
Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Traction control paling bagus...cubitan dari penumpang sebelah 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Kl pernah bawa pesawat terbang gede baru kerasa, om.VanzMatic wrote:Sama om. Saya juga merasa terganggu dengan banyaknya setting wiper ini. Alih alih tombol tombol di setir buat mengurangi pecahnya konsentrasi akibat kita mengoperasikan HU, ini malah ditambahi dengan setting wiper.kompresorz wrote:wah saya sih gak tau klo sampe ada menu lain lg di wiper..
taunya saya di tuas..(seingat)ada putar dgn tulisan titik jarang,agak padat,sambung..stel titik jarang kadang benar bacanya..tp tiba2 bisa cepat maksimal walo ujan biasa..ky baca ujan besar..
nah kalo di e36 lebih parah...ujan besar macet itu wiper malah aktifkan stelan slow..jd harus aktifkan fast..malam2 macet ujan besar benar2 nikmat..sensor gak berlaku di indonesia..
selama ini yg bermanfaat bagi saya..slow-normal-fast..ujan dikit geser tuas slow,ujan sedang geser lg,ujan besar geser lg..jd gak mengganggu konsentrasi saya nyetir..
Sebaiknya cukup seperti mobil biasa saja. Ke atas untuk sapuan manual sekali jalan, ke bawah intermittent, slow, fast.
Justru bagi saya fitur bermanfaat itu ya seperti tombol audio di setir, washer lampu depan.
Just IMO..
Betapa betapa betapa...
Simpelnya setting mobil yang paling rumit sekalipun.
Salam gimmicklovers.

BTW itu washer lampu depan super bermanfaat lho di Indo.
Dgn doyannya sebagian masyakarat jalan ke luar kota pk mobil, hujan2, skalinya berhenti headlamp dilap kotornya minta ampun.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
pernyataan bijak dri yg abis bertapa d gunung...
pakabar om... lama ga liat dmarih..


pakabar om... lama ga liat dmarih..
VanzMatic wrote:Saya rasa, siapapun yang mau ngebut di jalan raya dengan melanggar batas kecepatan maksimum di jalan sedang membuat kontrak perjanjian dengan pencabut nyawa. Mau seperti apapun mobilnya.andrijet wrote: Ditonton lagi om videonya sampai selesai!
Itu more than 70mph jungkir balik di aspal bukan krn rumput.
![]()
Kl mau hard cornering, having fun, track day ala Topgear, ya memang bukan tempatnya TC ON.
Tapi kl daily 'always OFF' smg selamat selalu ya om!
Tau knp bbrp mobil prosesi penonaktifan TCnya amat menyebalkan?
Like hold the button for 10 seconds, muncul warning sign, bla, bla, bla..
Itu krn pabrikan consider bahwa TC non aktif itu amat berbahaya untuk daily ride.
Ini ada video :
http://youtu.be/yipmINJYbXI
Veyron with Stig inside.
On TG Track.
TC dkk off.
And he's off at the end...
![]()
Gak kebayang kl ada driver amatir ugal2an di jalan raya dengan supercar tanpa TC.
Wassalam..
BTW masih penasaran sama "gerobak butut dari pabrikan yg kalo bikin mobil ga jelas
Jadi ya ga heran kalo ecu dan tc nya bodoh"..?
Buat referensi aja ternyata ada mobil yang TCnya MEMBAHAYAKAN..
Secara sinism, berani berbuat, berani menanggung resiko. Berani berbuat seharusnya diimbangi dengan skill mengemudi yang mumpuni.
Alat alat canggih hanya alat. Saya lebih suka menyebutnya: Electrical nannies are for puzziez. Alat bagi pengebut dadakan yang belum ngerti karakter mobil yang mau dikebut.
Mau itu ngebut pake sedan kah, mpv, suv... kalau orangnya memang ngerti karakter mobilnya, saya rasa dia tau batas batas maksimal mobilnya untuk diabuse di jalanan......dengan resiko sendiri.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
nah setuju nih sama omongan bro vanz, akhirnya ada yg mengerti why i like overpowered MPVVanzMatic wrote:Saya rasa, siapapun yang mau ngebut di jalan raya dengan melanggar batas kecepatan maksimum di jalan sedang membuat kontrak perjanjian dengan pencabut nyawa. Mau seperti apapun mobilnya.andrijet wrote: Ditonton lagi om videonya sampai selesai!
Itu more than 70mph jungkir balik di aspal bukan krn rumput.
![]()
Kl mau hard cornering, having fun, track day ala Topgear, ya memang bukan tempatnya TC ON.
Tapi kl daily 'always OFF' smg selamat selalu ya om!
Tau knp bbrp mobil prosesi penonaktifan TCnya amat menyebalkan?
Like hold the button for 10 seconds, muncul warning sign, bla, bla, bla..
Itu krn pabrikan consider bahwa TC non aktif itu amat berbahaya untuk daily ride.
Ini ada video :
http://youtu.be/yipmINJYbXI
Veyron with Stig inside.
On TG Track.
TC dkk off.
And he's off at the end...
![]()
Gak kebayang kl ada driver amatir ugal2an di jalan raya dengan supercar tanpa TC.
Wassalam..
BTW masih penasaran sama "gerobak butut dari pabrikan yg kalo bikin mobil ga jelas
Jadi ya ga heran kalo ecu dan tc nya bodoh"..?
Buat referensi aja ternyata ada mobil yang TCnya MEMBAHAYAKAN..
Secara sinism, berani berbuat, berani menanggung resiko. Berani berbuat seharusnya diimbangi dengan skill mengemudi yang mumpuni.
Alat alat canggih hanya alat. Saya lebih suka menyebutnya: Electrical nannies are for puzziez. Alat bagi pengebut dadakan yang belum ngerti karakter mobil yang mau dikebut.
Mau itu ngebut pake sedan kah, mpv, suv... kalau orangnya memang ngerti karakter mobilnya, saya rasa dia tau batas batas maksimal mobilnya untuk diabuse di jalanan......dengan resiko sendiri.

