Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
om turbo. mohon pencerahannya lagi...
kira2 klo dibandingkan antara castrol magna prof a5 vs mobil1 5w-30 mana yg lebih bagus..?
lalu Amzoil 0w-20 vs mobil1 0w-20 dan amzoil 0w-30 vs mobil1 0w-30?
oh ya spy tidak merepotkan saya bantu link TDS nya
http://www.mobil.com/USA-English/Lubes/ ... 0W-30.aspx
http://www.mobil.com/USA-English/Lubes/ ... 0W-20.aspx
Terima kasih sebelumnya
kira2 klo dibandingkan antara castrol magna prof a5 vs mobil1 5w-30 mana yg lebih bagus..?
lalu Amzoil 0w-20 vs mobil1 0w-20 dan amzoil 0w-30 vs mobil1 0w-30?
oh ya spy tidak merepotkan saya bantu link TDS nya
http://www.mobil.com/USA-English/Lubes/ ... 0W-30.aspx
http://www.mobil.com/USA-English/Lubes/ ... 0W-20.aspx
Terima kasih sebelumnya
I am a Driver... not a Racer...
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Selama Amsoil ASM 0W20 dan AZO 0W30 masih ada stock yg harga promo "edan", oli oli 0w20 / 5w30 lain boleh singkirin ke tong sampah duluALX7 wrote:om turbo. mohon pencerahannya lagi...
kira2 klo dibandingkan antara castrol magna prof a5 vs mobil1 5w-30 mana yg lebih bagus..?
lalu Amzoil 0w-20 vs mobil1 0w-20 dan amzoil 0w-30 vs mobil1 0w-30?
oh ya spy tidak merepotkan saya bantu link TDS nya
http://www.mobil.com/USA-English/Lubes/ ... 0W-30.aspx
http://www.mobil.com/USA-English/Lubes/ ... 0W-20.aspx
Terima kasih sebelumnya
Kalo nanti barang promo ini udah abis ya barulah kita kembali ke "realita kehidupan"
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri May 22, 2015 15:03
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
artikel menarik gan.. mirip2 dgn apa yg sedikit kita pernh diskusikan. kebutuhan itu sebenarnya yg menentukan grade. informasi yg baik tanpa mengarahkan justru akan membuat kebebasan pengguna utk menentukan yg terbaik buat kebutuhan mereka. short trips bagus pake yg lbh encer krn kebutuhannya meningkat utk lubrikasi dgn cepat krn interval penggunaan pendek, selain lebih hemat bbm. kalo perjalanan panjang atau terkena macet yg parah (lbbh dari 30menit misalnya), lebih kentel dikit lebih bagus.Turboman wrote:Trend berikut sesudah 0W20 adalah 0W16
Low Viscosity SAE 16 Oils Will Require Cutting-edge Additive Technology to Address Wear Challenges
... low viscosity grade specification .... will help OEMs meet increasingly strict corporate average fuel economy (CAFE) requirements. However, ultra-low viscosity grade oils can create durability challenges.
http://www.gf-6.com/low-viscosity-sae-16-oils
begitupun di dunia kencang, drag lbh pas dgn oli super encer, krn ingin perform secepatnya. (temperatur oli yg kurang pas panasnya akan membuat power tidak maksimal/sedikit off sekitar 2-4%). di endurance race, sy blm pernah dngr ada yg make x-30, misalnya. biasa pake x-50/60 an.
favorit ane tetap 5-40. 5 udah lumayan enceerrr utk start awal, dan 40 utk proteksi part2 spy tetap terlubrikasi dgn baik.
