yamaha vs honda - episode : irit
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Nov 19, 2006 0:22
- Location: bintaro
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
emang sih..teknologi 'Honda' (dlm hal ini AHM) yg 100cc ketinggalan juauh sejak 20 tahunan yg lalu.
contohnya..
pd thn 80-an motor bebek merk lain udah memperkenalkan garpu dpn teleskopik Honda tetap bertahan dgn model cangkang (terakhir ada pd Astrea Star thn 97)..
merk lain udah 100cc tp Honda tetap bertahan dgn 80cc (lagi2 Astrea Star thn 97)..
bebek lain udah disc brake Honda tetap bertahan dgn tromol (Grand/Legenda/Supra) sampe skrg..
lucunya AHM tetap 'pede' dgn montor kuno tsb walau udah mau masuk era milenium ini.
lha..
klo teknologinya kuno kenapa koq msh laku jg???
siapapun akan mengakui klo teknologi AHM emang msh jaman batu bgt..
tp jgn salah..
justru teknologi yg spt itu yg msh terjamah sama awam..
klo merk lain mau bongkar karbu aja ada banyak sensor yg ini dan itu yg kesannya ribet..gimana nanti klo montor tiba2 ada masalah dijalan 'kan qta hrs cek satu/satu. mau bongkar karbu entar salah pasang gimana? klo bukan ahlinya susah dong..
--sorry jd Off topic--
klo soal irit BBM gitu sy pilih Honda deh..
pengalaman..
pernah jalan malam2 berjam2 pake Grand dr Bogor (daerahnya msh udik sktr Cibatu) ke JKT bensin ditangki kira2 sktr 1 ltr krg deh (dibawah garis merah) baru ketemu SPBU didaerah Parung. isi full kira2 3.5ltr berarti sisanya itu sktr 0.5 liter klo dihitung jaraknya sih ada sktr 50km dr lokasi tsb ke SPBU.
..sorry jd out of topic nih..
contohnya..
pd thn 80-an motor bebek merk lain udah memperkenalkan garpu dpn teleskopik Honda tetap bertahan dgn model cangkang (terakhir ada pd Astrea Star thn 97)..
merk lain udah 100cc tp Honda tetap bertahan dgn 80cc (lagi2 Astrea Star thn 97)..
bebek lain udah disc brake Honda tetap bertahan dgn tromol (Grand/Legenda/Supra) sampe skrg..
lucunya AHM tetap 'pede' dgn montor kuno tsb walau udah mau masuk era milenium ini.
lha..
klo teknologinya kuno kenapa koq msh laku jg???
siapapun akan mengakui klo teknologi AHM emang msh jaman batu bgt..
tp jgn salah..

justru teknologi yg spt itu yg msh terjamah sama awam..
klo merk lain mau bongkar karbu aja ada banyak sensor yg ini dan itu yg kesannya ribet..gimana nanti klo montor tiba2 ada masalah dijalan 'kan qta hrs cek satu/satu. mau bongkar karbu entar salah pasang gimana? klo bukan ahlinya susah dong..
--sorry jd Off topic--
klo soal irit BBM gitu sy pilih Honda deh..
pengalaman..
pernah jalan malam2 berjam2 pake Grand dr Bogor (daerahnya msh udik sktr Cibatu) ke JKT bensin ditangki kira2 sktr 1 ltr krg deh (dibawah garis merah) baru ketemu SPBU didaerah Parung. isi full kira2 3.5ltr berarti sisanya itu sktr 0.5 liter klo dihitung jaraknya sih ada sktr 50km dr lokasi tsb ke SPBU.
..sorry jd out of topic nih..