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Mobilnya cx-5 dan mazda 2 skyactiv, mobil yg sama dengan yg di tret sebelah jadi perkara gara2 ane menyinggung build quality nya (sebenarnya lebih tepat kualitas perakitan), dan om bawa2 ke teknologi skyactiv nya, dan bilang ane ngimpiandrijet wrote:Ditonton lagi om videonya sampai selesai!
Itu more than 70mph jungkir balik di aspal bukan krn rumput.
![]()
Tapi kl daily 'always OFF' smg selamat selalu ya om!
Ini ada video :
http://youtu.be/yipmINJYbXI
Veyron with Stig inside.
On TG Track.
TC dkk off.
And he's off at the end...
![]()
Gak kebayang kl ada driver amatir ugal2an di jalan raya dengan supercar tanpa TC.
Wassalam..
BTW masih penasaran sama "gerobak butut dari pabrikan yg kalo bikin mobil ga jelas
Jadi ya ga heran kalo ecu dan tc nya bodoh"..?
Buat referensi aja ternyata ada mobil yang TCnya MEMBAHAYAKAN..

Ah ya, ada yg kelewat pas liat video, cuma liat pas spin pertama kali dan terbalik di lapangan rumput
Yang kedua, memang sengaja dibuat terbalik kan..
Bisa dilihat driver mengubah arah gaya akibat laju kendaraan, menjadi gaya sentrifugal. Lanjutin pake rumus waktu smp deh kalo masih ga bisa di logika..
Veyron with stig?
Please, jangan bawa2 video game..

Dah, ane capek ngejelasin
@om jwid
Itu ane dalam kasus khusus om
Kondisi dimana tc dan vsc cuma berusaha bikin ban ga kehilangan traksi, tapi side effect nya menggeser distribusi bobot mobil
Dalam beberapa kasus, ban kehilangan traksi masih lebih mudah dikendalikan.
Tentunya bukan dengan pengemudi yg cuma bisa gas rem dan belokin setir aja.
Awalnya cuma mau menyangkal pendapat orang yg mendewakan tc, dan statement membahayakan nyawa kalo tc off
Dalam kasus ane, cuma pengen nunjukin kalo tc juga bisa kacau, karena ecu ga mungkin bisa baca 100% perilaku pengemudi.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
ujung2nya the person behind the wheel yaKodokPushUp wrote: Mobilnya cx-5 dan mazda 2 skyactiv, mobil yg sama dengan yg di tret sebelah jadi perkara gara2 ane menyinggung build quality nya (sebenarnya lebih tepat kualitas perakitan), dan om bawa2 ke teknologi skyactiv nya, dan bilang ane ngimpi![]()
Ah ya, ada yg kelewat pas liat video, cuma liat pas spin pertama kali dan terbalik di lapangan rumput
Yang kedua, memang sengaja dibuat terbalik kan..
Bisa dilihat driver mengubah arah gaya akibat laju kendaraan, menjadi gaya sentrifugal. Lanjutin pake rumus waktu smp deh kalo masih ga bisa di logika..
Veyron with stig?
Please, jangan bawa2 video game..![]()
Dah, ane capek ngejelasin
@om jwid
Itu ane dalam kasus khusus om
Kondisi dimana tc dan vsc cuma berusaha bikin ban ga kehilangan traksi, tapi side effect nya menggeser distribusi bobot mobil
Dalam beberapa kasus, ban kehilangan traksi masih lebih mudah dikendalikan.
Tentunya bukan dengan pengemudi yg cuma bisa gas rem dan belokin setir aja.
Awalnya cuma mau menyangkal pendapat orang yg mendewakan tc, dan statement membahayakan nyawa kalo tc off
Dalam kasus ane, cuma pengen nunjukin kalo tc juga bisa kacau, karena ecu ga mungkin bisa baca 100% perilaku pengemudi.

