Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Profith83 wrote:Hallo owner Grand Livina dan para master GrandLivina
Mau tanya, apa ada yang sudah pakai Grand Livina sampai 6 tahun atau ODO sampai 100,000 KM , sudah ganti apa saja yah?
Ingin tahu soalnya saya punya Grand Livina mau dipakai sampai 6 tahun atau ODO sampai 100,000 KM akan keluar biaya apa saja
Terima kasih sudah membaca, apabila berkenan sharing yah.
Kalo punya saya livina XR, udah 6 tahun juga, km 103.000. Service 100 rb kemarin ya ganti busi di beres sesuai buku.
yang di luar buku :
- ganti engine mounting, ada 2 atau 3 macem gitu deh, karena geter saat berhenti di D
- pernah ganti shock belakang. bagian kaki kaki lainnya belum dicek. udah ada bunyi gruduk juga. Kalo dibiarin aja bahaya gak ya waktu nyetir ? kalo gak bahaya mah mau dibiarin aja. hehehe.
- ganti Evaporator. apa bener ya ac musti diservice 1 tahun sekali biar kotoran gak numpuk di evap ?
- pernah ganti disc brake
DOHC wrote:Kl csc coba liat yg deket lobang mau masuk pipa hidrolik ke housing gearbox nya... ad rembesan ga.... tp kl ga ad.. bsa jg dr bearing d csc nya.. kl ini mau ga mau musti turun gearbox... tp mustinya jarang sehh yah... dl kasus rembes csc banyak d ogl.. itupun jg cuman beberapa
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
mobil ane OGL om tahun 2008. lobang masuk pipa hidrolik ke housing gearbox sepertinya gak ada rembesan om, pipa juga fine2 aja gak bocor seperti yg sering kejadian karena ketumpahan air aki, tapi di celah sambungan antara gearbox sama mesin ada rembesan oli/minyak rem (warna bening), dan jumlah oli rem di reservoir mmg berkurang jauh. kmrn sore housing gearbox tempat csc udah turun, kondisi dalemnya kotor debu campur oli, jadi basah gitu. master kopling atas juga udah dilepas, jadi pagi ini saya rencana beli csc & master kopling atas sekalian. updatean menyusul om...
Waduhhh jauh banget ampe master kopling atas.... emg rusak om ?? Kl ga mending jgn d kutak katik... kl csc jebol emg ud bebrrapa kasus om...... skalian ganti kampas ama matahari kopling aj om...
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
update singkat...
mobil udah kelar beberapa hari yang lalu, udah test drive ratusan kilometer lagi n kondisi sudah normal lagi seperti sebelumnya
mahar yang dikeluarkan : master kopling atas 400k (ada label nissan, tapi kata toko part bukan original, semoga awet...), master kopling bawah/csc 357k (include ppn, beli di beres), minyak rem sebotol 25k, ongkos kerja 300k, total 1,082jt.
sehari berselang saat jalan ac tiba-tiba gak dingin, konsul ke bengkel ac harus ganti filter dryer.
mahar yang dikeluarkan : filter dryer 225k, ganti freon, vakum n oli kompressor 350k, jasa 100k, total 675k.
Profith83 wrote:Hallo owner Grand Livina dan para master GrandLivina
Mau tanya, apa ada yang sudah pakai Grand Livina sampai 6 tahun atau ODO sampai 100,000 KM , sudah ganti apa saja yah?
Ingin tahu soalnya saya punya Grand Livina mau dipakai sampai 6 tahun atau ODO sampai 100,000 KM akan keluar biaya apa saja
Terima kasih sudah membaca, apabila berkenan sharing yah.
Kalo punya saya livina XR, udah 6 tahun juga, km 103.000. Service 100 rb kemarin ya ganti busi di beres sesuai buku.
yang di luar buku :
- ganti engine mounting, ada 2 atau 3 macem gitu deh, karena geter saat berhenti di D
- pernah ganti shock belakang. bagian kaki kaki lainnya belum dicek. udah ada bunyi gruduk juga. Kalo dibiarin aja bahaya gak ya waktu nyetir ? kalo gak bahaya mah mau dibiarin aja. hehehe.
