Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sat Dec 27, 2014 3:48
Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Halo suhu2 SM yg ane hormati.
Mau minta saran buat ane yg lg galauuuu...
Ceritanya keluarga ane lg kepingin ganti mobil, sebelumnya pake Phanter. Dana yg disiapin kurleb 300jtan. karena ortu sudah sepuh2, ane nyari yg nyaman. Mobil kepake mungkin cuma seminggu dua kali rute2 dekat. Kalo jauh paling buat pulang kampung dr Kediri Jatim ke Magelang Jateng 2-3 bulan sekali.
Dan setelah riset ane punya kandidat
1. Innova V Matic D4D 2014
2. Nissan Serena second 2013
3. Alphard 2006/07
Yang jadi pertimbangan sesuai urutan prioritas :
1. Kenyamanan
2. Ketangguhan
3. Biaya Operasional (BBM,Pajak tahunan)
4. Biaya perawatan (di beres ato bengkel non beres)
saran dr suhu2 SM begitu teramat kami nantikan. Cz di kota ane sulit buat nyari unit TD, kecuali si Ipah...
Mau minta saran buat ane yg lg galauuuu...
Ceritanya keluarga ane lg kepingin ganti mobil, sebelumnya pake Phanter. Dana yg disiapin kurleb 300jtan. karena ortu sudah sepuh2, ane nyari yg nyaman. Mobil kepake mungkin cuma seminggu dua kali rute2 dekat. Kalo jauh paling buat pulang kampung dr Kediri Jatim ke Magelang Jateng 2-3 bulan sekali.
Dan setelah riset ane punya kandidat
1. Innova V Matic D4D 2014
2. Nissan Serena second 2013
3. Alphard 2006/07
Yang jadi pertimbangan sesuai urutan prioritas :
1. Kenyamanan
2. Ketangguhan
3. Biaya Operasional (BBM,Pajak tahunan)
4. Biaya perawatan (di beres ato bengkel non beres)
saran dr suhu2 SM begitu teramat kami nantikan. Cz di kota ane sulit buat nyari unit TD, kecuali si Ipah...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Udah pasti alphard om, putus tus tus tuh innova serena sm alphard mah soal kenyamanan...
Cuman hal yg harus diperhatikan soal alphard, siapkan bujet restorasi lebi byk krn namanya jg mbl jadul, ya bisa saja ad penyakit tak terduga...
Dan cari yg well maintained krn alphard ini biasa seumur idup dibawa sm supir (tau sendiri ad supir yg nakal, pake mbl seruntulan, diisiin premium dll)
Cuman hal yg harus diperhatikan soal alphard, siapkan bujet restorasi lebi byk krn namanya jg mbl jadul, ya bisa saja ad penyakit tak terduga...
Dan cari yg well maintained krn alphard ini biasa seumur idup dibawa sm supir (tau sendiri ad supir yg nakal, pake mbl seruntulan, diisiin premium dll)
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Innova kurang nyaman ah, sama serena 2013 & alphard lama mah jauh kalaaah banget berasa soal kenyamanannya... coret 
*kecuali mentingin ongkos jalan serendah mungkin, krn ipah diesel ini lah yg paling irit)
Serena dipertimbangkan karna taunnya muda, tp FC boros banget 1:7-8 dgn mesin 2.0L yg udah GDI (seharusnya irit krn direct injection), jg harus pertamax... Model sih cakep serena ini, keliatan mewah, naikannya jg cukup nyaman biarpun masih kalah ama alphard lama tentunya
Alphard lama 2006/2007... Ane bilang nggak tua tua amat, juga alphard lama ini jarang keluhan (paman ane pake yg buatan 03 V6 MZG 4WD aja ampe skrg masih kerasa kayak baru, nggak ada rewel2 & bunyi2, jalan senyap tanpa keluhan...)
Image ampe sekarang tetep mewah, nyamannya jg nggak boong, suspensi istilahnya kyk karpet terbang
, jok nyaman banget nggak akan bikin pegel2, interior senyap & lega, pokoknya enak banget lah apalagi buat jalan2 keluar kota sekeluarga besar...
FC 1:7-8 dalkot juga (irit banget vs apa yg ditawarkan nya) , jg aman dikasih premium...
Ongkos perawatan termasuk murah, nggak mahal2 harga sparepartsnya
Kelemahan paling karna ini paling gede dimensinya, jd agak ribet cari parkir & garasi jg harus memadai...

