Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by DOHC »

Bahkan serendah2 nya kisup aj ga bsa sehh jalan 40 kph dgn gigi 4... pasti glitik

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by ilhami »

1200rpm gigi 5 saya yakin cuma sisa dari tenaga gigi sebelumnya. Harusnya ada info lain seperti kemiringan jalan, dan durasi berapa lama kecepatan tsb dipertahankan.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

andrijet wrote:Buat eco driving atau hypermileage oke lha low RPM dalam batas wajar.
Tp kl overtaking pk RPM rendah bahaya lho, om..
Aim-nya kan nyalip seaman dan secepat mungkin.
Kl gasnya masih diurut membahayakan pengemudi di arah yang berlawanan.
Apalagi kl matic jadul, 'wassalam' aja nyalip gak di-kick down, hehehe..
Kalau mobilnya tidak mampu, sebaiknya jangan dipaksa rpm rendah om. Selama ini saya menyalip rasanya tidak berat kok om, saya rasanya tidak pernah harus menginjak gas dalam - dalam, seringnya hanya ditambah injak sedikit saja. Dipakai mengikuti panther touring atau innova yang lagi nyalip juga tidak masalah, toh dijalan jarang banget yang pakai rpm tenaga maksimal. Baru kalau yang lagi nyalip nekat memaksa yang berlawanan untuk ngerem, saya tidak ikut - ikut.

Enaknya pakai rpm rendah adalah di tengah - tengah menyalip nggak perlu ganti gigi, walau sedang menyalip tronton gandeng. Tapi kalau mobil digas nggak bereaksi, ya tidak usah dipaksa. Kalau kendaraannya tidak mampu menyalip dalam beberapa detik, ya jangan memaksa pakai rpm rendah. Kalau tidak kuat ya sebaiknya perfoma mesinnya ditingkatkan.

Untuk saya acuannya lampu eco, walau rpmnya rendah kalau lampu eco sudah menyala, tenaga mesin sudah cukup untuk dibuat menyalip.


marmut wrote:@ sucahyo,

dengan segala hormat oom, mobil ayla yang oom sucahyo tumpangi itu dilengkapi dengan mesin twin cam. yang artinya mesin itu dirancang untuk putaran tinggi, peak horse power serta peak torque-pun didapat di putaran tinggi.
dengan kata lain, mesin itu (twin cam) terlahir untuk putaran tinggi.
kalau senang main di RPM rendah dengan mesin bensin sepertinya oom lebih cocok swap engine pakai F4-134 Hurricane saja.


:beer:
Saya tidak pernah pakai twin cam lain. Mobil yang lama Kijang '86, dan dari yang saya rasakan, rpm rendah tetap lebih bertenaga Ayla daripada Kijang '86. Mungkin juga dibantu karakteristik mesin 3 silinder yang rpmnya nggak tinggi, maksimal cuma 6000rpm. Kalau gaya saya mengemudi seperti berikut, maaf contohnya cuma gigi 3:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

ilhami wrote:1200rpm gigi 5 saya yakin cuma sisa dari tenaga gigi sebelumnya. Harusnya ada info lain seperti kemiringan jalan, dan durasi berapa lama kecepatan tsb dipertahankan.
Ini videonya:


Ini link ke google street view lokasi pengujian, bisa dibandingkan dengan situasi yang ada di video:
https://www.google.com/maps/@-7.386471, ... nwpFnQ!2e0

Dari kecepatan 34kpj saya sempat berakselerasi ke 38kpj, rpm sedang di kisaran 1100. Saat itu ac saya matikan karena kalau menyala rpm jadi naik sendiri, kalau tidak salah ke 1100, rpm tidak bisa direndahkan ke 1000.