kalau ane si TC wajib ga wajib, bukan masalah kepake atau ga di indo, tapi ya bener kalau TC itu lagi mabok, bukannya improve malah bikin celaka


ABS EBD BA wajib lah, dan tuh rem yang bener bikinnya, bukan asal solid rotor di pajang di depan di belakang ditempel teromol, terus bombastis jualan airbag jadi safety top...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
menurutku yg paling penting handling mobil sama rem2 an nya
krn disaat saat krusial, bagaimana setir masih mau mengikuti arah kita, dimana rem masih bisa sekuat tenaga menghentikan laju ( tampa locking tentunya ).. jauuhhhh lebih berguna daripada vsc atau apalah itu...
lagian kuta juga ngak punya iklim salju.. padahal piranti itu sebenarnya ditujukan utk salju ( pada konsep awal nya)
ngak serta merta kehilangan traksi itu mobil langsung k.o , klo ente sering paksa mobil ke limit handling nya mesti tau rasannya kok
yg paling jelas ban akan mulai bunyi dan berdecit, ekor mobil juga semakin turun dan akan terasa tarikan di bagian mancung mobil seperti semua beban berbondong2 pindah kedepan ,
krn disaat saat krusial, bagaimana setir masih mau mengikuti arah kita, dimana rem masih bisa sekuat tenaga menghentikan laju ( tampa locking tentunya ).. jauuhhhh lebih berguna daripada vsc atau apalah itu...
lagian kuta juga ngak punya iklim salju.. padahal piranti itu sebenarnya ditujukan utk salju ( pada konsep awal nya)
ngak serta merta kehilangan traksi itu mobil langsung k.o , klo ente sering paksa mobil ke limit handling nya mesti tau rasannya kok
yg paling jelas ban akan mulai bunyi dan berdecit, ekor mobil juga semakin turun dan akan terasa tarikan di bagian mancung mobil seperti semua beban berbondong2 pindah kedepan ,
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
dan sori kalo rada kasar, sebenarnya semua fitur yang ada malah membuat kita bodoh dan dungu
semakin bodoh, semakin ngak punya feel, semakik bikin ngak peka
yang sebenarnya semua fitur cocok digunakan pengemudi amatir an yg suka nabrak/malas nyentuk tuas/gak bisa bedain hujan
mobil akan terasa hidup jika memiliki jiwa/ karakternya bukan gimick yg mengajak kita bicara dgn voice command
if you know what i mean hahaha
semakin bodoh, semakin ngak punya feel, semakik bikin ngak peka
yang sebenarnya semua fitur cocok digunakan pengemudi amatir an yg suka nabrak/malas nyentuk tuas/gak bisa bedain hujan
mobil akan terasa hidup jika memiliki jiwa/ karakternya bukan gimick yg mengajak kita bicara dgn voice command
if you know what i mean hahaha
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
jika driver sudah sedemikian jagonya sampai somehow bisa mengontrol ban yang di rem individual tampa bantuan computer dalam split second, maka ESP dan TCS sudah tidak di butuh kan....................
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
imho..... justru fitur seperti esp tcs semakin membuat pintar user.... kini mobil bukan benda mati yang hanya bisa menerima perintah dan pasrah pada law of physic... dia jadi jauh lebih rumit jadi sebuah robot yang memiliki AI yang dapat merespon perintah hingga merespon kondisi jalan....
tinggal drivernya harus belajar juga, untuk mengetahui karaker mobil tersebut... respon klw di bawa A seperti apa,bagaimana cara ai menyelamatkan mobil dan bagaimana efeknya gerakan mobil dalam kondisi darurat. lama kelamaan menjadi synergi yang saling membantu satu sama lain.
jika usernya type tidak mau belajar, tidak ingin lebih cerdas atw maaf "kolot".... tentu nganggap fitur ini tidak berguna, "toh selama hidup saya pakai mobil tampa esp saya masih selamat"
toh cara kerja ESP tidak seamless..pasti kerasa dulu gejala understeer atw oversteer normal.... jika driver masih bisa koreksi seperti dethrottle sampai counter steer esp tidak terlalu berperan. namun saat user tidak bisa koreksi... angkat gas dan countersteer percuma... tinggal esp yg bisa nyelematin karna cuma esp yang bisa aktifin rem di individual ban untuk mengkoreksi arah mobil.
well gw pernah berusaha membuat mobil ber ESP sideway di lumpur dan hasilnya sia-sia.. haha semakin kencang saya bawa semakin efektif fungsi espny rear axle burn out abis2an tp ban depan tetep ngejaga mbl jalan ke arah ban depan mengarah.
ESP fungsiny untuk safety dan reactive oversteer atw understeer terjadi dulu baru dia kickin... yang lebih advance torque vectoring dia bekerja active terus menerus menghilangkan understeer dan oversteer untuk performance use.
voice command? wkwkwkwk atleast user bisa lebih cerdas sambil belajar bhs inggris......
meski gw juga bukan penggemar fitur voicecommand... antara bhs inggris gw masih sampah, atau rasanya effort neken tombol masih lebih rendah.
cmiiw

