Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Bejiau
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:45

Post by Bejiau »

Satu hal lagi untuk Grand Livina, antena radio napa masih model panjang gitu ya. Kesannya agak ketinggalan gitu. Bagusan kan model kecil imut.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

Bejiau wrote:Satu hal lagi untuk Grand Livina, antena radio napa masih model panjang gitu ya. Kesannya agak ketinggalan gitu. Bagusan kan model kecil imut.
fyi, antena innova V udah di laminating di kaca jendela belakang samping kanan lho....
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Mungkin yang pesan 1.5 masih jauh lebih banyak. Jadi pabrik di suruh bikin banyakan 1.5, supaya antriannya ngak terlalu gila. Sebab image di Indo kan mesin 1500 cc lebih irit dari 1800 cc, dan memang saat ini mobil 1500 cc lagi booming !


Mengenai tulis ke NMI, saya sedikit worrynya apa. Yang inden ribuan orang, tapi jika yang tulis cuman puluhan orang, bahkan mungkin ngak sampai 10 orang, apakah lobbynya cukup kuat ? Takutnya mayoritas pembeli 1.5 sudah puas dengan harga / barang, dan NMI pikir, yang protest cuman segitu. Apakah permintaan high spec 1.5 demikian banyak ?


Sebab mereka sadar, makin banyak varian / custom made, mereka lebih pusing. I guess jika yang tulis ada minimal berapa ratus, pasti di dengerin. But bisa kah sebanyak itu ?


Tapi, bukan saya belain mereka, saya juga harap di kasih electric mirror di variant 1.5. Sebab saya tau ini feature enak sekali. BUT, JIKA nanti tetap ngak ada, terus terang, suruh saya pilih antara Avanza yang sudah ada electric mirror, atau Livina 1.5 yang ngak ada, saya tetap Livina, meskipun imperfect Livina.


Why ? Sebab well at least kaca spion manual, sudah di stel sekali pakai tangan, ya kalau mayoritas saya yang pakai terus, kan ngak perlu di stel terus tiap hari. Stabil posisinya. Kalau maling jarang lah iseng robah settingnya, malah mereka suka electric mirror. Yang manual pasti ogah.


Kecuali yang pake Livina 1.5 itu sering gonta ganti orang, ya jadi repot memang. Otherwise, its not going to be a serious big problem. Well, at least hadapi maling, ayo ambil spion ku, bisa ngak ?


Saya tetap lebih prioritaskan mesin, performance, comfort, handling, irit, space, ruang penumpang etc. After all, dapat mobil murah ada electric mirror, tapi jika ngak enak, berisik, ndut ndutan, sempit, ugly, boros (banding size mesinnya), electric mirror itu tetap ngak akan bikin saya puas.


Let's hope NMI akan kasih kita the best of both worlds !
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Itu belum tentu antena benaran. Bisa jadi cuman accessory pemanis, like Stream juga ada " antena " panjang di depan tengah.


Kalau saya sih suka. Bikin seperti ayam laki ada crown tinggi di atas kepalanya...
Bejiau
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:45

Post by Bejiau »

Jazz saya dulu kalo parkir mundur dibawah pohon, suka nyangkut Sith.
Takut antena patah aja sih
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Seharusnya berbarengan dong dgn yg 1.8. Oklah yg 1.5 antri panjang. Kalo dahulukan yg 1.5 kita yg 1.8 kena antrian panjang jg. Seharusnya NMI buat sesuai dgn antrian. Berarti intinya yg bln 3 inden 1.5 dapat duluan dr gw yg bln 12 yg inden 1.8. Seperti kaya kita ke restoran semua pesan nasi goreng, gw pesan bihun gr. Padahal gw yg pesan duluan bihun gr, pihak rest liat yg antri nasi gr panjang so gw terlantarkan huh. Kesal jg. Pertengahan mei start deliver 1.8 kata dealer gw. 5jt yg gw inden jd sia2. Bung sith jgn diliat dr kompetitor yg ada skrg. Pihak NMI jg harus antisipasi kompetitor yg bkl lahir kaya sx4 atau facelift dr mbl yg ada. Jika pd waktu itu br tambah fitur terkesan NMI ambil kesempatan utk mendapatkan keuntungan segedenya dari pembeli awal livina yg justru merupakan jasa bagi livina utk sukses. Masa NMI ikuti cara Tam dan Hpm jg
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