Saya biasanya tidak menggunakan rpm serendah ini. Seperti terlihat, lampu eco tidak menyala. Saya biasanya minimal 1200rpm untuk gigi 4 atau 5.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by marmut »

DOHC wrote:Bahkan serendah2 nya kisup aj ga bsa sehh jalan 40 kph dgn gigi 4... pasti glitik

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
kita tunggu saja report berikutnya dengan judul : "kruk as patah gara-gara RPM rendah"
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by DOHC »

Unless.... bus2 buatan volvo atau mercedes yg canggih2 tuh ud ampe std euro 5....bbm nya solar dan cng..... itu ane perna liat cruising nya aj cuman 500an rpm... 2000 rpm aj ud kena redline

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by ilhami »

Sudah dicobain di kapsul, minimal 1500rpm..itu juga akhirnya naik ke 2000rpm. dicoba di sirion juga nggak bisa karena sebentar jalan naik turun atau ketemu lampu merah. useless deh
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: ANH30 FJA300

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by 808BB »

andrijet wrote:
sucahyo wrote:
andrijet wrote:Sorry om mobilnya ZF matic 8-speed.
Ngapain saya manteng di gigi 5?
:mky_03:
Tolol kl saya ngerusak mobil dgn jalan di bawah RPM optimal cuma buat irit-iritan.
Lagipula komputernya dipastikan bakal shift down.
Tapi demi om yang mendewakan MID saya bikin video atau foto MIDnya.
Walaupun in daily life males banget driving kayak siput encok ngurut gas masukin gigi ke RPM minimum dan kesusul pengemudi jahanam ugal-ugalan di jalan.
:mky_03:
Kalau mobil om bisa rusak jalan di rpm segitu, jangan deh om. kasihan mobilnya. Kalau saya sih, mulai dari mobil baru sering pakai 1200 rpm walau di jalan umum.

1:40 itu waktu mengendarai di kecepatan konstan berapa om?

Saya tanya video soalnya banyak yang ngomong bisa dapat 1:40 padahal cuma glitch saja, yang kalau di video jadi ketahuan.
Demi om sucahyo dan dewa MIDnya, please enjoy:


1:99.9 om.
:wkkk:

Itu real yak!
Kecepatan 100-120kpj, RPM 700 sahaja.
Posisi gear di D.
Jadi bukan jalan di turunan trus masukin perseneling ke Netral yak!

You mad?
:big_biglaugh:

Disini saya ingin menunjukan bahwa ngukur konsumsi BBM dari MID itu biasnya sangat besar.
Gak usah claim berapa konsumsi BBM tanpa menyertakan Average Speed yang terukur.
Wah oom adrijet make eco mode nih :big_biglaugh:
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by KodokPushUp »

Hmm
Nyalip pake rpm rendah ya.
Buat perjalanan luar kota, speed rata2 60-80 kmh.
Posisi nyalip, biasa 120-160 kmh
Ga bayangin ancang2 nyalipnya berapa lama ya kalo pake 1k rpm..
Itu juga ga yakin mampu nambah kecepatan.
Dan kayaknya perlu ekstra 6 gear tambahan biar bisa stay di 1k rpm :upss:

"Dijalan jarang banget pake tenaga maksimal?"
Kalo mobil 1500 cc ga kepake tenaga maksimal, beli aja mobil 1000 cc
Kalo 1000 cc masih ga kepake tenaga maksimal, beli 600 cc
Demikian seterusnya.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by andrijet »

@om 808BB
Minggir ah, hehehe..
320d jelas lebih irit dan jauh lebih kenceng dr LCGC manapun.
Test Autobild dapet 1:30an di TOL Cipularang with normal style.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

KodokPushUp wrote:Buat perjalanan luar kota, speed rata2 60-80 kmh.
Posisi nyalip, biasa 120-160 kmh
Bercanda nih om. walau top speed cuma 120kpj, di tol aja 100kpj sudah cukup untuk lebih kencang dari banyak kendaraan waktu di kijang '86 saya dulu. kecuali kalau ada sedan sport lagi ngetes. belum pernah lewat tol pakai ayla.

