015 15:03
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Sekalian nih ane ada contoh lumayan menarik, hasil dari perubahan cam timing dan atau perubahan kwalitas flow:

Di garis hitam, camcon piggyback, tanpa menggunakan fitur AFR, memundurkan cam timing sekitar 1-2 derajat. Membuat power meloncat. Loh kok memundurkan cam timing bs membuat power naik di RPM rendah lagi? Super master yg ane kagumi mengingatkan untuk tidak menghafal konsep, tapi mengertinya. Memundurkan cam timing di saat mobil mengalami masalah, spt power berkurang, ngelitik, boros bensin, akan membuat power meningkat karena (langsung aja ke kesimpulan) temperatur di ruang bakar dibuat lebih adem sehingga pembakaran lebih merata.
Di garis merah, pekerjaan pressure tuning, tentu tanpa camcon atau lainnya, bahkan lebih meningkatkan power. Memang itu bisa terjadi krn pressure tuning yg kita lakukan pd mbl ini menerapkan beberapa move utk mengatasi masalah2 power loss, boros dan ngelitik... selain cam timing, pressure tuning ini juga meningkatkan kwalitas dan juga kwantitas flow, walau terbatas perubahannya.
Dan juga camcon sbg piggyback adalah alat memaksimumkan kondisi. Setelah pressure tuning, tdk terlihat di gambar itu, camcon dipasangkan kembali danberhasil meningkatkan lagi power lebih dari garis merah itu, tentu camcon tanpa AFR tuning.
Menarik bukan? tidak ada ignition timing yg dirubah (malah jatuh dong power kalo ignition dimundurin), tidak ada pergantian oktan bensin yg dilakukan. Hasil bahkan lebih baik jauh dari bila timing pengapian dimainkan.

Di garis hitam, camcon piggyback, tanpa menggunakan fitur AFR, memundurkan cam timing sekitar 1-2 derajat. Membuat power meloncat. Loh kok memundurkan cam timing bs membuat power naik di RPM rendah lagi? Super master yg ane kagumi mengingatkan untuk tidak menghafal konsep, tapi mengertinya. Memundurkan cam timing di saat mobil mengalami masalah, spt power berkurang, ngelitik, boros bensin, akan membuat power meningkat karena (langsung aja ke kesimpulan) temperatur di ruang bakar dibuat lebih adem sehingga pembakaran lebih merata.
Di garis merah, pekerjaan pressure tuning, tentu tanpa camcon atau lainnya, bahkan lebih meningkatkan power. Memang itu bisa terjadi krn pressure tuning yg kita lakukan pd mbl ini menerapkan beberapa move utk mengatasi masalah2 power loss, boros dan ngelitik... selain cam timing, pressure tuning ini juga meningkatkan kwalitas dan juga kwantitas flow, walau terbatas perubahannya.
Dan juga camcon sbg piggyback adalah alat memaksimumkan kondisi. Setelah pressure tuning, tdk terlihat di gambar itu, camcon dipasangkan kembali danberhasil meningkatkan lagi power lebih dari garis merah itu, tentu camcon tanpa AFR tuning.
Menarik bukan? tidak ada ignition timing yg dirubah (malah jatuh dong power kalo ignition dimundurin), tidak ada pergantian oktan bensin yg dilakukan. Hasil bahkan lebih baik jauh dari bila timing pengapian dimainkan.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Jun 29, 2015 20:24
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
salam kenal om om sepuh yang ada di SM, perkenalkan saya member yg sangat baru disini dan sangat membutuhkan wejangan om om sekalian.
Saya punya vios08 manual, problem yg saya hadapi skrg itu.ketika menambah akselerasi dari kecepatan konstan 80-100 kpj terdengar suara ngelitik halus sampai kabin. yang sudah saya lakukan saat ini hanya carbon clean dengan cairan spirit, ganti busi dengan gap stock denso, kalibrasi injector, cleaning fuelpump dan memasukan additive fuel system cleaner melalui tanki bensin. tapi keluhan ngelitik tetap muncul.Bensin selama ini pakai shell super ron 92. ada yang punya problem sama atau ada saran?
Saya punya vios08 manual, problem yg saya hadapi skrg itu.ketika menambah akselerasi dari kecepatan konstan 80-100 kpj terdengar suara ngelitik halus sampai kabin. yang sudah saya lakukan saat ini hanya carbon clean dengan cairan spirit, ganti busi dengan gap stock denso, kalibrasi injector, cleaning fuelpump dan memasukan additive fuel system cleaner melalui tanki bensin. tapi keluhan ngelitik tetap muncul.Bensin selama ini pakai shell super ron 92. ada yang punya problem sama atau ada saran?
