10 Things About Mazda2 GT 2015

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by AD74YA »

Halo, berhubung sudah banyak yang review, nubie sekedar ingin memberikan konklusi saja dari pengalaman nubie bersama Mazda2 GT (DJ) 2015 yang dikemas dalam 10 poin hal-hal yang terbaik tentang mobil ini, dan 10 yang terburuk, sekaligus menjawab rumors and facts yang beredar mengenai mobil ini.

Nubie sudah bersama mobil ini hampir 2 bulan walaupun hanya dipergunakan saat weekend (mobil di Jakarta, setiap weekend pulang ke Jakarta), perjalanan sudah nubie tempuh +- 1000 km. Mobil nubie berwarna putih, dengan beberapa adjustment yang sudah nubie lakukan, tentunya akan mempengaruhi penilaian nubie terhadap mobil ini. So please note that this is a mixed between objective and subjective opinions. :off_good: Mohon koreksi nubie jika ada salah :big_childish:

Oya, berhubung banyak yang protest terhadap kualitas foto dari review nubie, khusus kali ini pertama kali nubie sedikit niat bikin photo session untuk Mazda2, walaupun hanya pakai Nexus (yang mana kualitas kameranya terkenal jelek :big_weee: ). Biarin lah... Semoga kalian bisa enjoy

Adjustment
Beberapa hal yang sudah nubie ganti untuk mobil ini adalah
1. Ban dan velg
Nubie upsize velg dari 16" menjadi 17" lalu mengganti ban bawaannya yaitu Dunlop Enasave LRR tire dengan Michelin Pilot Sport 3. Adapun ukuran dari velg adalah 17x7,5 et40 4x100 berwarna grey polished, merk HSR tipe C117, sedang untuk ban dengan ukuran 205/35/R17 dengan rating H.
Alasan: nubie merasa ban bawaannya memiliki performa sangat buruk membuat setir mobil ini sangat vague dalam kondisi standar, pun membuat roll mobil sedikit terasa, dan ride sedikit ter-compromised. Dengan harapan mengganti wheels and tires dengan ukuran upsized yang lebih lebar dan dengan performa yang lebih baik dapat meningkatkan potensi berkendara mobil ini.

Ban + velg:

Image

Image

2. Decals on roof, outer mirrors, grille and lower front bumper
Khusus untuk decals sebenarnya awalnya hanya iseng saja pengen buat merah grille depan mengikuti versi konsep Hazumi, tetapi karena tidak bisa beli sekecil itu (decals untuk grille cuman butuh 10x50 cm :upss: ) sekalian saja nubie pesen buat roof. Untuk kedua bagian ini nubie menggunakan merk Oracal berwarna glossy black untuk roof dan glossy red untuk grille. Factually, nubie kurang suka dengan Oracal karena terlihat seperti sticker. Gloss nya tidak benar-benar gloss, tapi baru terlihat dari jarak dekat, so no problem. Khusus untuk lower front bumper dan outer mirrors, nubie dapat barang sisa dari seorang teman yang sedang eksperimen untuk tipe decals baru dan dia order specs sendiri dari China. Cukup unik, layer pertama memiliki kontur weaves dengan bahan mirip dengan carbon fiber (mirip yang dipakai di laptop seperti new Dell XPS), lalu diatasnya diberi transparant film. Ketebalan totalnya nyaris 0,3 mm, tapi final result nya decals ini sepeti real wet carbon, sangat berbeda dengan apalah itu decals 3D or 4D yang pernah nubie lihat sebelumnya. Berhubung sampahnya cuman dapat 1x1 m, carbon ini hanya nubie apply ke lower front bumper dan outer mirror. Bertengger disana sangat manis menurut nubie karena senada dengan plastik motif carbon fiber yang ada di lower front grille dan di dalam headlamp Mazda2 GT. Hanya, sticker ini tidak terlalu elastis, masih ada air bubble trap, dan susah di gunting, jadi pemasangan tidak terlalu rapi karena sedikit sulit :mrgreen:

Decals:

Image

Image

Image

Image

Carbon fiber pattern inside the headlamp:

Image
______________________________________________________________________________________

10 Best Things:

1. One of the most beautiful B-segment cars in Indonesia. Rivals: Jazz GK, Yaris Lele, Ford Fiesta, Suzuki Swift, VW Polo, dsb

Eksterior:
Image

Image

Image

Image

Image

Image

2. The best interior design for B-segment cars in Indonesia. Buat nubie ini definite. Bukan hanya di masalah desain dashboard yang simple dan classy, tapi banyak detail yang membuat mobil kacangan ini terasa lebih spesial dari rivalnya. Contoh: Knob control Mazda Connect dan aircon terlihat dan terasa seperti milled alumium knob dengan warna silver polished dan spiky details untuk thumb grip.

