Penjaga Makam nya lagi gak di tempat soalnya, oom...Ald2001 wrote:Makam yg seharusnya sunyi senyap malah brisik
Mobil CBU dan CKD
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil CBU dan CKD
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5852
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mobil CBU dan CKD
Nubi malah ngerasa kalo mungkin yg CBU pasti punya nilai + dari produk CKD seperti fitur, enjin, kualitas buatan.
Tapi ane sendiri nyangsi mobil CBU lebih reliabel dari mobil yg CKD, secara CKD bener2 didesain utamany buat negara kita.
Kalo mobil CBU, apa bisa cocok sama bensin negara kita? Iklim negara kita (seperti dasbor retak) atau kaki2 yang tahan jalan keriting di Indo? Apalg sparepartnya?
Untuk orang yg 2-3 taun ganti mobil boleh lah ambil CBU, tapi kalo beli mobil seken atau dipake agak lama seperti ane, ya ambil CKD aja, lebih tenang aja rasanya bener2 didesain buat negara kita.
Karena itu nubie anbil yasir lele #eh
Tapi ane sendiri nyangsi mobil CBU lebih reliabel dari mobil yg CKD, secara CKD bener2 didesain utamany buat negara kita.
Kalo mobil CBU, apa bisa cocok sama bensin negara kita? Iklim negara kita (seperti dasbor retak) atau kaki2 yang tahan jalan keriting di Indo? Apalg sparepartnya?
Untuk orang yg 2-3 taun ganti mobil boleh lah ambil CBU, tapi kalo beli mobil seken atau dipake agak lama seperti ane, ya ambil CKD aja, lebih tenang aja rasanya bener2 didesain buat negara kita.
Karena itu nubie anbil yasir lele #eh
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil CBU dan CKD
Setuju bro Toni.... biasanya mobil CBU yang lewat ATPM itu banyak penyesuaian. misalnya merek gak jelas kayak Mazda gitu aja kompresi SKYACTIVnya diturunin demi bisa minum bensin lokal yang naujubilah kualitasnya... di luar 14:1, di sini 13:1.sintoni wrote:Nubi malah ngerasa kalo mungkin yg CBU pasti punya nilai + dari produk CKD seperti fitur, enjin, kualitas buatan.
Tapi ane sendiri nyangsi mobil CBU lebih reliabel dari mobil yg CKD, secara CKD bener2 didesain utamany buat negara kita.
Kalo mobil CBU, apa bisa cocok sama bensin negara kita? Iklim negara kita (seperti dasbor retak) atau kaki2 yang tahan jalan keriting di Indo? Apalg sparepartnya?
Untuk orang yg 2-3 taun ganti mobil boleh lah ambil CBU, tapi kalo beli mobil seken atau dipake agak lama seperti ane, ya ambil CKD aja, lebih tenang aja rasanya bener2 didesain buat negara kita.
Karena itu nubie anbil yasir lele #eh
Beberapa mobil juga ignition timing nya dimundurkan dengan sengaja... Dan beberapa penyesuaian komponen seperti dashboard diganti plastic biar lebih tahan panas #eh
Biarpun ada ATPM dudul kayak Subaru yang ignition timingnya gak diatur ulang sehingga pake RON95 aja ngelitik di Forester XT. Di STi malah resiko piston failure pakai RON95. MI cuma tau jualan sih...
Kalo kalimat terakhir itu gak valid.... seharusnya yang mendukung statement ente ya Innova D-4D
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12
Re: Mobil CBU dan CKD
bukannya CKD itu harus ada komponen lokal nya ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3700
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Mobil CBU dan CKD
Brio juga sangat menyedihkan walaupun CBU lhoandrijet wrote:CBU Jepang juga percuma kl pesenan Jonfis..amfibi wrote:Oiya kalo cbu thai mah ane rasa ga bagus2 amat ya... Honda city ane yg dulu ama skrg jg 22 cbu thai, kualitas ya begitulah... 10 tahun berjalan, di unit yg skrg ane pake rattle total keliling, skrg baru lg karet2 sekitar jendela udah pada lepas2 lem perekatnya...
Kalo yg sebelomnya sih 9 tahun cuma jalan 43.000km, jd masih senyap2 aja
Dipretelin semua fiturnya.
Hahaha...
Tp skrg Honda Prospect dah mulai sadar.
Accord, CRV, sama Odyssey dah hampir full option.