tinggal drivernya harus belajar juga, untuk mengetahui karaker mobil tersebut... respon klw di bawa A seperti apa,bagaimana cara ai menyelamatkan mobil dan bagaimana efeknya gerakan mobil dalam kondisi darurat. lama kelamaan menjadi synergi yang saling membantu satu sama lain.
jika usernya type tidak mau belajar, tidak ingin lebih cerdas atw maaf "kolot".... tentu nganggap fitur ini tidak berguna, "toh selama hidup saya pakai mobil tampa esp saya masih selamat"
toh cara kerja ESP tidak seamless..pasti kerasa dulu gejala understeer atw oversteer normal.... jika driver masih bisa koreksi seperti dethrottle sampai counter steer esp tidak terlalu berperan. namun saat user tidak bisa koreksi... angkat gas dan countersteer percuma... tinggal esp yg bisa nyelematin karna cuma esp yang bisa aktifin rem di individual ban untuk mengkoreksi arah mobil.
well gw pernah berusaha membuat mobil ber ESP sideway di lumpur dan hasilnya sia-sia.. haha semakin kencang saya bawa semakin efektif fungsi espny rear axle burn out abis2an tp ban depan tetep ngejaga mbl jalan ke arah ban depan mengarah.
ESP fungsiny untuk safety dan reactive oversteer atw understeer terjadi dulu baru dia kickin... yang lebih advance torque vectoring dia bekerja active terus menerus menghilangkan understeer dan oversteer untuk performance use.
voice command? wkwkwkwk atleast user bisa lebih cerdas sambil belajar bhs inggris......

meski gw juga bukan penggemar fitur voicecommand... antara bhs inggris gw masih sampah, atau rasanya effort neken tombol masih lebih rendah.
cmiiw

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
imho..... justru fitur seperti esp tcs semakin membuat pintar user.... kini mobil bukan benda mati yang hanya bisa menerima perintah dan pasrah pada law of physic... dia jadi jauh lebih rumit jadi sebuah robot yang memiliki AI yang dapat merespon perintah hingga merespon kondisi jalan....
tinggal drivernya harus belajar juga, untuk mengetahui karaker mobil tersebut... respon klw di bawa A seperti apa,bagaimana cara ai menyelamatkan mobil dan bagaimana efeknya gerakan mobil dalam kondisi darurat. lama kelamaan menjadi synergi yang saling membantu satu sama lain.
jika usernya type tidak mau belajar, tidak ingin lebih cerdas atw maaf "kolot".... tentu nganggap fitur ini tidak berguna, "toh selama hidup saya pakai mobil tampa esp saya masih selamat"
toh cara kerja ESP tidak seamless..pasti kerasa dulu gejala understeer atw oversteer normal.... jika driver masih bisa koreksi seperti dethrottle sampai counter steer esp tidak terlalu berperan. namun saat user tidak bisa koreksi... angkat gas dan countersteer percuma... tinggal esp yg bisa nyelematin karna cuma esp yang bisa aktifin rem di individual ban untuk mengkoreksi arah mobil.
well gw pernah berusaha membuat mobil ber ESP sideway di lumpur dan hasilnya sia-sia.. haha semakin kencang saya bawa semakin efektif fungsi espny rear axle burn out abis2an tp ban depan tetep ngejaga mbl jalan ke arah ban depan mengarah.
ESP fungsiny untuk safety dan reactive oversteer atw understeer terjadi dulu baru dia kickin... yang lebih advance torque vectoring dia bekerja active terus menerus menghilangkan understeer dan oversteer untuk performance use.
voice command? wkwkwkwk atleast user bisa lebih cerdas sambil belajar bhs inggris......
meski gw juga bukan penggemar fitur voicecommand... antara bhs inggris gw masih sampah, atau rasanya effort neken tombol masih lebih rendah.
cmiiw

