mobil pertama buat pemula

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: mobil pertama buat pemula

Post by Fiz »

mo ikut nimbrung juga denk
gw punya pendapat gini : cowo harus bisa bawa mobil. gak peduli itu matic ato manual

ada yg setuju gak? haha

untungnya gw les mobil waktu sma pake manual, trus dikasih xenia 1.3 manual gw pake setahun lebih, trus 6 taun pake matic sampe skarang. tapi karna pengalaman pernah pake manual setahun lebih, jadi kalo tiba2 disuruh bawa manual (rental ato punya tmen) tetep pede. ilmu yg diturunin bokap tentang bawa mobil manual : yang penting mesin jangan mati, so untuk kalibrasi awal biasanya gw gedein gas sambil stengah kopling, biarin mesin ngeraung boros yg penting gak matek :big_weee:

long wiken kemaren liburan ke jogja rental innova manual diesel,, ahh enaaak banget, karna ada "yg dimaenin" selama nyupir,, hehe
kalo matic kan paling maenin d-4 ke 3, ato paddle shift buat yg ada..
kalo liat review2 luar, manual belum mati2 amat sih ya, di us oke lah dari dlu emang mereka buta sama manual, tapi di eropa pilihan manual tetep disuguhkan..
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: mobil pertama buat pemula

Post by amfibi »

Fiz wrote:mo ikut nimbrung juga denk
gw punya pendapat gini : cowo harus bisa bawa mobil. gak peduli itu matic ato manual

ada yg setuju gak? haha

untungnya gw les mobil waktu sma pake manual, trus dikasih xenia 1.3 manual gw pake setahun lebih, trus 6 taun pake matic sampe skarang. tapi karna pengalaman pernah pake manual setahun lebih, jadi kalo tiba2 disuruh bawa manual (rental ato punya tmen) tetep pede. ilmu yg diturunin bokap tentang bawa mobil manual : yang penting mesin jangan mati, so untuk kalibrasi awal biasanya gw gedein gas sambil stengah kopling, biarin mesin ngeraung boros yg penting gak matek :big_weee:

long wiken kemaren liburan ke jogja rental innova manual diesel,, ahh enaaak banget, karna ada "yg dimaenin" selama nyupir,, hehe
kalo matic kan paling maenin d-4 ke 3, ato paddle shift buat yg ada..
kalo liat review2 luar, manual belum mati2 amat sih ya, di us oke lah dari dlu emang mereka buta sama manual, tapi di eropa pilihan manual tetep disuguhkan..
Setuju dong wkwk :mky_02:
Kalo co ga bisa bawa mobil rasanya agak gimana gitu, masa disupirin cewe/istri kemana2 :upss:
(lain cerita kalo ada penyakit yg bikin ga bisa bawa mobil/dsb)

Di eropah demandnya masih banyak manual mah, tiap seri ada manualnya (ampe sedan2 eropah terbaru yg disini udh pada matic semua, disana lengkap varian manualnya ada semua :D
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil pertama buat pemula

Post by ChZ »

Fiz wrote:mo ikut nimbrung juga denk
gw punya pendapat gini : cowo harus bisa bawa mobil. gak peduli itu matic ato manual

ada yg setuju gak? haha

untungnya gw les mobil waktu sma pake manual, trus dikasih xenia 1.3 manual gw pake setahun lebih, trus 6 taun pake matic sampe skarang. tapi karna pengalaman pernah pake manual setahun lebih, jadi kalo tiba2 disuruh bawa manual (rental ato punya tmen) tetep pede. ilmu yg diturunin bokap tentang bawa mobil manual : yang penting mesin jangan mati, so untuk kalibrasi awal biasanya gw gedein gas sambil stengah kopling, biarin mesin ngeraung boros yg penting gak matek :big_weee:

long wiken kemaren liburan ke jogja rental innova manual diesel,, ahh enaaak banget, karna ada "yg dimaenin" selama nyupir,, hehe
kalo matic kan paling maenin d-4 ke 3, ato paddle shift buat yg ada..
kalo liat review2 luar, manual belum mati2 amat sih ya, di us oke lah dari dlu emang mereka buta sama manual, tapi di eropa pilihan manual tetep disuguhkan..
Setuju oom.. ada temen ane yang udah umur 21 belom bisa nyetir mobil, well bukan krn ga punya mobil, punya malah lebih dari 3.