Jazz sama HRV?
Menyedihkan!
Jonfis oh jonfis, ga tobat2 nih org satu ini
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Fri Oct 24, 2014 20:59
Re: Mobil CBU dan CKD
Jgn ngomongin si pisjon om, banyak yg sakit hati (termasuk ane)sandal wrote: Brio juga sangat menyedihkan walaupun CBU lho
Jonfis oh jonfis, ga tobat2 nih org satu ini
Jonpis disalahin mulu, pdhl si emang hondo secara global rada turun kualitasnya. Liat aja FB dibanding FD, RM dengan dashboard plastiknya jg kayanya emang global gtu semua. Malahan di amrik headlamp blm projector, ac blkng ga ada. Versi paling ngenesnya vleg masi kaleng
tp emang harganya mahalah disini jg sih
Tp emang kadang pisau sunat pisjon tajem bgt si. Jadi galau sebenernya salah pisjon apa bukan
2014 fortuner TRD
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil CBU dan CKD
Mungkin Pisjon sudah lelah...
Memang penurunan kualitasnya gak cuma di HPM sih, global. Lha Odyssey itu kan CBU Japan, keliatan sendiri kualitasnya kayak gimana..?
Kalau Civic FB gak bisa ngomong sih, based on USDM Civic. JDM Civic sudah discontinue sejak 2010.
Memang penurunan kualitasnya gak cuma di HPM sih, global. Lha Odyssey itu kan CBU Japan, keliatan sendiri kualitasnya kayak gimana..?
Kalau Civic FB gak bisa ngomong sih, based on USDM Civic. JDM Civic sudah discontinue sejak 2010.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3700
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Mobil CBU dan CKD
Saya termasuk kena pisau golok jonfis lhoAld2001 wrote:Jgn ngomongin si pisjon om, banyak yg sakit hati (termasuk ane)sandal wrote: Brio juga sangat menyedihkan walaupun CBU lho
Jonfis oh jonfis, ga tobat2 nih org satu ini
Jonpis disalahin mulu, pdhl si emang hondo secara global rada turun kualitasnya. Liat aja FB dibanding FD, RM dengan dashboard plastiknya jg kayanya emang global gtu semua. Malahan di amrik headlamp blm projector, ac blkng ga ada. Versi paling ngenesnya vleg masi kaleng
tp emang harganya mahalah disini jg sih
Tp emang kadang pisau sunat pisjon tajem bgt si. Jadi galau sebenernya salah pisjon apa bukan
Memang salah Jonfis apa tidak bersalah hanyalah HPM yg tahu
Oh ya, nambahin 1 lagi. Perhatikan digit odometernya
Ekspektasi
Realita
PisJon masih belum lelahChZ wrote:Mungkin Pisjon sudah lelah...
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Mobil CBU dan CKD
Imho mobil CKD dengan mobil desain untuk suatu pasar itu beda lho
Memang pada akhirnya yang didesain untuk pasar "lokal" sudah pasti CKD (cmiiw sangat)
CKD / SKD kan tujuan utamanya adalah untuk mengurangi cost, utamanya cost pengiriman (yang mana sangat banyak komponennya dan juga beberapa bergantung dengan mata uang asing). Karena itu isu menguatnya dollar menjadi sensitif belakangan ini untuk mobil2 BU / CBU. Bisa jadi suatu merk / tipe mobil masuk pada awalnya berupa CBU, tapi dalam perkembangannnya, karena beberapa faktor (utamanya penjualan dan pembuatan tipe sebasis / sebangun / seplatform atau apalah itu) bisa jadi kemudian diputuskan untuk dirakit lokal. Misal Brio. Awalnya kalo tidak salah CBU Thai. Kemudian karena HPM memutuskan untuk memasarkan Mobilio dan juga Brio paket hemat (LCGC) jadilah kemudian dia CKD. Meski masih ada juga yang versi CBU nya sih cmiiw
Kalo mobil2 yang didesain untuk suatu negara memang pasti sudah disesuaikan dengan kondisi di negara tsb. Konon katanya, saat R&D Xenia-Avanza itu risetnya sampe blusukan ke jalan2 kecil di Indonesia. That's why duo populer itu rasanya fit in sekali dengan kondisi jalanan sini. Pas. Ga kebesaran, Ga kekecilan. Pas. Bahan2 interiornya jg murahan, tapi paling tidak awet lha. Semoga mobil low MPV Mitsu kedepannya bisa bersaing juga dengan duo ini