Interior:

Image

Details:
Image

Image

Image

3. Safety features; *tarik nafas* ABS, EBD, EBA, DSC, TCS, ECS, HLA, A-BSM, RCTA, SCBD, 2SRS, 5ELR, ISOFIX, NIM, HID, DRL. *hembuskan nafas*. Dan diatas itu belum termasuk hal-hal standar seperti auto-lamp, rain sensing wiper, rear cam, immobilizer, 4 disc brakes, unibody, dll dsb. Sampai mumet.

4. Non-safety features; Start/stop engine, paddle shift, HUD, OBD, Mazda Connect (knobs and touch screen), steering wheel control, i-stop, bluetooth, smart key, dual climate, Sport mode, Navi, SD card slots, 2 USB slots capable of charging, etc

Ports:
Image

5. Actually feels really small in town

6. Skyactiv engine and transmission adapts quickly to your driving preferences. Nanti akan nubie jelaskan lebih lanjut di rumors and facts.

7. Quite economical. So far, setelah konversi dari 100 km/L, nubie dapat angka 9,5 km/l untuk kondisi in-town jakarta dengan ban UHP upsized, petrol kelas Pertamax. Sebagai perbandingan, Jazz RS GE8 nubie hanya dapat di angka 7,7 km/l. Lumayan, sangat bisa lebih irit lagi dengan kondisi yang lebih ideal untuk irit bahan bakar

8. Seating, pedal position, and contoured steering wheel. Posisi duduk walau a tad lebih tinggi dari yang nubie inginkan, masih terasa pas, begitu pula dengan pedalnya yang align dengan posisi duduk dan floor mounted sehingga terasa lebih natural saat berkendara. Setirnya juga di dekat palang bagian tengahnya ada cekungan untuk thumbs, dan terasa membuat lebih nyaman secara signifikan saat driving apalagi dipadu dengan leather steering

9. Mazda Connect intuitif dan sangat established untuk sebuah sistem yang baru rilis, akan lebih nubie bahas di rumors and facts

10. Build quality overall package nubie rasakan sangat mature ketimbang rival Jepangnya. Tidak hanya dari sisi desain dan pemilihan bahan, tetapi hingga ke bagian mekanikal dan engineering seperti sasisnya yang terasa ringan tapi kaku, duduk occupants yang semakin rendah sekaligus menjauhi pantulan roda dengan geometri suspensi baru membuat stabilitas dan rebound lebih ke arah mobil Eropa ketimbang Jepang, dsb

______________________________________________________________________________________

10 Worst Things:

1. Layout interior di desain untuk 2+2 occupants, sehingga wajar apabila banyak yang merasa sangat sempit di belakang (nanti akan nubie bahas di rumors and facts)

2. Overall body size bukan yang paling kompak di kelasnya

3. Steering tidak / sangat minim feedback. (akan nubie bahas di rumors)

4. Safety features terasa intrusif pada saat-saat tertentu, dan bisa jadi berbahaya. Contoh saat nubie jalan di area Fatmawati di Jakarta, saat melintas dengan kecepatan sedang diatas tumpahan oli di aspal, tiba-tiba auto-brake menyala sendiri dan mengerem dengan ABS (kocokan) secara otomatis hingga mobil nyaris berhenti. Untungnya sistem berhasil menjaga body mobil tetep lurus arah jalan. Sebenernya nubie gak yakin sih ini kelebihan atau kekurangan, tetapi setelah kejadian ini nubie hampir selalu matikan TCS saat nyetir Mazda2

5. Beberapa bagian interior masih di dominasi cheap material. Contohnya plastik di konsol kontrol aircon dan door trim. Khusus untuk doortrim, sangat mudah menyerap minyak dan sedikit susah di hilangkan.. so beware! :frm_bang_head:

Oily interior:

Image

Image

6. HUD untuk nubie lebih berperan menjadi penghalang visibilitas daripada informatif, dan nubie yakin pasti banyak pengguna yang merasa hal yang sama (tapi bisa di fold kok, selow)

HUD:

Image

7. Sport mode tidak berfungsi dengan baik. Transmisi hanya menahan mesin untuk revving lebih tinggi,tapi timing automatic shiftingnya saat Sport mode seringkali off, jadi jauh lebih mending paddle shift saja langsung

Sport button and gear lever:

Image

8. Minimnya tempat penyimpanan di dalam kabin. Hanya ada 4 cupholder (2 door trim depan, 2 konsol gearbox), 1 storage di belakang kursi penumpang depan, dan glovebox

9. Jok masih dilapis fabrik. Walau corak dan bahan cukup baik, akan tetapi masih kurang terasa mewah. Selera nubie akan nubie re-trim dengan leather untuk next project

10. Seating supports. Thigh support terasa terlalu pendek baik di depan maupun belakang lumbar support juga terasa kurang

______________________________________________________________________________________

Rumors and Facts
1. The rear seats legroom is so horrible, I could die.
Facts: legroom belakang Mazda2 GT setelah lama nubie rasakan ternyata lebih besar dari Ford Fiesta dan Suzuki Swift Sport, definitely lebih besar dari Mazda2 sebelumnya dengan catatan kursi depan di setting untuk posisi steering ideal badan nubie (168 cm, lowest seat position). Dapat dilihat di gambar yang nubie ambil, paling tidak ada knee space sekitar 30 cm untuk rear passenger (kursi depan sudah di adjust untuk seating nubie). Foto tanpa rekayasa. Hal yang mebuat sempit setelah nubie perhatikan adalah sloping roofline yang membuat rear occupants secara fitrah harus duduk lebih rebah sehingga kaki akan mentok ke kursi depan, tapi saat posisi duduk tegak ke sandaran kursi, maka legroom akan terasa cukup walau mepet, cuman.. kepala pada akhirnya jadi sangat dekat dengan plafon :frm_bang_head:

Space legroom:

Image

Image

Boots:

Image

2. The best handling hatchback of today.
Facts: not even close. Pada kondisi standar setir nyaris tidak menawarkan feedback sama sekali, terasa terlalu ringan (keringanannya persis Ford Fiesta), dan vague. Semua yang dirasakan kalau mobil ini sportif and such bukanlah karena input steering, melainkan karena sasis, suspensi dan distribusi bobot yang nubie rasakan lebih established dari rivalnya. Note: setelah penggantian ban dengan Michelin Pilot Sport 3, nubie rasakan feedback dan akurasi steering meningkat pesat

3. Skyactiv hanya gimmick.
Facts: it really works. Mesinnya terasa lebih smooth, shifting gearbox dengan paddleshift terasa lebih cepat dari Mazda2 sebelumnya, i-Stop works better than Mercedes A250, sasis terasa kaku dan ringan, rebound suspensi menjadi lebih mature dan forgiving. Adapun mismatch feeling antara mesin dan gearbox nya dalam automatic mode dikarenakan setiap kali starter, maka OBD akan membutuhkan waktu untuk adaptasi dengan gaya berkedara driver lalu mempelajari timingnya untuk shifting lebih smooth. OBD di Mazda2 ini karakternya mirip di Mini Cooper dimana terus menerus adaptasi. Silahkan coba saja dalam 15-30 menit mengendarai mobil ini menggunakan gaya yang sama, tiba-tiba timing shiftingnya jadi mendekati akurat. Nubie bisa mendapatkan konsumsi ekonomikal dengan cara seperti ini.

4. Brakes and aircon doesn't work.
Facts: either yang anda coba itu mobil rusak atau habis dipakai test drive sama momod SM. Feeling pertama nubie naik mobil ini malah agak susah menyesuaikan rem karena pressing points nya lebih cepet dari Mazda nubie yang lain. AC juga sangat dingin, no problem whatsoever

5. Mazda Connect is a crappy i-Drive.
Facts: Mazda Connect di Mazda2 GT works better and have 3 times more features than A250's i-Drive or whatever it's called. Yang belum pernah di mention adalah; ada 3 metoda untuk kontrol Mzd Connect yaitu dengan knob di center console, atau dengan touch screen, atau dengan steering wheel control. Di rival Jermannya saja, paling maksimal hanya 2; knob, dan steering. Pilihan opsi menu sangat simpel dan mudah. Hal yang bisa di kontrol banyak mulai dari radio sampai navigasi, HUD, dan central lock. Navi bekerja sangat baik, dari awal starter langsung mendapatkan sinyal GPS, dan database nya cukup up to date (tested: ada persimpangan jalan baru di area Kebagusan Jakarta yang baru dibangun 1 tahun lalu, sudah ada di dalam maps :big_okay: ). Factually, Mzd Connect still a class below the more established BMW i-Drive systems, but still better than my 2011 Mercedes E300 system, dan sebagai pendatang baru di area ini, jujur nubie kaget juga Mazda punya sistem yang cukup established.