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Jun 29, 2015 20:24
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
saya juga tempo hari iseng bikin kabel ground tambahan pada head cylinder, alternator,dan ecu. entah sugesti atau apa tapi rasanya ngelitik agak berkurang sedikit. apa mungkin pengaruh knock sensor yg terkoreksi akurasinya?terima kasih banyak sebelumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
beberapa waktu lalu, mirage ane ngelitik agak parah. jangankan di tanjakan, di kota aja kalau pas lagi akselerasi di kemacetan pun sering ngelitik.
sempat dicek dengan kamera oleh sebuah bengkel, ada endapan kerak karbon di piston.
setelah baca2 artikel, ane coba italian tuning, yaitu ajak mobil jogging high rev sampe ngelitiknya hilang, katanya bisa merontokkan endapan karbon di dalam ruang bakar.
lari dengan rata2 4500 rpm sepanjang jalan tol juanda PP, setelah itu ngelitik di mobil ane beneran hilang. entah gimana dengan kondisi di ruang bakar, tapi dengan penggunaan bbm yang sama hilangnya knocking berarti ruang bakar sudah bersih kan? apa masih perlu carbon clean lagi?
sempat dicek dengan kamera oleh sebuah bengkel, ada endapan kerak karbon di piston.
setelah baca2 artikel, ane coba italian tuning, yaitu ajak mobil jogging high rev sampe ngelitiknya hilang, katanya bisa merontokkan endapan karbon di dalam ruang bakar.
lari dengan rata2 4500 rpm sepanjang jalan tol juanda PP, setelah itu ngelitik di mobil ane beneran hilang. entah gimana dengan kondisi di ruang bakar, tapi dengan penggunaan bbm yang sama hilangnya knocking berarti ruang bakar sudah bersih kan? apa masih perlu carbon clean lagi?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
betul.. italian tuning memang efektif omr1409 wrote:beberapa waktu lalu, mirage ane ngelitik agak parah. jangankan di tanjakan, di kota aja kalau pas lagi akselerasi di kemacetan pun sering ngelitik.
sempat dicek dengan kamera oleh sebuah bengkel, ada endapan kerak karbon di piston.
setelah baca2 artikel, ane coba italian tuning, yaitu ajak mobil jogging high rev sampe ngelitiknya hilang, katanya bisa merontokkan endapan karbon di dalam ruang bakar.
lari dengan rata2 4500 rpm sepanjang jalan tol juanda PP, setelah itu ngelitik di mobil ane beneran hilang. entah gimana dengan kondisi di ruang bakar, tapi dengan penggunaan bbm yang sama hilangnya knocking berarti ruang bakar sudah bersih kan? apa masih perlu carbon clean lagi?

mbl yg jarang di pke highrev justru lebih penyakitan dan lemot dibanding yg sering lari.

klw masalah knocking uda hilang lari membaik ya gperlu carbon clean lg ya? klw boleh tw suka pke fuel apa dan sdh brp km?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
pake premium + minyak urut cap n*r*val. km baru 34rb.billyd1773dz wrote:betul.. italian tuning memang efektif omr1409 wrote:beberapa waktu lalu, mirage ane ngelitik agak parah. jangankan di tanjakan, di kota aja kalau pas lagi akselerasi di kemacetan pun sering ngelitik.
sempat dicek dengan kamera oleh sebuah bengkel, ada endapan kerak karbon di piston.
setelah baca2 artikel, ane coba italian tuning, yaitu ajak mobil jogging high rev sampe ngelitiknya hilang, katanya bisa merontokkan endapan karbon di dalam ruang bakar.
lari dengan rata2 4500 rpm sepanjang jalan tol juanda PP, setelah itu ngelitik di mobil ane beneran hilang. entah gimana dengan kondisi di ruang bakar, tapi dengan penggunaan bbm yang sama hilangnya knocking berarti ruang bakar sudah bersih kan? apa masih perlu carbon clean lagi?
mbl yg jarang di pke highrev justru lebih penyakitan dan lemot dibanding yg sering lari.![]()
klw masalah knocking uda hilang lari membaik ya gperlu carbon clean lg ya? klw boleh tw suka pke fuel apa dan sdh brp km?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Jika mobil dari baru sdh pake N*r*v*l maka pembakaran yg terjadi selalu optimal, sehingga carbon cleaning boleh diabaikan / ditunda sampai km mencapai di atas 50.000 km.r1409 wrote:pake premium + minyak urut cap n*r*val. km baru 34rb.billyd1773dz wrote:betul.. italian tuning memang efektif omr1409 wrote:beberapa waktu lalu, mirage ane ngelitik agak parah. jangankan di tanjakan, di kota aja kalau pas lagi akselerasi di kemacetan pun sering ngelitik.
