Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
jualan di efficient market sukses jika dilakukan mrk yg familiar dg bribery n tdk anti cartel n bersedia tutup mata saat semua customers resmi kena palak
bisa laku (total per annum all brands) sejuta unit lbh dikit udah bagus meski tetangga bawah yg tenants nya cuma belasan juta org bisa laku dua jutaan unit
govt punya beggar mentality apapun di pajak ber x x
bisa laku (total per annum all brands) sejuta unit lbh dikit udah bagus meski tetangga bawah yg tenants nya cuma belasan juta org bisa laku dua jutaan unit
govt punya beggar mentality apapun di pajak ber x x
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
** inefficient market maksut sy
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Jika di suatu negara "X" ada pelaku2 bisnis yang sukses, trus juga ada yg gak sukses...............ya yg gak sukses mesti ada suatu kesalahan yg mereka buat, walau mungkin mrk gak sadari / terlambat sadarnya
Skg di US sendiri deh.........zaman dulu juga Chrysler pernah hampir bangkrut, akhirnya ditolong oleh Pemerintah US, si GM ini juga dapat suntikan dana waktu US ngalamin krismon khan
Tapi liat Jepang2 di US.......apa Toyota / Honda / Nissan pernah dapat talangan dana dr Pemerintah US ? kena denda malah iya (kasus sudden acceleration).......zaman dulu juga pernah Amerika melakukan "Yendaka" utk mengerem penjualan mobil Jepang, bahkan suatu masa dulu pernah ada wacana kalo mobil2 mewah Jepang mau dihantam pajak tinggi.........dan semua upaya Pemerintah US utk mengerem penjualan mobil Jepang tidak pernah berhasil utk meruntuhkan kedigdayaan Toyota / Honda / Nissan di sana
Jadi yaaa.....

Skg di US sendiri deh.........zaman dulu juga Chrysler pernah hampir bangkrut, akhirnya ditolong oleh Pemerintah US, si GM ini juga dapat suntikan dana waktu US ngalamin krismon khan
Tapi liat Jepang2 di US.......apa Toyota / Honda / Nissan pernah dapat talangan dana dr Pemerintah US ? kena denda malah iya (kasus sudden acceleration).......zaman dulu juga pernah Amerika melakukan "Yendaka" utk mengerem penjualan mobil Jepang, bahkan suatu masa dulu pernah ada wacana kalo mobil2 mewah Jepang mau dihantam pajak tinggi.........dan semua upaya Pemerintah US utk mengerem penjualan mobil Jepang tidak pernah berhasil utk meruntuhkan kedigdayaan Toyota / Honda / Nissan di sana
Jadi yaaa.....

* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
kalo melihat track record penjualan produk GM di Indonesia dari sejak sebelum Krismon juga grafiknya turun naik turun naik
dulu Garmak Motor sempat suatu masa sukses dgn Opel Blazer......tapi lalu Opel Blazer padam popularitasnya
Opel Zafira juga sempat agak rame tapi kemudian padam
Dan spt-nya mereka "lambat" dalam pengembangan produk yg sesuai pasar Indo, kadang kalo udah gak sukses ya mereka tinggalkan begitu aja
Beda dengan Jepang2 di sini, mereka benar2 riset bagaimana mengembangkan produk yg tepat utk suatu negara........mirip spt zaman PD2 dulu, jauh sebelum si Jepun masuk ke Indo, mereka menaruh mata2 di tiap kota sampai kota kecil sekalipun dengan menyamar sbg "Toko".....saya tahu persis krn dulu di Sukabumi toko jepang tsb persis sebelahan dgn rumah kakek saya, ibu saya cerita konon toko-nya sgt unik, jual barang2 Jepang dgn harga miring, dicuri-pun dia cuek, si Jepang tsb ngejalanin toko bersama istri dan anak2-nya, semuanya ramah, tokonya sangat disukai masy sekitar
Dan akhirnya.........Jepang masuk dgn leluasa di Indonesia dgn cukup mudah, Belanda dibuat gak berkutik.......seluruh Sukabumi kaget ketika tahu pemilik toko tsb ternyata anggota milter Jepang, begitu pasukan Jepang datang dia muncul dengan seragam Dai Nippon ikut bergabung dgn tentara Dai Nippon, kasih salam- senyum terakhir kalinya ke kakek saya dan kemudian tokonya tutup.......
