Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

oke lanjut ke Livina.. :)

kemaren ada yg nitip convert video test Livina ke 3gp ya?
Nih ,klik aja langsung, ga perlu login2 dulu. Valid utk 60hari juga.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
firstmpv
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:00
Location: The Green

Post by firstmpv »

yoyoyo wrote:oke lanjut ke Livina.. :)

kemaren ada yg nitip convert video test Livina ke 3gp ya?
Nih ,klik aja langsung, ga perlu login2 dulu. Valid utk 60hari juga.
Thanks bung yoyoyo....downloading...
Ntar kalo ada yg tanya livina itu gimana, tinggal play di hp :)
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Taukah anda mesin MR dan HR series itu JUSTRU 90% torsi tercapai di 2000-3000 rpm. Well, bisa saja kru Autobild itu cara bawanya sangat aggressive, injak gas terus, or what.


Anyway, balik ke berita lebih update. Hari ini di Kompas sudah ada summary dikit hasil test drive kelompok Livina 1.5 dan 1.8 jalan jauh lewat kondisi macam macam jalan, termasuk ke Bromo. Lewat jalan mulus, rusak, macet, lancar semua ada.


Paling boros 1:10 (pasti si versi 1.8), dan yang paling irit sampai 1:17 (pasti si 1.5). Cuman mereka sendiri akui, gara gara kena berapa pohon jatuh, cuaca kurang baik etc, deadline yang mereka di kasih sudah telat. Jadi mereka akhirnya bawanya jadi kencang sekali supaya ngak terlalu telat.


JIKA mereka ngak di kasih deadline dan bawanya bisa santai, malah saya yakin bisa lebih irit lagi dari 1:17 ke maximal mungkin 1:19.


Minimal angka BBMnya mirip lah ama yang saya estimasikan.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Di pecah jadi 2 malah bisa masuk sekarang. Aneh...


1:6.3 ? Bung Smatic, terserah anda mau percaya Autobild atau test drive jalur panjang, kondisi macam macam, dari berapa group majalah / wartawan. Anyway, apakah ATPM selalu respond ke berita majalah yang mereka tidak setuju atau kurang suka ? Belum tentu lo. Orang ATPM apakah semuanya beli tiap edisi majalah dan awasi isinya terus ?


Pula ATPM juga ngak gitu berani ribut mungkin ama mereka. Nanti di masa depan malah di kerjain, di lapor jelek terus. Kan repot.


Do YOU really think that the Innova bisa sama iritnya dengan Livina 1.8 ? Jangan pikirin laporan Autobild itu. Pakailah logika dan ilmu pengetahuan anda tentang mobil, mesin etc.


Dan ngomong tentang mesin Innova, itu dia. Dari dulu saya pikir kenapa Toyota tidak pasang mesin Voxy / Noah or mesin mobil penumpang Toyota lain setara dengan mesin Wish / Altis di Innova. Malah di pasang mesin 1TR-FE yang di pakai mobil niaga Toyota di Jepang, mobil niaganya kalau ngak salah si HIGHACE.


Pantesan mesin Innova ama Wish beda banget performa dan kehalusanya. Maybe bung Smatic bisa bicara kenapa ? Apakah mesin selevel Wish ngak mampu menarik bodi Innova yang " terlalu " berat ? Padahal 1530 kg kalau bilang super berat juga ngak.
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Kalau liat di majalah Otomatif yang baru, ada kasurnya yg dijual sbg accesories tambahan asyik juga
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Guys, ada berita baru dari my Nissan contact.


Kelihatannya ini mobil akan success besar. Sebab ini mobil sama sekali belum keluar, orang belum lihat, belum test drive, taukah antriannya saat hari ini seperti apa ? :


Versi 1.8 sudah masuk ke Juni.

Versi 1.5 sudah masuk ke May.

Total seluruh Indonesia sudah lebih dari 1000.

Not bad lah for Nissan. Biasanya kasus gini cuman terjadi pada mobil baru Toyota, Honda dan Suzuki. Ternyata prediksi saya benar, asal harga murah, Nissan bisa kok masuk lingkunggan big volume kok.