Just imho
Memang pada akhirnya yang didesain untuk pasar "lokal" sudah pasti CKD (cmiiw sangat)
CKD / SKD kan tujuan utamanya adalah untuk mengurangi cost, utamanya cost pengiriman (yang mana sangat banyak komponennya dan juga beberapa bergantung dengan mata uang asing). Karena itu isu menguatnya dollar menjadi sensitif belakangan ini untuk mobil2 BU / CBU. Bisa jadi suatu merk / tipe mobil masuk pada awalnya berupa CBU, tapi dalam perkembangannnya, karena beberapa faktor (utamanya penjualan dan pembuatan tipe sebasis / sebangun / seplatform atau apalah itu) bisa jadi kemudian diputuskan untuk dirakit lokal. Misal Brio. Awalnya kalo tidak salah CBU Thai. Kemudian karena HPM memutuskan untuk memasarkan Mobilio dan juga Brio paket hemat (LCGC) jadilah kemudian dia CKD. Meski masih ada juga yang versi CBU nya sih cmiiw
Kalo mobil2 yang didesain untuk suatu negara memang pasti sudah disesuaikan dengan kondisi di negara tsb. Konon katanya, saat R&D Xenia-Avanza itu risetnya sampe blusukan ke jalan2 kecil di Indonesia. That's why duo populer itu rasanya fit in sekali dengan kondisi jalanan sini. Pas. Ga kebesaran, Ga kekecilan. Pas. Bahan2 interiornya jg murahan, tapi paling tidak awet lha. Semoga mobil low MPV Mitsu kedepannya bisa bersaing juga dengan duo ini
Just imho
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Mobil CBU dan CKD
Saya gak bilang mobil CKD lebih awet dari CBU lho.
Hehehe..
Banyak yang komplain interior BMW dan Mercy rusak termakan zaman kan?
Mmm..
Contoh kasus very long term test:
Coba bandingkan BMW M40 1992, sama Toyota Corolla Twin Cam 1991, sama Mazda Astina 1991.
Secara populasi sepertinya BMW lebih unggul.
Artinya kualitas body, mesin, dan interior mobil mewah (yang identik dgn CBU) lebih baik dari mobil kelas menengah (yang identik dgn CKD).
Terlepas dari kemungkinan pengguna mobil mewah merawat mobilnya dengan lbh baik ya, hehehe..
Hehehe..
Banyak yang komplain interior BMW dan Mercy rusak termakan zaman kan?
Mmm..
Contoh kasus very long term test:
Coba bandingkan BMW M40 1992, sama Toyota Corolla Twin Cam 1991, sama Mazda Astina 1991.
Secara populasi sepertinya BMW lebih unggul.
Artinya kualitas body, mesin, dan interior mobil mewah (yang identik dgn CBU) lebih baik dari mobil kelas menengah (yang identik dgn CKD).
Terlepas dari kemungkinan pengguna mobil mewah merawat mobilnya dengan lbh baik ya, hehehe..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12276
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mobil CBU dan CKD
Mobil CBU sih menurut feeling nubie lebi presisi kualitasnya drpd mobil CKD (terutama mobil CBU Jepang ato Eropa, Thai hampir sama dgn ckd lokal)
Tapi klo mobil cbu IU sih agak riskan spt kompresi mesin yg gak disesuaikan dgn kondisi lapangan Indo dan bbrp parts yg gak direinforced sesuai dgn kondisi lapangan...
nubie pribadi sih ttp prefer mobil CBU japan ato eropa melalui atpm... Kenapa? Karena setidaknya ada penyesuaian misalnya kompresi mesin yg diturunkan sesuai dgn kondisi Indo, ato bbrp komponen yg (mungkin) disesuaikan juga dengan kondisi Indo...
IMO, CMIIW
Tapi klo mobil cbu IU sih agak riskan spt kompresi mesin yg gak disesuaikan dgn kondisi lapangan Indo dan bbrp parts yg gak direinforced sesuai dgn kondisi lapangan...
nubie pribadi sih ttp prefer mobil CBU japan ato eropa melalui atpm... Kenapa? Karena setidaknya ada penyesuaian misalnya kompresi mesin yg diturunkan sesuai dgn kondisi Indo, ato bbrp komponen yg (mungkin) disesuaikan juga dengan kondisi Indo...