hunter wrote:
Winata wrote:Dan sebenarnya tujuan utama jd inova killer atau avanza killer sih.
nurut gua sih kayaknya inova killer. waktu nonton oto tv kmrn2, presdir NMI orang jepang itu, sama sekali gak nyinggung2 anvanza/xenia loh. (atau gua salah denger). yg dia bandingin harganya bakalan dimulai dr sekitar rush/terios keatas.
Image
Image
Image
Image
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

sori. hehe jadi gua kelewatan, memang avanza ada di sebut dlm targetnya.
denise
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Wed Mar 21, 2007 7:16

Post by denise »

masa livina ultimate airbagnya cuma di driver seat? kalo saya lihat di brosurnya, di dasbor penumpang depan sepertinya ada (ada garis bentuk segiempat seperti umumnya dimana airbag tersimpan) tapi diketerangan tertulis : airbag (driver seat).

wah, keciiiwa deh.

kalo pasang sendiri bisa? brp dana yg hrs keluar?
User avatar
kien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 30, 2007 4:44
Location: Pontianak

Post by kien »

ayo, saya dukung kalo ada petisi electric mirror...

saya baru 3 hari yl jual LGX manual 1.8EFI th 2001...saya udah siap2 pindah ke livina...ada kata terakhir sblm saya inden 1.5XV? atau tunggu sampai hari test drive?

(*btw, kredit termurah apa yah, saya dengar BCA 5.5% utk 3th, any cheaper?, oops oot)
Bejiau
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:45

Post by Bejiau »

Walah jadi senewen nih denger2 antrian udah banyak dan yg 1.8 dapat prioritas ke-2.
Masalahnya dah pernah sekali kecewa beli mobil sebelum liat barang, jadi sekarang lagi belajar tahan nafsu, ha3x...
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

ween wrote:
Bejiau wrote:Satu hal lagi untuk Grand Livina, antena radio napa masih model panjang gitu ya. Kesannya agak ketinggalan gitu. Bagusan kan model kecil imut.
fyi, antena innova V udah di laminating di kaca jendela belakang samping kanan lho....
Jadi mikir...sebetulnya kelemahan Innova cuman di masalah ABS+EBD dan mesin... kalo misalnya nanti TAM mengcounter dengan ngeluarin Innova G yang ada ABS+EBD dan mengeluarkan mesin 2000CC baru + masang mesin altis 1800cc di innova kayanya bisa seru nih perangnya... :D
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

kien wrote:saya sudah post bbrp foto yg dikirim resmi oleh NMI termasuk daftar hrg:
http://autos.groups.yahoo.com/group/nis ... ina/files/

yg jadi pertanyaan, utk tipe 1.5L XV apa betul buka jendela masih manual. musti diputar2 kayak telepon zaman baheula...moga aja tidak...
lho, kok kayak yg ngga lihat leaflet aja :P
Yg tipe SV pun sudah pakai power windows tuh.

Ini foto dari bung wardana, tipe 1.5 XV AT
Image

About electric door mirror , betul .. sampai kelas 1.5 XV AT pun belum ada :(
Image

sementara yang 1.8 sudah
Image

(foto2 dari bung wardana)

Berarti benar, door mirror seri 1.5 diatur manual tanpa tuas apapun :(
Tadinya mau upgrade dari APV-X ke Livy 1.5 XV MT (sori,prefer MT krn utk luar kota) , tapi gimana ya..
APV pasti tidak sesenyap livina, tetapi andai Livy pun >50% lebih gaduh daripada sekarang, saya lebih suka mengaplikasi sound & rust proofing (spt kepada APV skrg) pada 3rd party daripada tidak terdapat electric mirror dari pabrikan .
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
User avatar
kien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 30, 2007 4:44
Location: Pontianak

Post by kien »