Nah skg manajemen pers automotive Jepang VS American
Saat sedang krisis / pasar lesu, para CEO / VP / GM persh2 Jepun umumnya rela dipangksa gaji-nya, sistem produksi juga lgs di efisienkan. Dalam manajemen kita sering dengar istilah Kaizen / Kanban / TQM / JIT hingga TPS aka Toyota production system menjadi mata pelajaran di seluruh dunia utk ilmu teknik industri / manajemen industri.
Kalo Bule ? Bule mana mau kerja keras kalau gak ada Gaji / bonus / fasilitas yg "wah"......kalao perlu mereka memaksimalkan "reward" sejauh mungkin persh bisa kasih.......biar market lesu gak ada cerita mereka mau dipotong gajinya.........
Liat aja coba kantor2 persh Barat vs kantor2 persh Jepun, lihat tarap "kemewahan" kantornya......dari situ udah kebayang overhead yg ditanggung spt apa
Strategy "efisiensi" ala Jepun ini ya kemudian dianut Korea / Taiwan / china dll
IMO & CMIIW

dulu Garmak Motor sempat suatu masa sukses dgn Opel Blazer......tapi lalu Opel Blazer padam popularitasnya
Opel Zafira juga sempat agak rame tapi kemudian padam
Dan spt-nya mereka "lambat" dalam pengembangan produk yg sesuai pasar Indo, kadang kalo udah gak sukses ya mereka tinggalkan begitu aja
Beda dengan Jepang2 di sini, mereka benar2 riset bagaimana mengembangkan produk yg tepat utk suatu negara........mirip spt zaman PD2 dulu, jauh sebelum si Jepun masuk ke Indo, mereka menaruh mata2 di tiap kota sampai kota kecil sekalipun dengan menyamar sbg "Toko".....saya tahu persis krn dulu di Sukabumi toko jepang tsb persis sebelahan dgn rumah kakek saya, ibu saya cerita konon toko-nya sgt unik, jual barang2 Jepang dgn harga miring, dicuri-pun dia cuek, si Jepang tsb ngejalanin toko bersama istri dan anak2-nya, semuanya ramah, tokonya sangat disukai masy sekitar
Dan akhirnya.........Jepang masuk dgn leluasa di Indonesia dgn cukup mudah, Belanda dibuat gak berkutik.......seluruh Sukabumi kaget ketika tahu pemilik toko tsb ternyata anggota milter Jepang, begitu pasukan Jepang datang dia muncul dengan seragam Dai Nippon ikut bergabung dgn tentara Dai Nippon, kasih salam- senyum terakhir kalinya ke kakek saya dan kemudian tokonya tutup.......
Nah skg manajemen pers automotive Jepang VS American
Saat sedang krisis / pasar lesu, para CEO / VP / GM persh2 Jepun umumnya rela dipangksa gaji-nya, sistem produksi juga lgs di efisienkan. Dalam manajemen kita sering dengar istilah Kaizen / Kanban / TQM / JIT hingga TPS aka Toyota production system menjadi mata pelajaran di seluruh dunia utk ilmu teknik industri / manajemen industri.
Kalo Bule ? Bule mana mau kerja keras kalau gak ada Gaji / bonus / fasilitas yg "wah"......kalao perlu mereka memaksimalkan "reward" sejauh mungkin persh bisa kasih.......biar market lesu gak ada cerita mereka mau dipotong gajinya.........
Liat aja coba kantor2 persh Barat vs kantor2 persh Jepun, lihat tarap "kemewahan" kantornya......dari situ udah kebayang overhead yg ditanggung spt apa

Strategy "efisiensi" ala Jepun ini ya kemudian dianut Korea / Taiwan / china dll
IMO & CMIIW

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
japanese brands in usdm mostly (not all) US manufactured to avoid import levies
fabriek fabriek bekas us brands (us n can) mrk beli trmsk yg ontario n calif.
