
Nissan March XS AT 2012
Pembelian bulan 10/2012, perakitan kira2 bulan July 2012, terlihat dari stiker2 part yang terpasang, kenapa bisa selisih 3 bulan karena it's a Nissan not Toyota or Dai

Hatchback "ajaib" yang hanya orang tertentu bisa appreciate, dari exterior sampe interior bulet2

1. 3 silinder pasti geter, berisik. padahal banyak org yang numpang naik ga bilang apa2, diluar aja ga berasa ini 3 silinder kecuali liat goyangan maut mesin

2. ga ada tenaga, well jalur Tegal - Magelang motong gunung tanpa semarang baik2 saja, hanya memang kendala terbesar ada di ratio gear 4 speed AT yang lebih pas untuk mesin 1500cc bukan 1200cc. enak untuk cruising tapi pas akselerasi kepayahan. di pantura si kalau hanya salip2an bus malam dan truk enteng2 aja, malah cenderung santai karena ratio gear AT 4 speed malah pas banget.
3. lebih kecil dan sempit dari hatchback lain, malah sesama owner yaris generasi 2013 kebawah selalu dibilang sempit, pas sebelah2an ane suruh naik baru diem ternyata lega juga

4. Nissan itu realibilitas payah, separoh bener separoh salah, silahkan cek dibawah soal ini.
main features:
- single airbag + ABS EBD BA (part capcay: braking system by Avics, except for the vacuum by Koito).
- MID single line + rear/front defogger + digital AC with auto climate control single zone.
- Immobilizer with keyless entry (bukan keyless start ya).
- bagasi salah satu terluas di kelasnya.
- selebihnya tidak banyak toh pas launching ini hatchback termurah sekelas sirion dan mirage. sekarang kelasnya diatas LCGC, kalau sesama merek ya Datsun GO yang sharing platform.
Platform body monocoque sejuta umat yang digunakan adalah Nissan/Renault Alliance B Platform 2nd Generation the V Platform, salah satu penggunanya di indo adalah Nissan juke/evalia saudara jauhnya yg menggunakan Nissan B0 Platform.
Mesinnya: HR12DE, adik dari HR15DE. sounds familiar? yep, ini mesin Livina dan juga generasi baru Livina dan Juke yang direct injection HR15DDE. Mesin 3 silinder, salah satu mesin yang jadi awalan dari booming 3 cylinder gasoline engine belakangan ini. Mesin 3 silinder yang ga jelas ada CVTC atau ga karena speknya simpang siur tapi dari rasa2nya pas nyetir si ada karena ada terasa sedikit lonjakan tarikan ketika gas pol sampai rpm 4000 lebih. Akibatnya spek power dan torque juga simpang siur, yang pasti hanya transmisi manual 5 speed dan matik 4 speed, HR12DE harusnya punya power 79 hp dan torque 108 nm.
Takut getar? nissan sudah siapkan jamunya: Engine mounting hydraulics yang ukurannya massive di sebelah kiri dan kanan, hebatnya karena ukuran mesin dan bobot ringan (kalau ga salah lengkap dengan transmisi CVT -bukan AT 4 speed yang beredar di indo- itu hanya 100 kg ga sampe) center engine mounting hanya karet biasa, terlihat di bagian kolong pas di cross member.

Front suspension seperti biasa double wishbone, rear suspension Torsion beam. Front brake: ventilated disc single pot, rear brake: drum.
Kilometer 20.
Kendaraan dikirim dari dealer kilometer hanya 20an kurang lebih. pas sampe cek sana sini ga ada apa2. dikasih bonus satu paket user manual dan warranty/service book in one single soft book case, mayan lah, tidak lupa seperangkat Segitiga Pengaman + sekaleng cat kecil untuk sample cat + towing kit + manual jack. ban serep kaleng full size di bagasi.
kilometer 100
Ban standard yang ukuran ajaib: 175/60 R15 buatan Maxxis yang terkenal empuk tapi gampang bunting, diganti 195/55 R15 Yokohama A-drive. persiapan untuk pindah ke luar kota.
Kilometer 200
saya ganti oli mesin berikut filter oli orisinal.
Harga filter oli ori: 30 ribuan di bengkel resmi, masih made in japan dan ini common part Nissan terbesar, nyaris semua nissan beredar di indo pake ini. kecuali mesin V6 atau diatas 2500cc atau newer gen engine.
Oli mesin yang muat cukup 3 liter maksimum, saya pribadi sudah 4x ganti oli mesin ga pernah abis 3 liter selalu 2,4 liter berikut filter.
Pasang filter udara keluaran K&N original. efeknya tentu seperti biasa bejekan gas lebih ringan dan enteng.
Pasang Pivot Raizin Volt stabilizer original ex cabutan mobil lama + grounding cable DIY dengan kabekl 8AWG untuk ampli audio dari throttle body, coil, dan minus accu. efeknya? ga berasa banyak, bisa jadi lebih efek dari Pivot Raizin Volt Stabilizer.
pasang peredam kap mesin keluaran V-TEch bahannya mirip aluminum tapi efeknya mantap, karena panas di kap mesin berkurang jauh terutama setealh macet2an siang terik dalkot.
Pasang accesories Front Foglamp keluaran ESUSE karena memang tidak ada dari pabriknya, info yang beredar sendiri simapng siur ada yang bilang bisa pake livina punya tapi kalau beli aksesoris keluaran esuse beda mounting, kalau original pabriknya bisa pakai teana katanya. dan ternyata keluaran esuse ini (satu2nya yang jual untuk march) untuk steer kiri dan baut setelannya entah kenapa ga bisa disetel alhasil kalau nyala tinggi sebelan kanan (sisi driver) akibatnya bisa ganggu driver arah berlawanan.
Kilometer 300.
masuk beres untuk cek kilometer 1000.Tidak ada penggantian apapun, cuma cek book aja ini itu, seingat saya juga tidak ada komplain ini itu.
sekalian ganti busi asli dari copper dengan busi iridium yang part number persis sama dengan livina. lumayan irit gasket set karena jalur intake HR12DE itu panjang dan rumit mirip dengan livina, total baut aja tembus 20 biji hanya untuk ganti busi, sialnya semua Coil-on-plug kelihatan kecuali coil nomor 1