Ya, saya kurang teliti. Thx koreksinya bos. Yg ga ada electric mirror. Wah jd ga sabar tinggal 1minggu lg. Krn sy di ptk test drive lambat sehari. Moga tgl 5 nanti teman2 udah laporkan live dr jkt. Bikin thread baru aja krn ud sesak disini gara2 fans livina byk bgt. Hehehe.<br/><br/>Kl ada yg domisili ptk bolehlah kt ketemuan di nissan...<br/><br/>(*msh nyari kreditan yg murah) <br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

datsu wrote: Jadi mikir...sebetulnya kelemahan Innova cuman di masalah ABS+EBD dan mesin... kalo misalnya nanti TAM mengcounter dengan ngeluarin Innova G yang ada ABS+EBD dan mengeluarkan mesin 2000CC baru + masang mesin altis 1800cc di innova kayanya bisa seru nih perangnya... :D
Klu mau memperbandingkan "apple to apple" antara mesin NISSAN LIVINA MR18DE dgn mesin TOYOTA COROLLA ALTIS 1ZZ-FE coba klik di http://nissan.com.au/tiida/specifications.asp utk MR18DE (1798cc, 93 KW/6000 rpm & 174 Nm/4800 rpm) & http://corolla.toyota.com.au/toyota/veh ... 58,00.html utk 1ZZ-FE (1794cc, 93 Kw/6000 rpm & 161 Nm/4200 rpm).

Kedua mesin tsb sama-sama dari jenis alumunium die cast & mengangkut bobot kendaraan yg sama (sekitar 1190 kg & 5 penumpang) melalui drive-train FWD (Front Wheel Drive) & transmisi A/T-4 speed, dan dites emisi & konsumsi bensin sesuai std ADR 81/01 menghasilkan pemakaian bensin RON 91 (sekelas bensin Pertamax) di MR18DE @ 7,8 liter/100 km dibandingkan di 1ZZ-FE @ 7,5 liter/100 km.

Memang klu TAM jadi meluncurkan facelift Innova (FWD) dgn mesin Altis spt-nya persaingan menjadi berimbang dan pada akhirnya konsumen yg akan lebih diuntungkan dgn harga yg lebih kompetitif. :D
Sebenarnya daya saing mesin LIVINA INDONESIA bukan di 1800cc ttp lebih di 1500cc-nya.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

ween wrote:
Bejiau wrote:Satu hal lagi untuk Grand Livina, antena radio napa masih model panjang gitu ya. Kesannya agak ketinggalan gitu. Bagusan kan model kecil imut.
fyi, antena innova V udah di laminating di kaca jendela belakang samping kanan lho....
ini yg bikin gw salut... sama kaya Odyssey lho!
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
linda88
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Mar 30, 2007 15:33

Post by linda88 »

Wah daftar harga resmi dari PT Nissan Motor Indonesia & spek livina sudah ada di :
http://www.mobilku.com/cgi-bin/index.cgi?p=6003&id=6851

Sayangnya keiritan bensinnya biasa aja. Dari test drive 12 mobil livina di bali, ada laporan di koran "Pikiran Rakyat" Bandung, kalau livina yang :
- Untuk Livina 1.5 lt: dalam kota 1:8,5, luar kota 1 : 15
- Untuk Livina 1.8 lt: dalam kota 1:7, luar kota 1 : 14

Tidak terlalu mengesankan untuk dalam kota yah.

Agak kecewa nih.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

Smatic wrote:
datsu wrote: Jadi mikir...sebetulnya kelemahan Innova cuman di masalah ABS+EBD dan mesin... kalo misalnya nanti TAM mengcounter dengan ngeluarin Innova G yang ada ABS+EBD dan mengeluarkan mesin 2000CC baru + masang mesin altis 1800cc di innova kayanya bisa seru nih perangnya... :D
Klu mau memperbandingkan "apple to apple" antara mesin NISSAN LIVINA MR18DE dgn mesin TOYOTA COROLLA ALTIS 1ZZ-FE coba klik di http://nissan.com.au/tiida/specifications.asp utk MR18DE (1798cc, 93 KW/6000 rpm & 174 Nm/4800 rpm) & http://corolla.toyota.com.au/toyota/veh ... 58,00.html utk 1ZZ-FE (1794cc, 93 Kw/6000 rpm & 161 Nm/4200 rpm).