cmiiw
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
nah tuh om hasta ketemuan dgn om kompressor dah yg pake 0W20 di MB CGI nya
ane sebagai nuwbie duduk nyimak di pinggir aja.....heheheheheheh
ane sebagai nuwbie duduk nyimak di pinggir aja.....heheheheheheh
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri May 22, 2015 15:03
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
itu grade 0 yg paling rendah ya bro?Turboman wrote:nah tuh om hasta ketemuan dgn om kompressor dah yg pake 0W20 di MB CGI nya
ane sebagai nuwbie duduk nyimak di pinggir aja.....heheheheheheh
kalo bener, yg bikin belum jelas buat ane, yg super nubie ini, kenapa negara2 maju itu spt jepun amrik eropa, yg berlokasi jauh dari katulistiwa dgn temperatur lebih rendah dari kita, ga buat yang negatif gitu. kenapa hanya 0 aja ya? keknya rada susah percaya, sebagai pasar2 terbesar utk produk mereka, mereka tdk mikirkan buat oli terbaik buat iklim disana yg lbh encer dari 0...
kalo ane lihat ada titik2 temperatur dimana semakin encernya oli sudah sangat sedikit pengaruhnya. atau keuntungan yg didapat dgn semakin encernya oli, semakin sedikit dibanding meningkatnya resiko yg ada dgn keenceran itu, di titik2 temperature udara. spt law of diminishing returns pasti ada juga di oli... di flow pun ada loh (malah itu yg sering sy perhatikan tidak dilihat oleh, misal, exhaust designer di indo ini).
Lebih jelas, khawatir membingungkan, misal suatu power terjadi di rpm 9000. Adalah percuma dan merugikan bila menggunakan diameter pipa exhaust yg mengarah ke max power itu, kalo rpm yg ada hanya 6500.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Sumbang pendapat dikit ah...
Dari hasil mendalami oli2an, konon untuk menjaga keseimbangan antara "green" dengan proteksi mesin itu rumit 1/2 idup. Saya yakin kalo sebenernya bikin yang pala negatif itu harusnya bisa, cuman mungkin saja biaya yang dikeluarkan sudah menjadi tidak ekonomis lagi karena untuk membuat oli tersebut tetep encer di suhu rendah tapi tidak menjadi terlalu encer di suhu kerja bukan perkara mudah yang mungkin butuh aditif yang sangat mutakhir yang biayanya tidak murah. Alhasil kalaupun keluar itu oli dipasaran menjadi kurang/tidak laku karena kemahalan - rugilah bandar . Sekedar pendapat sotoy nubie aja yang udah ngabisih puluhan jam baca2 tentang oli mesin dari berbagai sumber.
Dari hasil mendalami oli2an, konon untuk menjaga keseimbangan antara "green" dengan proteksi mesin itu rumit 1/2 idup. Saya yakin kalo sebenernya bikin yang pala negatif itu harusnya bisa, cuman mungkin saja biaya yang dikeluarkan sudah menjadi tidak ekonomis lagi karena untuk membuat oli tersebut tetep encer di suhu rendah tapi tidak menjadi terlalu encer di suhu kerja bukan perkara mudah yang mungkin butuh aditif yang sangat mutakhir yang biayanya tidak murah. Alhasil kalaupun keluar itu oli dipasaran menjadi kurang/tidak laku karena kemahalan - rugilah bandar . Sekedar pendapat sotoy nubie aja yang udah ngabisih puluhan jam baca2 tentang oli mesin dari berbagai sumber.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sun Apr 05, 2015 10:49
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Turboman wrote:Disebutkan dong lah 2700 cc V6 nya keluaran tahun berapa......gantengmaut wrote:Oom Turboman,
kalau untuk mobil mesin V6 2.7 (2700cc) biar performanya optimal mendingan pake fastron gold atau shell helix ultra yang 5w30? atau cukup pake fastron techno 10w40 atau shell hx 7 10w40?
kalau di bandingkan di kelas 5w30 Pertamina Fastron Gold vs Shell Helix Ultra vs Total Quartz 9000 API SN vs Castrol Edge bagusan mana ya?
oh ya pernah ada yang bandingin kelas 10w40 dengan Pertamina Fastron Techno vs Total Quartz 7000 SM vs Castrol Magnatec gak?
overall, oli pertamina yang fastron line up itu bisa dianggap setara gak sih sama Mobil Oil, Shell, Total,atau oli2 terkenal lainnya?
apa cuma jargon dari pertamina aja klo oli mereka bagus?