Saya tidak lewat tol om. di luar kota kendaraan yang pelan itu 40kpj, dan yang kencang itu cuma 80kpj. Sangat sangat jarang ada yang 100kpj. itu juga enteng banget kalau mau ngikuti pakai ayla kalau pingin dan diijinkan penumpang.
KodokPushUp wrote:"Dijalan jarang banget pake tenaga maksimal?"
Kalo mobil 1500 cc ga kepake tenaga maksimal, beli aja mobil 1000 cc
Kenyataannya di jalur luar kota, jalur surabaya ke timur atau keselatan, mau yang pakai VNT turbo, mau yang 2500cc rasanya tidak ada yang akselerasi maksimal, paling cuma setengah hati. Apalagi yang cuma 1500cc. Ketahuan dari kecepatan akselerasinya ataupun bunyinya.

Kadang bikin mangkel, mobil tenaga super kok nyalipnya lelet.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

ilhami wrote:Sudah dicobain di kapsul, minimal 1500rpm..itu juga akhirnya naik ke 2000rpm. dicoba di sirion juga nggak bisa karena sebentar jalan naik turun atau ketemu lampu merah. useless deh
terima kasih infonya. nanti kalau ada yang berhasil setelah coba akan saya pm.
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by KodokPushUp »

Domisili ane surabaya.
Dan rute luar kota ane surabaya-solo (jawa tengah)
Itu kecepatan luar kota ane (non tol)
Luar kota jalan 40-80, bisa ketiduran di jalan ane. (tahan 80 kmh cuma pas di tempat2 rawan baju coklat)
Beberapa tahun terakhir ini, pertambahan macetnya luar biasa, jadi mesti atur waktu berangkat.

Luar kota ga akselerasi maksimal?
Dalem kota aja ane tiap pagi nyentuh redline... :big_bored:
Ga bayangin gimana itu kondisi ruang bakar kalo ga pernah pembakaran maksimal.

Kalo tol di surabaya, setau ane kec 160kmh biasa (pas bukan jam rame).
Itu juga diketawain mafia2 SM (baik yg manusia dan yg bukan) yg kalo nge tol diatas 200 kmh.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by FRD »

KodokPushUp wrote:Domisili ane surabaya.
Dan rute luar kota ane surabaya-solo (jawa tengah)
Itu kecepatan luar kota ane (non tol)
Luar kota jalan 40-80, bisa ketiduran di jalan ane. (tahan 80 kmh cuma pas di tempat2 rawan baju coklat)
Beberapa tahun terakhir ini, pertambahan macetnya luar biasa, jadi mesti atur waktu berangkat.

Luar kota ga akselerasi maksimal?
Dalem kota aja ane tiap pagi nyentuh redline... :big_bored:
Ga bayangin gimana itu kondisi ruang bakar kalo ga pernah pembakaran maksimal.

Kalo tol di surabaya, setau ane kec 160kmh biasa (pas bukan jam rame).
Itu juga diketawain mafia2 SM (baik yg manusia dan yg bukan) yg kalo nge tol diatas 200 kmh.
brondok bayangin kalo ke luar kota ga akselerasi maksmal yg ada malah ga enak sama sekali.....beda kalo cuma cruising :mky_01: ane sendiri dalkot juga sering redline daripada rpm rendah mulu





yg ane bold :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
:big_smoking:
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by dream_theater »

Om cahyo kalo butuh voluntir tester alatnya boleh cobain ke mobil ane...
Mesin bensin injeksi 2200cc & ban 235/70R15 cukup haus nenggak BBM, kondisi standar 1:6 dalkot/1:8 lukot, pake minyak urut sedikit membaik jadi 1:7/1:9.
Tp ane cuma pemakai awam, masih jauh kalo disuruh jelasin soal2 teknis... :mrgreen:
:thanks:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