Kedua mesin tsb sama-sama dari jenis alumunium die cast & mengangkut bobot kendaraan yg sama (sekitar 1190 kg & 5 penumpang) melalui drive-train FWD (Front Wheel Drive) & transmisi A/T-4 speed, dan dites emisi & konsumsi bensin sesuai std ADR 81/01 menghasilkan pemakaian bensin RON 91 (sekelas bensin Pertamax) di MR18DE @ 7,8 liter/100 km dibandingkan di 1ZZ-FE @ 7,5 liter/100 km.

Memang klu TAM jadi meluncurkan facelift Innova (FWD) dgn mesin Altis spt-nya persaingan menjadi berimbang dan pada akhirnya konsumen yg akan lebih diuntungkan dgn harga yg lebih kompetitif. :D
Sebenarnya daya saing mesin LIVINA INDONESIA bukan di 1800cc ttp lebih di 1500cc-nya.
just my opinion, kayaknya nggak mungkin tam&tmmin senekat itu deh......mengubah mobil rwd truck based menjadi fwd itu nggak gampang lho..........karena akan merombak sasis secara keseluruhan...............apalagi kalo mau ikut2an jadi sasis monokok........butuh waktu dan dana yang sangat banyak untuk mengubahnya dan membuat naik di produksi massal..........

rasanya tam akan lebih condong (inipun kalau tam nekat) menghadirkan wish 1500cc&1800cc dari thailand yang di spec down buat ngelawan livina.....tapi tindakan ini pun juga beresiko tinggi, karena akan memakan pasarnya toyota sendiri, yaitu avanza1.5,rush&innova E & G
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22082
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

linda88 wrote: - Untuk Livina 1.5 lt: dalam kota 1:8,5, luar kota 1 : 15
- Untuk Livina 1.8 lt: dalam kota 1:7, luar kota 1 : 14
Utk test ini bisa minta klarifikasi atas BBM yg digunakan, driving style, AC on/off ?, oli yg digunakan & tekanan ban dikasih berapa.

Mbak Linda kalau mau lebih irit lagi nanti ban Livina nya bisa ditukar dengan yg yg lebih slim (turun 1 angka, dari 205 ke 195 misalnya) asal cari aspect ratio yg sesuai agar outer diameter tetap sama. (Tapi kalau udah begini mobil jgn dikebut di tikungan yaa :D)

Gunakan BBM RON 92 atau premium + racun (spt MOB G2 misalnya), tuning TPS, dan mobil pertahankan standard, jangan pasang2 audio, peredam.

Gunakan oli yg bagus, minimal semi synth. 10W-40 / kalau perlu 5W-40 Full Synth. macam Caltex Havoline Full Synth. atau sukur2 bisa pakai Aral 5W-40 / Amsoil 5W-30 ASL , tiap 15 rb. km sekali bersihkan ruang bakar.

dan yg paling penting driving style nya, gasnya diurut, jangan sering dibejek mendadak dalem2.......heheheheheh
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Turboman wrote:
linda88 wrote: - Untuk Livina 1.5 lt: dalam kota 1:8,5, luar kota 1 : 15
- Untuk Livina 1.8 lt: dalam kota 1:7, luar kota 1 : 14
Utk test ini bisa minta klarifikasi atas BBM yg digunakan, driving style, AC on/off ?, oli yg digunakan & tekanan ban dikasih berapa.

Mbak Linda kalau mau lebih irit lagi nanti ban Livina nya bisa ditukar dengan yg yg lebih slim (turun 1 angka, dari 205 ke 195 misalnya) asal cari aspect ratio yg sesuai agar outer diameter tetap sama. (Tapi kalau udah begini mobil jgn dikebut di tikungan yaa :D)

Gunakan BBM RON 92 atau premium + racun (spt MOB G2 misalnya), tuning TPS, dan mobil pertahankan standard, jangan pasang2 audio, peredam.

Gunakan oli yg bagus, minimal semi synth. 10W-40 / kalau perlu 5W-40 Full Synth. macam Caltex Havoline Full Synth. atau sukur2 bisa pakai Aral 5W-40 / Amsoil 5W-30 ASL , tiap 15 rb. km sekali bersihkan ruang bakar.

dan yg paling penting driving style nya, gasnya diurut, jangan sering dibejek mendadak dalem2.......heheheheheh
Livina 1800cc A/T (1280 kg) sudah pake ban yg kecil yi 185/65/R15 = ban yg dipake Avanza 1500cc A/T (1085 kg).