Utk mesin Gasoline NA jika kondisi prima, SAE buntut 30 udah paling kental.....kalo pake 40 weight tarikan jadi beraaattt.
Utk saat ini bisa pakai Amsoil AZO 0W30....berhubung di Graha ada promosi "edan"........merek2 lain mah langsung tewas lah dibanding yg 1 ini....kecuali ketemu Royal Purple / Redline / other "super expensive" oil yg SAE setara baru imbang.
*bukan seles Amsoil*
oh iya lupa sebutin tahun berapa, tahun 2008 om, mobilnya hyundai santa fe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Green saat dipakai tidak green saat pembuatannya ya om?ecco wrote:Dari hasil mendalami oli2an, konon untuk menjaga keseimbangan antara "green" dengan proteksi mesin itu rumit 1/2 idup. Saya yakin kalo sebenernya bikin yang pala negatif itu harusnya bisa, cuman mungkin saja biaya yang dikeluarkan sudah menjadi tidak ekonomis lagi karena untuk membuat oli tersebut tetep encer di suhu rendah tapi tidak menjadi terlalu encer di suhu kerja bukan perkara mudah yang mungkin butuh aditif yang sangat mutakhir yang biayanya tidak murah.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
om mau tanya oli full syn 5w40 untuk d4d yang value for money (<120rb/L), kuat 10rb km dan olinya ready stock terus jadi ga perlu ganti" apa aja ya?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
bsa coba q8 excel diesel 5-40.... dl di ayung ad jual... seliter kisaran 80 atau 90an rebu... entah skrg masi ada ato kagadieselman228 wrote:om mau tanya oli full syn 5w40 untuk d4d yang value for money (<120rb/L), kuat 10rb km dan olinya ready stock terus jadi ga perlu ganti" apa aja ya?
atau ke graha... sliter ga lebi dr 120 seinget ane... harga jg second ter ahoyy di jakarta... compared to other distro yg edan harganya..
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
2 bulan lalu gak ikutan beli Amsoil DEO 5W40 Full Synth yg harga 125 rb yah ?dieselman228 wrote:om mau tanya oli full syn 5w40 untuk d4d yang value for money (<120rb/L), kuat 10rb km dan olinya ready stock terus jadi ga perlu ganti" apa aja ya?
Too bad
Ok skg ya pilihannya :
Q8 T800 - 10W40 API CI-4....itu harganya under 100 rb / L, saya e\pernah test 10.500 KM dlm 10 bulan dan hasil test labnya masih layak pakai.
Kalo utk 5W40 tunggu aja kalau misalnya Shell HU / Castrol EDGE 5W40 ada promo, kalo 10.000 Km dicapai dalam 9 bulan atau kurang, maka bisa pake sampe 10.000 Km, asal tiap ganti oli ya filter oli ganti dan gunakan filter oli yg DENSO Thai
Coba aja cek2 di Atrium / Ayung, kadang castrol EDGE 5W40 suka ada yg harga miring
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Maaf oot,
Om turbo, mobil saya kalo udah hidup lebih dari 1 / 2 jam belakangan ini suka muncul "tek tek tek tek tek" dari bagian mesin sebelah kiri.
Kira2 itu penyebab nya karena oli tdk sesuai atau sebab lain ya om?
Om turbo, mobil saya kalo udah hidup lebih dari 1 / 2 jam belakangan ini suka muncul "tek tek tek tek tek" dari bagian mesin sebelah kiri.
Kira2 itu penyebab nya karena oli tdk sesuai atau sebab lain ya om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Turboman wrote:2 bulan lalu gak ikutan beli Amsoil DEO 5W40 Full Synth yg harga 125 rb yah ?dieselman228 wrote:om mau tanya oli full syn 5w40 untuk d4d yang value for money (<120rb/L), kuat 10rb km dan olinya ready stock terus jadi ga perlu ganti" apa aja ya?
