Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ane ada bbrp pertanyaan tentang mesin ck4 ane yg terasa bergetar,terutama pada saat start gigi 1. Pas ane bawa ke bengkel -usulan dr temen ane, mekanik bilang ada engine mounting (EM) yg aus...yaitu bagian depan. Yg lain -kanan kiri masih bagus kondisinya. Ganti dah itu EM depan. Ane ganti cuman karetnya tanpa dudukan. Dan ternyata selang bbrp waktu tetep pd saat start gigi 1 mesin tetep bergetar...-kira2 rpm 1000-1100. Kondisi mesin normal, idle tanpa AC 900 rpm, dgn AC 1000 rpm.
Pertanyaan ane, apakah getaran mesin yg ane alami disebabkan engine mounting yg aus? Lalu utk penggantian EM apa sebaiknya sekalian..depan belakang, kanan dan kiri?
Sudi kiranya dr agan2, para suhu dan master bisa berbagi ilmu disini..matursuwun
Last edited by imsus2c on Fri Feb 27, 2015 6:43, edited 1 time in total.
Reason:#edit judul & pindah kamar
fareed wrote:Ane ada bbrp pertanyaan tentang mesin ck4 ane yg terasa bergetar,terutama pada saat start gigi 1. Pas ane bawa ke bengkel -usulan dr temen ane, mekanik bilang ada engine mounting (EM) yg aus...yaitu bagian depan. Yg lain -kanan kiri masih bagus kondisinya. Ganti dah itu EM depan. Ane ganti cuman karetnya tanpa dudukan. Dan ternyata selang bbrp waktu tetep pd saat start gigi 1 mesin tetep bergetar...-kira2 rpm 1000-1100. Kondisi mesin normal, idle tanpa AC 900 rpm, dgn AC 1000 rpm.
Pertanyaan ane, apakah getaran mesin yg ane alami disebabkan engine mounting yg aus? Lalu utk penggantian EM apa sebaiknya sekalian..depan belakang, kanan dan kiri?
Sudi kiranya dr agan2, para suhu dan master bisa berbagi ilmu disini..matursuwun
Kendaraannya apa ?
itu sepertinya karena kekurangan tenaga. Bisa saja karena campuran bahan bakar yang salah, filter udara kotor, atau pakai bensin tidak sesuai. Karena bergetar, akhirnya merusak engine mounting. Apakah pakai modifikasi?
Solusinya coba sesuaikan bensinnya, servis filter, ganti busi dan ganti oli bila sudah waktunya. sekalian carbon clean bila perlu. Bila semua itu masih tidak membantu, coba ditingkatkan pakai fuel reformer.
yg namanya emon sehh ad baik nya skali ganti smua nya... apalagi kl dalam satu poros (kiri-kanan)... krn umurnya jg kurleb mirip2... tp sblom diganti, coba dicek dl aj, bener apa kaga krusakan nya di emon... bsa diliat dari rumah nya si emon, ad bekas gesekan si karet nya ga, atau ada retakan apalagi sobek... kl yg ud campuran fluida macam nissan livina, bsa diliat dari rembesan oli di bagian bawah emon, atau karet nya uda gepeng ampe kena ke rumah nya si emon...
Sucahyo@ kendaraannya lancer glxi taun 99(CK4) om.., body..kaki2, mesin msh standar, sdkt rubahan atau modif di exhaust pake reson dan muffler custom. Sblm nya pake exhaust oem lancer sama juga, mesin getar terutama start awal gigi 1. Oli sdh diganti semua, filter udara dibersihkan, cm blum sempat tune up...(sdh dijadwalkan sabtu dpn).
DOHC@ emon depan emg udah aus gan..retak bagian yg atas..emon bagian blkg msh bagus. ketauan pas diturunin emg emon yg depan aus. ane tanya apa skalian diganti keduanya, mekanik blg gak usah karena karet dan rumah emon msh bagus..
fareed wrote:Sucahyo@ kendaraannya lancer glxi taun 99(CK4) om.., body..kaki2, mesin msh standar, sdkt rubahan atau modif di exhaust pake reson dan muffler custom. Sblm nya pake exhaust oem lancer sama juga, mesin getar terutama start awal gigi 1. Oli sdh diganti semua, filter udara dibersihkan, cm blum sempat tune up...(sdh dijadwalkan sabtu dpn).
Ok. Itu suadh injeksi ya? Mungkin perlu dicek juga apakah sensor oksigennya berfungsi. atau diakali sehingga pembakaran lebih sempurna. Bisa saja campuran bensin kebanyakan gara - gara sensor oksigennya rusak.
Kalo di SX4 juga suka kejadian sama kalo abis ganti AKI. Mesin jadi bergetar karena RPM terlalu rendah karena reset Settingan Mesin. Cara perbaikin nya bersihkan Throttle Body karena numpuk kotoran. abis itu RPM sudha balik normal lagi dan gak geter2x pas idle lagi.
Tapi gak tau kalo di Mobil CK4.
fareed wrote:Sucahyo@ kendaraannya lancer glxi taun 99(CK4) om.., body..kaki2, mesin msh standar, sdkt rubahan atau modif di exhaust pake reson dan muffler custom. Sblm nya pake exhaust oem lancer sama juga, mesin getar terutama start awal gigi 1. Oli sdh diganti semua, filter udara dibersihkan, cm blum sempat tune up...(sdh dijadwalkan sabtu dpn).
DOHC@ emon depan emg udah aus gan..retak bagian yg atas..emon bagian blkg msh bagus. ketauan pas diturunin emg emon yg depan aus. ane tanya apa skalian diganti keduanya, mekanik blg gak usah karena karet dan rumah emon msh bagus..
geter pas start awal gigi 1 ya om, kejadiannya miripppp bener ama yg ane alamin dulu nih, hanya saja ane ngalaminnya setelah mobil diajak stop and go nahh pasti kejadian kyk gini.
ane share aja ya om.
kalo dulu ane kejadiannya setelah ganti kopling set, setelah diurut urut masalahmya, dan konsultasikan ke bengkel lain ternyata masalahnya di kampas kopling yg ane pake dikasih yg lokal, langsung lah dibengkel yang kedua diganti lagi kopling set pake yg ORI IMPORT dan bubut fly wheel, dannn akhirnya problem solved.
m4rio@ hehehe...blum sempat ke bengkel om,kerjaan lg padat.. si bos ngomel terus
lagian kmren pas bengkel tutup, si empunya lg ada gawe. jadi smntara ini keluhan msh sama karena blum terobati...ntar ane update om setelah dr bengkel...
Update soal getar mesin ck ane...
Brsan disempetin ke bengkel langganan, tune up...cleaner ruang bakar...ganti busi...cek fuel pump jg klo gak salah.., smntara alhasil udah baikan. Indikasi awal mesin getar, kata mekanik ada kemungkinan per di kampas kopling udah lemah...tp gak sempat bongkar. Emg pijakan kopling udah terasa berat, tp gak ada selip/normal. Gak sempat stop n go di keramaian, krna lsng via tol balik kantor. Overall mesin dlm keadaan sehat wal afiat.