BBM utk mesin Livina khususnya Livina 1500cc (mesin HR15DE yg mempunyai perbandingan kompresi 10,5 : 1) musti pake bensin RON 91 minimum.

Mesin Nissan kebanyakan jenis "over-bore" yaitu diameter piston lebih besar dibandingkan langkah pistonnya (spt mesin Livina 1800cc/MR18DE mempunyai diameter piston 84,0 mm & langkah piston 81,1 mm) yg mengakibatkan torsi max-nya tercapai di rpm yg lebih tinggi (4800 rpm/93% dari rpm Power max-nya) shg karakteristik mesin MR18DE tsb memang lebih cenderung utk sporty & sangat cocok utk racing/balapan (dgn catatan harus berani bejek gas dalam-dalam utk mengeluarkan torsi max-nya di rpm tinggi) dibandingkan sbg mesin jenis fuel-efficiency.

Klu mesin Livina 1500cc/HR15DE sudah jenis "under-bore" (spt mesin Toyota & Honda) krn HR15DE mempunyai diameter piston 78,0 mm & langkah piston 78,4 mm shg torsi max-nya sudah tercapai di rpm 4400 (73% dari rpm Power max-nya). Pada umumnya design mesin jenis "under-bore" lebih cenderung fuel-efficiency.
Last edited by Smatic on Sat Mar 31, 2007 5:51, edited 1 time in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22082
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Smatic wrote:
Turboman wrote:
linda88 wrote:
Mesin Nissan kebanyakan jenis "over-bore" yaitu diameter piston lebih besar dibandingkan langkah pistonnya (spt mesin Livina 1800cc/MR18DE mempunyai diameter piston 84,0 mm & langkah piston 81,1 mm) yg mengakibatkan torsi max-nya tercapai di rpm yg lebih tinggi (4800 rpm/93% dari rpm Power max-nya) shg karakteristik mesin MR18DE tsb memang lebih cenderung utk sporty & sangat cocok utk racing/balapan (dgn catatan harus berani bejek gas dalam-dalam utk mengeluarkan torsi max-nya di rpm tinggi) dibandingkan sbg mesin jenis fuel-efficiency.

Klu mesin Livina 1500cc/HR15DE sudah jenis "under-bore" (spt mesin Toyota & Honda) krn HR15DE mempunyai diameter piston 78,4 mm & langkah piston 78,0 mm shg torsi max-nya sudah tercapai di rpm 4400 (73% dari rpm Power max-nya). Pada umumnya design mesin jenis "under-bore" lebih cenderung fuel-efficiency.

Thx for the info pak :mrgreen:

Berdasarkan data tsb. kalau saya pribadi saya akan pilih yg. 1500 cc utk daily driving.

Tinggal nanti tuning TPS, MAP, evaluasi exhaust, etc. agar garis grafik torsi di sekitar 2000 - 3500 RPM nya bisa lebih tinggi.........hueheuhuehuee
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Turboman wrote:
Berdasarkan data tsb. kalau saya pribadi saya akan pilih yg. 1500 cc utk daily driving.

Tinggal nanti tuning TPS, MAP, evaluasi exhaust, etc. agar garis grafik torsi di sekitar 2000 - 3500 RPM nya bisa lebih tinggi.........hueheuhuehuee
Hanya perlu diwaspadai saja klu pilihan jatuh ke Livina A/T 1500cc mungkin perlu dicek dulu Final Gear Ratio-nya (perbandingan gigi akhir-nya) krn utk mesin FWD (Front Whell Drive) akan lebih sedikit pilihan FGR-nya dibanding mesin RWD spt Avanza atau Innova.
Jika Livina A/T 1500cc (dgn ban 185/65/15 = ban std AVS A/T 1500cc) menggunakan FGR sama spt FGR di Nissan Tiida/Latio yi 4,072 : 1 (dibanding FGR AVS 1500cc di 5,125 : 1) padahal Livina A/T 1500cc lebih berat 115 kg dibanding berat AVS A/T 1500cc.
Besar kemungkinan konsumsi bensin Livina A/T 1500cc akan lebih irit saat tes konsumsi bensin dilakukan di jalan tol/highway dibandingkan AVS A/T 1500cc karena pada kec 100 km/jam di OD gear rpm Livina cukup hanya di 2400-2500 rpm dibandingkan rpm AVS 1500cc dgn FGR yg lebih besar di 3000-3100 rpm. Akan tetapi kemampuan Livina A/T 1500c dalam menaklukan tanjakan atau membawa beban berat akan menurun/berkurang dibandingkan AVS 1500cc.
Disamping itu pula keunggulan keiritan pemakaian bensin Livina A/T 1500cc di jalan tol/highway tsb akan turun drastis ketika dipakai dgn kondisi stop & go di dalam kota klu pemilihan Final Gear Ratio-nya kurang tepat.