IMO, CMIIW
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Mobil CBU dan CKD
Setuju neh..ricz wrote:Mobil CBU sih menurut feeling nubie lebi presisi kualitasnya drpd mobil CKD (terutama mobil CBU Jepang ato Eropa, Thai hampir sama dgn ckd lokal)
Tapi klo mobil cbu IU sih agak riskan spt kompresi mesin yg gak disesuaikan dgn kondisi lapangan Indo dan bbrp parts yg gak direinforced sesuai dgn kondisi lapangan...
nubie pribadi sih ttp prefer mobil CBU japan ato eropa melalui atpm... Kenapa? Karena setidaknya ada penyesuaian misalnya kompresi mesin yg diturunkan sesuai dgn kondisi Indo, ato bbrp komponen yg (mungkin) disesuaikan juga dengan kondisi Indo...
IMO, CMIIW
Mobil CBU Jepang dan Eropa yg masuk via ATPM emg pilihan terbaik.
Lebih baik lagi dibikin SKD kyk Mercy kelahiran Wanaherang.
Kualitas tetap standar negara maju, tapi pajak bisa diakali biar lebih murah, hehehe...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Mobil CBU dan CKD
Masalahnya bukan di cbu or ckd, masalahnya di QC quality control.
Mau ckd kalo mercedes ,QC bagus.
Kasus granmax, saya punya versi expor dan versi lokal.
Bahannya aja lain koq. Bukan soal panel gap doang. Bahan yang digunakan beda.
Pelapis door trim, versi expor kain dan vinyl, versi lokal vinyl doang.
Tuas buat sandaran kursi, klip tutup mesin, barangnya beda.
Masalahnya, kamu mau gak beli versi expor, kalo beda harganya 5 juta Lebih mahal?
Dulu luxio jual yang ada abs nya, nambah 3 juta, gak laku.
Granmax expor extra abs, double airbag, warning seat belt driver and co driver, lampu cabin bisa meredup, dsb.
nanti omongnya toh buat supir ini, ngapain beli mahalan.
Diforum ini selalu ribut aoal penyunatan fitur, kenyataannua ada yang beli koq.
Yaris tipe J, minus airbag abs, juga ada yang beli.
Diluar negri, yang dilepas kan velg racing, di Indonesia yang dilepas piranti keselamatan.
gak usah jauh2 di malaysia, avanza innova tipe termurahpun ada abs airbag sejak launching
Disana juga ada yaris tipe J, pake dop dan ban kecil, abs airbag tetap ada.
Honda Brio Satya, ada kan yang beli versi A dan S, itu piranti keselamatan dicopot, padahal beda cuma 10 juta ke yang versi E yang lengkap
Mau ckd kalo mercedes ,QC bagus.
Kasus granmax, saya punya versi expor dan versi lokal.
Bahannya aja lain koq. Bukan soal panel gap doang. Bahan yang digunakan beda.
Pelapis door trim, versi expor kain dan vinyl, versi lokal vinyl doang.
Tuas buat sandaran kursi, klip tutup mesin, barangnya beda.
Masalahnya, kamu mau gak beli versi expor, kalo beda harganya 5 juta Lebih mahal?
Dulu luxio jual yang ada abs nya, nambah 3 juta, gak laku.
Granmax expor extra abs, double airbag, warning seat belt driver and co driver, lampu cabin bisa meredup, dsb.
nanti omongnya toh buat supir ini, ngapain beli mahalan.
Diforum ini selalu ribut aoal penyunatan fitur, kenyataannua ada yang beli koq.
Yaris tipe J, minus airbag abs, juga ada yang beli.
Diluar negri, yang dilepas kan velg racing, di Indonesia yang dilepas piranti keselamatan.
gak usah jauh2 di malaysia, avanza innova tipe termurahpun ada abs airbag sejak launching
Disana juga ada yaris tipe J, pake dop dan ban kecil, abs airbag tetap ada.
Honda Brio Satya, ada kan yang beli versi A dan S, itu piranti keselamatan dicopot, padahal beda cuma 10 juta ke yang versi E yang lengkap
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56
Re: Mobil CBU dan CKD
Om aspsilver, kualitas cat mercedes cbu eropa dan ckd wanaherang kok setelah berumur terasa beda ya? Ckd punya terasa lebih jelek sesudah berumur, ada info ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Mobil CBU dan CKD
Ya ini tinggal hati nurani pemerintah sebagai regulator dan ATPM sebagai penjual mobil.aspsilver wrote:Masalahnya bukan di cbu or ckd, masalahnya di QC quality control.