Bilang melulu mau belajar mobil tapi gak terlaksana terus :e-wall: sampe adiknya malah yang kemana-mana nyetirin dia. untung adiknya cowok :big_biglaugh: dan untungnya blm pernah punya pacar :big_biglaugh:

Soal gedein gas waktu kopling belum sepenuhnya engage, itu yang ane lakukan di Picanto MT teman ane sampe wheelspin terus :big_biglaugh: serem langsung doi gak bolehin gw bawa lagi :big_biglaugh:

di Yurop masih banyakan manual... kalo US udah banyakan Auto (Muscle cars aja sekarang opt nya Auto semua rasanya).

Pabrikan jg belakangan lebih banyak inovasi di matik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: mobil pertama buat pemula

Post by ZombiEE »

Jadi nya sang TS sudah nentuin pilihan?
Hayo hayo back to topic...supaya tidak semakin bingung TS nya
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: mobil pertama buat pemula

Post by imingwahyudi »

ChZ wrote:
Fiz wrote:mo ikut nimbrung juga denk
gw punya pendapat gini : cowo harus bisa bawa mobil. gak peduli itu matic ato manual

ada yg setuju gak? haha

untungnya gw les mobil waktu sma pake manual, trus dikasih xenia 1.3 manual gw pake setahun lebih, trus 6 taun pake matic sampe skarang. tapi karna pengalaman pernah pake manual setahun lebih, jadi kalo tiba2 disuruh bawa manual (rental ato punya tmen) tetep pede. ilmu yg diturunin bokap tentang bawa mobil manual : yang penting mesin jangan mati, so untuk kalibrasi awal biasanya gw gedein gas sambil stengah kopling, biarin mesin ngeraung boros yg penting gak matek :big_weee:

long wiken kemaren liburan ke jogja rental innova manual diesel,, ahh enaaak banget, karna ada "yg dimaenin" selama nyupir,, hehe
kalo matic kan paling maenin d-4 ke 3, ato paddle shift buat yg ada..
kalo liat review2 luar, manual belum mati2 amat sih ya, di us oke lah dari dlu emang mereka buta sama manual, tapi di eropa pilihan manual tetep disuguhkan..
Setuju oom.. ada temen ane yang udah umur 21 belom bisa nyetir mobil, well bukan krn ga punya mobil, punya malah lebih dari 3.

Bilang melulu mau belajar mobil tapi gak terlaksana terus :e-wall: sampe adiknya malah yang kemana-mana nyetirin dia. untung adiknya cowok :big_biglaugh: dan untungnya blm pernah punya pacar :big_biglaugh:

Soal gedein gas waktu kopling belum sepenuhnya engage, itu yang ane lakukan di Picanto MT teman ane sampe wheelspin terus :big_biglaugh: serem langsung doi gak bolehin gw bawa lagi :big_biglaugh:

di Yurop masih banyakan manual... kalo US udah banyakan Auto (Muscle cars aja sekarang opt nya Auto semua rasanya).

Pabrikan jg belakangan lebih banyak inovasi di matik.


IMHO kalo menurut saya malah US yang lagi fanatik para "purist" nya :big_think: ... Camaro Z28 comes in MT only, SRT8 Hellcat penjualannya imbang (cmiiw) antara AT dan MT, M5-6 comes with MT only in north America :big_think:































kalo Eropa mah.... CVT :big_weee: :ngacir:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1087
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: mobil pertama buat pemula

Post by aspsilver »

Soal matic manual, adalah masalah kenyamanan semata koq.

Kalo jakarta gak macet, manual mah ok aja.
Tapi macetnya kayak gini, mah ogah.

Ada majalah otomotif di USA, bikin artikel tentang matic vs manual, jawabannya
kalo di track, matic dual clutch lebih unggul drp manual, dicoba di lancer evo, porsche 911 keempatnya dibandingkan, semua dengan proffesional driver.
Tapi kalo pure driving pleasure, manual.

Artikel th 2009, majalahnya lupa. Road and track rasanya. Harus dicari dulu.