*kecuali mentingin ongkos jalan serendah mungkin, krn ipah diesel ini lah yg paling irit)
Serena dipertimbangkan karna taunnya muda, tp FC boros banget 1:7-8 dgn mesin 2.0L yg udah GDI (seharusnya irit krn direct injection), jg harus pertamax... Model sih cakep serena ini, keliatan mewah, naikannya jg cukup nyaman biarpun masih kalah ama alphard lama tentunya

Alphard lama 2006/2007... Ane bilang nggak tua tua amat, juga alphard lama ini jarang keluhan (paman ane pake yg buatan 03 V6 MZG 4WD aja ampe skrg masih kerasa kayak baru, nggak ada rewel2 & bunyi2, jalan senyap tanpa keluhan...)
Image ampe sekarang tetep mewah, nyamannya jg nggak boong, suspensi istilahnya kyk karpet terbang

FC 1:7-8 dalkot juga (irit banget vs apa yg ditawarkan nya) , jg aman dikasih premium...
Ongkos perawatan termasuk murah, nggak mahal2 harga sparepartsnya

Kelemahan paling karna ini paling gede dimensinya, jd agak ribet cari parkir & garasi jg harus memadai...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Alphad gen.1 itu lebih kuat drpd yg gen.2, krn yg gen.1 masih pake PS Hidrolik......kualitas material interior juga lebih baik......cuman krn faktor umur ya mesti jeli cari yg benar2 bagus
Spare parts mudah
Kalo namanya merek Nissan ya selama masih garansi ya oke, begitu udah masuk 4 tahun / mulai jajan ya buru2 jual dah.
Kalo rute-nya sekitar jalan2 mulus aja pake MPV Roti bongsor dgn GC rendah sih boleh, tapi kalo sering keluar kota dgn kondisi jalan yg "unknown" lebih enak yg GC tinggi.
Ipah kalo std ya memang kurang nyaman, tapi begitu ban pake yg bagus, shock ganti HotBits DT-1 dan per belakang kasih ex MB W123 or W124 lgs bedanya bumi - langit......total biaya paling2 juga habisnya 12 - 13 jt, apalagi peredam kasih dari JKacoustic, tambah 7,5 jt., dah kayak mobil Premium
Penyebab Ipah dlm kondisi std gak enak :
- Ban std nya keras alias ban type utk nahan beban berat, jelas gak akan nyaman
- Per type ulir jarang, type per utk nahan beban, atau tahun2 tertentu ada yg empuk tapi empuk-nya jadi ngayun, krn bukan per type Progressif
- Peredam asli yang so so aja, ditambah pelat body juga gak gitu tebal, jadi y gitu d
Semua kelemahan tsb dapat diatasi dengan sangat mudah.
Spare parts mudah
Kalo namanya merek Nissan ya selama masih garansi ya oke, begitu udah masuk 4 tahun / mulai jajan ya buru2 jual dah.
Kalo rute-nya sekitar jalan2 mulus aja pake MPV Roti bongsor dgn GC rendah sih boleh, tapi kalo sering keluar kota dgn kondisi jalan yg "unknown" lebih enak yg GC tinggi.
Ipah kalo std ya memang kurang nyaman, tapi begitu ban pake yg bagus, shock ganti HotBits DT-1 dan per belakang kasih ex MB W123 or W124 lgs bedanya bumi - langit......total biaya paling2 juga habisnya 12 - 13 jt, apalagi peredam kasih dari JKacoustic, tambah 7,5 jt., dah kayak mobil Premium
Penyebab Ipah dlm kondisi std gak enak :
- Ban std nya keras alias ban type utk nahan beban berat, jelas gak akan nyaman
- Per type ulir jarang, type per utk nahan beban, atau tahun2 tertentu ada yg empuk tapi empuk-nya jadi ngayun, krn bukan per type Progressif
- Peredam asli yang so so aja, ditambah pelat body juga gak gitu tebal, jadi y gitu d
Semua kelemahan tsb dapat diatasi dengan sangat mudah.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
innova d4d a/t lah dah pasti lah
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Fri Oct 24, 2014 20:59
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Kalo punya supir ya mending alphard. Kalo bawa sendiri mending inopah. IMO nyetir alphard ga enak. body roll ampun2an, Dimensinya gede, lemot, bawa sendiri dlm kota dengan rute yg macet2 cukup bikin stress. ga enak dah pkknya.
2014 fortuner TRD
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
2014 CRV 2.0
2014 vellfire type X wheelcab
2012 Mercedes benz E250
2012 outlander sport PX
2009 pajero sport exceed
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Nov 19, 2006 10:20
- Location: Far far away (desa maksudnya)
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
beli serena X aja.... cari NIK 2014 mestinya dapet tuh 300jt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Pasti Alphard lah kalo dibanding innova walaupun trim tertinggi tahun terbaru,kalo serena bs dibilang bkn kelasnya alphard mungkin dgn Nav1.ditambah Alphard menyandang nama Toyota.
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
OK semua kriteria TS kayaknya bakal berujung ke (lagi-lagi) Innova... pardon me, but it really is...shinjiru wrote:Halo suhu2 SM yg ane hormati.
Mau minta saran buat ane yg lg galauuuu...
Ceritanya keluarga ane lg kepingin ganti mobil, sebelumnya pake Phanter. Dana yg disiapin kurleb 300jtan. karena ortu sudah sepuh2, ane nyari yg nyaman. Mobil kepake mungkin cuma seminggu dua kali rute2 dekat. Kalo jauh paling buat pulang kampung dr Kediri Jatim ke Magelang Jateng 2-3 bulan sekali.
Dan setelah riset ane punya kandidat
1. Innova V Matic D4D 2014
2. Nissan Serena second 2013
3. Alphard 2006/07
Yang jadi pertimbangan sesuai urutan prioritas :
1. Kenyamanan
2. Ketangguhan
3. Biaya Operasional (BBM,Pajak tahunan)
4. Biaya perawatan (di beres ato bengkel non beres)
saran dr suhu2 SM begitu teramat kami nantikan. Cz di kota ane sulit buat nyari unit TD, kecuali si Ipah...
1. Untuk kenyamanan, ane rasa Alphard dan Serena pasti jauh diatas Innova, digimana-gimanain it's Alphard.... mao Alphard tuir pun tetep aja Alphard naikannya.... Innova mau Innova baru pun tetep naikannya ya rasa Innova.
