HAZARD wrote:Permisi mastah dan beroh2 samua
Saya mau minta saran punya tabungan 30 juta PAS, first car buat saya yg bakal dipake buat kerja sehari2 dan wakuncar sm calon di Bogor.
Untuk aktivitas kerja, saya bisa tiba2 dikirim ke klien dinas di luar kota, seperti 2 bulan yg lalu saya dikirim ke klien di Subang dan Purwakarta menetap di Mess di sana.
Sebelumnya saya tidak mengerti dan memahami dunia otomotif apalagi tentang mobil, mesin dll hanya sekedar tau nama2 mobil saja dan bisa bawanya mau matic/manual karena sempat belajar pake mobil kantor saat dinas keluar kota jd tidak ketauan
Kriteria mobil :
- Sedan injeksi
- Mesin bandel kuat serta mudah & murah perawatan/maintenisnya
- Sparepart gampang terjangkau dan awet
- FC ga terlalu mikirin tp masih wajar
- Terakhir jgn yg rawan2 mogok di jalan
Pilihan untuk saat ini :
1. Elantra/Cakra (tahun brp saya tidak tau)
2. Maestro (ini jg klo nemu yg sesuai budget)
3. Corona twincam 91/92 (klo ga salah)
4. Timor Dohc 97/98 (klo ga salah)
5. Galant 93/95 (klo ga salah)
Atau ada opsi lain silakan . .
6. Opsi ini hanya tambahan saja bagaimana dgn Carnival/Trajet tahun 2000 sepertinya
Sekalian tanya, klopun overbudget worthed tdk si klo mobil2 berumur diatas dibeli secara kredit ? Atau lebih baik cari yg overkredit atau new car saja
(ini jgn dijadikan patokan, sekedar pertanyaan saja)
Mohon saran dan bimbingan mastah2 sekalian
Terimakasih sebelum nya
Paling pas, Timor DOHC oom
Kalo maestro/corona/galant dia masuknya kelas mid-sedan, mewah, perawatannya ga bisa sederhana dan dengan 30jt dapetnya kondisi apaadanya (sekedar jalan doang)...
Nah 2 hari lalu sempet diskusi dgn om ane yg pedagang spc timor dr lama, & ane jg udh nyobain yg SOHC & DOHC...
Timor ini bandel banget mesinnya, biarpun dapet unit yg busuk2 tp bakal jalan lancar aja (oiya unit2 timor di jawa jauh lebih rapih2 drpd di sumatra kt beliau)...
Spareparts berserakan dimana2, ada dari KW ampe ori dgn harga ga bikin kantong jebol... (tp awas dapet yg KW tp ngaku2 ori)
FC juga irit punya kalo yg DOHC (yg SOHC boros banget), tenaga jg yg DOHC menurut ane sadiiiiiis bener

beda ama SOHC yg sadisnya di bawah aja, makin ke atas makin ompong...
Kalo soal mogok, bergantung kepada perawatan... Sebaiknya setelah ambil unit lsg ganti parts2 yg rawan seperti radiator set, belt-belt, & kuras oli mesin...
Mobilnya sendiri sih kalo dr pengalaman ane nyobain, nyaman

Duduknya pewe bener, honda city 2005 ane aja kalah jauh. Koplingnya gampang, manualnya enak, blindspot minimal, suspensi termasuk cukup empuk lah... Minusnya sih di peredaman kurang bgt, dashboard nya biasanya udah pada kejemur jd permukaannya gosong/ngangkat (kalo ini dicuekin aja, rata2 emang begitu), rattling keliling, ama bodinya tipis...
Kalo mau memperdalam ilmu timor bisa buka2 ini :
http://s515i.com/ & ane jg pernah bikin reviewnya di sini :
viewtopic.php?t=22028
Semoga membantu om
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)