Di Eropa masi banyak mobil manual, dan demand nya masih ada. Tapi di USA sebagian besar automatic.
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: mobil pertama buat pemula

Post by Fiz »

imingwahyudi wrote:
ChZ wrote:
Fiz wrote:mo ikut nimbrung juga denk
gw punya pendapat gini : cowo harus bisa bawa mobil. gak peduli itu matic ato manual

ada yg setuju gak? haha

untungnya gw les mobil waktu sma pake manual, trus dikasih xenia 1.3 manual gw pake setahun lebih, trus 6 taun pake matic sampe skarang. tapi karna pengalaman pernah pake manual setahun lebih, jadi kalo tiba2 disuruh bawa manual (rental ato punya tmen) tetep pede. ilmu yg diturunin bokap tentang bawa mobil manual : yang penting mesin jangan mati, so untuk kalibrasi awal biasanya gw gedein gas sambil stengah kopling, biarin mesin ngeraung boros yg penting gak matek :big_weee:

long wiken kemaren liburan ke jogja rental innova manual diesel,, ahh enaaak banget, karna ada "yg dimaenin" selama nyupir,, hehe
kalo matic kan paling maenin d-4 ke 3, ato paddle shift buat yg ada..
kalo liat review2 luar, manual belum mati2 amat sih ya, di us oke lah dari dlu emang mereka buta sama manual, tapi di eropa pilihan manual tetep disuguhkan..
Setuju oom.. ada temen ane yang udah umur 21 belom bisa nyetir mobil, well bukan krn ga punya mobil, punya malah lebih dari 3.

Bilang melulu mau belajar mobil tapi gak terlaksana terus :e-wall: sampe adiknya malah yang kemana-mana nyetirin dia. untung adiknya cowok :big_biglaugh: dan untungnya blm pernah punya pacar :big_biglaugh:

Soal gedein gas waktu kopling belum sepenuhnya engage, itu yang ane lakukan di Picanto MT teman ane sampe wheelspin terus :big_biglaugh: serem langsung doi gak bolehin gw bawa lagi :big_biglaugh:

di Yurop masih banyakan manual... kalo US udah banyakan Auto (Muscle cars aja sekarang opt nya Auto semua rasanya).

Pabrikan jg belakangan lebih banyak inovasi di matik.


IMHO kalo menurut saya malah US yang lagi fanatik para "purist" nya :big_think: ... Camaro Z28 comes in MT only, SRT8 Hellcat penjualannya imbang (cmiiw) antara AT dan MT, M5-6 comes with MT only in north America :big_think:































kalo Eropa mah.... CVT :big_weee: :ngacir:
ohh,, klo gw sih karna beberapa kali liat berita ato nonton utube tentang pencurian mobil di us yg gagal cuma gara2 pencurinya gak bisa bawa mobil manual..
dan memenya juga sering nongol,, makanya gw asumsikan pasar us mayoritas matic..

Image
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: mobil pertama buat pemula

Post by dream_theater »

Ane setuju kalo cowok harus bisa nyetir MT & AT. Minimal pernah belajar & bsa bawa. Di kota besar mungkin AT akan dominan, tp di daerah sampai saat ini mobil MT yg lebih banyak.
Sedikit cerita, adik ipar ane tadinya kerja di jakarta, pakenya cielo AT. Setelah nikah tinggal di desa. Dulu belajar nyetir pake MT, tp karena sudah terbiasa bawa mobil AT, skrg jika disuruh bawa mobil MT cuma geleng kepala. Blakangan ini cielonya opname di bengkel, kalo ada keperluan musti pinjem mobil mertua, dan kebetulan MT. Krn sdh 'lupa' bawa MT, akhirnya kemana2 dianter mertua... :shrug: Saat piknik ke luar kota juga gak bisa bantu gantiin nyetir krn mobil MT semua. Berhubung bininya hamil tua & udah deket HPL, skrg mertua ngajarin doi utk nyetir mobil MT... :mrgreen: Untuk antisipasi jika sewaktu2 jabang bayi mau brojol & mertua lagi gak ada di rumah.

Kalo di motor, perbandingannya dari segi mesin mungkin bukan bebek vs skuter matic CVT ya... karena di motor bebek, koplingnya sudah otomatis...mungkin tepatnya skuter matic CVT vs motor berkopling manual (bebek manual/sport). Bedanya kalo di mobil, AT masih bisa di-'main'-kan, (kick down, gigi 3-2-L, tiptronik dsb), di skuter matic bener2 tinggal gas-rem doang, sehingga terkesan praktis & smooth mesinnya, tapi sensasi jambakan akselerasi saat pindah gigi utk menyalip/menanjak sudah gak ada.