Audio bawaan langsung saya ganti dengan head unit single din, ga lama ada rezeki ganti head unit monitor double din merek Pioneer lengkap dengan rear camera. Penggantian audio gampang cukup beli Frame kit seharga 200 ribuan dan audio adapter + FM radio cable adapter seharga 150 ribuan, semuanya plug n play.
kilometer 2000
pasang Laci atas original accesories -yang sekarang bawaan type 1500cc- dengan pabriknya Calsonic Kansei Thailand, sekalian rear parking sensor original accesories dari vendor lokal yagn kualitasnya kerupuk dan rada lemot responnya. Beli di luaran kebetulan ada yang jual satu set bonus dari dealer.

kilometer 5000.
penggantian oli dan filter oli. belum ada keluhan. fuel consumption agak meningkat untuk dalkot kisaran 9 kpl.
Claim Sensor Parkir yang mati satu biji sensornya

Spooring dan balancing, ternyata baut caster kurang panjang ya dasarnya mungkin ane sembalap kali ya jadi bengkel spooring langganan pasangin, DC hanya 150 ribuan per pcs, ane suruh sekalian 2 pcs. Setelah itu pasang Rear Stabilizer keluaran Undercontrol, ternyata torsion beam-nya pelat ditekuk jadi kurang rigid, hmmm pasangin jadi makin rigid tebakan bengkel langganan, dan bener, lebih mantap pas belok2 body roll berkurang, jadi makin berasa d torque steering pas gas di tikungan

kilometer 10000.
penggantian oli dan filter oli.
kilometer 12000.
Pasang Intake Resonantor (bahasa part numbernya: Filter housing assy) punyanya Nissan March M/T. entah kenapa yang manual dipasangin ginian, sedangkan matik ngga, padahal biasanya sebaliknya. efeknya: gas terasa lebih padat terutama untuk salip2an.
Pasang Ferrite core TDK di jalur Fusebox menuju ECU pas di kabel main 12v, juga di kabel coil on plug. efeknya: mesin terasa berkurang getarnya dan lebih halus = sugesti

fuel cons untuk dalkot meningkat jadi rata 9,5 kpl.

kilometer 14000
Claim Left & Right Rear Lamp Assy, entah kenapa sering banget tiba2 ada lampu yg mati disitu, paling serign lampu mundur, sudah dibongkar bersihkan pasang lagi, mati lagi, kencangkan dudukan lampu sana sini tetep aja sama. pertama klaim cuma dikasih yang kiri, yang kanan nyusul sebab normal, ga lama mati lagi, akhirnya klaim lagi. dan diganti satu assy lengkap dengan lampu2. lumayan

Claim Rear Stay Back Door assy/sok pintu belakang mulai lemah dan susah naiknya, buatan China (lupa pabriknya), harga per pcs juga lupa, total 1 juta.
kilometer 17000
ganti oli dan filter. sekalian claim AC yang ga dingin karena freon bocor, sudah isi freon sendiri, ga seminggu ga dingin lagi, akhirnya kena claim juga itu Evaporator AC. karena memang ini penyakit umum Nissan March (dan kebanyakan nissan). Part pengganti buatan Calsonic Kansei Thailand. harga evap 1,5 jutaan.
kilometer 20000
service rutin sekalian ganti oli dan filter oli. Juga pengurasan dan ganti minyak rem DOT3 yang masih buatan jepang.
claim bearing roda belakang, keluhan: berisik dan dengung, pertama dikira dari roda ternyata roda dipindah tetap berisik, didongkrak putar roda belakang terasa per terasa getar.
Part pengganti: buatan NTN India. Penyakit umum dan khas dari Nissan March. Menurut analisa saya: bisa jadi bearing kualitas kerupuk atau diakibatkan design Bearing yang diluar (nempel di teromol) bukan di arm. Sedangkan tutupnya hanya dari baut yang dikasi seal teflon dan dop baja. Harga bearing 350 ribuan, sedangkan tiap service roda belakang wajib ganti Baut seharga 35 ribu dan dop baja (cap hub) seharga 65 ribu