KodokPushUp wrote:Domisili ane surabaya.
Dan rute luar kota ane surabaya-solo (jawa tengah)
Itu kecepatan luar kota ane (non tol)
Luar kota jalan 40-80, bisa ketiduran di jalan ane. (tahan 80 kmh cuma pas di tempat2 rawan baju coklat)
Beberapa tahun terakhir ini, pertambahan macetnya luar biasa, jadi mesti atur waktu berangkat.
Kalau jalur saya, malam penuh kendaraan besar, pagi banyak sepeda motor. Mau bisa 80 saja susah. Apalagi jalur pasuruan yang lubangnya / gelombang jalan mengerikan.
KodokPushUp wrote:Luar kota ga akselerasi maksimal?
Dalem kota aja ane tiap pagi nyentuh redline... :big_bored:
Ga bayangin gimana itu kondisi ruang bakar kalo ga pernah pembakaran maksimal.

Kalo tol di surabaya, setau ane kec 160kmh biasa (pas bukan jam rame).
Itu juga diketawain mafia2 SM (baik yg manusia dan yg bukan) yg kalo nge tol diatas 200 kmh.
Nggak pernah ketemu yang begitu kalau dijalan om. lawannya juga kan lebih banyak MPV yang top speed nya dibawah 120kpj. Dalam kota juga percuma mau red line, banyak halangan. nyantai sekalipun pasti bisa nyusul yang pakai redline. mau selap selip juga nggak perlu ngoyo.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

dream_theater wrote:Om cahyo kalo butuh voluntir tester alatnya boleh cobain ke mobil ane...
Mesin bensin injeksi 2200cc & ban 235/70R15 cukup haus nenggak BBM, kondisi standar 1:6 dalkot/1:8 lukot, pake minyak urut sedikit membaik jadi 1:7/1:9.
Tp ane cuma pemakai awam, masih jauh kalo disuruh jelasin soal2 teknis... :mrgreen:
:thanks:
silahkan pm / kirim pribadi alamatnya om. saya kirimi satu saja tapi ya. mohon dipasang mengikuti manual dan difoto hasil pemasangannya.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

Berikut adalah butki bahwa bila di jalan, Ayla saingannya bukan lagi MPV, tapi compact hatchback:
Hasil pribadi dengan mobil Ayla tipe M MI M/T velg kaleng roda masih 155/80R13, dikendarai bersama keluarga:
0-60: 9 detik
60-80: 2,9 detik


http://www.autobild.co.id/read/2013/12/ ... -Tertinggi
Ayla X M/T
0-60: 6,09 detik, 60-80: 2,76 detik

http://test.autobild.co.id/read/2013/01 ... ntry-Buyer
Ayla A/T
0-60: 6,29 detik, 60-80: 3,77 detik (dengan kick down)

http://www.autobild.co.id/read/2012/10/ ... esin-Besar
Daihatsu Xenia 1.0 M Sporty M/T
0-60: 7,5 detik, 60-80: 4,97 detik

http://www.autobild.co.id/read/2010/02/ ... rubrik.php
Daihatsu Terios TS Extra A/T
0-60: 6,54 detik, 60-80: 3,73 detik (kick down)

http://www.autobild.co.id/read/2011/04/ ... -1.3-Xi-AT
TOYOTA AVANZA 1.3 G M/T
60-80 (gigi 3): 3,51 detik

DAIHATSU XENIA 1.3 Xi A/T
60-80 (gigi 3): 3,46 detik (kick down)

http://www.autobild.co.id/read/2013/08/ ... rubrik.php
Chevrolet spin 1.5 LTZ A/T
0-60: 3,5 detik, 60-80: 3,8 detik

http://www.autobild.co.id/read/2011/07/ ... -dan-Fakta
HONDA JAZZ RS
0-60: 5,06 detik, 60-80: 2,70 detik (kick down)

MAZDA 2 R
0-60: 5,10 detik, 60-80: 2,98 detik (kick down)

FORD FIESTA 1.6 S
0-60: 5,34 detik, 60-80: 2,30 detik (kick down)

YARIS S LIMITED
0-60: 5,40 detik, 60-80: 2,80 detik (kick down)



