Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Bro, mau nany dong captiva 2009 ane tiba2 speedometernya di kaca bagian dalam ada embun/ flek gt, gw udah pake hair dryer, serap air, pake pembersih kaca g bisa juga..gmana y bro kira2? ada yg punya pengalaman??
Salam kenal.. Saya barusan ambil FL2012 vin 2011. Dr servis record pernah ganti stick lever ama fuel pump.
Sy rasakan ada suara grrrk pas lewat poldur. Gmn solusinya yaa?
Beres recomended di jatim selain SMART Malang mana yaa?
Tolong invite grup LINE dong.. Id Angga Pram
Thanks
qiqiqiqi...uda lama ga nongol , salam kenal buat om2 yg baru minang badak.
kl ada mslh nya, bisa share disini, akan saya coba bantu2 menyelesaikan mslh nya.
*berusahabuatonlinelagi
thx
Om2 sekalian,
mau nanya dong gejala filter solar kalau sudah kotor apa yah??
soalnya badak ane pas di starter mesin rada kasar, tapi sekitar 5 detik balik ke normal lagi.
mohon pencerahannya..
kalau fuel filter kotor/mampet, biasanya mobil ketika digas atau ditarik atau ketika nanjak, terasa brebet atau hilang tenaga. Kalau gak salah juga lampu warning nyala.
tenaga nya kurang kl filter udara nya kotor.
setiap pagi kl starter ada bunyi begitu, rata2 semua vcdi FL, sampai skrg badak say juga begitu.
tanya ke beres, bilang nya oli nya lom naik, ada yg bilang HLA, sampai skrg lom pasti mslh apa yg menyebabkan bunyi tsb.
cmiiw
Om2 sekalian..
Mau tanya2 nih, badak ane FL VIN 2013, baru dipakai skitar 1 tahun. Awal tahun kmrn ganti steering rackdi BeRes karena pas belok mentok bunyi kletek2.
Sekarang kejadiannya, pas mobil udah dipakai (mesin udah panas normal), stir dibelokin kiri/kanan ada bunyi2 krek..krek..dan ada getaran di stir kyk ada gear yg bergesekan.
Kira2 ada yg tau solusi masalah ane diatas??
Mohon pencerahan dr suhu2 penjinak badak.
Dan apakah penggantian steering rack/ part kaki2 yg lain masih masuk dlm garansi?
salam kenal semua, saya nubie nih di captiva. baru pakai +- 2 minggu captiva nya.
mau tanya kalau di bagian bawah setir, kalo belok ke kanan, ada bunyi nya kaya kret kret gitu, ga tll kenceng sih. ada yg tau kira2 itu masalah di apanya?
thx b4 untuk para suhu captiva
kejadian serupa sudah saya alami, dan pasa badak saya bawa ke beres, ternyata yg bermasalah adalah Steering Rack nya (masih garansi, tp nunggu nya lumayan skitar 2 bulan). bawa aja ke Dealer / BeRes nya utk di cek.
Mohon dibantu jika ganti accu terus semua indicator blank apa yang harus kita lakukan terhadap captiva saya termasuk tidak bisa digerakkan tuas persnelingnya.
ada yang pernah pengalaman ganti shock belakang captiva?
captiva ane thn 2009, setelah di cek, shocknya bolong karena karat.
memang udh bbrp waktu belakangan ini mobil jadi sering gesrot kalo lwt jalan bolong/poldur, shock belakang ngayun banget trus bunyi glodak glodak kalo lwt poldur/jalan bolong
@bandititem : kl di jakarta, coba saya rasakan dulu. bunyi timbul kalau kendaraan uda panas bukan om?
@eisno : kl masih garansi, minta ganti aja om
@ajay : mksdnya ga bisa starter habis ganti accu atau gmn om?
@1704mx : tkl berkenan, tanya ke jco om, spesialis part chevy
thx
ricky260784 wrote:bos2 captiva owner sekalian, saya owner captiva FL 2012 diesel. kemaren ada temen saya sesama owner captiva FL 2012 diesel kilometer nya 60rb an yg mengalami kerusakan transmisi matic dgn gejala mobil ga bisa dijalankan maju ato mundur, tapi utk mesin nyala. lalu diderek ke beres chevy smart hr mohammad surabaya, setelah diperiksa katanya transmisinya rusak, dan harganya yang bikin saya tercengang, katanya mencapai hampir 80jt bos! dan di beres sini katanya uda 5 unit captiva yg pernah rusak dan klaim garansi. kata beres penyebab nya untuk yg FL software nya terlalu cepat dan transmisi nya ga bisa mengikuti, bila mau lebih aman bisa di reset utk software nya. untungnya temen saya ini juga masih garansi tersisa 3 bulan jd diganti ama beres, itupun katanya barangnya ga ready dan harus nunggu berbulan2. apakah bos2 sekalian disini pernah mengalami kejadian serupa ato ada yg tau solusinya? soalnya jujur saja saya jd was2 karena harganya yang ga masuk akal dan bila garansinya sudah habis maka secara ga langsung akan sangat merugikan. saya jadi kepikiran utk menjual badak saya sebelum garansinya habis di akhir taon, padahal sebenarnya saya sangat puas dgn performa badak saya, overall captiva sangat memuaskan walau ada beberapa penyakit yg umum saya baca2 disini tp sudah saya benerin dari fuel pump, dashboard bunyi, sampe shock depan. salam badak bos!
Wah.. kalau udah 5 unit berarti memang ada masalah. Transmisi otomatis seharusnya gak gitu cepat rusak sampai harus ganti total.
