Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by kapsul 97 »

Akhirnya posting lagi di SM setelah beberapa abad lama nya :big_peace:

SMers, kebetulan ane baru ambil Chevy Optra LT A/T 2003, dan kebetulan baru kali ini ambil mobil (walaupun bekas lawas :big_blushing: ) yang aga berteknologi dengan fitur yang lumayan melimpah :big_weee:

Ada beberapa hal yang ane perlu bantuan dan penjelasan rekan Smers, dan kebetulan kurang begitu paham dan pasti juga :
• Timing belt itu diganti disetiap KM berapa..? lalu apakah ada gejala atau tanda-tanda bahwa timing belt sudah perlu diganti…?
• Engine flush itu sebaiknya dilakukan di setiap KM berapa..? lalu apa gejala atau tanda-tanda bahwa sebuah mesin sebaiknya dilakukan engine flush..?
• Bagaimana cara mengecek ECU itu apakah masih dalam kondisi baik atau tidak..?
• Ketika kita ganti aki atau aki di copot, apakah ECU perlu di setting lagi atau otomatis ter setting sendiri pada saat aki dipasang kembali..? jadi kita tidak perlu melakukan hal apapun pada saat aki di sambungkan..?
• Yang dimaksud dengan reset ECU itu apa ya..? misal seperti reset ECU matic, pada saat kondisi/ gejala/tanda-tanda matic sudah seperti apakah..? dan apa ada periode atau KM tertentu untuk reset ECU matic
• ECU pada bagian lain yang mana yang bisa di reset..? kalau ada pada saat kondisi/ gejala/tanda-tanda seperti apa dan pada periode atau KM berapa..?
• Flush matic dan ganti oli matic per berapa KM..?
• Tanda-tanda matic sudah perlu di overhaul itu seperti apa..?
• Cek list service rutin yang harus dilakukan untuk kendaraan matic dan ber ECU apa saja biasa nya..? misal : oli mesin, tune up, filter udara, filter bensin, ganti busi, yang lain nya..? dan setiap berapa KM yaa..?

Maaf kalau pertanyaan nya aga mendasar :big_sorry: :big_childish: semoga tidak keberatan dalam memberikan pencerahan nya :big_blushing:
terima kasih :big_peace:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by aspsilver »

Timing belt biasanya ganti tiap 40rb, gak ada gejala. Kalo putus, urusannya mahal sekali. bisa ganti mesin baru.
BAiknya lihat di buku manual.

Engine flush gak tau, gak pernah

Mungkin lebih ada gunanya service injektor atau carbon clean.

ECU kalo error, ada lampu di dashboard yang nyala.

Ganti accu, cabut aja. gak ada masalah koq.

prinsipnya mah ECU jarang sekali rusak, dan itu adalah maintenance free.

Kalau anda senang tuning, memang bisa tuning ECU.

ECU adalah otak dari mesin, dia yang menentukan berapa banyak bensin disemprotkan ke silinder dan kapan.
Nah tuning itu merubah setting bawaan pabrik. Biasanya untuk menambah power, tentunya dengan korban konsumsi bbm lebih tinggi.

Semua mobil dengan mesin Injection ada ECU, mobil dengan transmisi matic yang modern ada ECU untuk transmisi sendiri.

prinsipnya sih itu gak usah diutik2.

ganti oli matic tergantung dari jenis oli yang dipake, dan sesuaikan dengan buku manual.

Flush, gak ada aturan baku, tapi kalo saya, selang seling, sekali ganti doang, berikutnya flush.

ganti filter udara dsb sangat bervariasi antar mobil, lihat di buku manual
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by sucahyo »

Maksudnya engine flush itu carbon clean ya? kalau nggak pernah coba selagi habis dicarbon clean tidak akan tahu bedanya. Biasanya carbon clean setiap 10.000km. tujuannya membersihkan endapan karbon di banyak bagian mesin, terutama injektor. setelah itu mesin biasanya terasa lebih enteng.

Filter udara ada yang harus ganti dan ada yang bisa dipakai terusan, kalau kertas biasanya harus ganti per 80.000km kalau nggak salah. Busi mungkin tiap 20.000km.