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02
jelas lah honda irit... gak ada tenaga-nya...
kl mau irit ya ngorbanin tenaga (ceteris paribus)
mana ada motor yg power OK dan konsumsi bahan baakr juga irit. bisa-nya ya cari yg plg optimal aja, mau segimana irit dan mau segimana powerful.
tp kan tiap motor ada target pasarnya sendiri, jgn bandingin motor yang buat orang pengen irit sm motor yg buat orang pengen power.
pisss
kl mau irit ya ngorbanin tenaga (ceteris paribus)
mana ada motor yg power OK dan konsumsi bahan baakr juga irit. bisa-nya ya cari yg plg optimal aja, mau segimana irit dan mau segimana powerful.
tp kan tiap motor ada target pasarnya sendiri, jgn bandingin motor yang buat orang pengen irit sm motor yg buat orang pengen power.
pisss
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
Bung Dado, ente musti ngeliat CC juga, Honda jelas paling irit krn ccnya lebih kecil dari pada yang lain, jelas aja paling irit. Honda kog dibanggain, Tehnologi lama tapi mahal. dari jaman Astrea 800 model sampe Supra entah Fit atau X, model mesin sama, cuma beda piston doang sama yg Astrea 800, keliatan nggak ada INOVASI sedikitpun. Liat yang lain dong bebek yang lain udah main dengan tehnologi yg lebih kedepan contoh MX 135, Satria FU, lah ini Honda bangga dengan tehnologi lamanya, dan mengklain paling irit.dado wrote:jd artinya honda lebih irit kan, klo setau gw semua type honda dicompare dengan type motor lain yg sama kelasnya HONDA pasti lebih irit, biarpun bedanya ngga terlalu besar.ahardo wrote:yup klo soal irit mah relatif, klo gw bandingin smash dan supra, sama aja iritnya, lu boleh test bawa ke sukabumi sama2 isi 4 liter. yang isi duluan yang mana. gw dah pernah test man. 2 2nya bareng ngisinya, dan di lihat di indikator bensinya. honda tinggal 1 strip, smash 1 strip kurang dikit banget... dari sini lu bisa bandingin lah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
Wah bro guess kebalik tuch,TUFF Stough wrote:Yamaha setahu saya mesinnya menganut jarak stroke yg lebih pendek dgn bore yg lebih lebar, sehingga perputaran cam-nya lebih cepat, baik pada 2-tak maupun 4-tak. Jadinya konsumsi bbm-nya juga lebih banyak dibanding Honda maupun Suzuki.
Namun dgn kombinasi bore dan stroke tsb, tarikan bawahnya menjadi lebih bertenaga.
Kalau seandainya Honda maupun Suzuki dipaksakan utk mengejar tarikan bawahnya Yamaha, kemungkinan konsumsi bbm-nya juga nggak jauh beda.
Yang penting tergantung cara pembawaan motornya, lha!
untuk kelas bebek 100-110 antara honda, suzuki dan yamaha. Yamaha adalah paling panjang strokenya
untuk Honda = 49,5
Suzuki = 48.8
Yamaha = 54
Tapi kalau untuk kelas 125 memang Yamaha paling kecil (Tapi belum ada tuch Yamahan ngeluarin product yg 125 paling orang orang pada ngebore up Jupiter 110nya jadi 125 baru ini Strokenya paling Pendek dibanding Shogun SP sama Supra 125)
Tapi kalu dibanding dengan kawasaki Blitz yg 125 nah Jupiter masih dibilang panjang.
Nah kalau untuk tarikan bawah memang Jupiter 110 paling enak dibanding Smash atau Supra yg dibilang irit irit itu. bukan karena Strokenya pendek, tapi enak krn strokenya lebih panjang, cuma untuk tarikan atas Yamaha bakal kesalip sama smash yg langkahnya lebih pendek, krn langkah pendek akan cepat menggapai RPM yg lebih tinggi, krn untuk 1x putaran sebanyak 360 derajat, waktu yg ditempuh oleh Stroke pendek lebih dulu dibanding yg panjang. Makanya kenapa waktu tarikan Jupiter lebih enak waktu pertama ya itu.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Sun Apr 09, 2006 11:05
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
bro, dari pengalam gw pernah tarikan kirana ma shogun kan sama2 125 tuh... klo adu kenceng kirana kalah tapi klo soal irit shogun yang kalah jadi bener juga ada pakar mesin bilang klo irit berarti kecepatan dikorbanin tapi klo mo motor kenceng ya keiritan dikorbanin buktinya rata2 motor kenceng pasti boros...aprilia 125 sr aja 1 liter nya cuma utk 15 km itu juga klo masih baru......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
- Location: JABOTABEK
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 526
- Joined: Mon Nov 06, 2006 4:53
- Location: Jakarta
Aprilia RS125 kali ya???
A.D.J.O.K.A.S.E.P
The Mocin Rider
http://sisteminformasiakademik.wordpress.com
http://sistem-informasi-akademik.blogspot.com
http://www.academic-portal.net

The Mocin Rider
http://sisteminformasiakademik.wordpress.com
http://sistem-informasi-akademik.blogspot.com
http://www.academic-portal.net