Malah nanti saya bilang, sudah keluar dan sudah ada test drive, dengan cepat antrian mungkin bisa seperti Avanza / Innova dulu. Bulan bulanan !


So I say it again. Yang serius ama ni mobil, dan yakin sudah ngak mau balik ke Innova / Rush / Terios / Stream, CEPAT masuk antrian ! Sebelum melar jadi 9 bulan !


SX4 si kelihatannya bagus, malah bisa ganggu Jazz juga. Cuman yang mau 3 baris, jelas SX4 is not for you.


The EARLY BIRD catches the WORM FASTER !
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Duuh cuma sayang nich info dr sales tmpt sy beli utk yg 1800 cc baru dpt akhir april atau awal mei, krn lbh fokus ke yg 1500 cc .
Duuh udh ngebet pingin bawa.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Ngebet pingin bawa ? Saya bukan lebih sakit lagi, ngak " bisa " beli ! Suka banget tapi tidak bisa di miliki saat ini. For some strange reasons yang saya demi private ngak akan saya cerita di sini.


Itu baru namanya PAIN ! Sebenernya uangnya ada, tapi just CANNOT OPEN dompetnya.


Eh, yang baca Otomotif, jangan kecewa saat mereka bilang ini mobil lebih baik untuk 6 orang. Otomotif bilang baris 2 untuk 3 orang dewasa sempit.


Sebenernya mereka ngomong gini tidak fair. Saat Jazz keluar, apakah mereka pernah bilang lebih baik untuk 4 dewasa saja. Kan stupid. Namanya mobil compact, mana ada sih yang baris 2nya enak untuk 3 dewasa ? Kalau untuk sebentar si bisa, tapi untuk jarak jauh, apakah Innova baris 2 enak untuk 3 dewasa ? Kecuali Alphard / Elgrand beda lah.


Stream ku juga sama. Baris 2 di isi 3 dewasa ngak enak juga. Toh kalau saya bilang, hampir semua small to medium size mobil pada dasarnya untuk waktu lamaan, lebih baik memang di isi 2 dewasa saja. Iya gak ?


Tapi kalau mereka bilang lebarnya mirip Jazz / Vios, ya itu benar ! Seperti saya bilang. And it should be good enough for most people right ?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Gw sih dah inden dr bln 12. Katanya akhir april kirim tp agak pesimis. Yg pernah liat lgs mbl ini tlg klarifikasi apakah maksimum tpt duduk bs 2-4-3. Bung lord yg pernah liat di cina kira2 bs ga.
innova dlm kota kata teman2 saya ga pernah tembus 1:8. Boros.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Dan ada berita Iran ama US, Inggris lagi ciong lagi. Sampai harga minyak naik tajam dalam semalam.


Sebenernya saya pakai Serena saja sedikit was was juga. Takutnya berapa bulan / 1-2 tahun harga BBM akan naik tajam lagi ke say 7000. Jika tiap bulan jalan 2000 km uang BBM jadi 1.87 juta ! Assumsi 1:7.5 dalam kota.


Yang pakai Livina bisa cuman 1.17 juta sebulan (assume average 1:12). Selisih 700,000 sebulan.


Kalau BBM naik ke 8000, malah mungkin saya bisa terpaksa jual Serenaku, dan pada saat itu, kemungkinan besar mobil boros semua hancur nilai jualnya, Toyota, Nissan, Honda sama semua nasipnya.


Dan mobil irit pasti cemerlang nilainya. Tapi mau jual Serena sekarang juga sayang. Benar rasa mirip " Maju susah, mundur susah ".


So yang saat ini lagi mau cari mobil baru, jangan nanti nasipnya seperti saya, cause anda mulai dari kertas baru bersih. Pililah mobil yang di masa depan tidak akan bikin nyesal, nanti salah pilih mau ganti takutnya seperti saya, ada ganjalan tidak bisa ganti.


Sometimes saya sendiri pikir, jika Livina ama Serena keluarnya bersamaan, saya akan pilih yang mana yah ?


Terus terang, jika lihat trend minyak dan daerah timur tengah yang tidak stabil dan cenderung bisa perang terus, saya 80% akan ambil Livina 1.8 dan not the Serena.