tinggal drivernya harus belajar juga, untuk mengetahui karaker mobil tersebut... respon klw di bawa A seperti apa,bagaimana cara ai menyelamatkan mobil dan bagaimana efeknya gerakan mobil dalam kondisi darurat. lama kelamaan menjadi synergi yang saling membantu satu sama lain.
jika usernya type tidak mau belajar, tidak ingin lebih cerdas atw maaf "kolot".... tentu nganggap fitur ini tidak berguna, "toh selama hidup saya pakai mobil tampa esp saya masih selamat"
toh cara kerja ESP tidak seamless..pasti kerasa dulu gejala understeer atw oversteer normal.... jika driver masih bisa koreksi seperti dethrottle sampai counter steer esp tidak terlalu berperan. namun saat user tidak bisa koreksi... angkat gas dan countersteer percuma... tinggal esp yg bisa nyelematin karna cuma esp yang bisa aktifin rem di individual ban untuk mengkoreksi arah mobil.
well gw pernah berusaha membuat mobil ber ESP sideway di lumpur dan hasilnya sia-sia.. haha semakin kencang saya bawa semakin efektif fungsi espny rear axle burn out abis2an tp ban depan tetep ngejaga mbl jalan ke arah ban depan mengarah.
ESP fungsiny untuk safety dan reactive oversteer atw understeer terjadi dulu baru dia kickin... yang lebih advance torque vectoring dia bekerja active terus menerus menghilangkan understeer dan oversteer untuk performance use.
voice command? wkwkwkwk atleast user bisa lebih cerdas sambil belajar bhs inggris......

meski gw juga bukan penggemar fitur voicecommand... antara bhs inggris gw masih sampah, atau rasanya effort neken tombol masih lebih rendah.
cmiiw

-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Entahlah om billy
Mestinya keunggulan stability control kan kemampuan atur rem secara individual
Tapi yg ane alamin, malah beberapa kali handling mobil ga terasa natural gara2 ulah tcs nya
Terus terang saya tipe manusia jaman batu, ga bisa ngikutin perkembangan teknologi2 yg semakin lama semakin canggih
Justru yg ane harapin malah semua yg berkaitan dengan law of physic
Hal2 yg diluar fisika, ane ga bisa ngebayanginnya, dan otak ane langsung macet
Mestinya keunggulan stability control kan kemampuan atur rem secara individual
Tapi yg ane alamin, malah beberapa kali handling mobil ga terasa natural gara2 ulah tcs nya
Terus terang saya tipe manusia jaman batu, ga bisa ngikutin perkembangan teknologi2 yg semakin lama semakin canggih

Justru yg ane harapin malah semua yg berkaitan dengan law of physic
Hal2 yg diluar fisika, ane ga bisa ngebayanginnya, dan otak ane langsung macet

Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Saya juga salah satu yang kolot.... dalam hal kolot itu, jika saya miara mobil yang banyak printilan gitu, ogah.
But driving it, yes i can.
To know it and understanding it, is not the same thing as willing to own it. Just to experience it.
But driving it, yes i can.
To know it and understanding it, is not the same thing as willing to own it. Just to experience it.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Kalau saya sebagai commercial flight passenger, saya suka dengan gimmick teknologi di pesawat. Bahkan saya selalu ingin mencobanya.andrijet wrote:Kl pernah bawa pesawat terbang gede baru kerasa, om.VanzMatic wrote:Sama om. Saya juga merasa terganggu dengan banyaknya setting wiper ini. Alih alih tombol tombol di setir buat mengurangi pecahnya konsentrasi akibat kita mengoperasikan HU, ini malah ditambahi dengan setting wiper.kompresorz wrote:wah saya sih gak tau klo sampe ada menu lain lg di wiper..
taunya saya di tuas..(seingat)ada putar dgn tulisan titik jarang,agak padat,sambung..stel titik jarang kadang benar bacanya..tp tiba2 bisa cepat maksimal walo ujan biasa..ky baca ujan besar..
nah kalo di e36 lebih parah...ujan besar macet itu wiper malah aktifkan stelan slow..jd harus aktifkan fast..malam2 macet ujan besar benar2 nikmat..sensor gak berlaku di indonesia..
selama ini yg bermanfaat bagi saya..slow-normal-fast..ujan dikit geser tuas slow,ujan sedang geser lg,ujan besar geser lg..jd gak mengganggu konsentrasi saya nyetir..
Sebaiknya cukup seperti mobil biasa saja. Ke atas untuk sapuan manual sekali jalan, ke bawah intermittent, slow, fast.
Justru bagi saya fitur bermanfaat itu ya seperti tombol audio di setir, washer lampu depan.
Just IMO..
Betapa betapa betapa...
Simpelnya setting mobil yang paling rumit sekalipun.
Salam gimmicklovers.
![]()
BTW itu washer lampu depan super bermanfaat lho di Indo.
Dgn doyannya sebagian masyakarat jalan ke luar kota pk mobil, hujan2, skalinya berhenti headlamp dilap kotornya minta ampun.
Di mobil? C'mon... Car is only a car. Not even going further than any jetplane. Where would I going with, and how far?
Feel tired? Park a car in a gaz steshon, sleep in a car. Done.
As a driver, i don't need any gimmick, coz I only need a car dat could bring me in an ordinary way. As a car passenger? Might be. But sometimes don't.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Halo om Klep... masi di Sulawesi?DOHC wrote:pernyataan bijak dri yg abis bertapa d gunung...![]()
![]()
pakabar om... lama ga liat dmarih..