Too bad
Ok skg ya pilihannya :
Q8 T800 - 10W40 API CI-4....itu harganya under 100 rb / L, saya e\pernah test 10.500 KM dlm 10 bulan dan hasil test labnya masih layak pakai.
Kalo utk 5W40 tunggu aja kalau misalnya Shell HU / Castrol EDGE 5W40 ada promo, kalo 10.000 Km dicapai dalam 9 bulan atau kurang, maka bisa pake sampe 10.000 Km, asal tiap ganti oli ya filter oli ganti dan gunakan filter oli yg DENSO Thai
Coba aja cek2 di Atrium / Ayung, kadang castrol EDGE 5W40 suka ada yg harga miring
wah ketinggalan promo saya ,mungkin kalau sulit sih yang Q8 T800 jadi pilihan terakhir sih om.
oke om, thanks buat infonya. langsung berburu ke ayung.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
DOHC wrote:bsa coba q8 excel diesel 5-40.... dl di ayung ad jual... seliter kisaran 80 atau 90an rebu... entah skrg masi ada ato kagadieselman228 wrote:om mau tanya oli full syn 5w40 untuk d4d yang value for money (<120rb/L), kuat 10rb km dan olinya ready stock terus jadi ga perlu ganti" apa aja ya?
atau ke graha... sliter ga lebi dr 120 seinget ane... harga jg second ter ahoyy di jakarta... compared to other distro yg edan harganya..
oke om, thanks buat infonya. segera saya merapat kesana
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
sedikit report pemakaian oli di vely...
Jd cerita nya si vely sebelumnya pake Castrol Magna Pro, dgn usia pakai oli 8000km hampir 12 bulan..
so far sih masih enak dipakai hampir tidak ada perubahan dr sejak pertama kali pake...
berhubung lg liburan dan ga ada kerjaan, ganti oli aja deh...
experimen, 1liter oli Honda Gold dan 2 liter oli TGMO 5W-30...
HAsilnya...?
Suara mesin sedikit lebih berisik jadi nya, utk akselerasi setelah dibawa jalan 20km, terasa lebih cepat naik rpm nya...
Report utk medium dan long term nya menyusul...
Jd cerita nya si vely sebelumnya pake Castrol Magna Pro, dgn usia pakai oli 8000km hampir 12 bulan..
so far sih masih enak dipakai hampir tidak ada perubahan dr sejak pertama kali pake...
berhubung lg liburan dan ga ada kerjaan, ganti oli aja deh...
experimen, 1liter oli Honda Gold dan 2 liter oli TGMO 5W-30...
HAsilnya...?
Suara mesin sedikit lebih berisik jadi nya, utk akselerasi setelah dibawa jalan 20km, terasa lebih cepat naik rpm nya...
Report utk medium dan long term nya menyusul...
I am a Driver... not a Racer...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Honda gold itu 0w-20 kan ? dicampur dgn 5w-30... ummm.....
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
@dieselman28 :
Oli 5W40 utk Diesel yg harga 100 rb lebih dikit bisa coba Lupromax 5W40 utk Diesel, kalo ga salah type nya Zelos
Teman sy pake sampe 11 rb Km dan uji test lab oli tsb hasilnya dinyatakan masih layak pakai
Oli 5W40 utk Diesel yg harga 100 rb lebih dikit bisa coba Lupromax 5W40 utk Diesel, kalo ga salah type nya Zelos
Teman sy pake sampe 11 rb Km dan uji test lab oli tsb hasilnya dinyatakan masih layak pakai
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Turboman wrote:@dieselman28 :
Oli 5W40 utk Diesel yg harga 100 rb lebih dikit bisa coba Lupromax 5W40 utk Diesel, kalo ga salah type nya Zelos
Teman sy pake sampe 11 rb Km dan uji test lab oli tsb hasilnya dinyatakan masih layak pakai
oke om boleh ane tampung, hmm belinya apakah ada di BOM kpl gdg atau Toda klp gading (paling cukup deket)?
