Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
as subject
Trit ini bisa dibuat berseri tanpa harus ditulis oleh 1 kontributor, jadi jika rekan2 ada ulasan lengkap mengenai mobil / mesin yg sgt potensial utk di modif, silakan bikin trit utk part 2 nya dst
Part 1 dimulai dengan D4 D, baik D4 D standard maupun 2 KD-VNT
Disain dasar mesin 2KD-FTV dibuat oleh Toyota Industry, yang dimana Toyota Industry membuat berbagai mesin utk kendaraan2 Toyota dan juga mesin2 Textil spt weaving machines dan Spinning machines
Berikut sekilas highlight mengenai 2KD & 1KD-FTV
Detail bisa dilihat di
manualov.net/Toyota/Toyota14.ppt
http://www.ppcollege.ac.th/download/lea ... n-rail.ppt
Debut 2KD-FTV di Indonesia :
2KD-FTV memulai debut seiring kemunculan Kijang Innova pertama kali di tahun 2004
Saat itu banyak yg skeptis tentang mesin Diesel Innova ini, sehingga penjualan Innova Diesel pada saat saat awal keluar hanya sekitar 10% dari total penjualan Kijang Innova. Barulah sekitar tahun 2007 masyarakat mulai banyak yang aware tentang benefit & potensi mesin 2KD-FTV ini
Saat itupun perangkat aftermarket utk 2KD-FTV masih sangat sedikit, Standard Adi Knalpot sebagai pencetus pertama Down Pipe utk 2KD-FTV mulai produksi sekitar tahun 2005
Aplikasi Piggyback-pun di tahun 2006 masih dengan Dastek C, barulah setelah tahun 2007 para Dastek tuner mengimplememntasikan Dastek Q
Di tahun 2008, aplikasi Dastek Q pada Innova D4 D rata2 menghasilkan tenaga sekitar 125 - 130 an Hp, saat itu belum ada Piggyback injection pulse spt Extender.
Tidak lama kemudian HKS merilis F Con D yang merupakan piggyback pulse injection pertama utk KD-FTV engine.
Per tahun 2015 ini, mesin 2 dan 1KD-FTV sudah menjadi salah 1 mesin yang sangat banyak pilihan komponen aftermarket peningkat tenaga
Aftermarket parts yang tersedia utk mesin :
- Hi Perf Camshaft
Aftermarket parts yang tersedia utk Turbocharger :
- IHI RHF4
- Warner Ishi
- IHI RHF 5 (ada bbrp yg pakai)
- Turbo Ball Bearing custom dari ABS Motorsport (latest development)
Aftermarket parts yang tersedia utk sistem injeksi :
- Nozzle 8 hole dengan DLC (Diamond Like Coating)
- SCV valve High Perf
- 3 rotor pump (ada bbrp orang yg implementasi)
Aftermarket parts yang tersedia utk exhaust system :
- Downpipe aneka merek
- Muffler free flow aneka merek
- Tail pipe 2,5"
- Header Turbo / manifold Turbo aneka merek
Aftermarket parts yang tersedia utk Transmisi otomatis :
- TransGo HD2 dan SK 340
- Sonnax repair kit utk Valve Body AW 340
Aftermarket parts yang tersedia utk suspensi :
- Shock arbsorber High Perf aneka merek dari Armada Xtreme / Bilstein / YSS / HotBits dll.
- Chassis tuning bar spt Front Underbrace / Rear sway bar / chassis bar aneka merek
Aftermarket parts yang tersedia utk sistem rem :
- Brake pad High perf aneka merek dari Bendix / Nissei / Kevlar / dll.
- Disc rotor 319 mm plug n play with bracket for Caliper
Bersambung
bersambung
Trit ini bisa dibuat berseri tanpa harus ditulis oleh 1 kontributor, jadi jika rekan2 ada ulasan lengkap mengenai mobil / mesin yg sgt potensial utk di modif, silakan bikin trit utk part 2 nya dst
Part 1 dimulai dengan D4 D, baik D4 D standard maupun 2 KD-VNT