Untuk timing belt, kalau kelihatan aus, getas atau retak, segera diganti saja. biasanya jadi sering selip (bunyi ngik saat rpm rendah)

Kalau mobil lama dan terasa boros, maka yang perlu diganti adalah sensor oksigennya. Harganya mahal, jadi kadang lebih murah bila diakali pakai alat yang membohongi ECU.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by VanzMatic »

sucahyo wrote:Maksudnya engine flush itu carbon clean ya? kalau nggak pernah coba selagi habis dicarbon clean tidak akan tahu bedanya. Biasanya carbon clean setiap 10.000km. tujuannya membersihkan endapan karbon di banyak bagian mesin, terutama injektor. setelah itu mesin biasanya terasa lebih enteng.

Filter udara ada yang harus ganti dan ada yang bisa dipakai terusan, kalau kertas biasanya harus ganti per 80.000km kalau nggak salah. Busi mungkin tiap 20.000km.

Untuk timing belt, kalau kelihatan aus, getas atau retak, segera diganti saja. biasanya jadi sering selip (bunyi ngik saat rpm rendah)

Kalau mobil lama dan terasa boros, maka yang perlu diganti adalah sensor oksigennya. Harganya mahal, jadi kadang lebih murah bila diakali pakai alat yang membohongi ECU.
Kalau membersihkan endapan karbon itu namanya Carbon clean om.. Kalau engine flush itu membilas sisa oli mesin saat ganti oli, dengan menggunakan zat kimia bernama engine flush, yang kebanyakan adalah berbahan dasar minyak tanah/kerosene.. lihat saja label nya.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by m4rio »

kapsul 97 wrote:Akhirnya posting lagi di SM setelah beberapa abad lama nya :big_peace:

SMers, kebetulan ane baru ambil Chevy Optra LT A/T 2003, dan kebetulan baru kali ini ambil mobil (walaupun bekas lawas :big_blushing: ) yang aga berteknologi dengan fitur yang lumayan melimpah :big_weee:

Ada beberapa hal yang ane perlu bantuan dan penjelasan rekan Smers, dan kebetulan kurang begitu paham dan pasti juga :
• Timing belt itu diganti disetiap KM berapa..? lalu apakah ada gejala atau tanda-tanda bahwa timing belt sudah perlu diganti…?
• Engine flush itu sebaiknya dilakukan di setiap KM berapa..? lalu apa gejala atau tanda-tanda bahwa sebuah mesin sebaiknya dilakukan engine flush..?
• Bagaimana cara mengecek ECU itu apakah masih dalam kondisi baik atau tidak..?
• Ketika kita ganti aki atau aki di copot, apakah ECU perlu di setting lagi atau otomatis ter setting sendiri pada saat aki dipasang kembali..? jadi kita tidak perlu melakukan hal apapun pada saat aki di sambungkan..?
• Yang dimaksud dengan reset ECU itu apa ya..? misal seperti reset ECU matic, pada saat kondisi/ gejala/tanda-tanda matic sudah seperti apakah..? dan apa ada periode atau KM tertentu untuk reset ECU matic
• ECU pada bagian lain yang mana yang bisa di reset..? kalau ada pada saat kondisi/ gejala/tanda-tanda seperti apa dan pada periode atau KM berapa..?
• Flush matic dan ganti oli matic per berapa KM..?
• Tanda-tanda matic sudah perlu di overhaul itu seperti apa..?
• Cek list service rutin yang harus dilakukan untuk kendaraan matic dan ber ECU apa saja biasa nya..? misal : oli mesin, tune up, filter udara, filter bensin, ganti busi, yang lain nya..? dan setiap berapa KM yaa..?