2. Ketangguhan, so pasti Innova yah. Sehebat apapun kaki-kaki Alphard tetep aja nggak akan bisa ngalahin Innova yang Ladder Frame. Dan perlu diingat, Innova pasarnya di negara berkembang yang kondisi jalannya rata-rata begitulah (Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapore, India, Arab, dst). Sedangkan Alphard pasarnya di negara maju seperti Jepang... jadi ya tau sendirilah kekuatannya gimana... bisa jadi bahan pertimbangan. Electrical di Alphard juga lebih banyak dari Innova... Power sliding doors, Sunroof, etc etc.
3. Biaya Operasional (BBM, Pajak Tahunan), wah kalau ngomong ini ya Innova kemana-mana lah. Diesel jelas lebih irit, Pajak tahunan Innova so pasti lebih murah dari Serena atau Alphard.
4. Biaya perawatan, Innova lagi. Alphard dan Serena nggak mahal sih, cuma kalo dibanding Innova ya pasti lebih ekonomis Innova....
The choice? Kembali ke preferensi TS lagi.... Kalau memang siap keluarin duit buat miara Alphard ya enggak masalah pilih Alphard (ongkos BBM, pajak tahunan yang pastinya mencekik, CBU Japan ini), wong murah juga tokh... 300juta dapet Alphard. Di gimana gimanain juga Alphard. Innova digimana gimanain tetep Innova. Innova bonus ground clearance lebih tinggi sih tapi dan mesin diesel yang irit, mungkin untuk practicality lebih bagus Innova, tapi kenyamanan dan gengsi jelas Alphard.
Kalo dirasa pajak tahunan diatas 6juta nggak membebani keuangan keluarga ya monggo pilih Alphard.... secara ane miara sodara se-platform nya yang juga CBU Japan (Harrier 2011) pajak tahunan di angka 8,2juta... sebagai gambaran aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
bumi dan langit ya..sgitu jauhnya rasa stlh upgrade 20jt?Turboman wrote: Ipah kalo std ya memang kurang nyaman, tapi begitu ban pake yg bagus, shock ganti HotBits DT-1 dan per belakang kasih ex MB W123 or W124 lgs bedanya bumi - langit......total biaya paling2 juga habisnya 12 - 13 jt, apalagi peredam kasih dari JKacoustic, tambah 7,5 jt., dah kayak mobil Premium
Penyebab Ipah dlm kondisi std gak enak :
- Ban std nya keras alias ban type utk nahan beban berat, jelas gak akan nyaman
- Per type ulir jarang, type per utk nahan beban, atau tahun2 tertentu ada yg empuk tapi empuk-nya jadi ngayun, krn bukan per type Progressif
- Peredam asli yang so so aja, ditambah pelat body juga gak gitu tebal, jadi y gitu d
Semua kelemahan tsb dapat diatasi dengan sangat mudah.
klo diumpamai bumi adl innova standard..nah stlh upgrade jd langit ini mirip2 naikan kendaraan ap om turbo? Spy saya ad gambaran...
Thx
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Coba ikut memberi saran...
Saya sempat galau juga dengan pilihan tersebut, dan sebagai pengguna Serena C26 sih kalo diantara tiga pilihan itu tidak menyarankan ya, ibaratnya ini mobil jadi medioker diantara kedua pilihan lainnya. Karena......
Alphard tentunya lebih nyaman dibanding Serena dan jauh lebih nyaman dibanding Innova, tp ya cost yang harus disiapin emang extra dibanding dua Innova maupun Serena. Beda kelas tentu kenyamanannya ga bisa bohong. Cuma waktu itu saya agak riskan ngambil Alphard tahun agak tua.
Innova ya rasanya biasa2 aja cuma emang tangguh, cocok dipake harian. Belom lagi biaya perawatan yang paling murah dan gampang dibanding Serena dan Alphard pastinya. Kalo ambil Innova ya sekalian yang D4D aja. Cuma waktu itu Innova udah keluar facelift gril dononya yang bener2 ngebuat badmood pas liatnya. Mau ambil yg GNKI pre-dono grille udah abis stoknya, mau ga mau kudu ambil second. Padahal pengennya yang baru dari showroom aja. Lama2 bakal ga nyaman juga kan liat mobil yang ga selera diliatnya. GNKI yg pre-FL menurut saya Innova paling good looking.
Akhirnya pilihan berlabuh ke C26. Dapat diskon lumayan dan bentuk yang menurut saya lumayan mewah (kecuali dari bokong yg plek ketiplek sama Elf
). Tapi ya dibanding Ipah dan Alphard gaada yg spesial sih. Alphard dengan kenyamanan kelas, Ipah dengan bulletproof dan oprek-ablenya. Oiya harga jual nissan juga lumayan jeblok. Pengalaman dulu pake C24 9 tahun, beli awal 240an juta, dijual terakhir tinggal 115 juta.
Kembali lagi ke kebutuhan TSnya![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Saya sempat galau juga dengan pilihan tersebut, dan sebagai pengguna Serena C26 sih kalo diantara tiga pilihan itu tidak menyarankan ya, ibaratnya ini mobil jadi medioker diantara kedua pilihan lainnya. Karena......
Alphard tentunya lebih nyaman dibanding Serena dan jauh lebih nyaman dibanding Innova, tp ya cost yang harus disiapin emang extra dibanding dua Innova maupun Serena. Beda kelas tentu kenyamanannya ga bisa bohong. Cuma waktu itu saya agak riskan ngambil Alphard tahun agak tua.
Innova ya rasanya biasa2 aja cuma emang tangguh, cocok dipake harian. Belom lagi biaya perawatan yang paling murah dan gampang dibanding Serena dan Alphard pastinya. Kalo ambil Innova ya sekalian yang D4D aja. Cuma waktu itu Innova udah keluar facelift gril dononya yang bener2 ngebuat badmood pas liatnya. Mau ambil yg GNKI pre-dono grille udah abis stoknya, mau ga mau kudu ambil second. Padahal pengennya yang baru dari showroom aja. Lama2 bakal ga nyaman juga kan liat mobil yang ga selera diliatnya. GNKI yg pre-FL menurut saya Innova paling good looking.
Akhirnya pilihan berlabuh ke C26. Dapat diskon lumayan dan bentuk yang menurut saya lumayan mewah (kecuali dari bokong yg plek ketiplek sama Elf