Lupa kapan tepatnya, pas ganti oli mesin dan transmisi, diantara November 2013 atau 2014. Ada dikabari ada upgrade software untuk bagian transmisinya. Katanya bagian Turbine Shaftnya. Pas pertama baca kirain turbin dari bagian Turbochargernya. Katanya sih supaya gak rusak karena torsi Captiva nya besar. Mungkin sedikit di tune down. Tapi ya heran versi 2014 Captiva torsinya mencapai 400 Nm, kemungkinan ada upgrade bagian part tersebut. Ada ditanya bagian dari transmisinya apa yang rusak? Soalnya gak mungkin rusak semuanya.
Tapi ya pas upgradenya error terus. Saya pun jadi was2 apa beres yang satu ini bisa program ECU nya. Akhirnya bawa ke beres yang biasa saya pergi. Tapi ya semenjak hari itu. Entah pengaruh software atau ganti oli transmisinya. Mobilnya kalau kondisi stop and go, lepas rem, jalan dikit baru injak rem lagi. Rpm mesinnya bakal nge-drop, dan tiba2 gas naik sendiri supaya gak mati. Kondisi seperti ini terjadi juga ketika dari N ke R. Ataupun dari R->N->D.
Dulu sih parahnya bukan main. Sekarang udah gak sesering dulu gejalanya. Bahayanya pas Rpm nya naik. Kan jadi nge gas sendiri mobilnya.
Dan masalah Fuel Pump Captiva Diesel kayaknya memang gak bisa diobati lagi. Udah 3 kali ganti tetap masih bunyi2. Yang ketiga kali yang paling lama tahannya. Udah 6 bulan lebih baru muncul sedikit bunyi "ngiing2" nya.
Kalau sekarang masalah baru entah bunyi "groowl" dari mana. Cuma terjadi pas di pagi hari cold start. Mungkin setelah didiamin hampir 8 jam lebih. Pas start, bakal muncul bunyinya sekitar 2 detik. Habis itu hilang total, meskipun dimatikan mesinnya dan mau dicoba lagi apa ada bunyi. Ini yang jadi susah didiagnosa di beres juga. Mesti didiamin semalaman dan bunyinya cuma beberapa detik. Takutnya sih di sekitar timing chainnya. Bunyinya muncul setelah servis di bulan 2 kemarin. Cuma gak tiap pagi. Sekitar 50% dari tiap start.
Soalnya di bulan 2 kemarin ada bunyi kayak kaleng berbenturan. Di gas, maka bunyinya ikut keras. Terakhir katanya perlu diganti Tensioner Belt, Pretensioner nya, dan Water Pump. Sumber bunyinya berasal dari Water Pump nya. Tapi yang heran meski udah lewat garansi, Water Pump nya katanya akan diclaim sebagai garansi. Karena mobil saya yang pertama rusak water pumpnya. Butuh sampai 4 hari untuk bongkar pasangnya, karena baru kali ini beres bongkar pasang water pumpnya. Ya untung juga sih gak dikenakan biaya.
Dan herannya juga biasanya water pump rusak, ada nampak netes2 air, tapi ini gak ada dan suhu mobil tetap normal, makanya gak kepikiran sampai sana bahwa water pump nya rusak.
Oh.. iya. Di kota2 lainnya gimana ya? Apa masih ada jual Biosolar? Soalnya di kota Medan sekarang yang dijual Solar Murni saja. Yang Biosolar sudah gak ada. Pertama2 heran, kenapa tulisan Bio dari Biosolar nya dihapus. Pas ditanya katanya yang dijual sekarang Solar Murni 100%. Gak ada campuran biodiesel lagi. Ada untung sama ruginya sih.
Ruginya sih, sudah beberapa minggu mobil terasa jauh lebih bergetar. Kemungkinan karena faktor solar murni ini. Dan knalpotnya lebih cepat nampak hitam2nya dikit, tapi kalau disiram sih langsung hilang hitam2nya. Sebelumnya kalau Biosolar mesti sampai beberapa minggu baru nampak hitam2nya.
Kalau gak campur Dex, lebih parah. Tapi kalau pakai Dex 100% sih juga kadang2 gak enak. Kualitas Dex gak konsisten. Kadang ringan tarikannya, kadang agak seperti Biosolar. Jadinya lebih sering campur Biosolar sama Dex. Dulu pas baru awal dijual masih agak putih kekuning2an, sekarang udah jadi coklat warna Dex nya.
Untungnya ya, gak jadi dinaikkan kadar biodieselnya sampai 10%. Sebelumnya saya ada baca katanya mau dinaikkan sampai 20% lagi. Di negara tetangga juga lagi ribut2 masalah kadar biodieselnya. Karena gak laku minyak sawit, jadinya mau dipakai ke bahan bakar diesel hingga 10%. Tapi sudah ditolak beberapa pabrikan: BMW, Mercedes, Toyota, Isuzu, Ford,dll. Bahkan dari pembuat injector pumpnya sendiri, Bosch, Denso. Karena komponen mesin pasti gak bisa tahan. Maksimal bisa sampai 7.5% seperti yang sekarang di Indo sebelum ditiadakan. Idealnya sih menurut saya di 5% saja. Mobil2 Indo juga belum diuji untuk kadar biodiesel sampai 10%. Kalau dari Chevroletnya cuma ada 2 yang bisa, Spin sama Colorado.
Tapi kenapa ya Pertamina bisa tiba2 hentikan penjualan biosolar, tanpa ada pemberitahuan dulu?