Sebab saya baca, jika perang dan Iran tutup jalur minyak di daerah Persian Gulf, akan memicu kekacauan economy dunia ! Harga BBM akan naik sangat tajam ! Kalau benar jadi ribut, bisa jadi Premium bisa naik ke 8000 ! Or worse !


Make the RIGHT CHOICE ! Untuk kantong anda sendiri nanti.
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Bung Sithlord,

Yg diklaim Nissan Motor Co. Ltd. dapat menghasilkan torsi 90% dari torsi maxnya mulai dari 2000 rpm ke atas adalah di mesin MR20DE (pengembangan dr mesin SERENA QR20DE), jadi bukannya di semua mesin C-VTC model HR & MR spt yg dimaksud.

Mengenai keakuratan tes AUTO BILD krg tahu krn tidak mengikuti secara lsg, tetapi klu diamati dari hasil tes Livina yg plg boros 10 km/liter (kemungkinan besar utk Livina A/T 1800cc) utk perjalanan luar kota maka pencapaian 6,3 km/liter di Latio A/T 1800cc utk pemakaian dalam kota Jakarta masih wajar kok.
Innova A/T-pun masih bisa mencapai 10 km/liter utk perjalanan di luar kota tetapi akan drop ke 6 km/liter saat menembus lalu lintas dalam kota Jakarta.

Perlu diingat A/T yg digunakan di Livina/Latio (4 speed conventional) berbeda dgn A/T yg digunakan di Tilda (Xtronic CVT) & torsi max MR18DE baru tercapai di 4800 rpm (berbeda dgn torsi max HR15DE & MR20DE yg tercapai di 4400 rpm/73% rpm power max dgn power max tercapai di 6000 rpm) shg utk pemakaian stop & go (dalam kota) torque converter A/T conventional di MR18DE akan lebih lama utk lock-up & akan lebih memboroskan bensin krn turbine A/T-nya akan berputar lebih cepat dp as diff-nya sebelum torsinya memadai utk A/T lock-up. Lain halnya klu dipake di jalan tol dgn rpm tinggi & torsi yg mencukupi utk A/T-nya lock-up maka kec turbine = kec as diff-nya ato spt M/T maka pemakaian bensin tidak akan lebih boros.

However dgn hadirnya Livina maka akan lebih banyak lagi pilihan buat calon pembeli low-mid MPV di Indonesia & utk mesin Livina 1500cc (HR15DE) belum lama ini juga mendapat penghargaan atas keiritan pemakaian bensinnya ketika mesin HR15DE tsb dipadukan dgn transmisi A/T Xtronic CVT (detail di http://www.nissan-global.com/EN/NEWS/20 ... -02-e.html ) sayangnya transmisi Xtronic CVT ini belum dipake sbg perlengkapan standar baik di Latio A/T apalagi Livina A/T oleh PT. NMI
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Kenapa ga bs ngepost pic ya. Gw mau ngepost sx4 di koran2 mdn. Gw kemarin liat oblitz gw suka captiva. Dont care what other poeple say about chevy. Gw jg dah inden. Harga blm tau.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung Winata,

seperti yang diulas otomotif baris kedua hanya 2 orang apabila cupholder dikeluarkan jelas hanya bisa dua orang tapi kali cup holder dimasukkan saya sudah coba sendiri bisa kok 3 orang dan gak berdesakan. kalo 4 orang pun bisa hanya jadi berdesakan, saya pikir innova juga sempit kalo baris kedua dipaksakan 4 orang.

nah untuk baris ketiga kalo dipaksakan 3 orang memang sempit sekali, tapi kalo didudukin dua orang dewasa dan satu anak kecil (10 thn lah) masih enak kok.

saya udah coba sendiri waktu livina dibali jadi bukan omong besar ato nyalahin otomotif yg gak fair. buktina sendiri nanti saat launching
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Wow ! Anda sekali inden 2 mobil ? Lucky boy !


Bung Smatic. Hasil itu ngak murni luar kota jangan lupa. Mereka kena macet di Jogja saat Garuda itu crash, dan juga lewat jalan buruk. Juga cuaca ngak bagus, dan berapa kali pohon jatuh. So itu uji juga ngak bisa di bilang freeway all the way.