sempat dicek dengan kamera oleh sebuah bengkel, ada endapan kerak karbon di piston.
setelah baca2 artikel, ane coba italian tuning, yaitu ajak mobil jogging high rev sampe ngelitiknya hilang, katanya bisa merontokkan endapan karbon di dalam ruang bakar.
lari dengan rata2 4500 rpm sepanjang jalan tol juanda PP, setelah itu ngelitik di mobil ane beneran hilang. entah gimana dengan kondisi di ruang bakar, tapi dengan penggunaan bbm yang sama hilangnya knocking berarti ruang bakar sudah bersih kan? apa masih perlu carbon clean lagi?
mbl yg jarang di pke highrev justru lebih penyakitan dan lemot dibanding yg sering lari.![]()
klw masalah knocking uda hilang lari membaik ya gperlu carbon clean lg ya? klw boleh tw suka pke fuel apa dan sdh brp km?
Namun jika mobil sdh berjalan puluhan ribu km sebelum pake N*r*v*l ada kemungkinan sdh terbentuk lapisan kerak di ruang bakar, sebaiknya dilakukan carbon clean segera. Karena No*iv*l bukanlah carbon cleaner, tdk berfungsi membersihkan kerak karbon yg sdh telanjur terbentuk
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Jan 15, 2016 0:42
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
om nubie izin bertanya om, maaf bgt kalo salah kamar..
kalo filter bensin tuh wajib diganti per brapa KM yak?, ada jangka waktu tertentu nya gak?, kalo ga diganti apa efek nya?, mohon maaf kalo pertanyaan nya pernah diajuin..
trima kasih respon nya om
kalo filter bensin tuh wajib diganti per brapa KM yak?, ada jangka waktu tertentu nya gak?, kalo ga diganti apa efek nya?, mohon maaf kalo pertanyaan nya pernah diajuin..
trima kasih respon nya om
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Wed Feb 10, 2016 16:11
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
mau nanya cx-5 yg kompresinya tinggi kan disebutin min RON 92, kalo saya pake RON 95/98 apa bakal lebih hemat secara signifikan secara ekonomis dan gmn performanya?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
- Location: Bandung
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Kebtulan sy pake yaris 10 & allnew vios14. Semuanya mt. Sy pernah pake berbagai jenis bbm. Setiap ganti jenis bbm minimal sy pakai sampai 3-5x full tank biar tau bagaimana bedanny dr tiap jenis bbm yg sy pake. Hasilnya :sukitog wrote:salam kenal om om sepuh yang ada di SM, perkenalkan saya member yg sangat baru disini dan sangat membutuhkan wejangan om om sekalian.
Saya punya vios08 manual, problem yg saya hadapi skrg itu.ketika menambah akselerasi dari kecepatan konstan 80-100 kpj terdengar suara ngelitik halus sampai kabin. yang sudah saya lakukan saat ini hanya carbon clean dengan cairan spirit, ganti busi dengan gap stock denso, kalibrasi injector, cleaning fuelpump dan memasukan additive fuel system cleaner melalui tanki bensin. tapi keluhan ngelitik tetap muncul.Bensin selama ini pakai shell super ron 92. ada yang punya problem sama atau ada saran?
1. Pertmax/super92 : ngelitik lmyn parah
2. Vpower : kadang2 msh sk ngelitik
3. Total92 : ampir sama dg vpower ( tp lebih jarang lg ngelitikny)
4. Total95 : ini paling maknyus d mid lbh irit,akselerasi lbh mantaf,dan yg paling penting ngg ngelitik
Kl dlm kota skrng d usahain selalu total92, kl utk luar kota total 95.
Nah sekarang lg penasaran ama Pturbo gmn rasanya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
mau tanya donk, cr-v gen 3 2007 kalo digas di rpm 2000 ke atas dari depan kedengeran suara kayak kerikil mantul" alus gitu
apakah itu namanya ngelitik ?
apakah itu namanya ngelitik ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Kalo saya cocok nya di oktan ron 92. Agak irit rasanya (atau feeling aja ya)
Klo pake ron90 ngelitik dan boros
Ron 98 maybe next
Klo pake ron90 ngelitik dan boros
Ron 98 maybe next
Car Is My Life