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
waktu itu teman yg test dari Surabaya, dia kirim sample oli bekas ke ane dan ane yg bawa ke Petrolabdieselman228 wrote:Turboman wrote:@dieselman28 :
Oli 5W40 utk Diesel yg harga 100 rb lebih dikit bisa coba Lupromax 5W40 utk Diesel, kalo ga salah type nya Zelos
Teman sy pake sampe 11 rb Km dan uji test lab oli tsb hasilnya dinyatakan masih layak pakai
oke om boleh ane tampung, hmm belinya apakah ada di BOM kpl gdg atau Toda klp gading (paling cukup deket)?
Kalo utk yg jual di Jkt dimana coba aja telp distro-nya Lupromax.....google aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Mon Jan 26, 2015 10:20
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
mau review nih pakai magnatec prof 5w-30
jauh banget bedanya dari 10w-40 yang sama sama castrol
tarikannya lebih ringan dan kencang
enak banget waktu di 2000-3000rpm
mantep banget deh..
tapi lumayan harga disini 650 ribu per 4 liter
secara banyak yang ga suka karena bajetnya terlalu tinggi
mau saya kejar lagi sampai 7500km
kemarin pakai castrol magnatec 10w-40 7500 masih enak
bener kata agan agan disini sebenarnya di pakai 10000km pun masih enak
jauh banget bedanya dari 10w-40 yang sama sama castrol
tarikannya lebih ringan dan kencang
enak banget waktu di 2000-3000rpm
mantep banget deh..
tapi lumayan harga disini 650 ribu per 4 liter
secara banyak yang ga suka karena bajetnya terlalu tinggi
mau saya kejar lagi sampai 7500km
kemarin pakai castrol magnatec 10w-40 7500 masih enak
bener kata agan agan disini sebenarnya di pakai 10000km pun masih enak
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Mahal juga ya tuh castrol profesional 5W-30 kemaren dpt hrg promo cuma 85rb/L buat avanza cuma nyesel gk beli byk giliran service di beres nih oli harganya gila2an 160rb/L nih oli bener mantap baca2 di google rekomendasi ford.aslicepetrusak wrote:mau review nih pakai magnatec prof 5w-30
jauh banget bedanya dari 10w-40 yang sama sama castrol
tarikannya lebih ringan dan kencang
enak banget waktu di 2000-3000rpm
mantep banget deh..
tapi lumayan harga disini 650 ribu per 4 liter
secara banyak yang ga suka karena bajetnya terlalu tinggi
mau saya kejar lagi sampai 7500km
kemarin pakai castrol magnatec 10w-40 7500 masih enak
bener kata agan agan disini sebenarnya di pakai 10000km pun masih enak
Misi om Turboman mau tanya utk Oli Motul H-Tech 100 Plus 5W-30 itu bisa buat mesin diesel D4D gk ya soalnya yg lama itu speknya API SM/CF pasti bisa sedangkan keluaran yg baru itu speknya API SN-WITH CF PERFORMANCE/ ILSAC GF-5
Kebetulan dpt harga murah 1dus 1,1jt 4Lx4Galon.kemaren mau coba Fastron Gold kata yg jual gk bs buat diesel ternyata liat speknya di google bs akhirnya pakai HX-8 tuh D4D diatas 6000KM tarikan udh krg enak plus berisik tapi udh hampir 10rb oli sih msh bagus.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Wih, murah banget om. Bisa minta nocan yang jualan om? Hehehe.bangrosi wrote:Mahal juga ya tuh castrol profesional 5W-30 kemaren dpt hrg promo cuma 85rb/L buat avanza cuma nyesel gk beli byk giliran service di beres nih oli harganya gila2an 160rb/L nih oli bener mantap baca2 di google rekomendasi ford.aslicepetrusak wrote:mau review nih pakai magnatec prof 5w-30
jauh banget bedanya dari 10w-40 yang sama sama castrol
tarikannya lebih ringan dan kencang
enak banget waktu di 2000-3000rpm
mantep banget deh..