Saya masih cupu, om Klep. Masih harus banyak berguru pada teman teman disini yang sudah semakin "bundar", demikian kira kira menurut pepatah jepang...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Innova baru jadi mirip altis dan pake lampu LED... hmmm... interesting...
cuman kurang detail apakah eksteriornya yg mirip altis atau interiornya...kl interior hilux IMHO memang rada2 mirip altis...
http://oto.detik.com/read/2015/06/03/15 ... o991103638
saatnya peremajaan ipah lama...
cuman kurang detail apakah eksteriornya yg mirip altis atau interiornya...kl interior hilux IMHO memang rada2 mirip altis...
http://oto.detik.com/read/2015/06/03/15 ... o991103638
saatnya peremajaan ipah lama...

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Kalo di pesawat fitur advanced memang sangat diperlukan dalam upaya menekan biaya Gaji pilot2, karena tugas pilot jadi lebih ringan dan pesawat kapasitas 400 - 550 penumpang juga cukup dengan 2 pilot.........udah itu durasi training pilot juga bisa lebih singkat. CMIIW
Bukan tidak mungkin kalo suatu hari nanti pesawat kapasitas 80 - 100 Pax utk short haul route bisa dikemudikan oleh 1 pilot aja, paling ada 1 orang cabin crew yg khusus dilatih utk bisa kontrol pesawat jika si pilot mengalami sesuatu. Jika ini bisa terwujud maka hal ini merp efisiensi luar biasa bagi LCC.
Sedangkan utk mobil......pabrikan boleh aja memberi berbagai fitur dengan catatan : utk long term tidak akan menguras kantong konsumen
Atau semoga aja suatu hari ada pabrikan mobil yg bikin : jika mobil sudah berumur dan sistem pendukung elektronik udah sering bermasalah / error, maka bisa di non aktifkan / dilepas tanpa menggangu fungsi utama mobil tsb (lampu indikator error function bisa dimatikan), dan akhirnya mobil yg barunya full feature, setelah dia tua bisa dijadikan mobil basic yg minim fitur dengan sempurna.
Sorry OOT
IMO ajah
Bukan tidak mungkin kalo suatu hari nanti pesawat kapasitas 80 - 100 Pax utk short haul route bisa dikemudikan oleh 1 pilot aja, paling ada 1 orang cabin crew yg khusus dilatih utk bisa kontrol pesawat jika si pilot mengalami sesuatu. Jika ini bisa terwujud maka hal ini merp efisiensi luar biasa bagi LCC.
Sedangkan utk mobil......pabrikan boleh aja memberi berbagai fitur dengan catatan : utk long term tidak akan menguras kantong konsumen
Atau semoga aja suatu hari ada pabrikan mobil yg bikin : jika mobil sudah berumur dan sistem pendukung elektronik udah sering bermasalah / error, maka bisa di non aktifkan / dilepas tanpa menggangu fungsi utama mobil tsb (lampu indikator error function bisa dimatikan), dan akhirnya mobil yg barunya full feature, setelah dia tua bisa dijadikan mobil basic yg minim fitur dengan sempurna.
Sorry OOT
IMO ajah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Sebenarnya pertanyaan paling mendasar, apakah mesin akan ganti ke VGT gak yah ?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
ud purnabakti ane om.... gile aj klamaan dsana