Image

Image


Ala anak alay:
Image

Sekian share gak penting dari nubie, semoga bermanfaat :big_blushing:

Please CMIIW.

:thanks:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1164
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by iamwewe »

Nice share mod djay! Jadi kalo hud di fold, angka speedometernya nongol dimana ya?
User avatar
gobedh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Mon Jan 19, 2015 2:53

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by gobedh »

kalo nyala DRLnya merah, kayaknya keren tuh om :D
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by AD74YA »

Halo oom iamwewe thanks apresiasinya. Speed dapat dilihat dari bagian kanan bawah cluster speedo tengah. Berupa digital meter.
Details:
Image

HUD sendiri paling utama berfungsi sebagai navigasi kalau bagi saya, karena di HUD tampil arrow arah navigasi dari GPS. Sepertinya bisa tampil informasi lain lagi selain navi dan speedo tapi belum ngulik banget.
Last edited by AD74YA on Tue Apr 21, 2015 1:11, edited 1 time in total.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by lawyerone »

Nice share om. Itu velgny merk apa ya?? Kalo misalnya pake velg yang bigger/wider kan berarti equal to worse fc kan. Kalo ane cuman ganti velg same size dan pake ban yg mendingan apakah hasilny bakalan better buat steering feedbackny? Atau ane perlu naekin rim size ke 17 juga?
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by Betty »

Seperti biasa... Foto - foto yang bagus itu ga nongol di browser ogud... :big_cry:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by adty »

Nice review om...

Personal opinion styling M2 hanya bagus dari depan, tp kalo dr samping dan belakang masih agak gimana gitu

Btw nexus bagus ah om cameranya, saya juga pake nexus soalnya hahaha. Tp emang autofocusnya lambat dan suka blur

*loh jadi OOT :ngacir: *
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by AD74YA »

gobedh wrote:kalo nyala DRLnya merah, kayaknya keren tuh om :D
Kalau saya ganti DRL merah dan jadi kayak mobil sakit mata, saya harus ganti konsep decals nya jadi iklan Insto :upss:
lawyerone wrote:Nice share om. Itu velgny merk apa ya?? Kalo misalnya pake velg yang bigger/wider kan berarti equal to worse fc kan. Kalo ane cuman ganti velg same size dan pake ban yg mendingan apakah hasilny bakalan better buat steering feedbackny? Atau ane perlu naekin rim size ke 17 juga?
Thanks oom. Btw sudah ada saya share diatas merknya HSR tipe C117. Betul worsen. Tergantung ban kalau sama LRR ya gak ngaruh, tapi kalau kelas high performance akan sedikit membantu.

Btw ini subjektif ane ya masalah steering, mungkin bagi banyak orang sudah cukup baik handlingnya..
Betty wrote:Seperti biasa... Foto - foto yang bagus itu ga nongol di browser ogud... :big_cry:
Halo, saya pakai photobucket, biasanya kalau wifi/browser bisa buka FB dengan lancar maka photobucket bisa.. Thanks
adty wrote:Nice review om...

Personal opinion styling M2 hanya bagus dari depan, tp kalo dr samping dan belakang masih agak gimana gitu

Btw nexus bagus ah om cameranya, saya juga pake nexus soalnya hahaha. Tp emang autofocusnya lambat dan suka blur

*loh jadi OOT :ngacir: *
Nah itu namanya jelek kali... :upss:

Kalau menurut oom sendiri yang bagus desainnya dari depan samping belakang di B-segment mobil apa oom?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by jar-jit-no »

great repiu mod jay.. :big_exellent:

bener2 menjawab beberapa pertanyaan pribadi ane soal M2 ini..thanks a lot :off_good_job: :thanks:

ah, siapa bilang foto2 repiu modjay jelek2? bagus kok..suer.. :ngacir:
4A91 4at - Slow Driver
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by lawyerone »

Jadi ya at the end of the day masalahnya cuma di ban bawaan kan ya? Dari velg ga ngaruh banget?? Sip deh

Ohh iya, untuk road noise gimana? Banyak yg bilang mobilnya berisik (ga senyap). Apa emang gitu om?
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by Fiz »

review yang selalu bagus om mod :big_exellent:
mungkin om bisa nambahin dari pertanyan nubi ini:

1. penggantian ban+pelek, om bilang "dengan harapan blabla" , terus, apakah harapan om itu terpenuhi?
di bagian "rumour best handling", om bilang handling jadi meningkat jauh setelah penggantian ban+pelek, mungkin kalo ada pe-ranking-an, bisa dikasih bayangan m2+up, m2 std, sss, jazz, dll urutannya (sesuai pengalaman om)

2. untuk peformanya gimana dibanding pesaingnya? 0-100, top speed di tol, cruising speed di tol yang masih nyaman, dsb

sorry kalo banyak nanya :big_peace:
soalnya imho, m2 2015 ini target konsumennya adalah pengemudi antusias, yang mengedepankan kecintaan terhadap mobil (peforma, teknologi, safety, fun to drive, dll) ketimbang hal2 yg gak berhubungan langsung dg kualitas dari mobil itu sendiri (misal merk, resale value, ass, dll), nah tapi kalo kondisi std nya aja handling m2 biasa saja.. terus peforma biasa saja.. selain teknologi, safety n build quality, hal apa yg bisa dibanggakan dari m2 ini.. just my opinion aja sih.. :big_childish:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by FRD »

Gagal pertamax :big_slap:

Seperti biasa... very2 nice review om go :mky_02: ditunggu review GTS kuning :mky_03:
:big_smoking:
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by andrijet »

Skyactiv yaa...
Bagusan hatchback yang pk mesin sama selama puluhan, eh belasan taun ah...
Lbh leleyebel.
Kl mogok tukang ketoprak pinggir jalan jg bs benerin..
:mky_03:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by adty »

AD74YA wrote:
Nah itu namanya jelek kali... :upss:

Kalau menurut oom sendiri yang bagus desainnya dari depan samping belakang di B-segment mobil apa oom?
Untuk B-segment sekarang sih belom ada yg sreg di hati om, paling mending Fiesta mungkin. Entah kenapa ada aja bagian yang aneh dari hatch B-segment sekarang :ungg:

Tapi idola saya sampe saat ini masih GE8 terutama yg pre-FL, bentuknya masih proporsional diliat dari sudut manapun, tanpa harus ditambahi bodykit yang bikin watir sering gasruk. Sama Swift GT CBU juga keren sih, sayang populasinya dikit. Kalo Swift sekarang kok agak kedodoran ya keliatannya :ungg:
Penikmat roti tawar beroda
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1164
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by iamwewe »

oh icic.. kirain di foldnya gitu dia ada beberapa sudut kemiringian hihihi..

jadi kalo dipisahin 2hal, 0-100 tiptronic dengan 0-100 sport mode, apa ada beda selisih waktu yg signifikan?

*signifikan = selisih 3detik :mky_03:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by Mamang555 »

Wah "review" yang fresh dari om Stigjay seperti biasa :D

Komen dikit aja ah :D

1. Kalo masalah desain mobil sih selera ya :D M2 ini yang jelas fresh banget modelnya (khususnya tampang depannya), tapi bukan selera ane. Congornya agak aneh, kebantu sama DRL nya aja. Yang paling ganteng di segmen ini menurut ane adalah : VW Polo :D

2. Interior emang top dan classy. Nah kalo masalah sempit sih memang sempit buat ane. Pernah nyoba posisi duduk ideal ane (tinggi 174cm) dan duduk di belakang...wuahh ga ada beda sama Swift dan Splash. Sempit. Hehehe

3. Sangat disayangkan dalam kondisi standarnya ban bawaan kurang baik. Ada beberapa orang (mungkin banyak orang) yang beli mobil ini dan males ganti2 ban (ntah karena memang bukan hobi atau karena males alokasi budget untuk itu).

4. Itu serius FC 9,8 KPL. Dulu punya Nissan March MT 2011 bisa dapet 12 KPL (BBM Shell 92/95 rute dalkot Jakarta, kondisi full std) :D Hehehehe
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by AD74YA »

jar-jit-no wrote:great repiu mod jay.. :big_exellent:

bener2 menjawab beberapa pertanyaan pribadi ane soal M2 ini..thanks a lot :off_good_job: :thanks:

ah, siapa bilang foto2 repiu modjay jelek2? bagus kok..suer.. :ngacir:
Thanks oom...