japanese (n korean) sgt familiar dgn bribery (sampai skrg) krn traditional society mrk mmg bgt. hanya krn hukum yg keras n budaya malu...mrk hrs fikir fikir lakukan dikampung sendiri...diluar mrk berani krn (unlike US) mrk tdk punya spt US foreign (corrupt) practices act 1977 yg ada di US code hususnya chapter 15 mulai article 78 sub dd para-1
alm.wiliam pernah cerita bgmn tiap new products mrk sumbang ke jabatan jabatan tertentu bgt klaar launching...bang sl juga crita lbh kurang sama...pernah mrk cobacoba tolak n japanese high rankeds tau n mrk pd marah krn ijin tdk kluar kluar n baru mulus ssdh tradisi berjalan lagi
sy pernah dpt portfolio idx.imas jaman imf dulu n sy buka bookkeeping dari 1977-97 n liat sendiri bgmn cara mainnya (tdk usah sy sebut disini) bgt juga main competitor nya saat mau dijual kurang lbh sama sj
krn adat yg sama dg dikampungnya dulu maka mrk berani membumi di indo....
saat jerman mulai berlakukan anti foreign practices act atau strafgezetzbuch article 299-300 (1997, reservation) sy liat sendiri bgmn production engines mrk angkut dr wanaherang u di sebar ke sao paulo, brazil dan aksaray, turkey
kurang lbh bgt masalahnya....tdk tau kalo ada counter theory lain tapi sy percaya apa yg pernah sy jalani
fabriek fabriek bekas us brands (us n can) mrk beli trmsk yg ontario n calif.
japanese (n korean) sgt familiar dgn bribery (sampai skrg) krn traditional society mrk mmg bgt. hanya krn hukum yg keras n budaya malu...mrk hrs fikir fikir lakukan dikampung sendiri...diluar mrk berani krn (unlike US) mrk tdk punya spt US foreign (corrupt) practices act 1977 yg ada di US code hususnya chapter 15 mulai article 78 sub dd para-1
alm.wiliam pernah cerita bgmn tiap new products mrk sumbang ke jabatan jabatan tertentu bgt klaar launching...bang sl juga crita lbh kurang sama...pernah mrk cobacoba tolak n japanese high rankeds tau n mrk pd marah krn ijin tdk kluar kluar n baru mulus ssdh tradisi berjalan lagi
sy pernah dpt portfolio idx.imas jaman imf dulu n sy buka bookkeeping dari 1977-97 n liat sendiri bgmn cara mainnya (tdk usah sy sebut disini) bgt juga main competitor nya saat mau dijual kurang lbh sama sj
krn adat yg sama dg dikampungnya dulu maka mrk berani membumi di indo....
saat jerman mulai berlakukan anti foreign practices act atau strafgezetzbuch article 299-300 (1997, reservation) sy liat sendiri bgmn production engines mrk angkut dr wanaherang u di sebar ke sao paulo, brazil dan aksaray, turkey
kurang lbh bgt masalahnya....tdk tau kalo ada counter theory lain tapi sy percaya apa yg pernah sy jalani
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Setuju dgn um NR
Ya mereka lihai-lah utk menyiasati keadaan
Tapi persh Barat juga sama aja si.....terutama mining companies.......ada teman dulu kerja di mining Nickel terkenal di Sulawesi.....konon pernah kantornya pernah kasih hadiah T. Prado baru utk pejabat daerah sono..........udah itu pejabat daerah pedalaman sono kalau mau ke kota besar juga dikasih pinjam pesawat milik persh yg dimana si persh tambang tsb punya airstrip di lokasi tambang......wkwkwkwkwkwkkwwk
Tapi banyak lahhh yg kayak gini2-an
http://en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_bribery_scandals
Netherlands
The Dutch Prince Bernhard and Queen Juliana returning from Italy because of developments in the Lockheed scandal. In the back seat Juliana with her dog Sara. The Netherlands, August 26, 1976.
Prince Bernhard received a $1.1 million bribe from Lockheed to ensure the Lockheed F-104 would win out over the Mirage 5 for the purchase contract. He had served on more than 300 corporate boards or committees worldwide and had been praised in the Netherlands for his efforts to promote the economic well-being of the country.
http://en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_bribery_scandals
Namanya juga Racun Duit..................Madu...di tangan kananmu.....racun, di tangan kirimu

Ya mereka lihai-lah utk menyiasati keadaan
Tapi persh Barat juga sama aja si.....terutama mining companies.......ada teman dulu kerja di mining Nickel terkenal di Sulawesi.....konon pernah kantornya pernah kasih hadiah T. Prado baru utk pejabat daerah sono..........udah itu pejabat daerah pedalaman sono kalau mau ke kota besar juga dikasih pinjam pesawat milik persh yg dimana si persh tambang tsb punya airstrip di lokasi tambang......wkwkwkwkwkwkkwwk
Tapi banyak lahhh yg kayak gini2-an
http://en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_bribery_scandals
Netherlands
The Dutch Prince Bernhard and Queen Juliana returning from Italy because of developments in the Lockheed scandal. In the back seat Juliana with her dog Sara. The Netherlands, August 26, 1976.