- ganti Evaporator. apa bener ya ac musti diservice 1 tahun sekali biar kotoran gak numpuk di evap ?
- pernah ganti disc brake
itu aja sih yang gede2 gantinya.
AC sebaiknya saringan saja yang sering dibersihkan, kalau evaporator, takutnya dibersihkan kalau tidak hati hati malah menyebabkan bocor
Evap mending pasang filter kabin.... tiap taon d ganti.... nanti jg bakal amaze betapa awet nya tuh evap stelah dpakein filter... enjin mounting full set 3 biji bli d beres kira2 ampir 1.8 jt dl waktu ane nanya... kl harga atrium kisaran 1.2 jt....
DOHC wrote:Evap mending pasang filter kabin.... tiap taon d ganti.... nanti jg bakal amaze betapa awet nya tuh evap stelah dpakein filter... enjin mounting full set 3 biji bli d beres kira2 ampir 1.8 jt dl waktu ane nanya... kl harga atrium kisaran 1.2 jt....
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Hallo om DOHC atau dipanggil om Klep yah ?
Sepertinya pernah lihat di topic lain pernah dipanggil om Klep
Kalau engine mounting yang di atrium merek apa dan buatan mana?
itu yg asli nissan om... kl yg KW saran ane mending jangan... harga murah jauh bsa ampe stengah harga asli tapi kualitas acakkadut...
kl yg enjin mounting kanan paling gede, utk yg asli nissan nya, perhatikan karet nya, terutama karet di bagian bawah yg bundar, cari lambang bridgestone yg sperti huruf "B"
Numpang ikutan. Livina saya model Autech 2012 MAtic silver. KM 24rb ongoing. Gak ada keluhan apa2 so far sie. AKi juga awet2 ja dr baru. Kondisi standar abis. Kalo ngelitik iya, lemot ya sabar ja lah, matic cc kecil. Sempat bunyi dengung kalo jalan diatas 80 KPH, tp kalo ditelisik bunyinya dr rak atap yang baru poasang di variasi model alumunium ada bolong2nya bawahnya. JAdi gak utuh itu palang rak, efeknya jadi kayak siulan.
So far gelitik ja keluhannya. Denger2 ada yang manipulasi ECU mundurin timing pengapian pake soket OBD sama android, soketnya beli dimana ya? Trs tuh soket dicolok kemana ntar?
droni wrote:Mau nanya soal FC om. Livina ane full tank cm dpt 350 an km dalkot. Rutenya banyakan cawang-pasar baru. Kira2 wajar kah om? Atau ada yg perlu disetel biar lebih irit gt.
Tp pernah dipake plg kampung full tank dpt 720an km. Jauh amat bedanya ya. Pake nya ron 92 n matik.
Mohon share infonya ya om. Makasi bnyk sebelumnya
ANGL MT bensin campuran vpower & shell super.
pemakaian campuran dalkot-lukot.
rata² sih saat ini 350km itu setengah tank atau 1 bar di bawah setengah kalo banyak kena macetnya. konsumsi rata² avg ~ 1:12.5 - 1:14.
Tol :
- datar ~ 1:21-25 (lari cuma 70-90)
- nurun (bdg - karawang) ~ 1:26 (kaki rada sopan, hati lg happy
- nanjak (karawang - bdg) ~ 1:14-15 (mau ga mau sering rebutan jalan kalo ada truk di depan
Lapor service km 40.000
Warranty shock belakang
Warranty Ganti seal gearbox at (kurang jelas posisi mn)
Warranty mounting shock depan.
Klaim bunyi gruduk2 suspensi depan, posiitif bushing crossmember kena, tunggu indent part, di ganti utuh.
Suspensi kurang tahan banting nih mobil.
Nah Warranty sisa 1thn lg, kr2 part apa lagi yang bakal rusak biasa nya ya bro?