Banyak yang ngomong oom... *merajuk

:ngacir:
lawyerone wrote:Jadi ya at the end of the day masalahnya cuma di ban bawaan kan ya? Dari velg ga ngaruh banget?? Sip deh

Ohh iya, untuk road noise gimana? Banyak yg bilang mobilnya berisik (ga senyap). Apa emang gitu om?
Velg gak ada masalah menurut saya.

Road noise cukup tinggi tapi much better ketimbang Japanese rivals nya. Saya ganti ke ban UHP makin gradak gruduk suaranya. :upss:
Fiz wrote:review yang selalu bagus om mod :big_exellent:
mungkin om bisa nambahin dari pertanyan nubi ini:

1. penggantian ban+pelek, om bilang "dengan harapan blabla" , terus, apakah harapan om itu terpenuhi?
di bagian "rumour best handling", om bilang handling jadi meningkat jauh setelah penggantian ban+pelek, mungkin kalo ada pe-ranking-an, bisa dikasih bayangan m2+up, m2 std, sss, jazz, dll urutannya (sesuai pengalaman om)
Harapan saya paling tidak saya terasa in-control mobilnya, sehingga sportif dan safety feeling bisa saya dapatkan, dan so far sudah cukup baik dengan konsekuensi road noise semakin membesar tetapi dinamisme mobil banyak meningkat, body compsure pun jauh membaik. Hanya weighting setir masih terlalu ringan saat dibawa kencang.. Servo nya kurang reaktif dan ekstrim perubahannya.

Urutan personal dari sisi handling (overall score including accuracy, body composure, steering response & feedback); M2+up, SSS (SSS menang di weighting dan feedback ketimbang M2+up, tapi kalah dibagian lain), Fiesta, M2 std, Jazz, Yaris.
Fiz wrote: 2. untuk peformanya gimana dibanding pesaingnya? 0-100, top speed di tol, cruising speed di tol yang masih nyaman, dsb

sorry kalo banyak nanya :big_peace:
soalnya imho, m2 2015 ini target konsumennya adalah pengemudi antusias, yang mengedepankan kecintaan terhadap mobil (peforma, teknologi, safety, fun to drive, dll) ketimbang hal2 yg gak berhubungan langsung dg kualitas dari mobil itu sendiri (misal merk, resale value, ass, dll), nah tapi kalo kondisi std nya aja handling m2 biasa saja.. terus peforma biasa saja.. selain teknologi, safety n build quality, hal apa yg bisa dibanggakan dari m2 ini.. just my opinion aja sih.. :big_childish:
Mengenai performa mesin saya lupa, itu bisa jadi rumors dan facts juga untuk Mazda2 Skyactiv. Jadi engineers Mazda ternyata sengaja setup rather slow linear acceleration untuk efisiensi, sedangkan pesaingnya, seperti Jazz, lebih mengutamakan sensasi jambakan saat akselerasi agar driver bisa merasakan sasisnya strengthen-up saat mulai melaju, memberikan sensasi sportif. (source: Autobuzz.my) Dari Edmunds saya pernah baca akselerasi 0-100 Mazda2 Skyactiv-G 1.5l beda lebih lambat sekitar 1,5 detik ketimbang new Jazz 1.5l (around 9 detik). Dan AFAIK, artinya masih lebih kenceng ketimbang Yaris. Kalau dibanding Ecoboost saya rasa Ecoboost tetap yang paling (terasa) kencang. Top speed di toll sangat baik, mobil sangat stabil, di jalan gelombang tidak grogi seperti Jazz GK, rebound mantap dan nyaman dibanding Jazz GK terutama di row 2 yang signifikan hmm.. apalagi ya?..

Teknologi, Safety, dan Build saja sudah sangat bisa dibanggakan dari pesaingnya, akselerasi mungkin kalah dengan 1-2 pesaingnya, tapi power yang paling smooth dan linear, perpindahan gigi juga yang paling smooth pada mode manual-sport mode, composure paling mantep, saya pikir bisa disimpulkan sweet spot nya Mazda2 ini seperti Golf GTI di kelas C-segments ya.. Bukan yang paling kenceng, karena ada A45 AMG. Bukan yang paling bagus handlingnya karena ada M135i. Bukan yang paling kenceng di trackday karena ada Megane RS. Tapi kompromi praktikalitas, plus kompromi performa, plus kompromi efisiensi, plus kompromi quality adalah nilai utama Golf GTI.. Kira-kira begitulah.
FRD wrote:Gagal pertamax :big_slap:

Seperti biasa... very2 nice review om go :mky_02: ditunggu review GTS kuning :mky_03:
GTS kuning harus berupa video :big_smoking:
andrijet wrote:Skyactiv yaa...
Bagusan hatchback yang pk mesin sama selama puluhan, eh belasan taun ah...
Lbh leleyebel.
Kl mogok tukang ketoprak pinggir jalan jg bs benerin..
:mky_03:
Skyactiv emang mesin apaan bang... VVT-i biasa kok :upss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by AD74YA »

adty wrote: Untuk B-segment sekarang sih belom ada yg sreg di hati om, paling mending Fiesta mungkin. Entah kenapa ada aja bagian yang aneh dari hatch B-segment sekarang :ungg:

Tapi idola saya sampe saat ini masih GE8 terutama yg pre-FL, bentuknya masih proporsional diliat dari sudut manapun, tanpa harus ditambahi bodykit yang bikin watir sering gasruk. Sama Swift GT CBU juga keren sih, sayang populasinya dikit. Kalo Swift sekarang kok agak kedodoran ya keliatannya :ungg:
Ah... Saya pas jaman itu malah lebih seneng desain Fiesta ketimbang GE8, tapi keburu beli GE8 sebelum Fiesta keluar. Sampai saat ini menurut saya Fiesta cantik (Aston grille), sekarang masih salah satu yang paling cantik, tapi IMO kalah fresh sama Mazda2 baru. :big_peace:
iamwewe wrote:oh icic.. kirain di foldnya gitu dia ada beberapa sudut kemiringian hihihi..

jadi kalo dipisahin 2hal, 0-100 tiptronic dengan 0-100 sport mode, apa ada beda selisih waktu yg signifikan?

*signifikan = selisih 3detik :mky_03:
Gak ngetest euy
Mamang555 wrote:Wah "review" yang fresh dari om Stigjay seperti biasa :D

Komen dikit aja ah :D

1. Kalo masalah desain mobil sih selera ya :D M2 ini yang jelas fresh banget modelnya (khususnya tampang depannya), tapi bukan selera ane. Congornya agak aneh, kebantu sama DRL nya aja. Yang paling ganteng di segmen ini menurut ane adalah : VW Polo :D

2. Interior emang top dan classy. Nah kalo masalah sempit sih memang sempit buat ane. Pernah nyoba posisi duduk ideal ane (tinggi 174cm) dan duduk di belakang...wuahh ga ada beda sama Swift dan Splash. Sempit. Hehehe

3. Sangat disayangkan dalam kondisi standarnya ban bawaan kurang baik. Ada beberapa orang (mungkin banyak orang) yang beli mobil ini dan males ganti2 ban (ntah karena memang bukan hobi atau karena males alokasi budget untuk itu).

4. Itu serius FC 9,8 KPL. Dulu punya Nissan March MT 2011 bisa dapet 12 KPL (BBM Shell 92/95 rute dalkot Jakarta, kondisi full std) :D Hehehehe
1. Buat saya Polo membosankan desainnya.. Cantikan Fiesta malahan... :big_peace:

2. Kan memang kelasnya Swift :mrgreen: Lebih gede dari Swift factually untuk badan saya, dari Polo? Definitely yes oom. Dibanding Jazz? Matek aaa... :upss: Salam dari malay
autobuzz.jpg
3. Tul betul betul. Persis kayak Ecoboost, dikasih ban eco.. Tapi da namanya aja Ecoboost ya harus Eco ya..

4. Betul, dengan ban UHP. Masih pembiasaan, pelan-pelan moga-moga masih bisa jadi better. :thanks:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by andrijet »

Kali ini serius:
Mazda2 GT ini bwt saya hatchback yg paling okeh di Indo.
Cakep meski tanpa bodykit 'Mazdaspeed Sportivo'.
Fun to drive, namanya jg hatchback, fun is a must!
Compact size sesuai kodratnya, sempit2an dikit di belakang wajar, kl mo lega beli MPV lhaa...
Irit dan powernya pas dengan mesin VVTi-nya.
Fitur keamanan lengkap.
Gimmick lengkap.
MZD connect jg oke banget buat pangsa pasarnya.
Harga?
Paling mahal iya, tp paling tinggi pula valuenya.
:big_exellent:
Me. Want.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by AD74YA »

andrijet wrote:Kali ini serius:
Mazda2 GT ini bwt saya hatchback yg paling okeh di Indo.
Cakep meski tanpa bodykit 'Mazdaspeed Sportivo'.
Fun to drive, namanya jg hatchback, fun is a must!
Compact size sesuai kodratnya, sempit2an dikit di belakang wajar, kl mo lega beli MPV lhaa...
Irit dan powernya pas dengan mesin VVTi-nya.
Fitur keamanan lengkap.
Gimmick lengkap.
MZD connect jg oke banget buat pangsa pasarnya.
Harga?
Paling mahal iya, tp paling tinggi pula valuenya.
:big_exellent:
Me. Want.
Aaa maca... :mky_04:

Btw.. Bukannya sekarang rekor harga masih dipegang Ekobus, baru Yaris TRD, baru 2 GT kan ya... Baru Jazz Blacktop CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by KodokPushUp »

Nice review om ex-supermod jay

Buat masalah ban, iseng ane tanya ke 2 sales mazda yg berbeda, bisa ga tukar tambah ban langsung, dijawab bisa.
Jadi mungkin bisa ngirit duit dan waktu.

Setelah ganti ban ke tapak lebih lebar+grip lebih baik, apa berat setir bertambah signifikan om?
Karena ane juga ngerasa setirnya terlalu ringan.
"brakes doesn't work
Facts: either yang anda coba itu mobil rusak atau habis dipakai test drive sama momod SM."
Ah pantesan, ane pas TD mazda 2, terasa rem nya lembut banget.
Baru sadar, itu mobil abis di abuse sama mod chz :ngacir: :ngacir:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by bivanos88 »

wihhhh.. ini yang ditunggu-tunggu dari om ad74ya.. akhirnya keluar juga..
btw di non safety features ada dual climate. itu maksudnya apa ya?
dan pada saat di jl fatmawati dan melintas diatas oli itu pada saat ngerem atau lagi jalan terus tiba"ngerem sendiri? kl tiba"ngerem sendiri gt serem juga ya tau"disundul dari belakang.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by AD74YA »

KodokPushUp wrote:Nice review om ex-supermod jay

Buat masalah ban, iseng ane tanya ke 2 sales mazda yg berbeda, bisa ga tukar tambah ban langsung, dijawab bisa.
Jadi mungkin bisa ngirit duit dan waktu.

Setelah ganti ban ke tapak lebih lebar+grip lebih baik, apa berat setir bertambah signifikan om?
Karena ane juga ngerasa setirnya terlalu ringan.
"brakes doesn't work
Facts: either yang anda coba itu mobil rusak atau habis dipakai test drive sama momod SM."
Ah pantesan, ane pas TD mazda 2, terasa rem nya lembut banget.
Baru sadar, itu mobil abis di abuse sama mod chz :ngacir: :ngacir:
Thanks dok..

Memang bisa, saya kan beli Mazda6 langsung tuker Potenza RE050 sama Primacy LC.. Malah seneng mereka.. Lha Potenza ne luwih larang, malah aku nombok.. :upss:

Berat setir tetep terlalu ringan, baik di kecepatan rendah maupun tinggi, tapi much better ketimbang aslinya. Mirip-mirip Ecoboost lah menurut saya berat aslinya.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by AD74YA »

bivanos88 wrote:wihhhh.. ini yang ditunggu-tunggu dari om ad74ya.. akhirnya keluar juga..
btw di non safety features ada dual climate. itu maksudnya apa ya?
dan pada saat di jl fatmawati dan melintas diatas oli itu pada saat ngerem atau lagi jalan terus tiba"ngerem sendiri? kl tiba"ngerem sendiri gt serem juga ya tau"disundul dari belakang.
ngapain nunggu-nunggu saya? emangnya bang Toyib? :mky_01:

Climate control maksudnya.

Betul, makanya saya juga jadi parno.. Langsung membiasakan diri mematikan TCS.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 10 Things About Mazda2 GT 2015

Post by ChZ »

Akhirnya dibuat juga.... nice review oom :frm_salut:

judulnya lebih cocok "mythbusting" review of Mazda2 GT kayaknya :big_biglaugh:

Soal styling emang paling outstanding dari lawan-lawannya. Kemaren sempat liat warna soulred waktu makan siang sepulang gereja, lovely :big_love:

Yang mengagetkan adalah OBD nya itu, kemaren sempat kita bahas di grup WAKuSeM. Pantes aja nyoba di Semarang dan Surabaya beda banget rasanya :e-wall:

Ngomong-ngomong, discount nya up to 30juta lohh :mky_04: jadi kalau gak didiskon aja kerasa worth banget, apalagi dengan diskon sebesar ini :big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7