Karena kalau di jalan yang sering adalah 60 ke 80, kesimpulannnya performa Ayla saya lebih mendekati mobil compact hatchback daripada MPV walau kapasitas mesin cuma 1000cc.
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by andrijet »

Kl 60-80kpj gak dapet 1:30an lg ya om konsumsi BBMnya?
RPMnya msh 1.200 di kecepatan segitu?
60-80kpj versi Autobild itu kick down + high RPM lho om.
Kl ngurut gas, 60-80kpj sekitar 2bulan 3minggu 4hari 7jam 45menit 11detik.
:mky_03:

Nevertheless, itu kecepatan di kota apa ya bisa menyimpulkan sering di 60-80kpj?
http://www.rumah.com/berita-properti/20 ... -indonesia
Perasaan kota-kota di Indonesia gak ada yang selancar itu..
Inilah 10 kota termacet di Indonesia versi Kementerian Perhubungan:
1. Bogor (15,32 km/jam) VC ratio 0,86
2. DKI Jakarta (10-20 km/jam) VC ratio 0,85
3. Bandung (14,3 km/jam) VC ratio 0,85
4. Surabaya (21 km/jam) VC ratio 0,83
5. Depok (21,4 km/jam) VC ratio 0,83
6. Bekasi (21,86 km/m) VC ratio 0,83
7. Tangerang (22 km/jam) VC ratio 0,82
8. Medan (23,4 km/jam) VC ratio 0,76
9. Makassar (24,06 km/jam) VC ratio 0,73
10. Semarang (27 km/jam) VC ratio 0,72.

Rasanya pemikiran kita terlalu naif dan sempit jika hanya membahas performa 60-80kpj sahaja.

AFAIK dari dulu STANDARDISASI pengukuran performa mobil itu akselerasi dari 0-100kpj, deselerasi (pengereman) dari 100-0kpj, dan kecepatan maksimal.
Dari Tata Nano sampai Buggati Veyron ya itu ukurannya.
Kecepatan 60-80kpj hanya pelengkap saja, gak bisa dijadikan patokan performa mobil secara keseluruhan.

Dan wajar aja performa (di bawah 80kpj) Agya dan Ayla mendekati small hatchback macam Honda Jazz dkk.
Rancangan engine, gear ratio, dan power to weight rationya memang dirancang untuk kecepatan di bawah 80kpj sebagai LCGC.

Jika berbicara performa keseluruhan, jelas Honda Jazz could kick Ayla's 455 rapidly!
:mky_01:

Kl mau adu performa sama Yaris TRD AT aja.
Msh bisa ditempel kyknya, karena performa Yaris TRD MT aja masih di bawah Jazz, Mazda2, dan Fiesta AT, hehehe..
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

Pembicaraan sedang membahas akselerasi saat menyalip om Andrijet.

Tujuan saya memberikan data adalah untuk memberikan illustrasi mengapa saya merasa mobil lain pada lambat saat menyalip.
Ini rupanya juga bisa dibenarkan secara data. Dari data, dalam kondisi super ngoyo / akselerasi maksimal, ternyata Ayla percepatan dari 60 ke 80 (kalau dalam perjalan luar kota misalkan saat nyalip kendaraan lain dari kecepatan 60kpj), ternyata lumayan cepat dibanding kendaraan lain, bahkan mendekati compact hatchback diatasnya.

Kalau misalkan mobil lain dalam kondisi ngoyo akselerasinya jauh lebih pelan, maka dalam kondisi normal mobil lebih cepat bisa lebih santai walau pakai handicap.

Apalagi kalau dalam kenyataan yang nyetir pada tidak tahu cara kick down ataupun harus menekan tombol O/D off. Jadi kalau diluar kota, terus terang saya tidak akan bangga walau bisa nyalip Yaris TRD atau Mugen Jazz, karena bisa saja yang nyetir tidak tahu cara memaksimalkan kendaraan.