Disain dasar mesin 2KD-FTV dibuat oleh Toyota Industry, yang dimana Toyota Industry membuat berbagai mesin utk kendaraan2 Toyota dan juga mesin2 Textil spt weaving machines dan Spinning machines
Berikut sekilas highlight mengenai 2KD & 1KD-FTV
Detail bisa dilihat di
manualov.net/Toyota/Toyota14.ppt
http://www.ppcollege.ac.th/download/lea ... n-rail.ppt
Debut 2KD-FTV di Indonesia :
2KD-FTV memulai debut seiring kemunculan Kijang Innova pertama kali di tahun 2004
Saat itu banyak yg skeptis tentang mesin Diesel Innova ini, sehingga penjualan Innova Diesel pada saat saat awal keluar hanya sekitar 10% dari total penjualan Kijang Innova. Barulah sekitar tahun 2007 masyarakat mulai banyak yang aware tentang benefit & potensi mesin 2KD-FTV ini
Saat itupun perangkat aftermarket utk 2KD-FTV masih sangat sedikit, Standard Adi Knalpot sebagai pencetus pertama Down Pipe utk 2KD-FTV mulai produksi sekitar tahun 2005
Aplikasi Piggyback-pun di tahun 2006 masih dengan Dastek C, barulah setelah tahun 2007 para Dastek tuner mengimplememntasikan Dastek Q
Di tahun 2008, aplikasi Dastek Q pada Innova D4 D rata2 menghasilkan tenaga sekitar 125 - 130 an Hp, saat itu belum ada Piggyback injection pulse spt Extender.
Tidak lama kemudian HKS merilis F Con D yang merupakan piggyback pulse injection pertama utk KD-FTV engine.
Per tahun 2015 ini, mesin 2 dan 1KD-FTV sudah menjadi salah 1 mesin yang sangat banyak pilihan komponen aftermarket peningkat tenaga
Aftermarket parts yang tersedia utk mesin :
- Hi Perf Camshaft
Aftermarket parts yang tersedia utk Turbocharger :
- IHI RHF4
- Warner Ishi
- IHI RHF 5 (ada bbrp yg pakai)
- Turbo Ball Bearing custom dari ABS Motorsport (latest development)
Aftermarket parts yang tersedia utk sistem injeksi :
- Nozzle 8 hole dengan DLC (Diamond Like Coating)
- SCV valve High Perf
- 3 rotor pump (ada bbrp orang yg implementasi)
Aftermarket parts yang tersedia utk exhaust system :
- Downpipe aneka merek
- Muffler free flow aneka merek
- Tail pipe 2,5"
- Header Turbo / manifold Turbo aneka merek
Aftermarket parts yang tersedia utk Transmisi otomatis :
- TransGo HD2 dan SK 340
- Sonnax repair kit utk Valve Body AW 340
Aftermarket parts yang tersedia utk suspensi :
- Shock arbsorber High Perf aneka merek dari Armada Xtreme / Bilstein / YSS / HotBits dll.
- Chassis tuning bar spt Front Underbrace / Rear sway bar / chassis bar aneka merek
Aftermarket parts yang tersedia utk sistem rem :
- Brake pad High perf aneka merek dari Bendix / Nissei / Kevlar / dll.
- Disc rotor 319 mm plug n play with bracket for Caliper
Bersambung
bersambung
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
Nubie ikutan share.
Innova diesel 2014
Blt + dp budi
Exhaust standar
Dastek q4
Baru naik dyno di 195hp torsi 450nm
Masi jauh dengan punya om htannis
So far uda sangat puas utk harian
Innova diesel 2014
Blt + dp budi
Exhaust standar
Dastek q4
Baru naik dyno di 195hp torsi 450nm
Masi jauh dengan punya om htannis
So far uda sangat puas utk harian
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
duh d4d lagi, bosen ah, mobil angkut barang chassis tangga kok dipake buat ngebut 
So far uda sangat puas utk harian .... sementara


