semesta wrote:wah r3 bisa sehemat itu ya? Padahal mesin cc nya g terlalu beda sama avanza/xenia ya..?
mesin cc nya g terlalu beda , tapi imho kenyamanan sama irit nya kek langit sama bumi

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
semesta wrote:wah r3 bisa sehemat itu ya? Padahal mesin cc nya g terlalu beda sama avanza/xenia ya..?
Mungkin karena nggak pakai penambah oktan ya (cair/alat)? jadinya anti knocking mencegah mesin dari kerusakan dan membatasi kecepatan / rpm.b0ku wrote:pengalaman dulu pake premium hit 160kmh cengap2x![]()
sekarang pake V power
sempet gas terus ampir masuk 180kmh
konsumsi BBM sami mawon tetep 6kml
sucahyo wrote:Mungkin karena nggak pakai penambah oktan ya (cair/alat)? jadinya anti knocking mencegah mesin dari kerusakan dan membatasi kecepatan / rpm.b0ku wrote:pengalaman dulu pake premium hit 160kmh cengap2x![]()
sekarang pake V power
sempet gas terus ampir masuk 180kmh
konsumsi BBM sami mawon tetep 6kml
Kalau cuma 20km/liter saja sih banyak yang bisa mencapai kok kalau pakai Ayla. Lomba resmi yang diadakan kebanyakan mencapai diatas angka itu kok.omsafety wrote:Weh, om sucahyo muncul nih, perlu kursus kaki kanan nih sama beliau karena cukup premium aja ayla nya udah tembus di atas 20 km/ltr
sucahyo wrote:Kalau cuma 20km/liter saja sih banyak yang bisa mencapai kok kalau pakai Ayla. Lomba resmi yang diadakan kebanyakan mencapai diatas angka itu kok.omsafety wrote:Weh, om sucahyo muncul nih, perlu kursus kaki kanan nih sama beliau karena cukup premium aja ayla nya udah tembus di atas 20 km/ltr
Kalau mau lebih bukan kaki yang perlu dilatih, tapi cara modifnya. Karena untuk bisa jalan konstan di 1200rpm di gigi 5 perlu ada modif. Kalau sudah modif, pakai premium pun bisa lebih hemat daripada yang pakai pertamax
. Kalau nggak dimodif, dan mesin ngelitik atau bergetar, sebaiknya tidak dipaksakan.
Modif yang dibutuhkan itu adalah yang bisa bikin premium serasa pertamax. paling tidak tenaganya.
Bisa pengaruh, juga tergantung merek, tapi biasanya masih kurang.omsafety wrote:Btw, kalo pake ferit ngaruh gak sih om?
Nganu lho om...ibar78 wrote:maren ane pake new xenia dr bekasi (jatibening-tangki full kerang)-sate marangi-subang-lembang-bandung-pasteur-cipularang-jatibening cuman ilang dua kotak. selepas pasteur sampe jatibening konstan 130 km/jam. gimana menurut agan semua.
Kalau mobil stop MID nya 0.00 km/l sih sudah betul, kan itu berarti ngga ada jarak tempuh. Kalau indikatornya l/km nah itu salahdjia wrote: Btw klo yg realtime fc di MID pas kondisi idle / stop tpi mesin nyala fc nya 0.00 km/l, padahal harusnya kan tetep ada fuel consumed bwt mesin nyala.
betul kalo display bar ga bisa bwt patokan, apalagi selisih antara full tank sampe hilangnya first bar, dan selisih antara last bar dengan kosong melompongnya tanki biasanya transisinya lebih lama daripada transisi antar bar di antara first bar dan last bar.dogar wrote:Kalau mobil stop MID nya 0.00 km/l sih sudah betul, kan itu berarti ngga ada jarak tempuh. Kalau indikatornya l/km nah itu salahdjia wrote: Btw klo yg realtime fc di MID pas kondisi idle / stop tpi mesin nyala fc nya 0.00 km/l, padahal harusnya kan tetep ada fuel consumed bwt mesin nyala.![]()
Saya pernah cek MID vs full to full di Mobilio cukup akurat koq, deviasinya hanya di belakang koma saja.
Tapi kalau liat display bar emang ngga bisa dijadikan patokan, itu cuman buat perkiraan saja, semua mobil saya kira begitu.
Kenapa dihindari pak?sucahyo wrote:Kalau mau irit, mobil LCGC saja. 1:20 itu gampang. 1:25 bisa. 1:35 memungkinkan.
untuk jarak mungkin bisa dilihat sendiri. Untuk kebersihan, saya pernah coba yamalube carbon clean. Wah walau terasa napas makin panjang, selama pakai itu tenaganya berkurang. Bau juga seperti minyak tanah, resiko bikin seal bocor. Jadi saya akan menghindari bensin yang dikatakan bisa membersihkan mesin.aspsilver wrote:bukan mitos pak. tapi kan memang tidak ada aditif yang bisa bersihkan kerak 100% kan.
makanya perlu tambahan pembersihan.
tapi kalo 10 ribu rasanya sih terlalu singkat, saya rasa 20-30rb sekali cukup
DOHC wrote:Kl meneer imsus ud post foto penggunaan bbm lux.... nanti kl ane ud blk jakarta kapan2 ane post foto batang klep, intake port livina yg ud jalan 130an rebu full on premium... bagaikan heaven and hell....
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Mantap ya emang klo BBM Non-Subsidiimsus2c wrote: Kenapa dihindari pak?
Saampai sekarang, saya cukup yakin/percaya dengan klaim bbm-lux semacam perta+ dan atau shell v-power yg katanya mengandung additif pembersih karena udh buktikan memang benar begitu.