tapi lumayan harga disini 650 ribu per 4 liter
secara banyak yang ga suka karena bajetnya terlalu tinggi
mau saya kejar lagi sampai 7500km
kemarin pakai castrol magnatec 10w-40 7500 masih enak
bener kata agan agan disini sebenarnya di pakai 10000km pun masih enak
Misi om Turboman mau tanya utk Oli Motul H-Tech 100 Plus 5W-30 itu bisa buat mesin diesel D4D gk ya soalnya yg lama itu speknya API SM/CF pasti bisa sedangkan keluaran yg baru itu speknya API SN-WITH CF PERFORMANCE/ ILSAC GF-5
Kebetulan dpt harga murah 1dus 1,1jt 4Lx4Galon.kemaren mau coba Fastron Gold kata yg jual gk bs buat diesel ternyata liat speknya di google bs akhirnya pakai HX-8 tuh D4D diatas 6000KM tarikan udh krg enak plus berisik tapi udh hampir 10rb oli sih msh bagus.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Sangat tidak direkomendasikan secara D4 D itu valve tappet...gak cocok dgn std ILSAC GF-x.........udah itu utk Diesel TBN optimal minimum 9 an mg KOH, di H Tec TBN nya sekitar 8 atau kurang kayaknyabangrosi wrote:
Misi om Turboman mau tanya utk Oli Motul H-Tech 100 Plus 5W-30 itu bisa buat mesin diesel D4D gk ya soalnya yg lama itu speknya API SM/CF pasti bisa sedangkan keluaran yg baru itu speknya API SN-WITH CF PERFORMANCE/ ILSAC GF-5
Kebetulan dpt harga murah 1dus 1,1jt 4Lx4Galon.kemaren mau coba Fastron Gold kata yg jual gk bs buat diesel ternyata liat speknya di google bs akhirnya pakai HX-8 tuh D4D diatas 6000KM tarikan udh krg enak plus berisik tapi udh hampir 10rb oli sih msh bagus.
H Tec 5W30 kalo in case of emergency bisa aja dipake di D4 D, tapi nanti di KM 4000 mungkin dah harus dibuang, jadi sia2 saja
Kalo buat D4 D bisa pakai Motul 5W30 yg MB 229.5 atau Motul 5W40 seri 8000 an yg meet MB 229.5 / GM LL-025-B......saya lupa type-nya, tapi kedua barang tsb ada di sini
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
@Sintoni:di pm aja kecuali diizinkan di post disini
Sekalian mau ksh price list oli per karton/dus entah murah atau mahal itungannya.
Per karton/Dus isi
G=4Galon @4Liter
L=12Botol @1Liter
SHELL HX 7 10W-40
840rb/G 660rb/L
SHELL HX 8 5W-30
1,2jt/G
SHELL ULTRA 5W-30
1,9jt/G 1,2jt/L
CASTROL MAGNATEC 10W-40
1,35jt isi 6 Galon
MOTUL H TECH 100 PLUS 5W-30
1,1jt/G 900rb/L
TOYOTA TGMO 10W-40
700rb/G 600/L
NB: Bukan sales oli hanya sekedar sharing
Oh gitu ya om turbo jd kurang cocoknya bukanya gk bisa bakalan pakai HX8 lagi nih,kalo yg Ultra gk kuat harganya.rencana mau pakai motul biar sekalian buat mesin bensin jg sih.kalo Motul 5W-30 MB 229.5 mungkin yg tipe lama msh API SM kayaknya sdh gk keluar digantikan API SN.
Sekalian mau ksh price list oli per karton/dus entah murah atau mahal itungannya.