Prince Bernhard received a $1.1 million bribe from Lockheed to ensure the Lockheed F-104 would win out over the Mirage 5 for the purchase contract. He had served on more than 300 corporate boards or committees worldwide and had been praised in the Netherlands for his efforts to promote the economic well-being of the country.
http://en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_bribery_scandals
Namanya juga Racun Duit..................Madu...di tangan kananmu.....racun, di tangan kirimu

* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
kalo sogok dg non-product sendiri itu mudah
sy sempat bikin tertawa byk org saat satu toyota milik govt indo tiap x service resmi vin hrs manual input krn ada di manual database
sy tebak itu dulunya barang sogokan n production gm bilang itu betul sementara org org govt yg ada sbgn ketawa smua n sbgn malu
kalo th 70-90n mudah lakukan overseas bakshees / bayar sogok krn blm ada EU anti corruption act yg bhs resmi disebut 1998 EUbestechungsgesetz yg disingkat EUbestG
mulai berlaku august 1998
bgt bisnis di negara negara miskin. petugas petugas negara tdk lbh dr gembwl yg digaji sampai mati
sy sempat bikin tertawa byk org saat satu toyota milik govt indo tiap x service resmi vin hrs manual input krn ada di manual database
sy tebak itu dulunya barang sogokan n production gm bilang itu betul sementara org org govt yg ada sbgn ketawa smua n sbgn malu
kalo th 70-90n mudah lakukan overseas bakshees / bayar sogok krn blm ada EU anti corruption act yg bhs resmi disebut 1998 EUbestechungsgesetz yg disingkat EUbestG
mulai berlaku august 1998
bgt bisnis di negara negara miskin. petugas petugas negara tdk lbh dr gembwl yg digaji sampai mati
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
bicara gembel sy jadi ingat gembel salah tampil saat indo n brazil sama sama ke worldbank mid 2000n
indo delegation dtg dg dua stretched limos n tiga financial advisors level senior partner sementara brazilians turun naik bus dg baju n celana jeans n pulangnya minta dibayarin ongkos bus
brazilians cuma bawa laptop jelek plus surat resmi dg gaya mahasiswa jurusan fotograf utk tdk ay bilamg mirip truckdrivers
indo dpt repaymemt delay n interest discount....brazil dpt debt write off....sorry out of topic
tapi buat sy itulah parade of smartness
indo delegation dtg dg dua stretched limos n tiga financial advisors level senior partner sementara brazilians turun naik bus dg baju n celana jeans n pulangnya minta dibayarin ongkos bus
brazilians cuma bawa laptop jelek plus surat resmi dg gaya mahasiswa jurusan fotograf utk tdk ay bilamg mirip truckdrivers
indo dpt repaymemt delay n interest discount....brazil dpt debt write off....sorry out of topic
tapi buat sy itulah parade of smartness
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 572
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
om NR, saya ngga "ngeh" hubungan antara sogok menyogok, kartel and palak memalak dengan tutupnya pabrik GM, pls elaborate further if you don't mind.
Bukannya pabrik GM tutup karena tidak profitable (penjualan kurang laku)? Oklah kalau utk fleet, dia ga bisa sogok jadi ga bisa menang proyek di pemerintahan atau swasta. Tapi di retail pun mereka kurang bagus koq penjualannya dibanding kompetitor. Padahal produknya bisa dibilang cukup murah harganya - captiva vs crv vs xtrail, paling murah captiva. atau spin vs ertiga vs mobilio ini rada imbang satu sama lain (tapi setahu saya spin ada varian nya yg paling murah diantara semuanya karena cuma 1.2 liter) mgkn karena tidak sogok menyogok? just curious....
Dan lagi GM juga terkenal dengan jualan spare partnya yang naujubile mahalnya, apa kaitannya dg sogok menyogok?
Bukannya pabrik GM tutup karena tidak profitable (penjualan kurang laku)? Oklah kalau utk fleet, dia ga bisa sogok jadi ga bisa menang proyek di pemerintahan atau swasta. Tapi di retail pun mereka kurang bagus koq penjualannya dibanding kompetitor. Padahal produknya bisa dibilang cukup murah harganya - captiva vs crv vs xtrail, paling murah captiva. atau spin vs ertiga vs mobilio ini rada imbang satu sama lain (tapi setahu saya spin ada varian nya yg paling murah diantara semuanya karena cuma 1.2 liter) mgkn karena tidak sogok menyogok? just curious....
