
Sebelumnya search dulu dan belum nemu thread serupa (adanya = viewtopic.php?t=17901 )
Kalo baca2 review disini, beberapa hal yang kadang dimasukan kedalam poin plus sebuah kendaraan adalah "status asal buatan" alias negara yang merakit. Contoh paling gampang adalah status build up (CBU) Jepang selalu dianggap sebagai suatu "kelebihan" dibanding misalnya CBU Malaysia atau Thailand dan apalagi CKD Indonesia. Dikasus yang lain, salah satu master reviewer disini bilang bahwa kualitas mobil CBU Jerman yang jauhh sekali diatas CKD.
Saya agak penasaran, apa memang demikian?

Lalu bagaimana kualitas CBU untuk negara2 ASEAN jika dibandingkan dengan CKD? Misalnya CBU Thailand apakah memang PASTI lebih baik dibanding dengan CKD? Atau malah lebih medioker? Gimana pula dengan CBU negara2 "antah berantah" seperti India (Splash remember?


Pendapat nubie sih seharusnya ada standarisasi SOP dan juga Quality Control (QC) yang memastikan bahwa ga ada gap kualitas yang jauh antara setiap rakitan ntah itu Jerman atau Zimbabwe sekalipun. Lagipula, di era dimana efektifitas dan efisiensi makin diagung2kan seperti sekarang ini, kayaknya dah ga jaman lagi sih bilang bahwa : "rakitan Eropa nehhh..." kecuali untuk beberapa produk2 yang bener2 niche banget. Iya gak?? Atau gak kali ya??
Bahkan beberapa merk aja (Merc contohnya dan Audi kalo ga salah) sudah bangun pabrik di China (cmiiw banget) yang mungkin menurut orang awam seperti saya adalah list terakhir dari daftar "negara asal muasal" yang bisa dipilih. Diluar otomotif juga udah banyak mesin2 yang dibangun dan dirakit diluar negara asalnya. Cummins misalnya, sudah mulai ekspansi juga rakit dan bikin mesin di China juga untuk cut cost pengiriman.
Kira2 menurut pendapat teman2 gimana terkait status kendaraan tsb (CKD CBU)? Ada yang punya pengalaman comparasi dua produk dengan status yang berbeda? Misalnya Merc CBU dan CKD?