VanzMatic wrote:Halo om Klep... masi di Sulawesi?DOHC wrote:pernyataan bijak dri yg abis bertapa d gunung...![]()
![]()
pakabar om... lama ga liat dmarih..
![]()
Saya masih cupu, om Klep. Masih harus banyak berguru pada teman teman disini yang sudah semakin "bundar", demikian kira kira menurut pepatah jepang...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Hahahahaa setuju dengan kak paus....billyd1773dz wrote:imho..... justru fitur seperti esp tcs semakin membuat pintar user.... kini mobil bukan benda mati yang hanya bisa menerima perintah dan pasrah pada law of physic... dia jadi jauh lebih rumit jadi sebuah robot yang memiliki AI yang dapat merespon perintah hingga merespon kondisi jalan....
tinggal drivernya harus belajar juga, untuk mengetahui karaker mobil tersebut... respon klw di bawa A seperti apa,bagaimana cara ai menyelamatkan mobil dan bagaimana efeknya gerakan mobil dalam kondisi darurat. lama kelamaan menjadi synergi yang saling membantu satu sama lain.
jika usernya type tidak mau belajar, tidak ingin lebih cerdas atw maaf "kolot".... tentu nganggap fitur ini tidak berguna, "toh selama hidup saya pakai mobil tampa esp saya masih selamat"
toh cara kerja ESP tidak seamless..pasti kerasa dulu gejala understeer atw oversteer normal.... jika driver masih bisa koreksi seperti dethrottle sampai counter steer esp tidak terlalu berperan. namun saat user tidak bisa koreksi... angkat gas dan countersteer percuma... tinggal esp yg bisa nyelematin karna cuma esp yang bisa aktifin rem di individual ban untuk mengkoreksi arah mobil.

Contohnya aja fitur keamanan paling sederhana di grobak ane... ABS. Karena SX4 kalo ABS nya sudah engage berasa sekali "feedback" dari ABSnya. Seiring pemakaian ane malah berusaha menyesuaikan kapan perlu ABS engage kapan enggak perlu.
Begitu perlu emergency tinggal injek dalem-dalem, kalo cuma sekedar reduce speed injek seperlunya aja sampe rem kerasa "gigit".
Kerjanya VSC/ESP/dll tergantung ECM nya juga sih kak, yang blo'on kadang terlalu mengintrusi, kalo yang pinter ngasih celah sedikit ke user buat koreksi. Mereka nerima informasi dari sensor-sensor yang ada di roda lalu baru apply individual brakes seperlunya. *ke depannya berkembang jadi brake based TV ya kak? CMIIW* di BMW M3 terbaru malah setau gw dia sengaja dibuat oversteer seperlunya.
VSC/ESP is OK, it is not a stupid feature, di luar negeri ESP udah jadi kewajiban semua mobil harus punya. Yang lebih menyebalkan adalah kalo ada mode ESP OFF tapi kenyataannya dipencet masih aja mengintrusi...