Dan lagi GM juga terkenal dengan jualan spare partnya yang naujubile mahalnya, apa kaitannya dg sogok menyogok?
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 572
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
kalau spare part mahal, saya masih cukup mengerti lah strateginya. Saya pernah kerja di US company juga dan strateginya adalah "jual murah/rugi di awal, ambil untung sebanyak banyaknya di after sales nya". Ini strategi yang juga dipake oleh US company di bidang printer (ga usah sebut merk jg udah pada tau), beli printernya murah, beli cartridgenya harganya sama kaya harga printer barunya. Jadi ada kemungkinan GM menganut asas yang sama...
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Masalah sogok-menyogok sebenarnya sudah di luar konteks pembahasan mengenai penutupan pabrik ini. Karena bro turbo membandingkan etika kerja antara dua negara yg cenderung bersaing dalam berbagai bidang, dan adanya quote berita di halaman sebelumnya sehingga dikait2kan dgn budaya suap-menyuap.
Mengenai penutupan pabrik ini, pastinya kenaikan nilai mata uang dolar juga pegang peranan utama, selain penjualan fleet maupun retail yg lambat panasnya.
Mengenai penutupan pabrik ini, pastinya kenaikan nilai mata uang dolar juga pegang peranan utama, selain penjualan fleet maupun retail yg lambat panasnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
scroll up
sy tdk cuma bicara bribery culture tapi juga cartel
bribery hubungan apa dg closure sy sdh kasih contoh alm wiliam n bang sl
ttg cartel blm tapi ini singkat nya...95% vendorship structure tyt kalo diluar indo maauk cartel definition krn hampir tiap vendor ada astra / tyt share sehingga tyt punya price control
bandingkan dg GM indo yg miskin local vendor n tdk berani masukkan prefabricated parts swhingga kalo kena import-part levy paati retail price nya akan lbh mahal.drpd dis-assembled items
smua itu ada hub dg high low production cost
sy tdk cuma bicara bribery culture tapi juga cartel
bribery hubungan apa dg closure sy sdh kasih contoh alm wiliam n bang sl
ttg cartel blm tapi ini singkat nya...95% vendorship structure tyt kalo diluar indo maauk cartel definition krn hampir tiap vendor ada astra / tyt share sehingga tyt punya price control
bandingkan dg GM indo yg miskin local vendor n tdk berani masukkan prefabricated parts swhingga kalo kena import-part levy paati retail price nya akan lbh mahal.drpd dis-assembled items
smua itu ada hub dg high low production cost
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
import part levy adalah satu hal yg tdk sedikit bikin CKD process jadi mahal n inefficient
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Kalau menurut saya dua-duanya.
Sebagaimana yg disebut oom Turboman, memang budayanya beda.
Overhead juga beda.
Mengenai masalah bribery, cartel mungkin berpengaruh. Tapi mari tengok ke tahun 70-an, saat Jepun blm kuat pisan. Cartel tentu blm punya kayak sekarang. Kenapa survive sementara brand UEROPE dan US malah kesingkir, karena strategy mencari mobil ideal dan cutting cost.
Pembeli di Indonesia tidak ada nasionalisme. Apapun asal kuat dan murah pasti dibeli, sekalipun itu buatan Malsysia (kalau ada)...
Sebagaimana yg disebut oom Turboman, memang budayanya beda.
Overhead juga beda.
Mengenai masalah bribery, cartel mungkin berpengaruh. Tapi mari tengok ke tahun 70-an, saat Jepun blm kuat pisan. Cartel tentu blm punya kayak sekarang. Kenapa survive sementara brand UEROPE dan US malah kesingkir, karena strategy mencari mobil ideal dan cutting cost.