Apalagi mereka main ke Bromo. Taukah kondisi di situ seperti apa ? Mana bisa irit di jalan semi off-road di situ ?


Anda masih ngak percaya ? Terserah. Nanti sebentar lagi para media akan cetak hasil uji coba, dan saya yakin pasti ada media yang uji dalam kota di Jakarta.


Siapa bilang cuman MR20 ? MR18 ama HR juga sama kok. 90% torque di 2000-3000 rpm. Dan kenapa anda ngak percaya saya. Mesin Serena 2000 cc bobot berat 1580 kg dalam kota saya pernah bisa 1:8.4, paling parah 1:7. How can it be that mesin 1800 cc seri baru MR dengan bobot 1193 kg bisa dalam kota cuman 1:6.3 ?


What is your point ? Livina lebih boros banding Innova, jadi no damn good. Balik ke Innova saja, lebih gede, lebih irit ? Who will believe your blind faith ama laporan Autobild itu yang saya saat ini belum lihat juga.


Use your logic will you ? Saya terus terang mulai kesal ama anda. Gimana saya ngak curigai anda oposisi dari Toyota atau Honda ?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

And you know something ? Livina sudah mau keluar. Pemain lama pasti berasa tekanan. Kirain mereka ngak akan coba " something " untuk halang ini mobil ?


Kalau wartawan di kasih duit berapa puluh atau ratus juta supaya angkanya di robah jadi 1:6.3 saya juga ngak heran. After all, welcome to Indonesia !


Inggat, media cenderung lebih tunduk ama siapa yang duitnya paling banyak dan iklannya paling banyak.


Why do you think tiap kali bahas mobil Toyota, di tulis " Image Toyota " sebagai point plus ? Padahal Camry dan mobil mewah Toyota lain juga hancur banget nilai jual kembalinya.


Mau 2/4/3 ? Bisa ! Namanya manusia, when there is a will, there is a way !


Panther / kapsul saja saya sering lihat di isi kadang 12 orang kok ! Meskipun seperti ayam di kandang truck !
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Gw heran kenapa di brs 3 di kiri kanannya ada cup holder yg mempersempit jok aja. Kalo dihilangin dan jok di perpanjangkan bs. Ga ada gunanya menurut gw cup holder itu. Gw dr dulu hny cr mobil yg benar2 value for money. Gw ga terpaut satu merk.
livina15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56

Inikah Stream yg setara atau diatas Livina ?

Post by livina15 »

APa ini Honda Stream yg sebanding dgn Livina ?

Image

Image

Image

Image

Menarik juga sih .. tp hrgnya berapa yaa?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Saya curiga di bawah cup holder itu ada ruang untuk roda belakang, Jadi harus ada space untuk roda itu. Terus bagian dalam cabinnya sekaligus kasih cup holder saja....


Captiva di Otomotif sunroofnya memang bagus. Benar kelihatan lux, tapi itu dia, harga ngak bisa murah. Lux car sih....
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Bung livina stream2 itu harganya 320jtan mana sebanding dgn livina. Dan atpm honda ga berani masukin ke indo karena takut ga laku kemahalan. Tp gw suka bgt. Kalo harga 200jtan gw ganti livina gw ama stream2 ini
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

Winata wrote:Gw heran kenapa di brs 3 di kiri kanannya ada cup holder yg mempersempit jok aja. Kalo dihilangin dan jok di perpanjangkan bs. Ga ada gunanya menurut gw cup holder itu. Gw dr dulu hny cr mobil yg benar2 value for money. Gw ga terpaut satu merk.
gua dulu juga pikir gitu. tp stlah gua liat livina yg dibawah ini, baru sadar, itu kepentok ama roda. jd muatnya cuman 2 bangku. entah kalau bangkunya dimajuin bisa muat 3, tapi kan leg room jadi sempit. mungkin ada pertimbangan2 lain yg membuat designnya ga bisa muat 3. kecuali ditinggiin, bodi lebih panjang, de el el.