Kembali lagi ke kebutuhan TSnya
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Penikmat roti tawar beroda
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jan 09, 2009 13:28
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Antara Serena dan Alphard kayanya sama sama nyaman deh tp harus perhitungkan budget jg buat perawatannya
2018 Toyota Innova G Manual
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual
Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual
Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Kalo direct replacement dari Panther ke Alphard, rasanya mayan kaget ya dari maintenance and running cost, belom lagi annual tax payment.. Kalo dirasa ga masalah, go with Alphard. Kalo masih ragu, ambil saja D4D baru plus serum a'la Turboman
, at least ga bakal semahal Alphard untuk annual tax nya
...dan masih kelihatan posh kok, aplgi tipe V nya 



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Dengan paripurna ane bilang coret serena
teknologi GDI min pertamax keatas tapi ga irit2 amat....
innova bagus apalagi dengan resep ala omturbo bisa jadi best choice ini untuk semuanya gausah dibahas lagi memang sudah bagus.....kalo mau standart dan cari aman dengan gaada perubahan beaya dkk ya ini
alphard ya,bagus ini reliable, mewah , sangat berkualitas apa yg didapatkan sesuai sama harganya bahkan harga part gamahal2 amat malah kadang nissan ama mazda masi lebih mahal dan carinya juga mudah ga seperti C26 lama2 susah itu, pajak juga masi mahalan crv 2013 lah, citra jauh dr innova value for money bgt, elektrikal awet, dan lain2nya...
alphard ini ada opsi banyak yg paling aman ambil 2,4V AS aja...kalo ASG bagus juga cuman suspensi bisa disetting kelembutannya jd aga mahal
Memang aga shock dikit naik biaya rawat dr phanter tapi sepadan si sama peningkatan baik pasti bikin shock juga dr plastik sampai kenyamanannya