Mitsubishi Evo juga punya AYC, Golf GTI MK.7 punya Electronic front diff, Porsche punya PTV, and it's still nice to drive right?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
fitur unik yg saya harapkan..mesin baru..
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
Ngomong2 TC, nubie curcol dikit.
Pengalaman dengan TC beberapa kali mau mati, beberapa kali juga nyawa diselamatkan.
Pengalaman mau mati:
1. CRV Gen3 tiba-tiba deselerasi sendiri dengan ngunci ban luar saat nikung di turunan Nagreg, mobil ngebuang keluar. Untung kecepatan hanya sedang, jadi ngocok dikit dan koreksi setir sudah cukup. Posisi saat itu berhenti sekitar 5 meter dari jurang.
2. Mazda2 DJ GT, lagi jalan 60 kpj di Fatmawati, pas lewat genangan oli tiba2 ngerem mendadak sampai nyaris berhenti. Untung tidak ada mobil lain dibelakang.
Pengalaman diselamatkan:
1. Mazda6 saat manuver zigzag di toll. Pada suatu waktu di toll Padalarang ada perbaikan jalan tetapi belum diberi cone dan atau penanda K3 tetapi jalan sudah dalam kondisi di bobol (lubang). Saya kondisi jalan 140an kpj di jalur cepat, perbaikan di jalur lambat. Tiba2 ada innova sableng yang mau nyalip dari kiri jalan banting kanan untuk menghindari lubang. Untung saya sudah antisipasi Innova ini jadi saya rem sambil buang kanan sampai mepet pembatas jalan. Terasa perubahan distribusi bobot semua mendorong mobil kedepan dan ke kanan ke arah pembatas jalan tapi tanpa perlu banyak saya koreksi, hanya dengan tambahan sedikit gas, setir lurus lagi.
2. Audi A8L di Berlin, kondisi jalan tertutup es. Terasa karena sensitifitas TC dapat diatur, pada kondisi off mobil nyaris gak ada grip (non winter tire), pada kondisi nyala? Bobot 2.5 ton gak ada masalah diatas es.
So menurut saya, TC buat orang bodo sih enggak, dengan catatan orangnya latian yang bener sebelum bawa mobil.
Sekian dari nubie.
Pengalaman dengan TC beberapa kali mau mati, beberapa kali juga nyawa diselamatkan.
Pengalaman mau mati:
1. CRV Gen3 tiba-tiba deselerasi sendiri dengan ngunci ban luar saat nikung di turunan Nagreg, mobil ngebuang keluar. Untung kecepatan hanya sedang, jadi ngocok dikit dan koreksi setir sudah cukup. Posisi saat itu berhenti sekitar 5 meter dari jurang.
2. Mazda2 DJ GT, lagi jalan 60 kpj di Fatmawati, pas lewat genangan oli tiba2 ngerem mendadak sampai nyaris berhenti. Untung tidak ada mobil lain dibelakang.
Pengalaman diselamatkan:
1. Mazda6 saat manuver zigzag di toll. Pada suatu waktu di toll Padalarang ada perbaikan jalan tetapi belum diberi cone dan atau penanda K3 tetapi jalan sudah dalam kondisi di bobol (lubang). Saya kondisi jalan 140an kpj di jalur cepat, perbaikan di jalur lambat. Tiba2 ada innova sableng yang mau nyalip dari kiri jalan banting kanan untuk menghindari lubang. Untung saya sudah antisipasi Innova ini jadi saya rem sambil buang kanan sampai mepet pembatas jalan. Terasa perubahan distribusi bobot semua mendorong mobil kedepan dan ke kanan ke arah pembatas jalan tapi tanpa perlu banyak saya koreksi, hanya dengan tambahan sedikit gas, setir lurus lagi.
2. Audi A8L di Berlin, kondisi jalan tertutup es. Terasa karena sensitifitas TC dapat diatur, pada kondisi off mobil nyaris gak ada grip (non winter tire), pada kondisi nyala? Bobot 2.5 ton gak ada masalah diatas es.
So menurut saya, TC buat orang bodo sih enggak, dengan catatan orangnya latian yang bener sebelum bawa mobil.
Sekian dari nubie.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
AD74YA wrote:Ngomong2 TC, nubie curcol dikit.
Pengalaman dengan TC beberapa kali mau mati, beberapa kali juga nyawa diselamatkan.
Pengalaman mau mati:
1. CRV Gen3 tiba-tiba deselerasi sendiri dengan ngunci ban luar saat nikung di turunan Nagreg, mobil ngebuang keluar. Untung kecepatan hanya sedang, jadi ngocok dikit dan koreksi setir sudah cukup. Posisi saat itu berhenti sekitar 5 meter dari jurang.
2. Mazda2 DJ GT, lagi jalan 60 kpj di Fatmawati, pas lewat genangan oli tiba2 ngerem mendadak sampai nyaris berhenti. Untung tidak ada mobil lain dibelakang.
Pengalaman diselamatkan:
1. Mazda6 saat manuver zigzag di toll. Pada suatu waktu di toll Padalarang ada perbaikan jalan tetapi belum diberi cone dan atau penanda K3 tetapi jalan sudah dalam kondisi di bobol (lubang). Saya kondisi jalan 140an kpj di jalur cepat, perbaikan di jalur lambat. Tiba2 ada innova sableng yang mau nyalip dari kiri jalan banting kanan untuk menghindari lubang. Untung saya sudah antisipasi Innova ini jadi saya rem sambil buang kanan sampai mepet pembatas jalan. Terasa perubahan distribusi bobot semua mendorong mobil kedepan dan ke kanan ke arah pembatas jalan tapi tanpa perlu banyak saya koreksi, hanya dengan tambahan sedikit gas, setir lurus lagi.
2. Audi A8L di Berlin, kondisi jalan tertutup es. Terasa karena sensitifitas TC dapat diatur, pada kondisi off mobil nyaris gak ada grip (non winter tire), pada kondisi nyala? Bobot 2.5 ton gak ada masalah diatas es.
So menurut saya, TC buat orang bodo sih enggak, dengan catatan orangnya latian yang bener sebelum bawa mobil.
Sekian dari nubie.



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Fitur unik yg diperkirakan muncul di next gen Kijang Innova
intinya perkembangan teknologi itu dibuat untuk lebih baik..walo terkadang bnyk fitur yg mungkin tdk cocok di sini ditambahkan seperti start stop,gadget..cuma bagi saya yang bisa lgsg rasakan ketika saya mengemudi..
walo suka atau tdk suka kemajuan teknologi itu kita harus bersiap terima..
walo suka atau tdk suka kemajuan teknologi itu kita harus bersiap terima..