kurang 1 kata di belakangnya om :elrae wrote:Nubie ikutan share.
Innova diesel 2014
Blt + dp budi
Exhaust standar
Dastek q4
Baru naik dyno di 195hp torsi 450nm
Masi jauh dengan punya om htannis
So far uda sangat puas utk harian
So far uda sangat puas utk harian .... sementara

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
nais trit
rekues bikin 1nz jg omm
rekues bikin 1nz jg omm
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
1nz? dipake aja lah pasrah sama powernya yg emang segitu2 ajaFelixz_Yaris wrote:nais trit
rekues bikin 1nz jg omm

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
Wah thread racun nh....
Jangan sering-sering main kesini ahh, takut keracunan...

Jangan sering-sering main kesini ahh, takut keracunan...



---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines



New brembo brakes

NEW YOUTUBE VIDEO
prove of the FASTEST Innova 2kd D4D a/t only with WMI without NOS
http://m.youtube.com/watch?v=BUSER9umG-w
exhaust sound and black smoke
http://m.youtube.com/watch?v=m_u5g8VL3bs
old video
http://m.youtube.com/watch?v=hTudLc2PD4s
MESIN :
- Ecushop Monster max with SVC controller + dastek q+ with throttle module
- Turbo borgwarner, max boost : 2.5 bar
- nozzle upgrade
- Custom camchaft from thailand
- Custom Intercooler kit by REV
- Water Methanol Injection Stage 2
- EGR and throttle body remove
- Throttle body removed
- Fuel Pressure regurator AEM
- Custom surge tank made in thai
- Fuel pump walbro
- custom scv
- custom intake
- NOS 50 HP
RESULT : 388HP/700NM at @4000rpm
- 402M IN 12.903 SECOND (include Reaction Time proven in real drag race events in sentul circuit)
- 0 TO 100kmh in around 5 second
interior :
- ecushop monster gauge
- real italian leader
- custom launch control button
- custom wmi on/off button
- WMI adjust gauge
- Shadow boost gauge + egt gauge
- GIZMO electronik boost controller built in turbo timer
kaki2 :
- shock hotbits dt-1 + per hotbits merah adjustable height and hard/soft front and rear
- velg compomotive type te37sl
- ban bridgestone ar20 225/55/17
rem depan :
- motul dot4 rbf
- rs pro brainded steel brake line
- Brembo 4 pot Big Brake Kit with 320mm rotor
- Brembo brake pad
rem belakang :
- standard
gearbox :
- standard automatic gearbox upgrade with transgo kit : HOTROD mode
- atf cooler
- fuel cooler
exhaust system
- custom downpipe
- custom stainless steel front pipe 3"
- KANSAI freeflow muffler oem fit
- custom stainless steel muffler tip 3"
di majalah car and tuning guide edisi 492 :

Foto2 lain :





engine bay setelah rapi:

0-100kmh
*map biru(belum full power) boost 2.1 bar + WMI on

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Mar 19, 2015 5:05
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
Udah bejibun mobil dijakarta ini, harus dievaluasi ni
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
Monggo broFelixz_Yaris wrote:nais trit
rekues bikin 1nz jg omm
Saya gak paham dunia tuning mesin 1NZ-FE, kalau ada data lengkap monggo dibuat trit part 2 utk mesin 1NZ-FE, serba serbi mesin ini, parts2 tuning yg available ada apa aja serta hasil Dynotest-nya
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
Mobil dinas ada d4d manual dirumah...tp empunya gak mau modif 
@ om tannis : jok kulitnya autoleder kan itu? DCnya brp klo retrim pake autoleder?

@ om tannis : jok kulitnya autoleder kan itu? DCnya brp klo retrim pake autoleder?
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
*siapkan bahan untuk D-series, B-series, dan K-series... 
Nice thread oom Turbo....

Nice thread oom Turbo....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
7 jt om full leatherricz wrote:Mobil dinas ada d4d manual dirumah...tp empunya gak mau modif
@ om tannis : jok kulitnya autoleder kan itu? DCnya brp klo retrim pake autoleder?

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
7 juta
*celengan ayam mana celengan ayam

*celengan ayam mana celengan ayam

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
yang bagus nappa leather om, dc 18 jt untuk innovaricz wrote:7 juta![]()
*celengan ayam mana celengan ayam

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
18 juta mah mana sanggup 
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk

Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
haha bisa aja om htannishtannis wrote:duh d4d lagi, bosen ah, mobil angkut barang chassis tangga kok dipake buat ngebut
kurang 1 kata di belakangnya om :elrae wrote:Nubie ikutan share.
Innova diesel 2014
Blt + dp budi
Exhaust standar
Dastek q4
Baru naik dyno di 195hp torsi 450nm
Masi jauh dengan punya om htannis
So far uda sangat puas utk harian
So far uda sangat puas utk harian .... sementara

tapi worth sekali ipah diesel. dengan 10juta aja.. sudah berbeda sekali dengan standarnya

dan masi minum bio solarrr.. hehe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
fun fact : matic yg dipake innova d4d ini spec sama dengan yang dipake supra, dan di jepang dengan kondisi sekarang, kuat sampai dengan 550 whp, bahkan ternyata matic ini bisa dimodif menggunakan daleman titanium, dan rekor supra menggunakan matic yg telah dimodif ini di ajang 402 m adalah sekitar 8 detikelrae wrote:haha bisa aja om htannishtannis wrote:duh d4d lagi, bosen ah, mobil angkut barang chassis tangga kok dipake buat ngebut
kurang 1 kata di belakangnya om :elrae wrote:Nubie ikutan share.
Innova diesel 2014
Blt + dp budi
Exhaust standar
Dastek q4
Baru naik dyno di 195hp torsi 450nm
Masi jauh dengan punya om htannis
So far uda sangat puas utk harian
So far uda sangat puas utk harian .... sementara
![]()
tapi worth sekali ipah diesel. dengan 10juta aja.. sudah berbeda sekali dengan standarnya![]()
dan masi minum bio solarrr.. hehe
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
kalo di surabaya bengkel yang bisa "racik" mesin 2KD dimana ya?
thanks.
thanks.
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
GUT Motorsport Klampis, oom Walid....walid_007 wrote:kalo di surabaya bengkel yang bisa "racik" mesin 2KD dimana ya?
thanks.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
mau diracik gimana dulu om?walid_007 wrote:kalo di surabaya bengkel yang bisa "racik" mesin 2KD dimana ya?
thanks.
kalau simple yg bisa banyak
yg bisa bikin kenceng dikit soalnya byk bumbu2 kecil yg orang abaikan

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Mon May 12, 2014 2:45
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
nice thread racun by om turbo!
kalo modif ringan hanya utk dapetin 400nm, dan 160-180hp apa aja yg diperlukan om?
kalo modif ringan hanya utk dapetin 400nm, dan 160-180hp apa aja yg diperlukan om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
cukup dengan dastek q+ dan i-drive om, itu buat yg udah edu 3 yahrinoleks wrote:nice thread racun by om turbo!
kalo modif ringan hanya utk dapetin 400nm, dan 160-180hp apa aja yg diperlukan om?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Mon May 12, 2014 2:45
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
gitu ya om? gak perlu upgrade exhaust?htannis wrote:cukup dengan dastek q+ dan i-drive om, itu buat yg udah edu 3 yahrinoleks wrote:nice thread racun by om turbo!
kalo modif ringan hanya utk dapetin 400nm, dan 160-180hp apa aja yg diperlukan om?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Potensi mobil jika di-modif part 1 = D4 D engines
Tahapan modif D4 D :rinoleks wrote: gitu ya om? gak perlu upgrade exhaust?
Stage 1 = BLT / Basic Light Tuning :
- Downpipe
- Tutup EGR
- Ground & Superground cables
- Free flow air filter
- Setel motor positioner TPS
Juga penting utk optimalisiasi teknik nyetir mobil Diesel, dimana gas diurut / dipompa dikit saat akselerasi
Stage 2 =
- Piggyback
- Free flow exhaust / muffler / tail pipe 2,5"
- Arahkan saluran masuk air filter box ke balik grill dengan flexible pipe PVC
Supporting device :
- Fuel Cooler
- ATF cooler (sangat disarankan bila anda sering ke luar kota / naik gunung / narik beban)
Utk stage 2 ini udah masuk level 165 / 170 Hp jika dengan Dastek set lengkap, dan dengan teknik mengemudi yg benar, maka performa di jalan sih udah lebih dari cukup utk kebutuhan sehari2
Stage 3 =
- IHI RHF 4 dan Hi Perf Camshaft (sebaiknya ini tak terpisahkan, utk mengurangi lag)
- Front Mount Intercooler (pilih yg kecil aja)
Supporting device :
- TransGo SK 340
Sampai stage 3 ini jika teknik mengemudi Diesel-nya optimal, buat sehari2 udah ganas.......
* Bukan ajakan Beli *