innova bagus apalagi dengan resep ala omturbo bisa jadi best choice ini untuk semuanya gausah dibahas lagi memang sudah bagus.....kalo mau standart dan cari aman dengan gaada perubahan beaya dkk ya ini
alphard ya,bagus ini reliable, mewah , sangat berkualitas apa yg didapatkan sesuai sama harganya bahkan harga part gamahal2 amat malah kadang nissan ama mazda masi lebih mahal dan carinya juga mudah ga seperti C26 lama2 susah itu, pajak juga masi mahalan crv 2013 lah, citra jauh dr innova value for money bgt, elektrikal awet, dan lain2nya...
alphard ini ada opsi banyak yg paling aman ambil 2,4V AS aja...kalo ASG bagus juga cuman suspensi bisa disetting kelembutannya jd aga mahal
Memang aga shock dikit naik biaya rawat dr phanter tapi sepadan si sama peningkatan baik pasti bikin shock juga dr plastik sampai kenyamanannya
Pursuit of Perfection
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Kebetulan saya pakai alphard ANH10 2.4 dan innova D4D VAT.. pingin kasih comment, kalo naikkanya enakan alphard ke mana2, di dalam cabin suasannya tenang, empuk, dingin, guncangannya lebih minimal, cocok buat pergi sekeluarga jarak jauh. konsumsi pertamax 1:9-10.Pajaknya sekarang sudah nggak mahal amat kok, sekitar 4,5jt. harga spare parts tidak terlalu mahal, kecuali shock adjustablenya...tapi bin ajaib shockbreakernya awet kok. Kalo terpaksa ganti kayaba aja murah kok paling kagak sampai 1 jt sepasang buat shok belakang.
Innova guncangannya jangan tanya ya....., konsumsi solar irit dan tenaga(+RCP) buass. Kalo buat nyalip2 keluar kota terutama tanjakan kok lebih PD pakai innova D4D AT ya.....
Getaran khas diesel tetap ada... tetap lebih halus alphard
sedang mencoba tips om turbo supaya naikkannya empuk seperti mobil eropa, ganti per mercy
Pilih yang mana ya?? W123 atau W124, nyaman yang mana?? setelah ganti nanti saya report ya
Innova guncangannya jangan tanya ya....., konsumsi solar irit dan tenaga(+RCP) buass. Kalo buat nyalip2 keluar kota terutama tanjakan kok lebih PD pakai innova D4D AT ya.....


sedang mencoba tips om turbo supaya naikkannya empuk seperti mobil eropa, ganti per mercy

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
dengan berat hati, ane tawarkan alternatip:
hyundai H-1 crdi dengan alasan:
1. Kenyamanan- masih di bawah alprat, elysion atau elgrand, tapi bodi gede & berat nyamannya gak boong.....menurut ane pribadi lebih nyaman dari serena apalagi ipah
2. Ketangguhan- ladder frame, diesel, rwd, aslinya ada versi cargonya....jelas lebih badak dibanding alprat & serena....mungkin bisa disetarakan dengan ipah
3. Biaya Operasional (BBM,Pajak tahunan)- again, its crdi engine
4. Biaya perawatan (di beres ato bengkel non beres)- asal perawatannya bener (ganti oli, filter2, dll) termasuk minim koq.....kalo rewel, gak akan jadi armada travel jkt-bandung
kekurangannya paling2 cuma di fitur2 gimmick aja, h-1 yg pernah ane coba gak electric sliding door...., dasbor termasuk plain dll....
tapi yg jelas build quality hyundai sekarang udah jauh lebih baik dibanding korean cars angkatan 2000's.....jadi jangan bandingkan dengan carnival yang gelo itu yah.....
kalo mau upgrade lagi to the next level, vote for caravelle tdi....tapi menurut ane, h-1 crdi ud lebih dr cukup....
hyundai H-1 crdi dengan alasan:
1. Kenyamanan- masih di bawah alprat, elysion atau elgrand, tapi bodi gede & berat nyamannya gak boong.....menurut ane pribadi lebih nyaman dari serena apalagi ipah
2. Ketangguhan- ladder frame, diesel, rwd, aslinya ada versi cargonya....jelas lebih badak dibanding alprat & serena....mungkin bisa disetarakan dengan ipah
3. Biaya Operasional (BBM,Pajak tahunan)- again, its crdi engine
4. Biaya perawatan (di beres ato bengkel non beres)- asal perawatannya bener (ganti oli, filter2, dll) termasuk minim koq.....kalo rewel, gak akan jadi armada travel jkt-bandung
kekurangannya paling2 cuma di fitur2 gimmick aja, h-1 yg pernah ane coba gak electric sliding door...., dasbor termasuk plain dll....
tapi yg jelas build quality hyundai sekarang udah jauh lebih baik dibanding korean cars angkatan 2000's.....jadi jangan bandingkan dengan carnival yang gelo itu yah.....
kalo mau upgrade lagi to the next level, vote for caravelle tdi....tapi menurut ane, h-1 crdi ud lebih dr cukup....
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sat Dec 27, 2014 3:48
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Tidak salah jika SM emang markasnya suhu2.
Mohon maaf bila sang nubitol ini br bs respon. Ok, C26 atas saran2 diatas ane coret dr daftar. Meskipun jika melihat iklan2 di net harga secondnya sudah begitu menggiurkan.
Ane rajin baca thread di SM dan nemu sosok misterius yg fenomenal, MAZDA 8...!!! Hormat ke om Madcat. Dan setelah ubek2 nyari info di net, yg masuk budget edisi 2011.
Yang mau ane tanyakan
1. Mazda 8 vs Alphard vs Innova
2. Gmna biaya perwatan n konsumsi BBM Mazda 8
3. Kelihatannya di kota ane ga ada beres Mazda, itu merepotkan ga om.
4. Tahun 2011 sudah termasuk resiko tinggi ga om...
Makasih om infonya. sy yakin di penghujung dunia sana ada juga yg mengalami kegalauan kayak ane. Semoga infonya juga berguna buat mereka.
Mohon maaf bila sang nubitol ini br bs respon. Ok, C26 atas saran2 diatas ane coret dr daftar. Meskipun jika melihat iklan2 di net harga secondnya sudah begitu menggiurkan.
Ane rajin baca thread di SM dan nemu sosok misterius yg fenomenal, MAZDA 8...!!! Hormat ke om Madcat. Dan setelah ubek2 nyari info di net, yg masuk budget edisi 2011.
Yang mau ane tanyakan
1. Mazda 8 vs Alphard vs Innova
2. Gmna biaya perwatan n konsumsi BBM Mazda 8
3. Kelihatannya di kota ane ga ada beres Mazda, itu merepotkan ga om.
4. Tahun 2011 sudah termasuk resiko tinggi ga om...
Makasih om infonya. sy yakin di penghujung dunia sana ada juga yg mengalami kegalauan kayak ane. Semoga infonya juga berguna buat mereka.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Halo on shinjiru...shinjiru wrote:Tidak salah jika SM emang markasnya suhu2.
Mohon maaf bila sang nubitol ini br bs respon. Ok, C26 atas saran2 diatas ane coret dr daftar. Meskipun jika melihat iklan2 di net harga secondnya sudah begitu menggiurkan.
Ane rajin baca thread di SM dan nemu sosok misterius yg fenomenal, MAZDA 8...!!! Hormat ke om Madcat. Dan setelah ubek2 nyari info di net, yg masuk budget edisi 2011.
Yang mau ane tanyakan
1. Mazda 8 vs Alphard vs Innova
2. Gmna biaya perwatan n konsumsi BBM Mazda 8
3. Kelihatannya di kota ane ga ada beres Mazda, itu merepotkan ga om.
4. Tahun 2011 sudah termasuk resiko tinggi ga om...
Makasih om infonya. sy yakin di penghujung dunia sana ada juga yg mengalami kegalauan kayak ane. Semoga infonya juga berguna buat mereka.