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 526
- Joined: Mon Nov 06, 2006 4:53
- Location: Jakarta
Mendingan pake mocin.... 2.8jt dapet motor baru... (kosong), mocinku bensinnya bisa lah sampe 1:25 udah usia 5 tahun.
A.D.J.O.K.A.S.E.P
The Mocin Rider
http://sisteminformasiakademik.wordpress.com
http://sistem-informasi-akademik.blogspot.com
http://www.academic-portal.net

The Mocin Rider
http://sisteminformasiakademik.wordpress.com
http://sistem-informasi-akademik.blogspot.com
http://www.academic-portal.net

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
- Location: Kelapa Gading
Nimbrung bos,..adjokasep wrote:Mendingan pake mocin.... 2.8jt dapet motor baru... (kosong), mocinku bensinnya bisa lah sampe 1:25 udah usia 5 tahun.
Cakep jg nih mocin. bisa jadi barang langka nih. Di rawat aja bos...
G pke Suprax125CW jg gak irit2 amat larinya jg pas2an. sering dikentutin vega-r. Denger2 honda mau ngeluarin bebek baru ya?
Eh ada yang mau tukar pake supra gw dg vario ga ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Pengalaman Saya pake Yamaha vega R'05 sering keluar kota dengan jarak tempuh kurang lebih 130km, kecepatan rata-rata 70-80km/jam, dan saya jalani itu kurang lebih selama 2 tahun, jadi dalam seminggu bisa 2 x 130km. Konsumsi bensin sekitar 2 liter untuk sekali perjalanan. Mesin standar tidak kenal korek-korekan. Jadi menurut saya Yamaha versi 4tak lumayan irit, tapi sekarang saya ganti Tiger 2007 hehehe...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
- Location: Kelapa Gading
Bro Mansetha, Vega-R 05 tu 109 cc ya?mansetha wrote:Pengalaman Saya pake Yamaha vega R'05 sering keluar kota dengan jarak tempuh kurang lebih 130km, kecepatan rata-rata 70-80km/jam, dan saya jalani itu kurang lebih selama 2 tahun, jadi dalam seminggu bisa 2 x 130km. Konsumsi bensin sekitar 2 liter untuk sekali perjalanan. Mesin standar tidak kenal korek-korekan. Jadi menurut saya Yamaha versi 4tak lumayan irit, tapi sekarang saya ganti Tiger 2007 hehehe...
Emang irit banget tu motor. Cuma bukannya terlalu enteng bro?
Gantinya Tiger yang baru ya? Kenapa ga Pulsar aja? Suara mesinnya seksi bro...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
saya tertarik honda tiger, karena emang tampilan bodynya ok, cuman sayang kalo dilihat dari depan kurang ok. dan juga ane nggak pengen jadi orang fanatif merek. Sekalian mau buktikan apa memang hebat tuh honda....heheheMILL wrote:Bro Mansetha, Vega-R 05 tu 109 cc ya?mansetha wrote:Pengalaman Saya pake Yamaha vega R'05 sering keluar kota dengan jarak tempuh kurang lebih 130km, kecepatan rata-rata 70-80km/jam, dan saya jalani itu kurang lebih selama 2 tahun, jadi dalam seminggu bisa 2 x 130km. Konsumsi bensin sekitar 2 liter untuk sekali perjalanan. Mesin standar tidak kenal korek-korekan. Jadi menurut saya Yamaha versi 4tak lumayan irit, tapi sekarang saya ganti Tiger 2007 hehehe...
Emang irit banget tu motor. Cuma bukannya terlalu enteng bro?
Gantinya Tiger yang baru ya? Kenapa ga Pulsar aja? Suara mesinnya seksi bro...


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
- Location: Kelapa Gading
Body Tiger emang keren, tapi windshieldnya itu lho...
Aku belom pernah naek bajaj sih, cuma pernah liat di lampu merah, suaranya itu lo...zing...kayak kawak punya polisi cuma lebih kecil.
Lagipula yang warna item keren banget.
Tapi testi dari orang2 yang make sering slip clutch tuh.
Kalo V-ixion kayaknya kurang gagagh, canggih sih, tapi kerempeng.
Bro ada yang tau harga knalpot Suzuki Shogun SP?
Aku belom pernah naek bajaj sih, cuma pernah liat di lampu merah, suaranya itu lo...zing...kayak kawak punya polisi cuma lebih kecil.
Lagipula yang warna item keren banget.
Tapi testi dari orang2 yang make sering slip clutch tuh.
Kalo V-ixion kayaknya kurang gagagh, canggih sih, tapi kerempeng.
Bro ada yang tau harga knalpot Suzuki Shogun SP?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47