Pembeli di Indonesia tidak ada nasionalisme. Apapun asal kuat dan murah pasti dibeli, sekalipun itu buatan Malsysia (kalau ada)...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
thn 70an european brands terkuat itu benz (premium px n commercial) vw (entry-level px) : fiat (compact px) selain holden (medium px) mrk jalankan ckd program spt tyt n datsun
bahkan holden n benz adalah indo ckd pioneers jauh sblm govt indo tau ckd itu apa. bedanya benz sempat pindah sole agency dr permorin qq kolonel abundjani ke gadingmas qq tengku joesoef gading sblm ke star motors qq teddy pawitra
bahkan.lg benz n vw sempat bikin german motor manufacturing yg sahamnya juga dimiliki kostrad n kmudian gmm under full benz star control krn kostrad jual share n rebut piolamotor n dirikan gmm-c
GM sebetulnya cukup dominant tapi dia tdk under aingle sole agwncy ada di udatin, garmak, garuda diesel, javamotors
US brands lain ford nomor tiga di commercials ssdh benz n mitsi (ford-uk)
mrk tdk jual us lineup krn us lineup tdk lg bikin right hand drive cars yg byk dijual di south vietnam n negara asia terkaya kedua Philippines (gdp indo sampai 1975 us$ 110 / annum.sama dg south korea, malay n portugal yg termiskin di eropabarat)
bahkan holden n benz adalah indo ckd pioneers jauh sblm govt indo tau ckd itu apa. bedanya benz sempat pindah sole agency dr permorin qq kolonel abundjani ke gadingmas qq tengku joesoef gading sblm ke star motors qq teddy pawitra
bahkan.lg benz n vw sempat bikin german motor manufacturing yg sahamnya juga dimiliki kostrad n kmudian gmm under full benz star control krn kostrad jual share n rebut piolamotor n dirikan gmm-c
GM sebetulnya cukup dominant tapi dia tdk under aingle sole agwncy ada di udatin, garmak, garuda diesel, javamotors
US brands lain ford nomor tiga di commercials ssdh benz n mitsi (ford-uk)
mrk tdk jual us lineup krn us lineup tdk lg bikin right hand drive cars yg byk dijual di south vietnam n negara asia terkaya kedua Philippines (gdp indo sampai 1975 us$ 110 / annum.sama dg south korea, malay n portugal yg termiskin di eropabarat)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Nahhhhh ini satuju pisaaannnnnnewrubble wrote:scroll up
sy tdk cuma bicara bribery culture tapi juga cartel
bribery hubungan apa dg closure sy sdh kasih contoh alm wiliam n bang sl
ttg cartel blm tapi ini singkat nya...95% vendorship structure tyt kalo diluar indo maauk cartel definition krn hampir tiap vendor ada astra / tyt share sehingga tyt punya price control
Rata2 Jepuner punya "ring 1 supply chain" yg katanya sering disebut Keiretsu or somethin else
Ini salah 1 nya di ring T & D :
http://www.component.astra.co.id/busine ... 53&lang=EL
juga DENSO / Aisin Warner / Exedy ? / INOAC / Sugity / Asahimas / Takata dll....tapi skg (udah lama sii) juga udah ada western di ring 1 nya spt Autoliv & TRW.....utk lokal ada juga Dasa Windu Agung (om Hawke)........lalu material pelat body dari Posco
Honda juga punya "ring 1 vendors" sendiri, merek2 yg selalu melekat di Honda ada Keihin dan Stanley
Nissan juga sama, merek yg selalu melekat salah 1 nya Calsonic Kansei
IMO - CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Mar 19, 2015 5:05
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Waduhhhh harga Spin sekennya terjun bebas dong gan?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Mar 19, 2015 5:05
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
sejenis soto gan....heheheIzark wrote:tadinya tak pikir wuling itu sejenis rawon........
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
IMHO :
Kalau saya pribadi paling setuju dgn analisis orang yg dari DapurPacu itu
Bahwa GMI sepeninggal Mukiat gak ada orang yg benar2 mengerti karakter pasar Indonesia, yg benar2 mengerti bukan di level eksekutif & suaranya kurang didengar
Kasarnya = si GMI ini kayak Investor Sotoy lah.....alias Investor sok tahu, dbilangin malah Ngeyel
GMI so far paling sukses cuman dgn Captiva, yang laen2-nya gagal....Orlando gagal.....City2 Car-nya juga kurang sukses.....D-Cab dan SUV besarnya juga kurang jalan......tapi spt-nya mrk kurang mempelajari apa sih faktor utama kegagalan produk2 mereka di pasar Indonesia
Dia bikin program Spin dengan "idealisme dia sendiri" dan berharap Spin lgs booming kayak Apansah......heiii....elu pikir elu ini siapa hah ?
setelah sekian waktu Spin kurang sukses lgs Cut Loss
Ini ibarat orang mau maen saham dan nggak ngerti market lgs maen hajar ribu2-an lot.......abis itu dia dikerjain para Bandar saham.....trus Cut Loss.......