Dari seluruh pilihan, ane akan pilih Mazda8 dengan catatan ada bengkel resmi. Kalau ga ada bengkel resmi, Alphard yg ane pilih.
Innova tentu menjadi jawara urusan ketahanan dan badak dan apapun yg berpotensi menghancurkan mobil tsb. Simply indestructible thanks to hilux DNA

Mazda8 cenderung lebih stiff dan lebih sempit urusan headroom dan legroom dibandingkan dgn Alphard karena form faktor mobil dgn atap rendah dan muncung panjang. Kelebihannya: bagasi super gede dibandingkan Alphard dan Ipah. Plus kenyamanan ekstra bagi driver dengan leganya legroom pengemudi. Alphard kerasa sempit bagi driver.
Jika sering menyetir sendiri, Mazda8 patut dipertimbangkan. Apalg urusan tenaga mesin, putaran bawahnya bertenaga bahkan bisa membuat CX-5 kerasa underpowered di low rpm. Ttp putaran atasnya tersengal2.
MPV tidak didesain utk melaju kencang di manapun.
Untuk Mazda8 2011, yg perlu diperhatikan:
1. Steering rack dan kaki2 depan.
2. Sistem nano-e di AC nya apakah masih normal?
3. Mekanisme PSD dan PBD
4. Sistem rem saat hard braking di kecepatan >50kpj. Apakah bergetar?
5. Karet sunroof apakah masih kedap dan tidak bocor saat hujan.
Until konsumsi bbm dalkot macet di 1:6 dalam kondisi terburuk, normal dalkot di 1:6.5-8, lukot kombinasi 1:12+
Biaya perawatan di 20rb km sekitar 3jt an... All in. Kalau ga ada beres di kota bakalan merepotkan until brand ga jelas macam Mazda.
Demikian sekelumit informasi dari ane, on shinjiru, ditunggu response dan update nya ya.