Sepengalaman saya main/ngobrol di bengkel lihat mesin mobil yg dibedah (minimal cylinder head-nya), kelihatan kok bedanya pemakaian bbm lux sama bbm generik.
Buat saya pribadi, pakai bbm lux lebih kearah "peace of mind" secara ada 1 mobil yg banyak "kenangan" jadi mau dipelihara jangka panjang. Jika pengen pelihara mobil (bensin) jangka panjang, saya sangat rekomen pakai bbm lux. Apalagi kalau mobilnya terhitung "modern"
Tapi kalau cuma mau pakai 3-5 thn saja sih ya hajar bbm generik ngga masalah, toh yg apes ngerawat/perbaikan nanti yg bakal beli/nerusin mobil kita
Kalau utk irit/tenaga, saya ngga gitu concern sebagai alasan pakai bbm lux
Seperti meneer dobel klep tulis diatas, ini foto saat mobil "kenangan" saya dibuka cylinder headnya.
Pemakaian bbm selama ini selalu bensin merah. Sekali-sekali bensin biru atau v-power
Intake Port
Intake Valve
Exhaust Valve
Combustion Chamber (cylinder head)
Odometer
Kondisi cylinder head dan valve2 masih apa adanya sesaat turun dari mesin. hanya dibersihkan lelehan oli/coolant.
Belum kena poroses amplas/scouring. Tapi dgn odo segitu masih bisa dibilang bersih mengkilat..., ngga ada lapisan apalagi tumpukan kerak sama sekali.
Oya, mobilnya bukan kelas Toyota/Honda dsb lho ya...
Wah, sangat bersih sekali. beda sekali dari hasil perbandingan dari cicak kreatip untuk pertamax plus vs vshell vs premium. Baru beberapa hari kerak sudah terlihat.imsus2c wrote: Kenapa dihindari pak?
Saampai sekarang, saya cukup yakin/percaya dengan klaim bbm-lux semacam perta+ dan atau shell v-power yg katanya mengandung additif pembersih karena udh buktikan memang benar begitu.
Sepengalaman saya main/ngobrol di bengkel lihat mesin mobil yg dibedah (minimal cylinder head-nya), kelihatan kok bedanya pemakaian bbm lux sama bbm generik.
Buat saya pribadi, pakai bbm lux lebih kearah "peace of mind" secara ada 1 mobil yg banyak "kenangan" jadi mau dipelihara jangka panjang. Jika pengen pelihara mobil (bensin) jangka panjang, saya sangat rekomen pakai bbm lux. Apalagi kalau mobilnya terhitung "modern"
Tapi kalau cuma mau pakai 3-5 thn saja sih ya hajar bbm generik ngga masalah, toh yg apes ngerawat/perbaikan nanti yg bakal beli/nerusin mobil kita
Kalau utk irit/tenaga, saya ngga gitu concern sebagai alasan pakai bbm lux
Seperti meneer dobel klep tulis diatas, ini foto saat mobil "kenangan" saya dibuka cylinder headnya.
Pemakaian bbm selama ini selalu bensin merah. Sekali-sekali bensin biru atau v-power
Kondisi cylinder head dan valve2 masih apa adanya sesaat turun dari mesin. hanya dibersihkan lelehan oli/coolant.
Belum kena poroses amplas/scouring. Tapi dgn odo segitu masih bisa dibilang bersih mengkilat..., ngga ada lapisan apalagi tumpukan kerak sama sekali.
Oya, mobilnya bukan kelas Toyota/Honda dsb lho ya...
setujuJESKONENG wrote:Utk performa mesin optimal, gunakan bbm dng oktan sesuai angka rasio kompresi om
Jika kompresi 10 keatas, paling sip pake oktan 95. Utk kompresi dibawah 10, pake oktan 92.
Ane om, dulu R3 GX MT ane di MID 10,8km/l (premium full) kl diitung real 8,5-8,8 km/l AVGnya. selisih 2 km/l.andrijet wrote:Nganu lho om...ibar78 wrote:maren ane pake new xenia dr bekasi (jatibening-tangki full kerang)-sate marangi-subang-lembang-bandung-pasteur-cipularang-jatibening cuman ilang dua kotak. selepas pasteur sampe jatibening konstan 130 km/jam. gimana menurut agan semua.
Buat ngukur konsumsi BBM gak bs pk patokan bar (kotak) di fuel meter doank.
Tangki mobil kan gak berbentuk balok kayak bak mandi, hehehe...
![]()
Mayoritas mobil fuel meternya ngaco.
Misal skala 10 bar, turun ke 8-9 bar lama banget, bar ke 3-4-5-6-7 cepet turunnya, 2 bar terakhir lama.
Paling ideal kl mau ngukur seberapa iritnya pake metode Full to Full.
Isi full, pake dan catat jarak tempuhnya, isi full lagi.
Bagi jarak tempuh dan jumlah BBM yang diisi, dapet deh konsumsi BBMnya.
Cara itu pun kurang objektif karena mayoritas mobil yang dijual di Indo tidak menyertakan tampilan Average Speed di MID-nya.
Konsumsi BBM tergantung pada kecepatan rata-rata dengan signifikan.
Lucunya, mobil-mobil Jepang sudah mulai menyertakan tampilan Average Fuel Consumption di MID-nya.
Sayangnya its a fake!
![]()
Pengalaman pribadi,
Honda line up menampilkan konsumsi BBM lebih irit 1 liter/km dari realnya.
Suzuki line up juga sama.
Korupsi 1 liter/km di MID.
Ada yg punya pengalaman yang sama?