Per karton/Dus isi
G=4Galon @4Liter
L=12Botol @1Liter
SHELL HX 7 10W-40
840rb/G 660rb/L
SHELL HX 8 5W-30
1,2jt/G
SHELL ULTRA 5W-30
1,9jt/G 1,2jt/L
CASTROL MAGNATEC 10W-40
1,35jt isi 6 Galon
MOTUL H TECH 100 PLUS 5W-30
1,1jt/G 900rb/L
TOYOTA TGMO 10W-40
700rb/G 600/L
NB: Bukan sales oli hanya sekedar sharing
Turboman wrote:
Sangat tidak direkomendasikan secara D4 D itu valve tappet...gak cocok dgn std ILSAC GF-x.........udah itu utk Diesel TBN optimal minimum 9 an mg KOH, di H Tec TBN nya sekitar 8 atau kurang kayaknya
H Tec 5W30 kalo in case of emergency bisa aja dipake di D4 D, tapi nanti di KM 4000 mungkin dah harus dibuang, jadi sia2 saja
Kalo buat D4 D bisa pakai Motul 5W30 yg MB 229.5 atau Motul 5W40 seri 8000 an yg meet MB 229.5 / GM LL-025-B......saya lupa type-nya, tapi kedua barang tsb ada di sini
Oh gitu ya om turbo jd kurang cocoknya bukanya gk bisa bakalan pakai HX8 lagi nih,kalo yg Ultra gk kuat harganya.rencana mau pakai motul biar sekalian buat mesin bensin jg sih.kalo Motul 5W-30 MB 229.5 mungkin yg tipe lama msh API SM kayaknya sdh gk keluar digantikan API SN.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05
Motul 5W30 specific MB 229.5 itu justru baru liat tahun lalu waktu IIMS 2014 ombangrosi wrote:@Sintoni:di pm aja kecuali diizinkan di post disini
Sekalian mau ksh price list oli per karton/dus entah murah atau mahal itungannya.
Per karton/Dus isi
G=4Galon @4Liter
L=12Botol @1Liter
SHELL HX 7 10W-40
840rb/G 660rb/L
SHELL HX 8 5W-30
1,2jt/G
SHELL ULTRA 5W-30
1,9jt/G 1,2jt/L
CASTROL MAGNATEC 10W-40
1,35jt isi 6 Galon
MOTUL H TECH 100 PLUS 5W-30
1,1jt/G 900rb/L
TOYOTA TGMO 10W-40
700rb/G 600/L
NB: Bukan sales oli hanya sekedar sharing
Turboman wrote:
Sangat tidak direkomendasikan secara D4 D itu valve tappet...gak cocok dgn std ILSAC GF-x.........udah itu utk Diesel TBN optimal minimum 9 an mg KOH, di H Tec TBN nya sekitar 8 atau kurang kayaknya
H Tec 5W30 kalo in case of emergency bisa aja dipake di D4 D, tapi nanti di KM 4000 mungkin dah harus dibuang, jadi sia2 saja
Kalo buat D4 D bisa pakai Motul 5W30 yg MB 229.5 atau Motul 5W40 seri 8000 an yg meet MB 229.5 / GM LL-025-B......saya lupa type-nya, tapi kedua barang tsb ada di sini
Oh gitu ya om turbo jd kurang cocoknya bukanya gk bisa bakalan pakai HX8 lagi nih,kalo yg Ultra gk kuat harganya.rencana mau pakai motul biar sekalian buat mesin bensin jg sih.kalo Motul 5W-30 MB 229.5 mungkin yg tipe lama msh API SM kayaknya sdh gk keluar digantikan API SN.
http://www.frontier.ro/files/pdf/Specif ... 8GB%29.pdf
MB 229.5 tidak mengenal API API an om.......std MB itu berbasis ACEA A3 / B4 yang disempurnakan lebih lanjut.......
Tuh spec nya setara SHU AB
itu bisa banget buat D4 D
Kalau yg udah lama masuk yg 5W40 yg seri 8000 sekian yg meet GM LL-025-B....itu juga oke utk D4 D
kalo bisa dapat miring banget sikat aja
* Bukan ajakan Beli *