untuk bearing sendiri penggantinya sudah beredar silangan dengan SKF yang mirip2 atau buatan merek China (lupa mereknya) atau di luaran NTN India yang sama persis.
Juga claim lagi rear parking sensor. karena sensornya mati lagi satu biji.
Pros:
- Driving impression menyenangkan, tidak limbung pas high speed (Terutama dari sisi penggunan umum bukan enthusiast driver dan sadar diri kalau ini small hatchback normal).
- city driving tertolong kaca belakang relatif lebar dan spion kiri kanan yang cukup besar (hanya agak kurang lebar).
- bantingan empuk, terempuk di kelasnya, bahkan lebih empuk dari mirage/sirion.
- Intermittent Front wiper sampe 10 step.
- Front AC digital lengkap dengan defogger + heater. Canggihnya heater sendiri terpisah jalurnya dari evap AC.
- Night manual dimming rear view mirror.
Cons:
- Non split folding rear seat. not even adjustable rear seat, baru ada di type 1.2XS keatas pas facelift.
- single airbag, not dual, di facelift 1.2XS keatas baru ada.
- no passenger airbag
- no speed sensing auto lock. ]
- no outer mirror electric fold
- minim interior storage by default hanya laci bawah depan, cup holder pintu kiri kanan, cup holder 3 biji di center console, di rear door ga ada apa2

Overall.
Driving impression yang menyenangkan, empuk, lincah, ga limbung, berkebalikan dari umumnya hatchback yang cenderung keras. March beda sendiri. yang paling saya suka selain empuk ada di sektor suspension setup pas banget kombinasi sok Kayaba depan belakang yang panjang banget travelnya diimbangi dengan EPS yang pas berat entengnya (walau tetep mati rasa) bikin enak banget disetirnya, salah satu pembenaran: nissan itu enak dipake. Untuk pengereman sendiri saya pede2 aja, pakem dan distribusi pas ditunjang ABS EBD BA bikin pede kalau emergency.
AC sendiri cukup dingin, hembusan AC dari 4 outlet pas banget ke seluruh kabin hanya memang pas panas terik di bangku belakang bagian kepala terkadang masih terasa panas dari atap, blame it on peredaman yang pas2an. untuk NVH memang pas2an karena karet balon hanya ada di pintu depan, itupun hanya separoh. diredam dengan pasang karet balon pintu penuh, untuk dak dan bahan pintu memang tipis makanya total weight hanya 900 kg, salah satu teringan di kelasnya. noise dari roda belakang bisa saya redam dengan baik dengan peredam aspal tempel, dari pintu pun sama jadi bantingan pun mantap, tinggal untuk lantai2 dan wheel arch roda depan belum saya kerjakan.
masalahnya ada di faktor penyakit bawaan March, yang sekarang masuk kategori Top Three: Bearing roda belakang, Evaporator AC, dan bearing motor extra fan (saya amit2 belum kena). KAlau keluaran awal sekali banyak bermasalah dengan bunyi2 di rem belakang akibat design kampas rem belakang yang kurang bevelled, saya sendiri tidak alami hanya memang kecenderungan rem march ini gampang bunyi2 atau berisik. dan masalah ini akan terus menghinggapi March seumur hidupnya, menilik problem bawaan livina family seperti: indikator fuel pump.

Untuk bengkel resmi sendiri saya tidak mengalami kendala apapun kecuali karena di kota kecil jadi ya pengiriman part seringnya inden. Sedangkan di jakarta beres yang saya datangi hanya Nissan Kebon Jeruk (jl panjang) dan Nissan Daan Mogot, dan jelas nissan puri indah saya jauhi karena blacklisted dimana2.

segi ketersediaan spare part pun tidak ada masalah, urusan spare part menurut saya tidak kalah dari Jepang lainnya, yang jadi masalah itu jarang ada KW-nya


Misal:
- Cap Hub teromol roda belakang seharga 65 ribu per pcs, buatan jepang , tapi pas lihat bahannya itu cuma plat baja tipis

- Karet wiper belakang, buatan jepang, harga hanya 50 ribu buatan NWB nampaknya.

- Filter udara original, semi wet paper type, harga 200 ribu buatan Thailand, cross dengan Renault juga.

- Filter oli original, 35 ribu, buatan jepang.

- Minyak rem dot 4 sebotol ukuran 250 ml buatan jepang 70 ribu.

- V-belt hanya 90 ribuan.

- Front shock absorber 700 ribuan, rear shock absorber 500 ribua, keduanya buatan kayaba thailand.

- Front Transverse link/swing arm bawah, 150 ribuan