Mau ckd kalo mercedes ,QC bagus.
Kasus granmax, saya punya versi expor dan versi lokal.
Bahannya aja lain koq. Bukan soal panel gap doang. Bahan yang digunakan beda.
Pelapis door trim, versi expor kain dan vinyl, versi lokal vinyl doang.
Tuas buat sandaran kursi, klip tutup mesin, barangnya beda.
Masalahnya, kamu mau gak beli versi expor, kalo beda harganya 5 juta Lebih mahal?
Dulu luxio jual yang ada abs nya, nambah 3 juta, gak laku.
Granmax expor extra abs, double airbag, warning seat belt driver and co driver, lampu cabin bisa meredup, dsb.
nanti omongnya toh buat supir ini, ngapain beli mahalan.
Diforum ini selalu ribut aoal penyunatan fitur, kenyataannua ada yang beli koq.
Yaris tipe J, minus airbag abs, juga ada yang beli.
Diluar negri, yang dilepas kan velg racing, di Indonesia yang dilepas piranti keselamatan.
gak usah jauh2 di malaysia, avanza innova tipe termurahpun ada abs airbag sejak launching
Disana juga ada yaris tipe J, pake dop dan ban kecil, abs airbag tetap ada.
Honda Brio Satya, ada kan yang beli versi A dan S, itu piranti keselamatan dicopot, padahal beda cuma 10 juta ke yang versi E yang lengkap
Mau gak mendidik dan melindungi masyarakat Indonesia???
Kl terus ngikuti kemauan pasar dan kegoblokan sebagian konsumen ya gak akan maju2 bangsa ini..
Wajarnya mobil baru tanpa ABS dan airbag buang aja ke laut biar jadi terumbu karang!!
Saya gak punya data, tapi keliatannya belakangan ini masyarakat dah mulai melek terhadap peranti keselamatan.
Setelah banyak kejadian mengenaskan yg terekspos, masyarakat mulai berani nambah 3-10jt buat airbag dan ABS.
Sebagian ATPM malah jualan mobil dgn airbag tanpa ABS.
Ini anomali skali menurut saya.
Contohnya: KIA Carens.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Mobil CBU dan CKD
Oom Jwid, waduh gak tau juga ya, saya punya semua keluaran wanaherang, baik2 aja tuh. Malah 1 buah saya pelihara 17 th.jwid wrote:Om aspsilver, kualitas cat mercedes cbu eropa dan ckd wanaherang kok setelah berumur terasa beda ya? Ckd punya terasa lebih jelek sesudah berumur, ada info ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Mobil CBU dan CKD
andrijet wrote:Ya ini tinggal hati nurani pemerintah sebagai regulator dan ATPM sebagai penjual mobil.aspsilver wrote:Masalahnya bukan di cbu or ckd, masalahnya di QC quality control.
Mau ckd kalo mercedes ,QC bagus.
Kasus granmax, saya punya versi expor dan versi lokal.
Bahannya aja lain koq. Bukan soal panel gap doang. Bahan yang digunakan beda.
Pelapis door trim, versi expor kain dan vinyl, versi lokal vinyl doang.
Tuas buat sandaran kursi, klip tutup mesin, barangnya beda.
Masalahnya, kamu mau gak beli versi expor, kalo beda harganya 5 juta Lebih mahal?
Dulu luxio jual yang ada abs nya, nambah 3 juta, gak laku.
Granmax expor extra abs, double airbag, warning seat belt driver and co driver, lampu cabin bisa meredup, dsb.
nanti omongnya toh buat supir ini, ngapain beli mahalan.
Diforum ini selalu ribut aoal penyunatan fitur, kenyataannua ada yang beli koq.
Yaris tipe J, minus airbag abs, juga ada yang beli.
Diluar negri, yang dilepas kan velg racing, di Indonesia yang dilepas piranti keselamatan.
gak usah jauh2 di malaysia, avanza innova tipe termurahpun ada abs airbag sejak launching
Disana juga ada yaris tipe J, pake dop dan ban kecil, abs airbag tetap ada.