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Nubie numpang nimbrungg yaaa..
Setuju sama bro Chris. Menurut ane, yg paling ane rekomendasi ya Ipah V AT D4D.
Ini mobil menurut ane, the perfect car untuk orang Indo lah. Udah dapat taun muda atau bahkan baru, jadi masi dapat garansi dari merk Toyota.
Terus tenaga jg cukupan lah untuk di tanjakan atau nyelap nyelip secara torsi diesel cukup buas, padahal mobil jg termasuk irit 1:10km/k, kalo masi kurang bisa diupgrade dengan mudah.
Reliabilitas ga osa ditanya, wong secara ladder frame pasti lebih unggul secara ketahanan sama kaki-kaki nya. Mau dijual lg jg pasti super gampang.
Kalo kenyamanan ane rasa udah cukup lah secara yg V. punya peredam lebih baik dari E atau G. Kalo ngerasa msih kurang, ya bisa ikutin saran om Turbo.
Disetir sendiri enak, disetirin jg ayok, mau pergi pasar ga masalah, mau pergi hotel bintang 5 jg ga malu, mau jemput cewek jg rapopo, mau pergi berkeluarga jg mantapp. Best all rounder car lah menurut ane.
Kalo alpat sih boleh jg ya, secara kenyamanan dan keamanan pasti diatas ipah, wong dia mobil CBU JDM. Terus spare part ya ane rasa ga terlalu mahal lah, meski tetap pasti lebih mahal dari ipah, secara dia udah termasuk umum disini, apalg dijamin sama nama besar Toyota, belum lg banyak partsnya dia sama kayak mobil camry.
Tapi pasti secara reliabilitas kalah sama Ipah, karena menurut ane terlalu banyak features malah semakin banyak yg bisa semakin rusak.
Tenaga jg cukupan lah, secara 160hp, tapi pasti lebih boros dari mobil diesel.
Tapi kalo buat harian menurut ane mana enak bawa Alpat, terlalu gede, apalg ada stigma kalo nyetir alpat = supir
Terlalu overkill gt kalo buat harian menurut ane, apalg kalo nyetir sendiri.
Kalo Serena lgsg dicoret aja, secara dia terlalu nanggung. Kenyamanan dibawah Alpat tapi reliabilitas pasti jauh dibawah Ipah, secara batumakam ini raja rattling
Tetap menurut ane, the best car untuk orang Indo ya Ipah D4D yg metik.
Kalo soal mobil KW8 atau Erdelapan, lgsg tanya yg bersangkutan aja, secara ada yg pake disini untuk sehari2.
Tapi yg pasti harus siap mental secara kalo mau nyuci mobil atau jemput nonik, bisa dipikir Suzuki R3.
Setuju sama bro Chris. Menurut ane, yg paling ane rekomendasi ya Ipah V AT D4D.

Ini mobil menurut ane, the perfect car untuk orang Indo lah. Udah dapat taun muda atau bahkan baru, jadi masi dapat garansi dari merk Toyota.
Terus tenaga jg cukupan lah untuk di tanjakan atau nyelap nyelip secara torsi diesel cukup buas, padahal mobil jg termasuk irit 1:10km/k, kalo masi kurang bisa diupgrade dengan mudah.

Reliabilitas ga osa ditanya, wong secara ladder frame pasti lebih unggul secara ketahanan sama kaki-kaki nya. Mau dijual lg jg pasti super gampang.
Kalo kenyamanan ane rasa udah cukup lah secara yg V. punya peredam lebih baik dari E atau G. Kalo ngerasa msih kurang, ya bisa ikutin saran om Turbo.

Disetir sendiri enak, disetirin jg ayok, mau pergi pasar ga masalah, mau pergi hotel bintang 5 jg ga malu, mau jemput cewek jg rapopo, mau pergi berkeluarga jg mantapp. Best all rounder car lah menurut ane.

Kalo alpat sih boleh jg ya, secara kenyamanan dan keamanan pasti diatas ipah, wong dia mobil CBU JDM. Terus spare part ya ane rasa ga terlalu mahal lah, meski tetap pasti lebih mahal dari ipah, secara dia udah termasuk umum disini, apalg dijamin sama nama besar Toyota, belum lg banyak partsnya dia sama kayak mobil camry.

Tapi pasti secara reliabilitas kalah sama Ipah, karena menurut ane terlalu banyak features malah semakin banyak yg bisa semakin rusak.
Tenaga jg cukupan lah, secara 160hp, tapi pasti lebih boros dari mobil diesel.
Tapi kalo buat harian menurut ane mana enak bawa Alpat, terlalu gede, apalg ada stigma kalo nyetir alpat = supir

Terlalu overkill gt kalo buat harian menurut ane, apalg kalo nyetir sendiri.
Kalo Serena lgsg dicoret aja, secara dia terlalu nanggung. Kenyamanan dibawah Alpat tapi reliabilitas pasti jauh dibawah Ipah, secara batumakam ini raja rattling

Tetap menurut ane, the best car untuk orang Indo ya Ipah D4D yg metik.

Kalo soal mobil KW8 atau Erdelapan, lgsg tanya yg bersangkutan aja, secara ada yg pake disini untuk sehari2.