Biar gw siksa aja part nya
gilee km 40 rebu ud jajan mounting ama crossmember... d abuse kaya apa tuh om... atau... ud makin seberapa ancur tuh kualitas parts nya batu makam...
tanggung om, ancurin jg tuh bushing swing arm depan, cucuk2 in pake obeng pipih biar sobek tuh karet bushinnya nya.. atau semprotin wd-40 tiap ari biar cepet kering.. mahal tuh sbiji nya aj d nissan bsa 800an rebu, musti ganti satu set ama arm nya... trus ancurin jg link stabilizer, buka, trus sobek karet pelindung nya trus masukin pasir ama air asin... ganti bearing shock jg tuh... pasti ud tewas scara crossmember ama mounting shock aj ud tewas... copotin, trus congkel cover bearing nya, berishin bji gotri nya pake solar atau bensin dari gemuk trus masukin pasir... enjin mounting masa cuman satu yg rusak ?? yg tngah bawah pasti jg ud getas retak tuhh, minta ganti... jgn lupa cek jg yg di gearbox sebelah kiri, bentar lg jg mokat tuhh... trakir cek boot as roda, terutama boot dalam... kualitas karet nya sumpah lebi ampas dari mobil cungkwo... gampang banget retak trus mendadak sobek... atau kalau belum sobek, cucuk aj pake obeng...
biar mampus tuh batu makam, skali2 ngerasain gmana rasanya ilang macbook air buat betulin barang sampah nya...
Haha horor yak, gw make termasuk gaspol, tp ga asal hajar lubang, polisi tidur aja kalem kok.
Eh sry bearing shock depan yg ada gotri nya yg di Warranty ding, bukan mountingnya.
Jd ini penyakit dr pas baru,
abis mundur belok trus maju lurusin setir bunyi glek di suspensi kanan doang.
Banyak amat sarannya om, itu mah 1 set suspensi depan wkwk
Rada nyesek ambil nih mobil gr2 kaki2nya, dulu disc 35jt makanya ambil.
GunturSon wrote:Haha horor yak, gw make termasuk gaspol, tp ga asal hajar lubang, polisi tidur aja kalem kok.
Eh sry bearing shock depan yg ada gotri nya yg di Warranty ding, bukan mountingnya.
Jd ini penyakit dr pas baru,
abis mundur belok trus maju lurusin setir bunyi glek di suspensi kanan doang.
Banyak amat sarannya om, itu mah 1 set suspensi depan wkwk
Rada nyesek ambil nih mobil gr2 kaki2nya, dulu disc 35jt makanya ambil.
Mounting shock skalian dganti jg tuhh... karet nya jelekan punya koq... seumur2 piara mobil fwd cuman ini gl ane dl yg plg pendek umur mounting shock nya...
Skalian jg cek shock nya om.... shock gl itu masi yg type oli... harga nya lebi mahal dr yg gas... d luaran aj jg masi ckup mahal harga nya.... padahal umur nya ini shock oli ga panjang2 amat.... 3 taon aj ud bagus
Emg bnyak om.... wong lipina kl rusak kaki2 yah artinya ganti full set kaki2 depan.... makanya DC nya bsa ampe seharga macbook air...
saran ane sehh...
kl emang ini mobil ga ada nilai sentimentil nya.... setelah waranty abis mending cepet jual dehh.... drpd nanti kluar penyakitnya... bkin nyesek bayar nya.. apalagi RV nya jg ga bagus2 amat ini mobil... ud kehajar mobilio ertelu dkk... plusss kehadiran lcgc2.... bole kroscek ke pedege2 di wtc, gading, serpong ampe karawaci skalian...
DOHC wrote:Emg bnyak om.... wong lipina kl rusak kaki2 yah artinya ganti full set kaki2 depan.... makanya DC nya bsa ampe seharga macbook air...
saran ane sehh...
kl emang ini mobil ga ada nilai sentimentil nya.... setelah waranty abis mending cepet jual dehh.... drpd nanti kluar penyakitnya... bkin nyesek bayar nya.. apalagi RV nya jg ga bagus2 amat ini mobil... ud kehajar mobilio ertelu dkk... plusss kehadiran lcgc2.... bole kroscek ke pedege2 di wtc, gading, serpong ampe karawaci skalian...