Btw konfirmasi Final Gear Ratio (FGR) Livina A/T 1500cc blum dikeluarkan oleh PT.NMI jadi ditunggu saja di launching-nya mudah-mudahan detail Final Gear Ratio (FGR) Livina A/T 1500cc tercantum jelas di brosurenya.
Bejiau
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:45

Post by Bejiau »

Dari brosur yang saya dapat, Gear Ratio Grand Livina 1.5 AT adalah :
1= 2.861
2= 1.562
3= 1.000
4= 0.697
Final=4.072
Kalo Avanza 1.5 AT (mudah2an kaga salah) setahu saya adalah:
1= 2.713
2= 1.526
3= 1.000
4= 0.699
Final=5.125
Dengan rasio gigi spt itu maka diatas kertas untuk kecepatan 100 km/h pada Grand Livina 1.5ATRPMnya kira2 2500an, sedangkan Avanza 1.5AT RPMnya kira2 3000an
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Bejiau wrote:Dari brosur yang saya dapat, Gear Ratio Grand Livina 1.5 AT adalah :
1= 2.861
2= 1.562
3= 1.000
4= 0.697
Final=4.072
Kalo Avanza 1.5 AT (mudah2an kaga salah) setahu saya adalah:
1= 2.713 (sdkt koreksi yg benar 2,731)
2= 1.526
3= 1.000
4= 0.699 (sdkt koreksi yg benar 0,696)
Final=5.125
Dengan rasio gigi spt itu maka diatas kertas untuk kecepatan 100 km/h pada Grand Livina 1.5ATRPMnya kira2 2500an, sedangkan Avanza 1.5AT RPMnya kira2 3000an
Klu Final Gear Ratio (FGR) LIVINA A/T 1500cc konfirm di 4.027 dgn bobot net 1200 kg + 7 penumpang x 70 kg + bagasi 10 kg = +/- 1700 kg (GWT), kayaknya LIVINA A/T 1500cc bakal sedikit sulit utk menaklukan tanjakan yg cukup terjal dgn GWT 1700 kg krn torsi max HR15DE (148 Nm/4400 rpm) ndak berbeda jauh dgn torsi max AVS/3SZ-VE (141 Nm/4400 rpm) sedangkan AVS/3SZ-VE memakai FGR yg lebih besar (5,125) + GWT-nya hanya sekitar 1585 kg (=net 1085 kg + beban 500 kg).
Kelihatannya kemampuan tanjakan LIVINA A/T 1500cc blum tentu dapat mengimbangi AVS A/T 1300cc yg lama (K3-VE dgn torsi max 120 Nm/3200 rpm & FGR 5,571 : 1).

Klu sudah begini pilihan Livina 1500cc M/T akan lebih baik dp model-model Livina lainnya. Ditunggu aza review tester Livina 1500cc M/T & A/T-nya.
linda88
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Mar 30, 2007 15:33

Post by linda88 »

Betul nih, keliatannya dengan perbedaan menyolok keiritan bensinnya antara dalam dan tol, maka livina agak berat kalau menghadapi tanjakan.
Dan kalo menurut "autocar" yang 1.5L torsinya kurang dan di koran "kompas", ada 2 mobil yang diuji harus ditarik toyota hardtop.

Wah tadinya saya pengen tuker tambah Avanza saya dengan livina, jadi mikir-mikir dulu nih.