IMHO
Kalau saya pribadi paling setuju dgn analisis orang yg dari DapurPacu itu
Bahwa GMI sepeninggal Mukiat gak ada orang yg benar2 mengerti karakter pasar Indonesia, yg benar2 mengerti bukan di level eksekutif & suaranya kurang didengar
Kasarnya = si GMI ini kayak Investor Sotoy lah.....alias Investor sok tahu, dbilangin malah Ngeyel
GMI so far paling sukses cuman dgn Captiva, yang laen2-nya gagal....Orlando gagal.....City2 Car-nya juga kurang sukses.....D-Cab dan SUV besarnya juga kurang jalan......tapi spt-nya mrk kurang mempelajari apa sih faktor utama kegagalan produk2 mereka di pasar Indonesia
Dia bikin program Spin dengan "idealisme dia sendiri" dan berharap Spin lgs booming kayak Apansah......heiii....elu pikir elu ini siapa hah ?

setelah sekian waktu Spin kurang sukses lgs Cut Loss
Ini ibarat orang mau maen saham dan nggak ngerti market lgs maen hajar ribu2-an lot.......abis itu dia dikerjain para Bandar saham.....trus Cut Loss.......
IMHO
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
mau jual di indo tapi case study brazil
mrk tdk belajar gagal nya livina yg punya row3 limited head n legrooms n almost no cargospace behind...dimana 4botol besar aqua mau diletak? atau 12-15kg lpg tube x2
mrk tdk belajar gagal nya livina yg punya row3 limited head n legrooms n almost no cargospace behind...dimana 4botol besar aqua mau diletak? atau 12-15kg lpg tube x2
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
now spin is thrown away n boxed to history (of failure )
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 572
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
om NR, udah scroll up tapi masih ga ngeh gmn GM bisa fail hanya karena masalah bribery n cartel... guess I'm too lazy to comprehend.
tapi lebih ngeh yang faktor terakhir: ga ada orang GM yg mengerti pasar indonesia and pengembangan produk yang salah dengan menggunakan case study brazil.
om Turbo,
saya baru baca sekilas profilnya om Aliong William (alias Sukiat Mutikno). GM berhasil menanjak di tangan dia, tapi waktu di Peugeot apa dia berhasil juga mgkn om Turbo tahu? Kalau sekarang di Hyundai kelihatannya adem2 aja alias tidak ada perubahan berarti selama 3 tahun terakhir.
tapi lebih ngeh yang faktor terakhir: ga ada orang GM yg mengerti pasar indonesia and pengembangan produk yang salah dengan menggunakan case study brazil.
om Turbo,
saya baru baca sekilas profilnya om Aliong William (alias Sukiat Mutikno). GM berhasil menanjak di tangan dia, tapi waktu di Peugeot apa dia berhasil juga mgkn om Turbo tahu? Kalau sekarang di Hyundai kelihatannya adem2 aja alias tidak ada perubahan berarti selama 3 tahun terakhir.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
itu merek apa om ya ? tiap lewat alsut pasti liat tuh serena cungkuo ...gak coba dijual apa atau ada masalah ?amfibi wrote:Serena cungkwok yg unit stok2nya ngejogrok di AlSut ituuugrandis_GT wrote:Bukti chevy gak kuat bersaing di market lmpv , padahal spin not bad , tapi gak tau biaya srvice dan spare partnya![]()
Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya![]()
![]()
![]()


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Mereknya ZNA.
Sebelah mana sih? Sering ke LW tapi gak pernah lihat.
Sebelah mana sih? Sering ke LW tapi gak pernah lihat.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Oom TUFF, posisinya begini. Kalau oom dari Jakarta, keluar alam sutera, ikutin aja flow yg ada, kelihatan sebelah kiri.
Jangan ke arah Alam Sutra Mall. Tapi ikuti seolah2 oom mau ke Mall of Living.
Bentuknya mirim Serena yg 1 generasi di belakang yg kini.
Masih ngotak gitu.
Jangan ke arah Alam Sutra Mall. Tapi ikuti seolah2 oom mau ke Mall of Living.
Bentuknya mirim Serena yg 1 generasi di belakang yg kini.
Masih ngotak gitu.