Tapi yg pasti harus siap mental secara kalo mau nyuci mobil atau jemput nonik, bisa dipikir Suzuki R3.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sat Dec 27, 2014 3:48
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Kabar terbaru, ketoknya si Phanter ga jadi di lego...
Jadi skenario berubah jd nambah kendaraan. Si Phanter.bakal jd mobil perang. Dan ketoknya lagi yg ini bakal lebih jarang keluar.
Tadi ortu malah bilang ditawarin Biante sama koleganya. Trus minta pendapat ane. Waduh kok jd tambah gini.
Btw...
Om Madcat, seandaianya ga ada beres trus ane masukin bengkel spesialis CBU gmna om, cz Alphard sodara katanya juga sering dbw ke bengkel itu.
Kalo si Biante gmna tuh, kan juga gada beres disini.
Om Sintoni, Innova tetep jd rencana darurat. Cuma lg myari alternatif juga nih.
Jadi skenario berubah jd nambah kendaraan. Si Phanter.bakal jd mobil perang. Dan ketoknya lagi yg ini bakal lebih jarang keluar.
Tadi ortu malah bilang ditawarin Biante sama koleganya. Trus minta pendapat ane. Waduh kok jd tambah gini.
Btw...
Om Madcat, seandaianya ga ada beres trus ane masukin bengkel spesialis CBU gmna om, cz Alphard sodara katanya juga sering dbw ke bengkel itu.
Kalo si Biante gmna tuh, kan juga gada beres disini.
Om Sintoni, Innova tetep jd rencana darurat. Cuma lg myari alternatif juga nih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Biante, Serena, Nav1 rasanya sama2 aja om. Pilihan nanggung kalo dibandingin antara Ipah dan Alphard. Kalo mau irit ya Nav1, mau nyaman ya Serena, mau unik ya Biante. Thats it. Biante yg ane kira kenceng karena trah Mazda ternyata ngga, malah kerasa kencengan Serena. Tp gatau kenapa perasaan populasi trio roti tawar ini kok makin banyak di kantor2 scbd dan sudirman thamrin yashinjiru wrote:Kabar terbaru, ketoknya si Phanter ga jadi di lego...
Jadi skenario berubah jd nambah kendaraan. Si Phanter.bakal jd mobil perang. Dan ketoknya lagi yg ini bakal lebih jarang keluar.
Tadi ortu malah bilang ditawarin Biante sama koleganya. Trus minta pendapat ane. Waduh kok jd tambah gini.
Btw...
Om Madcat, seandaianya ga ada beres trus ane masukin bengkel spesialis CBU gmna om, cz Alphard sodara katanya juga sering dbw ke bengkel itu.
Kalo si Biante gmna tuh, kan juga gada beres disini.
Om Sintoni, Innova tetep jd rencana darurat. Cuma lg myari alternatif juga nih.

@om Sintoni: kerasa penurunan kualitas batumakam sekarang ya om. Padahal dulu miara C24 9 tahunan gaada rattling sama sekali.

Penikmat roti tawar beroda
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Saya pake T30 dari beli baru 2005 sampe skrg masih ada, padahal kilometer baru 85rb. Secara mesin ga perna rewel, tapi kaki2 sama kualitas buatannya itu ga tahan.
Sudah seperti orkestra dalam kabin, lengkap dari kaki2 sampe dasbor sama bagasi. Udah terasa dari 2-3 taun lalu, tapi udah males nyari2. Biarin aja. Dijual jg ga ada harganya.
Sudah seperti orkestra dalam kabin, lengkap dari kaki2 sampe dasbor sama bagasi. Udah terasa dari 2-3 taun lalu, tapi udah males nyari2. Biarin aja. Dijual jg ga ada harganya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Kalau sudah ada Panther buat operasional, yo wis ambil Alphard sekalian aja, buat pelesir waktu weekend. Trio roti tawar kok menurut ane kurang valuable kalo dijadiin mobil simpenan.
ya asal sedia ongkos buat berbenah dan tentunya pajak tahunan yang nggak mungkin semurah Panther/Innova.
Mazda8 sebenernya pilihan yang bagus karena dari driving pos lebih enak Mazda daripada Alphard... cuma menimbang gak ada BeRes kok rasanya riskan. Walaupun soal ganti ganti cairan sih enggak ada masalah bisa dilakuin dimana aja, tetep kalau spare parts mau pesen dimana itu loh.... hehehe.
Driving pos Alphard ya typical your minibus ajah, legroom pengemudinya sesek, mirip driving pos APV atau Luxio cuma joknya lebih nyaman aja. kalo pake sendal atau sepatu yang agak gede rada gampang nyangkut.
ya asal sedia ongkos buat berbenah dan tentunya pajak tahunan yang nggak mungkin semurah Panther/Innova.
Mazda8 sebenernya pilihan yang bagus karena dari driving pos lebih enak Mazda daripada Alphard... cuma menimbang gak ada BeRes kok rasanya riskan. Walaupun soal ganti ganti cairan sih enggak ada masalah bisa dilakuin dimana aja, tetep kalau spare parts mau pesen dimana itu loh.... hehehe.
Driving pos Alphard ya typical your minibus ajah, legroom pengemudinya sesek, mirip driving pos APV atau Luxio cuma joknya lebih nyaman aja. kalo pake sendal atau sepatu yang agak gede rada gampang nyangkut.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Ya itu, ane bilang jg jangan beli trio roti tawar, secara serba nanggung gt. Nyaman ga senyaman alpat tapi ga sepraktikal ipah. Tapi opini doang.
Tapi ingat kalo mau M8 harus tahan mental
Tapi ingat kalo mau M8 harus tahan mental

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Innova V vs Serena Second vs Alphard second lipat
Populasi roti tawar di Jepang = populasi ipah di Indonesia 

Penikmat roti tawar beroda