Maaf kalau pertanyaan nya aga mendasar :big_sorry: :big_childish: semoga tidak keberatan dalam memberikan pencerahan nya :big_blushing:
terima kasih :big_peace:

ampunnn juragannn.. udah beli chevrolet aja nih :big_exellent:

newbie mw coba kasih saran:

1. timing belt sih rata2 kalo ane pribadi ganti di sekitar 60-70rb Km.
2. untuk engine flush karena baru ambil second pakein sekali gpp lah, selanjutnya pakein oli yang bagus aja dan jangan telat ganti oli.
3. check ECU coba minta bantuan beres terdekat.
4. coba hubungin beres kembali, krn setau ane ada sebagian mobil yang gk boleh putus arus sama sekali, jadi saat ganti aki ada backup power ke ECU gtu.
5. reset ECU bukannya sama dengan delete semua error code kah???
6.
7. flush matic menurut newbie di 80rb aja om ganti di 40rb.
8. belom pernah punya matic jadi gk tau om.
9. intinya sih ya sama aja om kyk kapsul ente dulu kok.

gtu om menurut newbie ane ini, mungkin master lain bisa lebih membantu om.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by aspsilver »

Chevy Optra, sudah KM berapa?
ada record perawatan sebelumnya apa saja?

prinsipnya sih mobil matic dan manual tidak ada beda signifikan soal perawatan, bedanya cuma oli transmisi nya aja, dan interval ganti oli transimisi matic.

Timing belt, untuk lihat sudah getas atau belum, harus dibuka covernya, itu gak gampang, sekalian buka cover ya di ganti aja.
timing belt adalah barang murah, gak usah irit disana, kalo putus, mesin jebol, dan ongkosnya bisa sama seperti ganti mesin baru. konsultasikan sama bengkel resmi aja.

carbon clean adalah pekerjaan yang membersihkan endapan karbon di silinder, kalau endapan banyak, tenaga kurang, dan boros BBM. sekalian itu akan membersihkan injektor, juga improve power dan fuel economy.

oli mesin sekarang, rata2 sudah sanggup untuk 10rb km, dan sekalian ganti filter oli. lebih baik pake oli mahalan dikit yang intervalnya jauh, drp yang sebaliknya.

flush matic, boleh aja, ongkosnya gak mahal, tapi pake oli 2x lipat. ceritanya lebih bersih, karena didalam transmisi semua oli lama keluar.

flush oli mesin, gak tau gunanya apa. gak pernah melakukannya.

saya sudah pengalaman berbagai merek dan model mobil, dari karbulator, sampai injeksi canggih.
dari jepang, korea, jerman. kalo ganti accu, cabut aja tuh, gak ada perlakuan khusus.
malah ada mercedes baru, yang saya cabut accu nya selama 1 minggu. begitu pasang accu baru, langsung start, gak ada masalah.

jaman dahulu kala sih di majalah, ada cerita bahwa Jeep Grand Cherokee 2001 4.7L V8, kalo cabut accu, ecu bisa error, tapi saya pernah dipinjamkan itu mobil itu, selama mobil saya dibengkel, dan kebetulan accunya ngadat, ganti, gak ada masalah. nyala lagi.

gak tau jgua deh mobil apa yang harus perlakuan khusus waktu ganti accu.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by kapsul 97 »

waahh... terima kasih banyak master semua, paling tidak sudah sangat tercerahkan ini ^_^
berarti tahap awal ane ganti dulu timing belt aja kalo gitu biar aman ^_^

kmaren ngobrol sama temen, katanya kalo soal ECU Chevy Optra ini ga terlalu rumit seperti mobil lain yang semua nya sudah di kontrol oleh ECU, mendengar itu sedikit berkurang kekhawatiran, semoga bener ^_^

bro Sucahyo, bunyi timing belt nya itu apakah seperti bunyi fan belt..?
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by kapsul 97 »

m4rio wrote:
kapsul 97 wrote:Akhirnya posting lagi di SM setelah beberapa abad lama nya :big_peace:

SMers, kebetulan ane baru ambil Chevy Optra LT A/T 2003, dan kebetulan baru kali ini ambil mobil (walaupun bekas lawas :big_blushing: ) yang aga berteknologi dengan fitur yang lumayan melimpah :big_weee:

Ada beberapa hal yang ane perlu bantuan dan penjelasan rekan Smers, dan kebetulan kurang begitu paham dan pasti juga :
• Timing belt itu diganti disetiap KM berapa..? lalu apakah ada gejala atau tanda-tanda bahwa timing belt sudah perlu diganti…?
• Engine flush itu sebaiknya dilakukan di setiap KM berapa..? lalu apa gejala atau tanda-tanda bahwa sebuah mesin sebaiknya dilakukan engine flush..?
• Bagaimana cara mengecek ECU itu apakah masih dalam kondisi baik atau tidak..?
• Ketika kita ganti aki atau aki di copot, apakah ECU perlu di setting lagi atau otomatis ter setting sendiri pada saat aki dipasang kembali..? jadi kita tidak perlu melakukan hal apapun pada saat aki di sambungkan..?
• Yang dimaksud dengan reset ECU itu apa ya..? misal seperti reset ECU matic, pada saat kondisi/ gejala/tanda-tanda matic sudah seperti apakah..? dan apa ada periode atau KM tertentu untuk reset ECU matic
• ECU pada bagian lain yang mana yang bisa di reset..? kalau ada pada saat kondisi/ gejala/tanda-tanda seperti apa dan pada periode atau KM berapa..?
• Flush matic dan ganti oli matic per berapa KM..?
• Tanda-tanda matic sudah perlu di overhaul itu seperti apa..?
• Cek list service rutin yang harus dilakukan untuk kendaraan matic dan ber ECU apa saja biasa nya..? misal : oli mesin, tune up, filter udara, filter bensin, ganti busi, yang lain nya..? dan setiap berapa KM yaa..?

Maaf kalau pertanyaan nya aga mendasar :big_sorry: :big_childish: semoga tidak keberatan dalam memberikan pencerahan nya :big_blushing:
terima kasih :big_peace:

ampunnn juragannn.. udah beli chevrolet aja nih :big_exellent:

newbie mw coba kasih saran:

1. timing belt sih rata2 kalo ane pribadi ganti di sekitar 60-70rb Km.
2. untuk engine flush karena baru ambil second pakein sekali gpp lah, selanjutnya pakein oli yang bagus aja dan jangan telat ganti oli.
3. check ECU coba minta bantuan beres terdekat.
4. coba hubungin beres kembali, krn setau ane ada sebagian mobil yang gk boleh putus arus sama sekali, jadi saat ganti aki ada backup power ke ECU gtu.
5. reset ECU bukannya sama dengan delete semua error code kah???
6.
7. flush matic menurut newbie di 80rb aja om ganti di 40rb.
8. belom pernah punya matic jadi gk tau om.
9. intinya sih ya sama aja om kyk kapsul ente dulu kok.

gtu om menurut newbie ane ini, mungkin master lain bisa lebih membantu om.
bro tissue basah he he he :big_peace:
anak dah pada gede semua gan, udah saat nya ambil gerobak lagi, kasihan kalo berempat dibawa pake onta, bahaya he he he :big_biglaugh:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by sucahyo »

VanzMatic wrote:Kalau membersihkan endapan karbon itu namanya Carbon clean om.. Kalau engine flush itu membilas sisa oli mesin saat ganti oli, dengan menggunakan zat kimia bernama engine flush, yang kebanyakan adalah berbahan dasar minyak tanah/kerosene.. lihat saja label nya.
Makasih. carbon cleaner ada yang bahannya minyak tanah juga. kalau beneran minyak tanah, bahaya untuk sealnya yang dari karet. Mending nggak usah di flush. bisa bisa malah olinya merembes / netes setelah di flush.
kapsul 97 wrote:bro Sucahyo, bunyi timing belt nya itu apakah seperti bunyi fan belt..?
iya, sama sama beltnya.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by aspsilver »

timing belt gak ada bunyinya.
yang bunyi palingan tensionernya.

timing belt, bentuknya bergerigi, jadi gak mungkin bunyi. tau2 putus.

sesuaikan KM saja, rata2 ganti di kelipatan 40rb.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mohon Pencerahan u/ Perawatan Kendaraan

Post by kapsul 97 »

aspsilver wrote:timing belt gak ada bunyinya.
yang bunyi palingan tensionernya.

timing belt, bentuknya bergerigi, jadi gak mungkin bunyi. tau2 putus.

sesuaikan KM saja, rata2 ganti di kelipatan 40rb.
Sipp.. trims info nya Oom [emoji5]