Untuk soal kecepatan, saya sebutkan sebelumnya bahwa nyetir santai saja bisa mengejar yang pakai red line kalau dalam kota. Pakai 60kpj saja sering sudah cukup untuk menyalip kiri kanan kalau di Surabaya.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

Data tes lagi, mengikutkan 0-100km juga. Ternyata memang Ayla kalah jauh dengan brio kalau 0-100, tapi herannya mengapa kok bisa menang kalau tes rolling start. Jadi ini juga alasan mengapa mobil lain terkesan lambat, akselerasi kalau menyalip bisa mengalahkan mobil yang cc nya lebih tinggi. Sepertinya brio lebih lemah di rpm rendah.

http://www.autobild.co.id/read/2014/08/ ... -Indonesia
Kia Morning LX:
0-100: 14,3 detik, 0-60: 5,5 detik, 60-80 (gigi 3): 4,1 detik, 80-100 (gigi 4): 7,4 detik, 100-120 (gigi 5): 13,1 detik

Dantsun Go+ Panca T option
0-100: 13,3 detik, 0-60: 5,1 detik, 60-80 (gigi 3): 4,6 detik, 80-100 (gigi 4): 7,1 detik, 100-120 (gigi 5): 12,0 detik

HOnda Brio Satya:
0-100: 10,8 detik, 0-60: 5,1 detik, 60-80 (gigi 3): 4,3 detik, 80-100 (gigi 4): 6,0 detik, 100-120 (gigi 5): 8,9 detik

Toyota Agya G M/T
0-100: 13,7 detik, 0-60: 6,1 detik, 60-80 (gigi 3): 2,8 detik, 80-100 (gigi 4): 4,5 detik, 100-120 (gigi 5): 9,5 detik

http://www.autobild.co.id/read/2014/01/ ... -R-Terbaru
Suzuki Karimun Wagon R GX
0-100: 12,49 detik, 0-60: 5,3 detik, 60-80: 4,1 detik, 80-100: 6,26 detik, 100-120: 9,43 detik
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by JESKONENG »

bicara soal low rpm, adalah soal torsi... dan spy torsi bisa keluar lbh awal, silakan pakai Norival, khususnya type DRAG RACE utk mesin bensin... type Diesel utk mesin diesel...

testi/review oleh pengguna (bukan rekayasa produsen) sdh ada buanyak.. ketik aja di google : "review norival" atau "testi norival"
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

Untuk pro capacitor, perlu diperhatikan reaksi kendaraan saat gas dicicil dan saat gas di injak mendadak. Tes sebaiknya dilakukan di rpm rendah. Perhatikan apakah reaksi/tenaga/tarikan kendaraan saat diinjak mendadak tidak lebih lemah dari saat gas ditekan sedikit. Bila lebih lemah berarti pemasangan di selang bensin terlalu banyak, sebaiknya dikurangi sampai efek tersebut hilang.

Pro capacitor tidak cocok dipergunakan pada kendaraan yang campuran bensinnya boros. Ini biasa terjadi bila kendaraan komponennya sudah bertahun - tahun tidak diganti, terutama sensor oksigen. Sensor oksigen yang sudah kotor oleh karbon dapat membuat kendaraan boros hingga lebih dari 40%.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by ecco »

Setelah stok aditif saya habis seminggu lalu, akhirnya kembali ke vpower. Hasilnya mesin alusssssss.....
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by JESKONENG »

Barusan sy terima pesan WA dari om Firmansyah Saftari (ya, om Saft tokoh penulis hal2 mengenai otomotif itu) intinya :

Mobilnya BMW e39 528i, dlm kondisi asap knalpot terasa pedes di mata, tarikan awal lemot dan ada gejala ngelitik. (waktunya tune-up dan stel kadar CO). Namun setelah diisikan Norival Drag series, asap knalpot samasekali enggak pedes lagi, tarikan awal lbh terasa ngisi walau langsung digas dari rpm bawah, TANPA ada gejala ngelitik !!
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999