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
iya om, mampuss punya ane 1.8 hws pulak, tambah ga laku kayanya dibanding yang 1.5
Btw ini nissan ga praktis juga ya
Ky crossmember kenapa ga sediakan bushing nya doang aja ya?
1 set crossmember 4jt an, wtf.......
Siap2 trauma merk nissan
itu harga crossmember 4jt tahun kapan om ? lagu lama sekali itu mah..
harga sekarang cuma 1.5jutaan di beres.
Ganti bushing doang ?? ada tuh..
coba ke bengkel Jasmin, ganti bushing doang bisa..
bengkel lain juga udah mulai banyak yang tahu kalau ganti bushing doang bisa kok..
Sejauh pengalaman saya merawat GL XV Matic 2008 gak lebih mahal dari merawat merk mobil lain, sudah banyak part substitusinya / part non ori buatan thailand, cuma yang jual gak banyak, mesti nyambangi toko sparepart yang memang khusus jualan nissan.
di Surabaya ada beberapa, diantarnya MINI motor di baliwerti, Alpha motor di kedungdoro, dan satu toko lagi lupa, deketnya mitra 10 kedungdoro.
Harga part Thailand juga murah murah, kualitas OK lah., mirip part KW jepangan lainnya.
Beres nissan skrg jg ud ad jual bushing crossmember nya doank koq.... rempong nya musti bawa ke tkg press... tp kl mau gampang yah beli satu set crossmember...
Atau kl ad kenalan yg jual teflon.. mending bushing lama d bakar karet nya trus ganti ke teflon... rasakan upgret handlingnya
Ada yg tahu bengkel kaki kaki dekat Kelapa Gading ? Ane pengguna baru GL 1.8XV kemarin baru ganti engine mounting 1 set. Bulan ini mau kelarin karet2 dan bushing dulu.
Greenhunter wrote:itu harga crossmember 4jt tahun kapan om ? lagu lama sekali itu mah..
harga sekarang cuma 1.5jutaan di beres.
Ganti bushing doang ?? ada tuh..
coba ke bengkel Jasmin, ganti bushing doang bisa..
bengkel lain juga udah mulai banyak yang tahu kalau ganti bushing doang bisa kok..
Sejauh pengalaman saya merawat GL XV Matic 2008 gak lebih mahal dari merawat merk mobil lain, sudah banyak part substitusinya / part non ori buatan thailand, cuma yang jual gak banyak, mesti nyambangi toko sparepart yang memang khusus jualan nissan.
di Surabaya ada beberapa, diantarnya MINI motor di baliwerti, Alpha motor di kedungdoro, dan satu toko lagi lupa, deketnya mitra 10 kedungdoro.
Harga part Thailand juga murah murah, kualitas OK lah., mirip part KW jepangan lainnya.
Oh ya sory saya salah menyimak SA nya waktu ngobrol, dulu 4jtan dia bilang, skrg harga 1.380 + 400 ongkos pasg nya.
1.8 jt total untuk pasang crossmember aja , dgn masa pakai 2thn an.
So untung nya dulu banyak amat ya, haha
Yg make nissan dulu2 pantes rada2 alergi klo sy baca di forum.
DOHC wrote:Beres nissan skrg jg ud ad jual bushing crossmember nya doank koq.... rempong nya musti bawa ke tkg press... tp kl mau gampang yah beli satu set crossmember...
Atau kl ad kenalan yg jual teflon.. mending bushing lama d bakar karet nya trus ganti ke teflon... rasakan upgret handlingnya
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Yup asik jg itu, dulu biem lawas gw prnah pake bushing bahan teflon jd lebih rigid.
Btw, pernah coba pasang rear sway bar, ga om?
Baca forum2 sih ktnya cheapest suspension upgrade yang paling ngefek.