Image
livina15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56

Post by livina15 »

Winata wrote:Bung livina stream2 itu harganya 320jtan mana sebanding dgn livina. Dan atpm honda ga berani masukin ke indo karena takut ga laku kemahalan. Tp gw suka bgt. Kalo harga 200jtan gw ganti livina gw ama stream2 ini
Sama, kalo harga segitu, lsg gw pesen juga stream .... :D :D :D
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Captiva 2.4cc salesnya blg ga ampe 250jt OTR jkt. Kalo yg diesel 2.0cc diatas 275jt. Kalo 4x4 diatas 300jt. Yg 2.4 dan 2.0 fiturnya persis sama hny beda mesin. Gw inden yg 2.4 bensin. Janji mrk kalo harga diatas 250jt inden 5jt gw dibalikin. Gw rasa sih 225jt doang
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Lihat curva HR15DE banding ama MR20DE sendiri deh di sini :

http://www.nissan-global.com/EN/DOCUMEN ... ne_ura.pdf


Jelas torsi 90% max HR15DE sudah tercapai di sekitar 2400-2800 rpm.


Honda tidak salah hitung. Stream sekarang yang 2.0 saja "cuman" 250+ juta saja ngak laku, malah orang pada lari ke CRV. Apalagi kalau CBU 320 juta !


Maybe itu, orang punya banyak duit lebih ngak peduli ama BBM. CRV lebih boros banding Stream juga its OK for them.


Back to topic ....
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

issuenya sih HPM batal masukin New Stream itu bro, soalnya stlh diitung2 sama mrk, final selling price di sini bisa tinggi means not worth selling ataupun kl dipaksa diturunin harganya, ntar jd down spec habis2an which means image bakalan jatuh, blm tentu laku lg.Tau deh, denger2 sih begitu, bisa aja gue salah. Tp mungkin HPM jg mau liat reaksi market towards Livina dulu kali :)

oiya sekalian nyambung topik Latio di atas, masa sih 1:6.3?
gue aja pk teranno (tau dong, gimana obsoletenya mesin teranno ini, masih karburator konvensio nal and boros udh pasti ) yg bobotnya 2 tonan 2400 cc msh dpt 1:7 kok.
sorry ya gue bukan supporter Nissan, and gak ada niat mau promosiin mrk, trus bentar lg gue mau ganti boil (and ganti brand) tp that's the fact with my teranno
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Perlu diingat juga klu mesin MR18DE yg dipake oleh PT.NMI di Latio 1800cc Indonesia sudah specs-downed & hanya mempunyai perbandingan kompresi di 9,1 : 1 detail klik di http://www.nissan.co.id/vehicles/vehicl ... id=12&sp=6 (berbeda dgn mesin Livina 1800cc/MR18DE di Cina) & jauh lebih rendah dibandingkan mesin-mesin NISSAN lainnya spt HR15DE (Livina 1500cc/Tilda) atau MR20DE (pengembangan mesin SERENA) yg mempunyai perbandingan kompresi 9,9 : 1.
Sehingga dapat dipastikan efisiensi volumetric-nya di mesin MR18DE/Latio Indonesia pasti lebih rendah, spt contohnya mesin 1TR-FE/2000cc (Innova-136 HP & 18,6 kgm dgn perbandingan kompresi 9,8 : 1) yg juga lebih rendah efisiensi volumetriknya dibanding mesin 1ZZ-FE/1800cc di Altis (147 HP & 19,2 kgm dengan perbandingan kompresi 10,5 : 1).

Dengan rendahnya perbandingan kompresi maka mesin MR18DE di Latio A/T Indonesia akan memerlukan bensin lebih banyak utk menghasilkan power yg sama dibanding mesin dgn perbandingan kompresi lebih tinggi, akan tetapi mesin MR18DE (PT. NMI) diuntungkan juga untuk dapat menggunakan bensin dgn kadar oktan yg lebih rendah spt bensin Premium oktan 87.
Mudah-mudahan PT. NMI tidak lagi melakukan down-grade specs di mesin MR18DE utk Livina Indonesia.
Last edited by Smatic on Thu Mar 29, 2007 5:53, edited 1 time in total.