Honda Brio Satya, ada kan yang beli versi A dan S, itu piranti keselamatan dicopot, padahal beda cuma 10 juta ke yang versi E yang lengkap
Mau gak mendidik dan melindungi masyarakat Indonesia???
Kl terus ngikuti kemauan pasar dan kegoblokan sebagian konsumen ya gak akan maju2 bangsa ini..
Wajarnya mobil baru tanpa ABS dan airbag buang aja ke laut biar jadi terumbu karang!!
Saya gak punya data, tapi keliatannya belakangan ini masyarakat dah mulai melek terhadap peranti keselamatan.
Setelah banyak kejadian mengenaskan yg terekspos, masyarakat mulai berani nambah 3-10jt buat airbag dan ABS.
Sebagian ATPM malah jualan mobil dgn airbag tanpa ABS.
Ini anomali skali menurut saya.
Contohnya: KIA Carens.
Toyota juga oom, Agya, dan avanza tipe dibawah veloz. cuma ada double airbag tapi gak ada abs.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Mobil CBU dan CKD
Versi sales konten lokal dari Wanaherang cuma air radiator, air wiper, sama angin di dalem ban doank.aspsilver wrote:Oom Jwid, waduh gak tau juga ya, saya punya semua keluaran wanaherang, baik2 aja tuh. Malah 1 buah saya pelihara 17 th.jwid wrote:Om aspsilver, kualitas cat mercedes cbu eropa dan ckd wanaherang kok setelah berumur terasa beda ya? Ckd punya terasa lebih jelek sesudah berumur, ada info ?
Benarkah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Mobil CBU dan CKD
konten lokal kan gak banyak kalo gak salah. gak tau apa aja.
Bisa aja cuma yang oom andrijet bilang.
Dulu ban buatan lokal, sekarang bukan.
Bisa aja cuma yang oom andrijet bilang.
Dulu ban buatan lokal, sekarang bukan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56
Re: Mobil CBU dan CKD
aspsilver wrote:Oom Jwid, waduh gak tau juga ya, saya punya semua keluaran wanaherang, baik2 aja tuh. Malah 1 buah saya pelihara 17 th.jwid wrote:Om aspsilver, kualitas cat mercedes cbu eropa dan ckd wanaherang kok setelah berumur terasa beda ya? Ckd punya terasa lebih jelek sesudah berumur, ada info ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Mobil CBU dan CKD
w205 punya saya bunyi dr dasbord prak2 udah komplain skrg timbul lg prok2 hore walo jalan rata..ampe kesal saya tekan2/gebuk2 tuh dasbord..dortrim kanan kiri depan krik2..
sabtu depan servis 16 ribu sekalian saya klaim..ragu dapat barang cacat..
w204 made bogor pe skrg msh senyap udah hampir 140ribu km..
sabtu depan servis 16 ribu sekalian saya klaim..ragu dapat barang cacat..
w204 made bogor pe skrg msh senyap udah hampir 140ribu km..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Mobil CBU dan CKD
Waduh mobil 1M digebuk2..kompresorz wrote:w205 punya saya bunyi dr dasbord prak2 udah komplain skrg timbul lg prok2 hore walo jalan rata..ampe kesal saya tekan2/gebuk2 tuh dasbord..dortrim kanan kiri depan krik2..
sabtu depan servis 16 ribu sekalian saya klaim..ragu dapat barang cacat..
w204 made bogor pe skrg msh senyap udah hampir 140ribu km..
F30 saya dah jalan 11.000km alhamdulillah gak rattle.
Cuma emang dashboardnya suka bunyi.
Ventilasinya buka-tutup mulu, hehehe..
Malah di parkiran kadang fannya auto on.
Bagus buat jaga suhu kabin VS suhu luar.
Logikanya material interior jadi lebih awet karena cabin gak kedap-pengap-panas-lembab kyk oven.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
- Location: cengkareng
Re: Mobil CBU dan CKD
ada yang tau bedanya CBU THAILAND dan CKD alphard ??? ane browsing2 malahan ada yang tampang depanya beda. yang CKD chrome nya di ilangin, yang CBU Thai ada chrome di fog lampnya. intinya kl di jajarin keliatan bedanya.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21
Re: Mobil CBU dan CKD
Setau saya, semua Alphard cbu jepang, baik yg dipasarkan di Thailand, sg, Malay maupun Indo. Paling beda di spec perintilan.